5+ Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Tidak semua elektronik memiliki kualitas baik, bahkan barang baru pun bukan jaminan pasti terhadap bagusnya barang. Terkadang belum lama membeli buka segel dari toko masih digunakan beberapa hari saja sudah mengalami kendala. Lantas bagaimana jika terjadi pada layarnya, apa penyebab layar HP tidak bisa disentuh?

Iya, pasti kamu bertanya-tanya, apa sih penyebab layar HP kadang tidak bisa disentuh. Dia ngambek ya? Ya kali kaya cewek lagi marahan sama cowoknya hehe. Ada beberapa alasan yang perlu kamu ketahui kenapa layar HP suka susah untuk disentuh.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Apakah layar HP Anda pernah mengalami gangguan atau kerusakan berupa tidak bisa disentuh. Lantas apa penyebabnya sehingga bisa terjadi seperti itu? Jika penasaran maka simaklah pembahasan berikut ini untuk membongkar masalah tersebut supaya dapat mengatasi hingga selesai.

1. Masalah Pada Sistem Operasinya

Biasanya hal tersebut dapat menjadi masalah ketika HP Anda sudah digunakan dalam rentan waktu lama hingga berjam-jam, oleh karena itu layar menjadi tidak bisa disentuh secara tiba-tiba. Untuk menormalkan lagi dapat diatasi dengan merestar ulang handphone Anda.

Jika tidak memberikan pengaruh dan masih saja seperti semula, maka cobalah lakukan factory reset supaya sistem operasi pada HP Anda normal kembali. Apa bila masih enggan untuk disentuh, bisa jadi mengalami kerusakan pada masalah lainnya.

2. Pernah Jatuh Atau Terbentur Sesuatu

Mungkin saja tanpa sengaja handphone Anda terjatuh atau membentur sesuatu dengan keras ketika masih digunakan beraktivitas sehari-hari, tidak menutup kemungkinan hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada layar HP sehingga tidak dapat disentuh.

Baca juga:

Namun jika dari kondisi fisik HP tidak mengalami suatu kerusakan sedikitpun dan masih mampu mendeteksi jari Anda itu berarti hanya eror pada sistem operasinya. Akan tetapi hingga mengalami keretakan pada layar walaupun sedikit bisa jadi sensor sentuhannya bermasalah juga.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh
Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

3. Sering Gonta-ganti Charger

Tentu Anda pernah melakukan hal tersebut, mungkin ketika sedang bepergian atau ke warung kopi lupa membawa charger sehingga meminjam punya teman. Bisa saja hal tersebut menjadi penyebab layar HP tidak bisa disentuh, apalagi terlalu sering dilakukan.

Seringnya gonta-ganti charger atau proses melakukan pengisian daya tidak menggunakan bahan bawaan sehingga berpengaruh pada arus input dan output, hal tersebut dikarenakan bedanya model dalamannya. Terlebih lagi alat yang digunakan murah bisa menjadikan layar HP Anda panas.

4. LCD yang Digunakan Tidak Ori

Mungkin Anda pernah mengalami suatu kejadian yang menyebabkan kerusakan pada layar HP, lalu menggantinya dengan yang baru, dan parahnya barang tersebut bukanlah yang asli atau ori, tetapi berasal dari pabrik tiruan bisa disebut juga dengan KW.

Tidak menutup kemungkinan bahwa LCD bukan bawaan atau palsu menjadi penyebab layar HP tidak bisa disentuh. Hal tersebut dikarenakan bedanya struktur rancangan maupun bahan yang digunakan berkualitas jelek sehingga mudah mengalami kemacetan saat kondisinya sudah mulai panas.

5. Penggunaan RAM Terlalu Besar

Tentu Anda sudah mengetahui betapa pentingnya RAM pada sebuah perangkat handphone, semua aplikasi dapat berjalan karena keadaannya ditolak perangkat. Semakin besar ukurannya maka akan mempercepat proses berjalannya sebuah apk, tetapi jika semakin kecil maka akan memperlambat.

Oleh karena itu jika ukuran RAM pada sebuah handphone kecil dan dipaksakan untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab macetnya layar HP Anda. Cara mengatasinya dengan membuka aplikasi berukuran kecil saja supaya tidak terlalu berat.

Baca dulu yuk Cara Mengatur Sensitif Layar Android

6. Terkena Minyak atau Cairan

Terakhir, penyebab layar HP tidak bisa disentuh bisa jadi karena kesalahan kamu. Misalnya, saat sedang makan gorengan, tangan kamu masih terdapat minyak lalu langsung main HP itu bisa menjadi penyebab layar handphone tidak bisa disentuh juga lo.

Atau saat asyiknya makan bakso, terus HP kamu ditaruh di sampingnya. Bayangkan ketika mangkok bakso kesenggol tangan kamu lalu akhirnya tumpah mengenai HP kamu, bisa-bisa tidak hanya macet tetapi HP kamu bisa mati total.

Demikian artikel yang membahas tentang penyebab layar HP tidak bisa disentuh, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya kerusakan pada handphone. Yuk, selalu sayangi HP kita hehe. Salam, Wong Cerdas.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar