Besarnya Peluang Usaha Tanaman Hias, Intip Yuk!

Peluang usaha tanaman hias – Manfaat memelihara tanaman hias sangat banyak misalnya mempercantik lingkungan rumah, pemasok oksigen, memperbaiki udara lingkungan, dan menghilangkan stres. Apalagi efek pandemi saat ini membuat orang semakin tertarik untuk membeli dan mengoleksi tanaman hias hal ini semakin membuka peluang usaha tanaman hias semakin lebar. 

Peluang Usaha Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias memiliki peluang yang sangat besar. Apalagi di era pandemi seperti ini peminat tanaman hias semakin meningkat. Berbagai varietas tanaman pun mengalami lonjakan harga fantastis. Bisnis tanaman hias 2021 yang lagi naik daun  misalnya aglonema, monstera, kaktus, pink princess atau philodendron, mawar dan masih banyak lagi. 

Setelah tanaman hias menjadi trend di masyarakat konsumennya pun semakin luas. Dari yang semula hanya beberapa kolektor atau penghobi saja kini merambah menjadi ibu ibu rumah tangga, bapak bapak, pengusaha dekor bahkan tanaman hias kini sering dijumpai pada sudut sudut ruang kantor. 

Agar peluang usaha tanaman hias yang besar ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin maka kamu harus memperhatikan hal hal berikut ini sebelum memulai bisnis tanaman hias. 

  1. Menyiapkan modal. 
  2. Mencari informasi seputar tanaman hias yang sedang tren, sebab yang lagi trend biasanya merupakan bisnis tanaman yang menguntungkan. 
  3. Belajar dan mencari informasi tentang bagaimana caranya merawat tanaman hias secara baik dan benar. 
  4. Mencari tahu tentang apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman agar bisa hidup subur dan berkembang biak. 
  5. Berinovasi. 
  6. Mencari lokasi penjualan yang strategis . 
  7. Promosi. 

Ketika muncul pertanyaan bagaimana cara melihat peluang usaha tanaman hias? Jawabannya adalah memperhatikan sekitar dan mencari informasi seputar tanaman hias. Jika ingin sukses dalam bisnis ini kamu juga perlu menggali informasi kompetitor kamu, pelajari skil tentang merawat tanaman. 

Contoh:

Jika tanaman single di atas pot kan sudah biasa kamu bisa menciptakan mini garden dalam satu wadah yang berisi berbagai macam tanaman. Nah inovasi baru ini bisa membuka peluang bisnis semakin lebar. 

Baca juga: ide usaha perkebunan yang paling menguntungkan.

Keuntungan dan Kelemahan Usaha Budidaya Tanaman Hias

Peluang Usaha Tanaman Hias
Peluang Usaha Tanaman Hias

Walaupun tanaman hias kini sedang naik daun dan banyak dicari orang, bukan berarti bisnis ini tidak memiliki resiko. Setiap usaha yang dilakukan selalu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Tak terkecuali untuk tanaman hias. Namun, bagaimana cara kamu menyikapi kelemahan tersebut dan memanfaatkan kelebihannya lah yang akan mengantarkan pada kesuksesan.

Penting sekali untuk diketahui perihal keuntungan dan kelemahannya demi melihat peluang usaha tanaman hias yang besar.

Keuntungan Usaha Tanaman Hias

Bagi kamu yang penasaran bagaimana peluang usaha tanaman hias, mari kita lihat dari sisi keuntungannya berikut ini.

1. Hobi yang Menghasilkan Uang

Kebanyakan dari pelaku bisnis tanaman hias adalah orang yang hobi bertanam. Selain bisa menyalurkan hobi kamu juga bisa mendapatkan uang sehingga aktivitas bisnis terasa lebih menyenangkan dan tanpa beban, sekaligus menghilangkan stres. 

2. Bisnis Jangka Panjang

Hal ini dipengaruhi oleh peluang bisnis yang sangat besar. Peminat tanaman hias akan selalu dan terus ada sampai kapan pun. Jadi resiko tidak laku semakin kecil. Asalkan rajin mengikuti perubahan tren dan merawat tanaman dengan baik dan benar. 

3. Modalnya Sedikit

Memulai usaha tanaman hias tidak membutuhkan modal besar sampai puluhan juta. Sebab harga bibit tanaman hias relatif murah. Nantinya bibit ini bisa kamu kembangkan. Dari bibit puluhan ribu bisa menjadi ratusan ribu ketika sudah jadi. 

