5 Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun

Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun – Pembahasan seputar dunia lingkungan kerja adalah pembahasan yang sangat menarik, karena selalu ada sisi-sisi menakjubkan di sana, tentang konflik, kebahagiaan, dan kerja keras. Tak heran jika banyak yang membuat statement akan kerasnya dunia kerja. Di mana kamu, tidak bisa sesuka hati melakukan sesuatu demi mengikuti peraturan selama bekerja. 

Sebagai seorang HRD, penting sekali pada saat pertama kali seleksi karyawan untuk mengetahui cara merekrut karyawan yang berkualitas demi menghindari karyawan yang asal kerja dan berujung pada patah atau lesunya saat bekerja.

Nah, salah satu pembahasan tentang dunia kerja yang sangat seksi untuk dibahas adalah penyebab motivasi kinerja kerja karyawan menurun. Ia kan? Hal ini sangat penting kamu ketahui, baik yang posisinya sebagai atasan maupun karyawan, karena kami memberikan sedikit solusi atas permasalahan tersebut.

Apa saja Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun ?

Sebenarnya ada banyak permasalahan motivasi kerja ini. Kita tahu sendiri motivasi itu adalah dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang atau dari luar. Nah berikut ini ada beberapa penyebab yang umum terjadi.

Miss Komunikasi antara Bos dan Karyawan

Dalam hal apapun, komunikasi memegang kendali yang sangat besar bagi penentu maju mundurnya sebuah hubungan, terutama hubungan kerja, antara karyawan dengan karyawan sehingga karyawan dengan atasan. Nah, alangkah baiknya jika semua informasi disampaikan dengan benar kepada karyawan agar tidak membuat rumor yang mengakibatkan karyawan bingung, dan ini ternyata dapat membuat karyawan kehilangan motivasinya selama bekerja. 

Apalagi, jika semua karyawan kamu tidak mempunyai akses yang cukup untuk berkomunikasi, untuk mendapatkan kebenaran rumor berita yang sedang beredar. Jadi, kualitas komunikasi yang sangat minim dan buruk pasti sangat berpengaruh besar terhadap penurunan motivasi kerja para karyawan. Mereka harus mencoba memperbaiki diri dari kesalahan yang sebenarnya ia tidak tahu letak salahnya dimana, sehingga kesalahan demi kesalahan dilakukannya.

So, antara karyawan dan atasan sudah seharusnya mencoba menjalin sebuah komunikasi yang jelas dan terarah.

Lingkungan Kerja Kurang Nyaman

Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun yang kedua ini berkaitan dengan yang pertama. Tampaknya berkaitan karena jika komunikasi berjalan lancar dan baik-baik saja, maka akan menghadirkan sebuah kenyamanan di hati pekerja. Sebaliknya, jika seorang karyawan merasa komunikasi terganggu, ia akan merasakan suasana yang tidak nyaman, dan inilah yang akan berpengaruh terhadap turunnya motivasi kerja. 

Yap, tugas untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang nyaman bukanlah sebuah pekerjaan satu orang, tapi semua orang di lingkungan kerja. Jika lingkungan kerja sudah tidak nyaman, maka cara memperbaikinya adalah dengan memulai memperbaiki kualitas komunikasi, baik karyawan dengan rekan kerjanya ataupun dengan atasannya. 

Perubahan lingkungan yang tidak nyaman menjadi lebih nyaman ini akan terasa mudah jika semua individu merasa mempunyai tanggung-jawab atas kenyamanannya dan lingkungannya. 

Boring

Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun
Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun

Bosan bisa menjadi alasan penurunan kinerja seorang karyawan. Ya kalau penyebab motivasi kerja menurun yang satu ini mungkin mudah-mudah sulit untuk diatasi, karena berkaitan dengan individu, sehingga penanganannya juga hanya bisa dilakukan olehnya. 

Semua orang mempunyai tingkat kebosanannya masing-masing. Jika saat ini kamu merasa bosan sehingga membuat kinerja kerja berkurang, cobalah melakukan berbagai hal yang menarik, sehingga kamu bisa kembali termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Baca juga: Rumus Perputaran Modal Kerja

Micromanagement 

Penyebab motivasi kerja karyawan menurun ini adalah Micromanagement. Kondisi ini merupakan kondisi di mana atasan selalu berharap lebih terhadap bawahannya, dan kerap memimpin dengan mengawasi dan mengarahkan yang berlebihan. Jika menemukan atasan yang memiliki karakter pemimpin seperti itu, tentu akan membuat banyak karyawan mengalami penurunan kinerjanya, karena merasa takut, terintimidasi, merasa kesulitan dalam melakukan apapun, dan yang paling parah, bawahan akan sangat kesulitan untuk mengembangan potensi yang dimilikinya  karena terhalang oleh batasan atasan. 

Untuk mengatasi atasan yang memiliki karakter seperti ini, tentu terbilang cukup sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Kamu bisa mencoba untuk terus berusaha semaksimal mungkin, tunjukkan bahwa kamu mempunyai potensi, dan jangan malu apalagi ragu untuk memberikan ide ide cemerlang, jika hal hal-hal tersebut kamu lakukan, maka lama kelamaan atasan yang micromanagement ini pasti akan mulai terbuka pikirannya, dan menerima semua masukan, sehingga kinerja karyawan kembali meningkat.

Merasa Tidak Berkembang

Penyebab lain yang bisa membuat motivasi kinerja karyawan menurun adalah perasan tidak berkembang atau stuck pada sebuah keadaan. Ketika kamu memiliki harapan besar untuk berkembang dengan tempat kamu bekerja, eh ternyata harapan kamu tidak terealisasi, apalagi jika semua ide kamu dibuang mentah-mentah. Di situlah kamu akan berasa tidak berkembang hingga membuat kinerja kerja kamu menurun. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mulai belajar banyak hal, misalnya mempelajari penyampaian ide yang menarik, dan selalu menunjukkan kebolehan kamu, sehingga perusahaan merasa pantas jika kamu mendapatkan penghargaan terbaik. 

So, cobalah untuk merasa enjoy dan mencari titik ketidaknyamanan tersebut, lalu cari solusinya. Semoga harimu menyenangkan ya. Sekian artikel mengenai Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun dari Wong Cerdas. Semoga bermanfaat ya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar