Peluang Usaha Ternak Kambing yang Jarang Diketahui

Kambing merupakan hewan berkaki 4 yang banyak diternakkan masyarakat Indonesia. Kambing biasa dimanfaatkan untuk diambil dagingnya dan susunya yang banyak mengandung nutrisi dan khasiat apabila dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Pecinta kambing pun tidak ada habisnya sebab cita rasa kambing yang nikmat selalu berhasil membuat orang ketagihan jika cara masaknya benar. Oleh sebab itu, peluang usaha ternak kambing sangat prospek dan terbuka lebar. 

Peluang Usaha Ternak Kambing di Indonesia

Memelihara kambing bisa menghasilkan keuntungan yang besar, sebab permintaan daging kambing terus ada setiap hari dan terus meningkat setiap tahun. Kebutuhan akan kambing tak hanya untuk dikonsumsi setiap hari dan keperluan aqiqah saja, ada saat saat permintaan kambing meningkat secara signifikan yaitu ketika hari raya Idul Adha untuk umat muslim. Memulai ternak kambing modal 10 juta bisa menghasilkan keuntungan berlipat lipat. 

Peluang usaha ternak kambing potong memiliki potensi yang sangat besar. Apalagi orang Indonesia sangat menyukai olahan daging kambing. Agar bisnis kamu semakin sukses kamu bisa bekerja sama dengan lembaga amil zakat, lembaga sosial, bisnis katering, dan memanfaatkan media sosial. 

Analisis Peluang Usaha Ternak Kambing

Analisa peluang usaha ternak kambing modal 1 juta : 

Modal awal :

  1. Pembuatan kandang Rp 300.000. 
  2. Pembelian bibit kambing 2 ekor jantan dan betina @Rp 500.000 x 2 = Rp 1.000.000. 
  3. Biaya pakan dan vitamin selama sebulan Rp 200.000. 

Total : Rp 2.000.000

Kalkulasi ternak kambing bisa jadi lebih murah apabila mencari rumput sendiri. Pembuatan kandang bisa memanfaatkan bagian rumah yang jarang dipakai seperti halaman belakang dengan sedikit renovasi. 

Pendapatan : 

Setelah 10 bulan dapat menghasilkan 3 ekor anak kambing. 

Setelah 2 tahun anak kambing memasuki usia siap jual. 1 kambing dihargai Rp 2.500.000. 

6 x Rp 2.500.000 = Rp 15.00.000 

Keuntungan – biaya operasional (biaya pakan Rp 200.000 x 24 bulan = Rp 4.800.000.)

Rp 15.000.000 – Rp 4.800.000 = Rp 10.200.000. 

Baru 6 ekor saja sudah mendapat keuntungan yang lumayan, itu belum dihitung dengan anak anak kambing lain yang lahir. Dalam waktu 2 tahun induk kambing yang sehat mampu melahirkan sebanyak 3x. Coba bayangkan berapa keuntungan yang bisa diperoleh jika ternak kambing 30 ekor.

Bagaimana analisa keuntungan jika ternak kambing modal Rp 5.000.000. dengan modal Rp 5.000.000 kamu bisa mendapatkan sekitar 4 ekor kambing. Nah sisa uang bisa digunakan untuk membuat kandang. Masalah pakan jangan diambil pusing cukup beri rumput yang segar saja dan beberapa makanan tambahan supaya kambing sehat dan cepat gemuk. Kambing jantan dan betina boleh dicampur dalam satu kandang jika jumlahnya hanya sedikit. 

Peluang usaha budidaya kambing memiliki potensi yang besar sebab pangsa pasarnya yang luas serta proses perkembang biakannya yang cepat. Jenis jenis nya pun sangat banyak seperti kambing lokal, kambing campuran, dan kambing impor. Semua jenis kambing selalu ada peminat dan pasarnya sendiri. 

Analisis Ternak Kambing Menggunakan Pakan Fermentasi

Peluang Usaha Ternak Kambing
Peluang Usaha Ternak Kambing

Analisa usaha ternak kambing pakan fermentasi merupakan salah satu alternatif untuk pemberian pakan pada musim kemarau, dimana rumput banyak uang mengering. Pakan fermentasi sangat mudah dibuat biasanya menggunakan jerami, batang pisang, bekatul atau ampas kedelai yang difermentasi bersama air gula dan sari nanas di dalam drum.

Manfaat pakan fermentasi sendiri sangat banyak diantaranya menggemukkan kambing, membuat air susu kambing lancar dan deras, menjaga kesehatan kambing, dan memperbaiki sel kambing yang rusak. 

Ternak Kambing Sistem Bagi Hasil 

Ternak kambing sistem bagi hasil asah salah satu inovasi bisnis yang tak memerlukan modal besar. Hanya dengan modal kepercayaan saja sudah bisa jalan. Satu pihak sebagai pemilik kambing dan satu pihak lagi sebagai perawat kambing. Untuk sistem bagi hasil penjualan biasanya ditentukan melalui kesepakatan. 

Sebagai contoh peluang usaha ternak kambing 10 ekor dengan bagi hasil adalah 6 betina 4 jantan. Dalam kurun waktu 10 tahun dari 6 betina dihasilkan 14 ekor anak kambing siap jual. Nah hasil penjualan nanti akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik. Misal 60 : 40. Dimana pemilik mendapatkan bagian 60% sedangkan peternak kambing mendapatkan 40%. 

Untung Ruginya Ternak Kambing

Berikut ini kami ulas mengenai untung ruginya ternak kambing secara singkat:

Untung Ternak Kambing

  1. Kambing mudah berkembang biak. 
  2. Permintaan pasar terhadap daging dan susu kambing sangat tinggi. 
  3. Harga jual daging kambing stabil. 
  4. Harga jual dan permintaan kambing bisa melonjak  tinggi saat idul adha..
  5. Pakan murah dan mudah dicari. 
  6. Pembuatan kandang tidak membutuhkan biaya yang mahal. 
  7. Waktu panen cepat. 
  8. Kambing selalu dibutuhkan baik untuk acara agama seperti idul adha, aqiqah, syukuran adat desa, atau sebagai bahan makanan sehari-hari. 

Rugi Ternak Kambing

  1. Kambing mudah sakit. 
  2. Kotoran kambing menimbulkan bau tidak sedap. 
  3. Harus rajin membersihkan kandang dari kotoran. 
  4. Resiko kematian anak kambing tinggi jika perawatannya tidak benar. 

Mau tau lebih banyak? Baca artikel Untung Ruginya Ternak Kambing

Peluang usaha ternak kambing terbuka sangat lebar. Jadi jangan ragu untuk segera terjun ke bisnis ini dijamin tidak akan menyesal. Sekian dan terimakasih. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar