5 Penyebab Sinyal Tri Hilang dan Cara Mengatasinya, Mudah!

Halo sobat Wog Cerdas, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab sinyal Tri hilang. Ada beberapa penyebab yang akan diuraikan di artikel kali ini, semoga bermanfaat ya.

Bagi pengguna Kartu Tri, hal yang paling menyebalkan ketika sedang berselancar di berbagai media sosial, atau sedang berkomunikasi melalui telepon adalah hilangnya sinyal. Karena agar bisa mengakses berbagai hal, menghubungi orang lain, sinyal mempunyai posisi yang sangat penting. Jika hilang sinyal, maka hp seolah tak ada artinya. 

Biasanya, ada beberapa penyebab sinyal Tri hilang, dan masing-masing penyebab tersebut tidak semua bisa diatasi. Misal, kartu 3 tidak ada jaringan karena cuaca sedang buruk atau sedang ada sistem perbaikan. Tentu, jika jaringan Trikamu hilang dikarenakan dua alasan ini, tidak akan ada solusinya selain menunggu cuaca kembali membaik dan sistem perbaikannya selesai. 

Namun untuk penyebab yang lainnya, seperti ada kerusakan hardware, kartu sim bermasalah, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan ketika mengalami jaringan tri tidak muncul atau hilang.

Penyebab Sinyal Tri Hilang di HP Kesayangan Kita

Berikut ada beberapa penyebab sinyal Tri hilang yang perlu kamu ketahui ya sobat. Cekidottt guys.

1. Cuaca

Ya, nyaris semua provider di Indonesia mengandalkan cuaca yang bagus agar kartu mereka tetap bisa digunakan dengan aman. Dan begitu cuaca menjadi buruk, semua sinyal akan mendadak hilang, terutama saat hujan deras yang disertai petir. Yang terkena dampak sinyal hilang ini bukan hanya Kartu Tri, tapi semua kartu. 

2. Daerah di Luar Jangkauan

Nah, jika kamu sedang jalan-jalan, sewaktu-waktu sinyal Tri di hp kamu bisa saja hilang, karena mungkin kamu sedang berada di luar jangkauan. Hal ini karena semua kartu memiliki daerah jangkauannya sendiri-sendiri, tak terkecuali Kartu Tri.

Baca juga: 5 Cara Cek FUP Indihome Lewat SMS, Aplikasi, PC, Call Center

3. Kerusakan Hardware

Selain dua permasalahan di atas, penyebab sinyal Tri hilang selanjutnya adalah karena adanya kerusakan pada hardware handphone. Hardware yang rusak inilah yang akan mempengaruhi sinyal di hp kamu. 

4. Sedang Perbaikan Sistem

Kalau penyebab sinyal Tri hilang satu ini tentu sudah sangat umum. karena begitu ada perbaikan sistem, maka secara otomatis akan memutus sinyal di hp. Biasanya, perbaikan sistem ini tidak lama kok, karena setelah mereka melakukan perbaikan sistem, sinyal akan kembali normal. 

5. Kartu SIM yang bermasalah

Penyebab sinyal Tri hilang yang terakhir adalah kartu sim yang bermasalah. Cara mengatasinya sangat mudah. Yuk baca artikelnya sampai selesai untuk mendapatkan solusinya. 

Nah, untuk mengatasi sinyal 3 hilang, tentu kamu harus mengetahui dahulu penyebab hilangnya jaringan agar memperbaikinya menjadi mudah. 

Cara mengatasi Sinyal Tri Hilang

Ada beberapa cara mengatasi sinyal tri hilang yang bisa kamu ikuti di bawah ini. Wong Cerdas sudah merangkumnya sesederhana mungkin, biar kamu gak bingung sob.

Cara mengatasi Sinyal Tri Hilang
Cara mengatasi Sinyal Tri Hilang

1. Melepas Kartu SIM

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepaskan kartu sim dari Hp, karena kemungkinan jaringan Tri hilang ada pada sim yang bermasalah. Jika sudah, pasang kembali. 

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal tri hilang yang paling mudah dan simple untuk mengatasi sinyal Tri hilang adalah dengan mengalihkan mode data ke mode pesawat. Caranya, aktifkan model pesawat di hp kamu, lalu matikan. Silahkan dicek, pasti sinyalnya sudah kembali normal. 

3. Bersihkan Cache

Kamu bisa mencoba untuk membersihkan file cache di hp, alias file sampah. Biasanya, jumlah sampah di setiap handphone itu banyak sekali, ya walaupun sifatnya tidak lama. Nah, bersihkan semua file sampah yang ada, dan lihat perubahan sinyal trinya. Apakah sudah bisa kembali?

4. Pindah ke Tempat yang Ada Jaringannya

Pastinya kadang di beberapa tempat sinyal bisa hilang. Kadang kala kita sangat kesal ketika kartu 3 tidak ada jaringan internet. Gua butuh sinyal untuk Google Map, misalnya.

Cobalah mencari tempat yang jaringan internetnya. Biasanya, semakin tinggi dan terbuka tempat yang kamu kunjungi, maka akan semakin bagus sinyal trinya. Maka, cobalah untuk mengatasi sinyal Tri yang hilang dengan pindah tempat. Meski terdengar sangat aneh, namun ini terbukti bisa mengembalikan sinyal Tri di handphone mu. 

5. Menghubungi Pihak Tri

Jika semua cara mengatasi sinyal tri hilang di atas sudah kamu lakukan dan hasilnya nihil, maka cobalah cara terakhir, yakni menghubungi pihak kartu trinya (call center tri). Kamu bisa mengadukan semua permasalahan jaringan Tri yang hilang. Hubungi mereka di 123 dengan tarif Rp. 300 per satu panggilannya bagi pengguna kartu prabayar. Dan untuk yang berbayar, kamu bisa menghubungi call center tri di nomor ini 0896 44000 123. 

Permasalahan yang kamu alami akan segera diatasi oleh pihak Kartu Tri. Oiya, jika kamu ingin tahu cara menukar poin Tri menjadi pulsa dan kuota, bisa cek di sini: Cara Menukar Poin Tri.

Jadi, itulah beberapa penyebab sinyal Tri hilang dengan beberapa solusi mudah yang bisa kamu coba. Jika memang tidak juga memberikan hasil yang bagus, alias sinyalnya masih tetap hilang, kamu bisa melakukan cara yang terakhir, yakni menghubungi customer service Kartu Tri. Masih gagal juga? Mungkin kamu harus membawanya ke orang yang ahli, siapa tahu ada hardware yang bermasalah. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tinggalkan komentar