Menentukan Peluang Usaha Produk Barang atau Jasa

Siapa saja yang ingin membuat usaha atau bisnis baru, langkah utama yang perlu dilakukan adalah melakukan analisis peluang usaha produk barang atau jasa. Ini perlu dilakukan agar kamu bisa memiliki peluang usaha produk barang atau jasa yang akan menguntungkan.

Selain akan membawamu pada keuntungan, melakukan analisis peluang juga sangat penting agar usaha yang kamu lakukan bisa bertahan lama dan tak kehabisan peminat. Serangkaian cara perlu dilakukan seperti, memahami seluk-beluk dari usaha yang akan digeluti, survei pasar dan lapangan, menghitung konsistensi permintaan, dan lain sebagainya.

Memang, ini cukup berat untuk dilakukan. Akan butuh banyak tenaga, waktu, pikiran, dan juga uang dalam menentukannya. Tapi yakinlah, bahwa sesuatu yang dimulai dengan pengorbanan, akan berbuah manis di kemudian hari.

Tetapi, sebelum mengetahui bagaiamana cara analisis dan contoh peluang usaha, lebih baik dipahami hal fundamentalnya terlebih dahulu agar lebih mudah melakukannya.

Pengertian Peluang Usaha Produk Barang dan Jasa

Kalau secara kebahasaan, hal ini dapat didefinisikan dengan terbukanya kesempatan bagi seseorang yang berusaha menentukan peluang usaha produk barang atau jasa apa saja yang potensial untuk dijadikan bisnis dan untuk mencapai tujuannya.

Tujuan tersebut nantinya akan dicapai dengan menggunakan tenaga, pikiran, waktu, dan juga uang atau seluruh sumber daya yang dimiliki. Proses ini sangat berguna untuk mengetahui bisnis dari produk apa yang dianggap celahnya sangat terbuka untuk digeluti dan untuk mendapatkan keuntungan dari sana.

Cara Menentukan Peluang Usaha Produk Barang atau Jasa

Untuk awal, cara menentukannya adalah dengan membuat perencanaan peluang usaha produk barang atau jasa lebih dulu. Ada sekian opsi yang perlu dipertimbangkan. Dan pada setiap opsi ini memilki kelebihan serta risikonya masing-masing. Berikut ini pertimbangan yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Memilih peluang usaha dengan keuntungan yang besar
  • Memilih peluang usaha yang gampang dijalankan
  • Memilih peluang usaha modal kecil
  • Memilih peluang usaha risiko kecil
  • Memilih peluang usaha yang sedang tren
  • Memilih peluang usaha minim pesaing

Keenam pertimbangan tersebut, bisa kamu pikirkan terlebih dahulu untuk mengetahui jenis usaha apa yang akan kamu geluti. Itu pertimbangan yang umum, bisa berlaku bagi produk barang ataupun jasa. Ingat, masing-masing pertimbangan itu mesti punya konsekuensinya sendiri.

Misalnya, saat kamu memilih usaha risiko kecil. Biasanya, keuntungan yang didapatkan tidak akan terlalu besar. Makin kecil risiko, makin kecil pula keuntungan. Sebab di sana, tidak ada hal besar yang akan dipertaruhkan.

Contoh Peluang Usaha Produk Barang dan Jasa

Peluang Usaha Produk Barang atau Jasa
Peluang Usaha Produk Barang atau Jasa

Setelah kamu menentukan pertimbangan umum di atas, barulah kamu harus menentukan bidang usaha yang ingin kamu geluti. Pertimbangkan juga keahlian, pasar, dan potensialitas terjualnya dari produkmu.

Contoh peluang usaha produk barang atau jasa adalah sebagai berikut :

  1. Jasa Fotografi
  2. Jasa Wedding Organizer
  3. Jasa Penulis Artikel
  4. Jasa Ilustrasi
  5. Jasa Membuat Website
  6. Jasa Desain Pakaian dan Menjahit Pakaian
  7. Jasa Modifikasi Motor
  8. Jasa Mencuci Motor/Mobil
  9. Jasa Loundry
  10. Desain Grafis

Contoh di atas merupakan contoh di bidang jasa saja. Tapi untuk produk, contohnya sebagai berikut:

  1. Produk Camilan
  2. Produk Olahan Sayur
  3. Produk Pakaian
  4. Produk Bunga
  5. Produk Barang-barang Antik
  6. Produk Kerajinan Khas Daerah
  7. Produk Mebel
  8. Produk Interior/Exterior Rumah

Itu adalah contoh yang bisa kamu jadikan referensi sebagai peluang usaha yang bisa dipilih. Seperti yang dikatakan di awal, dalam suatu pilihan, pasti ada konsekuensi atau risikonya masing-masing. Tidak ada pilihan satu bisnis yang pasti menguntungkan dan pasti merugikan. Semuanya tergantung pada pengolahan, manajemen, dan strateginya.

Soal Peluang Usaha Produk Barang atau Jasa

Wah kalau kamu lagi butuh untuk tugas, udah bener banget masuk ke sini. Ini ada soal yang biasanya keluar dan bisa kamu pelajari terlebih dahulu. Siapa tahu nanti muncul di ujian.

  1. Sebutkan macam-macam analisis peluang usaha barang atau jasa
  2. Jelaskan analisis peluang usaha berdasarkan pada permintaan masyarakat di sekitarmu dan tentukan jenis usahanya
  3. Jelaskan pengertian analisis SWOT
  4. Sebutkan apa saja komponen yang ada dalam analisis SWOT
  5. Jelaskan pentingnya analisis SWOT dalam suatu usaha
  6. Apa saja ciri-ciri usaha yang potensial

Jawaban Peluang Usaha Produk Usaha Barang atau Jasa

Kalau disuruh menjawabnya, saya mah oke-oke saja. Lha wong saya yang buat kok. Seringkali saya temukan, banyak orang yang mencari menganalisis peluang usaha produk barang atau jasa brainly. Padahal di situ bukan platform khusus bagi mereka yang ingin bikin usaha dan menganalisis usaha.

Tapi daripada kepanjangan, ya sudah tidak apa-apa. Jadi, begini jawabannya:

Analisis SWOT, analisis 5W + 1H, Studi Kelayakan Usaha.

Permintaan : masyarakat selalu mengeluarkan uang untuk membeli sembako yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jenis usaha : Toko Kelontong.

SWOT adalah suatu metode analisis usaha yang digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman dari suatu jenis usaha

Komponen SWOT ada empat : Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat

Agar pelaku usaha memiliki perbandingan antara bisnisnya sendiri dengan komptetitor. Selain itu, pemilik usaha akan mengetahui celah dari usahanya dapat mengungguli para pesaingnya dan bisa dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas bisnis.

Punya nilai jual, realistis, bisa dikembangkan menjadi industri, punya added value, sesuai dengan bakat dan minat pemiliknya, orisinal, dan menjawab kebutuhan pasar.

Nah, itulah sekian penjelasan tentang peluang usaha yang bisa kamu pilih dan jalani. Selain itu, juga sudah disediakan contoh lengkap tentang apa saja jenis usaha serta beragam pertanyaan tentang peluang usaha. Semoga membantu !

Bagikan:

Tinggalkan komentar