4. Bebas Berinovasi 

Tanaman hias merupakan salah satu media inovasi terbaik. Kamu bisa menciptakan varietas baru dengan menggunakan teknik teknik seperti cangkok atau steak. Selain itu inovasi penataan tanam hias seperti menjadi mini garden, aquascape bisa menambah nilai jual dari tanaman hias itu sendiri.

5. Masih Sedikit Pesaing

Percaya atau tidak, ternyata usaha tanaman hias ini masih sedikit sekali pesaingnya. Bahkan di satu daerah bisa jadi belum ada pebisnis tanaman hias. Coba deh amati sekitar kamu, berapa banyak pelaku usaha di bidang tanaman hias ini? Paling tidak hanya 1 atau 2 orang saja.

Baca juga informasi tentang memulai usaha di bidang tanaman yang menguntungkan:

Kelemahan Usaha Tanaman Hias

Peluang Usaha Tanaman Hias
Keuntungan dan Kelemahan – Peluang Usaha Tanaman Hias

Masih membahas mengenai peluang usaha tanaman hias, mari kita bedah juga kelemahannya. Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, yuk intip kelemahan usaha tanama hias di bawah ini:

1. Perawatan Cukup Ribet

Merawat tanaman hias harus dilakukan setiap hari dengan penuh kasih sayang dan kelembutan ibarat merawat anak sendiri. Pengecekan harus dilakukan setiap hari dan berkelanjutan. Tidak boleh ada kata malas kemudian mengabaikan. 

Apalagi perawatan setiap jenis tanaman berbeda beda. Ada yang perlu dipangkas rantingnya, daunnya, ada yang hanya disiram air sedikit, ada yang banyak, pemberian pupuk, pemeriksaan hama, dan kebersihan pot. jika perawatannya buruk akan menghasilkan tanaman berkualitas buruk juga yang berdampak pada harga jual. 

2. Tidak Bisa Ditinggal dalam Waktu yang Lama

Ini dia salah satu kelemahan sekaligus momok bisnis tanaman hias yaitu tidak bisa ditinggal dan harus selalu dijaga. Jika ingin pergi dalam waktu beberapa hari harus mencari orang yang bisa menjaga tanaman. 

3. Tak Tahan Perubahan Cuaca Ekstrim 

Tanaman hias tidak tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Agar bisa tumbuh dengan baik tanaman hias memerlukan lingkungan dengan suhu dan tingkat kelembaban yang stabil. Jika terlalu panas tanaman bisa layu. Jika hujan terus menerus tanaman bisa busuk.

Intip Usaha Budidaya Daun Kelor ini yang tahan cuaca ekstrim:

Cara Memulai Usaha Budidaya Daun Kelor
Peluang Usaha Budidaya Kelor

4. Prosesnya Lama

Proses dari bibit menjadi tanaman siap jual biasanya membutuhkan waktu paling cepat 1 bulan dan paling lama 6 bulan. Itu pun paling ukurannya masih kecil dan hanya memiliki beberapa helai daun saja. Nah untuk bisa dibentuk tentu tanaman hias memerlukan waktu yang lebih lama lagi. Harga jual dipengaruhi dengan ukuran dan bentuk dari tanaman hias. Jika menjual tanaman yang masih kecil harganya tidak terlalu tinggi. 

5. Mencari Lokasi Sulit dan Mahal

Menjajal tanaman hias haruslah mencari tempat yang strategis. Biasanya para penjual tanaman hias berkumpul dalam satu komplek kios. Namun harga sewa dari kios ini cukup mahal. 

6. Harga Tanaman Hias Tidak Stabil

Beberapa jenis tanaman hias bisa tiba tiba mengalami fenomena harga naik beberapa waktu kemudian turun secara tiba tiba. Misalnya adalah gelombang cinta beberapa waktu yang lalu harganya bisa mencapai jutaan rupiah namun dalam beberapa bulan turun menjadi puluhan ribu rupiah. 

Peluang usaha tanaman hias terbuka lebar dan memiliki pangsa pasar yang luas, untuk itu jangan ragu untuk terjun ke bisnis ini. Berbekal semangat dan niat pasti bisa meraih kesuksesan cepat atau lambat. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar