Pengertian Sequence Diagram serta Tujuan + Simbol Lengkap

Bagi seorang pengembang perangkat lunak, sepertinya memahami pengertian sequence diagram merupakan salah satu yang sangat membantu. Pasalnya, pengertian sequence diagram itu merupakan diagram yang tugasnya menjelaskan ataupun merinci tentang bagaimana sebuah operasi dilakukan.

Sequence diagram sendiri, terkadang dikenal sebagai diagram acara. Diagram ini juga memiliki tugas untuk melakukan visualisasi dan melakukan validasi terhadap beragam skenario runtime.

Ini sangat berguna untuk melakukan prediksi tentang perilaku sistem dan juga mengetahui tanggung jawab suatu kelas yang mungkin dibutuhkan ketika melakukan pemodelan baru di dalam sistem.

Bagi kamu yang mau mengetahui secara komprehensif, lanjutin bacanya, ya!

Pengertian Sequence Diagram

Agar lebih memahami pengertian sequence diagram, sepertinya kamu perlu juga untuk mempelajari kegunaan dari UML atau Unified Modeling Language. Tool pemodelan ini sangat berguna bagi kamu.

Nantinya, tool ini akan memberikan panduan cara membuat serta notasi beragam jenis diagram. Termasuk notasi sequence diagram.

Termasuk juga diagram perilaku, interaksi, dan juga struktur.

Lebih mudahnya, pengertian sequence diagram yakni suatu diagram interaksi. Karena sequence diagram ini menggambarkan bagaimana perilaku dari suatu kelompok objek bekerja sama dan juga pada urutan apa suatu kelompok objek bekerja sama.

Tujuan Penggunaan Sequence Diagram

Bagi kamu yang penasaran apa sih tujuan penggunaan Sequence Diagram, berikut ini penjabarannya:

  • Memudahkan proses pengelaborasian requirement menjadi sebuah model design.
  • Mengurai model use-case dan menjadikannya spesifikasi design.
  • Melakukan analisis pada suatu metode yang digunakan dalam sebuah sistem.
  • Melakukan desain terhadap metode yang digunakan dalam sebuah sistem.
  • Menjadi alat untuk membuat model suatu logika dari suatu metode operasi.
  • Menjadi alat untuk memodelkan service dari suatu sistem.

Simbol Sequence Diagram

Pengertian Sequence Diagram
Simbol-simbol Sequence Diagram

Dalam sequence diagram, ada beberapa simbol yang akan biasa kamu lihat. Beragam simbol yang ada yakni sebagai berikut:

1. Aktor

Kurang lebih simbolnya begitu. Secara sederhana, simbol ini menjadi representasi dari sebuah entitas yang berinteraksi dengan sistem tapi letaknya berada di luar sistem. Contohnya, manusia, suatu perangkat keras, atau bisa juga sistem lainnya.

2. Lifeline

Simbol ini berfungsi untuk melakukan eksekusi terhadap objek yang berlangsung ketika sequence berjalan. Misalnya, terkirim dan diterimanya message serta aktivasinya.

3. General

Simbol ini menjadi representasi dari suatu entitas tunggal yang ada di dalam sequence diagram. Biasanya, entitas tersebut diberi nama stereotype atau juga instance.

4. Boundary

Boundary ini, merupakan representasi dari bagian tepi dari sebuah sistem. Boundary ini biasanya berupa user interface atau bisa juga interaksi alat dengan sistem lainnya.

5. Control

Simbol ini menjadi representasi dari elemen yang mengatur suatu aliran dan juga informasi bagi suatu skenario. Biasanya, objek ini akan mengatur perilaku serta perilaku bisnis.

6. Entitas

Simbol ini merupakan elemen yang tugasnya untuk melakukan penyimpanan data atau juga sebuah informasi. Biasanya elemen tersebut berupa model objek atau bisa juga beans.

7. Activation

Simbol ini merupakan titik yang menunjukkan suatu objek sudah mulai ikut berpartisipasi dalam sequence yang menjadi petunjuk kapan menerima objek ataupun kapan sebuah objek mengirim.

8. Message

Berfungsi sebagai alat komunikasi di antara objek dan menjelaskan aksi apa saja yang sedang dilakukan. Biasanya, message terjadi saat ada interaksi antar dua objek. Misalnya, antara objek supplier dan juga objek client.

9. Message Entry

Simbol ini memiliki fungsi untuk memberikan gambaran suatu pesan atau juga hubungan antar objek yang juga memberikan petunjuk urutan suatu kejadian yang ada.

10. Message to Self

Kalau yang sebelumnya menggambarkan hubungan antar objek, simbol ini hanya menunjukkan hubungan objek itu sendiri. Yang menunjukkan urutan suatu kejadian yang sedang terjadi.

11. Message Return

Simbol ini menjadi representasi yang memberikan gambaran dari hasil proses pengiriman pesan yang digambarkan dengan arah kanan ke kiri.

Beberapa bagian yang telah disebutkan di atas itu merupakan simbol atau juga komponen sequence diagram. Setiap simbol yang ada memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri-sendiri. Biasanya, dalam beragam contoh sequence instagram, keseluruh simbol tersebut akan berinteraksi satu sama lain.

Interaksi tersebut nantinya bisa dilihat sebagai jalan, alur, atau juga urutan dalam sistem yang baru saja dibuat atau yang sebelumnya sudah digunakan namun melakukan pembaharuan.

Itulah sekian penjelasan tentang pengertian sequence diagram dan juga simbol atau komponen yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar