Pentaho Reporting: Definisi, Fungsi, dan Penggunaan

Selamat! Kamu yang mencari artikel ini cukup bikin saya bingung. Saya harus susah-susah mencari referensi tentang pentaho reporting. Selain membingungkan, hal ini adalah hal menyebalkan karena kebanyakan referensi yang ada menggunakan bahasa Inggris. Padahal sejak dulu, nilai TOEFL saya nggak pernah sampai angka 500.

Tapi nggak masalah. Saya akan berusaha menjelaskannya. Sebenarnya, penggunaan program ini merupakan alat yang tepat jika kamu berkecimpung dalam dunia otak-atik mengelola database.

Seperti yang diketahui, database yang kamu kelola, jika ia berasal dari suatu perusahaan enterprise, maka jumlahnya tidak seperti data anak FEB yang mentok bakal jadi bungkus gorengan pinggir jalan. Jumlahnya sangat besar dan banyak. Jika kamu punya tanggung jawab mengelolanya, maka pentaho reporting bisa jadi pilihanmu.  

Itu secara sederhana, secara rumitnya, yuk gas lanjut baca!

Mengenal Pentaho Reporting

Secara rumit, pentaho reporting ini merupakan alat yang dirancang untuk memudahkan dan juga memungkinkan kamu untuk bikin laporan lengkap beserta analisisnya atas hasil dari pengolahan data dari berbagai sumber. Pentaho, menggunakan software pentaho data integration untuk proses pemigrasian data, pembersihan data, dan juga loading dari database.

Misalnya, saat kamu disuruh oleh bos untuk mengelola data tren permintaan para konsumen, untuk membuat dan menyusun laporan, lalu disuruh bikin analisis dengan tampilan menarik, maka alat ini adalah jawabannya.

Dasar yang digunakan dari alat ini adalah Bisnis Intelijen (BI). Wuih, kan. Pake istilah intelijen segala.

Tapi, nggak semenyeramkan kedengarannya, BI ini merupakan kategori aplikasi juga teknologi yang tugasnya menyimpan, mengumpulkan, menyediakan akses data, dan juga menganalisis data. Nantinya, hasil dari pengolahan data ini, akan digunakan oleh pihak pengguna untuk pertimbangan pengambilan keputusan.

Dengan sistem ini, teknologi BI ini bakal membantumu dengan alat analisis, ada dashboard yang memudahkan untuk melihat data, ditunjukin analisis garis trend, dan bisa juga dibikin alat perencanaan. Untuk mengukur Key Performance Index (KPI) dari karyawan dan scorecardnya juga bisa dikelola pakai ini alat.

Nah, pentaho reporting itu merupakan salah satu aplikasi BI. Jadi, dia tugasnya seperti yang dituliskan diatas, ngumpulin, menganalisis, dan memberikan laporan atas data yang telah diolah dengan sistem yang ada di dalamnya.

Udah ngerti belum? Kalau belum, monggo baca lagi dari atas.

Fungsi Pentaho Reporting

Pentaho Reporting
Pentaho Reporting

Kalau kamu sudah download pentaho ini. Gas aja lanjut ke fungsinya. Seperti aplikasi pada umumnya, program ini juga punya beragam fitur yang bisa kamu gunakan.

1. Report Designer

Fungsi pertama yang bisa kamu dapat dalam pentaho BI ini menyediakan alat untuk mengelola data yang kamu miliki. Setelahnya, sistem dalam pentaho akan memberikan kamu hasil jadi dari laporan yang diinginkan. Tak seperti aplikasi yang bikin laporan pada umumnya.

Dengan pentaho, hasil laporan yang disediakan memiliki desain visual yang ciamik, canggih, serta mudah untuk dibaca. Adanya laporan dengan desain yang baik dan pembacaan yang mudah, maka laporan tersebut bisa segera digunakan untuk mengambil keputusan dalam perusahaan. Ini pertama.

2. Pentaho Metadata Editor

Yup, dengan pentaho kamu juga mengubah ataupun mengedit metadata yang merupakan hasil pengolahan data sebelumnya. Nantinya, kamu bisa menyusun metadata dari beragam divisi dalam perusahaan.

Misalnya, dalam metadata editor ini kamu bisa membuat folder data dari bagian human resource, marketing trend, dan juga data pesanan yang pernah diterima. Dari situ, kamu bisa tahu logical business model yang nantinya akan mempermudahmu dalam membacanya dan mengatur perencanaan kedepannya.

Logical business model itu merupakan suatu model metadata yang terdiri dari tiga lapis repository; lapis fisik, business model dan mapping layer, serta presentation layer. Tujuan adanya logical business model ini adalah terbangunnya model data yang terkonsep menjadi terpusat serta konsisten.

Kalau meta datanya udah jadi, nantinya kamu nggak perlu bingung mau cari data dari divisi A, B, C, dst. untuk mengawasi dan melihat progres serta performa yang telah dilakukan. Nah dari sini, tentu kerjaan perusahaan akan semakin efektif.

Link PDF Penggunaan Pentaho Reporting

Itulah kedua fungsi yang ada dalam pentaho reporting.  Terkait cara menggunakan pentaho, berikut disediakan link file PDF yang bisa kamu unduh dan ikuti caranya satu per satu.

https://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/Yudi%20Wibisono/datamining/Modul_Praktikum_Pentaho_Kettle.pdf

Bagi kamu yang awam dengan Pentaho Reporting, semoga penjelasan dari Wong Cerdas ini bisa membantu ya! Terima kasih telah berkunjung.

Bagikan:

Tinggalkan komentar