10+ Peluang Usaha Perkebunan yang Menguntungkan

Memiliki lahan pertanian yang luas rasanya sangat disayangkan kalau kita tidak memanfaatkan peluang usaha perkebunan untuk diolah sehingga menghasilkan barang dan jasa yang ditanam. 

Dari pada lahan dibiarkan tidak menghasilkan apapun lebih baik kamu manfaatkan lahan kosong tersebut agar memiliki pemasukan tambahan.

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa hasil usaha perkebunan cukup menarik minat banyak pebisnis, meskipun memiliki banyak resiko terutama soal pemasaran namun jika dijalankan dengan kreatif maka bisnis ini akan berjalan dengan baik.

Pada era teknologi seperti saat ini bukanlah hal sulit. Untuk menemukan ilmu dan informasi seputar bisnis perkebunan. Internet dapat membantu kamu untuk mempelajari banyak hal baru. 

Ada banyak sekali contoh kegiatan usaha perkebunan yang membutuhkan ilmu dan pengalaman yang tinggi, ada juga perkebunan yang sifatnya dapat dilakukan oleh siapa saja, hanya dengan membaca sedikit prosedurnya.

Ini adalah hal yang bagus, karena ketika kamu sudah melakukan usaha perkebunan bukan hanya soal lahan yang kosong saja. 

Namun berpikir bagaimana usaha perkebunan tersebut berjalan. Alasannya ada banyak pilihan jenis perkebunan yang memiliki cakupan pasar yang luas, dibawah ini terdapat beberapa jenis usaha perkebunan yang dapat kamu jalankan.

Peluang Usaha Perkebunan

Walau, banyak bentuk usaha perkebunan yang sulit untuk dicoba karena kesedian lahan atau bisa lahannya tidak cocok. Pada artikel ini Wong cerdas akan membahas tuntas beberapa jenis usaha perkebunan yang mudah untuk dicoba:

1. Peluang Usaha Perkebunan Buah

Ternyata peluang usaha tanaman buah memang bisa dilakukan pada sepetak tanah atau lahan kecil. Namun lebih beruntungnya lagi jika lahan yang mau di gunakan untuk usaha perkebunan buah ini lebih besar lagi. Karena hal ini akan memberikan keuntungan yang lebih besar juga. 

Banyak tanaman buah yang bisa kamu pilih untuk usaha perkebunan ini. Hal yang harus kamu pastikan adalah kamu tidak boleh lupa pada suhu daerah lahan tersebut apakah akan mendukung pertumbuhan buah atau tidak. 

Karena banyak beberapa jenis buah memerlukan suhu yang rendah agar bisa berkembang dengan baik. Sebisa mungkin kamu memilih buah yang memiliki harga jual yang relatif tinggi.

2. Peluang Usaha Perkebunan Singkong

Seiring meningkatnya bisnis makanan berbahan singkong, kini singkong telah menjadi kebutuhan yang terus meningkat di pasaran. Sudah dipastikan jika tanaman ini termasuk tanaman yang menjanjikan masa depan.

Kamu dapat memanfaatkan keadaan ini untuk berbisnis, terlebih usaha perkebunan tersebut. Memiliki prospek yang amat bagus karena mudah dilakukan, bahkan bisa di mulai dengan modal kecil namun dapat menghasilkan untung yang besar.

3. Peluang Usaha Perkebunan Teh

Ternyata usaha perkebunan teh dapat mendulang keuntungan yang menjanjikan loh. Karena usaha ini mempunyai pasar yang begitu luas. Untuk memulai usaha perkebunan teh ini juga, sangat mudah loh! 

Namun minusnya perkebunan teh ini hanya dapat dilakukan pada wilayah yang mempunyai cuaca dingin. Cocok untuk kamu yang memiliki rumah yang berada pada dataran tinggi.

4. Peluang Usaha Perkebunan Kopi

Usaha perkebunan kopi menjadi peluang usaha perkebunan yang menjanjikan karena bentuk usaha ini tidak memerlukan lahan kontur yang bagus. Bagi kamu yang tinggal di pegunungan dengan bukit yang curam saja dapat ditanami kopi. 

Hebatnya lagi perawatan tanaman kopi ini sangat mudah sekali berbeda dengan tanaman seperti buah – buahan bahkan sayuran sekalipun. Apalagi harga kopi yang melonjak tinggi dapat membuat kamu meraup keuntungan yang lebih fantastis.

5. Peluang Usaha Perkebunan Bunga

Jika disuruh sebutkan contoh usaha perkebunan dapat membuat pekarangan rumahmu indah adalah usaha perkebunan bunga. Tanaman ini cukup menjanjikan, jika dijadikan lahan usaha bisnis karena omset yang didapat cukup besar pula.

Selain wangi dan segar jika di pandang, terdapat beberapa bunga tertentu yang biasanya dimanfaatkan untuk industri kecantikan kosmetik bisa dibuat semacam parfum atau produk kosmetik lain. 

6. Peluang Usaha Perkebunan Kelapa Sawit

peluang usaha perkebunan
Peluang Usaha Perkebunan

Selain kopi, kelapa sawit juga merupakan salah satu perkebunan yang memiliki nilai jual yang tinggi loh! Selain itu, perawatan kelapa sawit pun sama seperti kopi cukup mudah. 

Kelapa sawit yang memerlukan media tanam seadanya saja. Pohon dapat berbuah dan buahnya dapat dipanen tanpa membuat sulit kamu.

7. Peluang Usaha Perkebunan Pisang

Kamu dapat memanfaatkan lahan kosong yang kamu miliki dengan menanam usaha perkebunan tanaman pisang. Terlebih lagi tinggal di negara beriklim tropis membuat tanaman pisang ini tidak sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Pisang sangat bermanfaat bagi pasar industri untuk kembali diolah, sehingga usaha perkebunan pisang ini menjadi salah satu usaha yang tak pernah mati.

8. Peluang Usaha Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai adalah sejenis tanaman pohon yang kerdil, ternyata bonsai masih diminati oleh masyarakat luas loh! Selain unik bonsai berfungsi sebagai penghias rumah dan mampu membuat rumah menjadi sehat dan segar.

Kamu harus tau! Bahwa menanam bonsai tidak membutuhkan mesin atau alat tertentu sehingga modal yang dikeluarkan juga tidak relative besar. Bagaimana, kira – kira apa kamu tertarik memilih bonsai sebagai objek usahamu? Itu tergantung minatmu ya!

9. Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah

Tentu kamu sudah tidak awam lagi dengan tanaman bawang merah, selain dijadikan sebagai bumbu masak, tanaman ini juga dapat dijadikan obat. Selain memiliki nilai jual yang tinggi, bawang merah dapat bertahan lebih dari 2 bulan sejak masa panen.

Inilah mengapa bawang merah selalu membawa keuntungan bagi yang ingin membudidayakan tanaman tersebut 

10. Peluang Usaha Perkebunan Cabai

Peluang Usaha Perkebunan
Peluang Usaha Perkebunan Cabai

Siapa sih yang tidak tahu cabai? Ternyata perkebunan cabai ini salah satu peluang usaha perkebunan yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi loh sobat! Sering kali kita menemui harga cabai yang merangkak naik.

Dengan itu pemasok cabai dapat meraih keuntungan maksimal jika harga cabai di pasar membludak. Cabai dapat di taman pada dataran tinggi maupun rendah, tanah berstruktur gembur dan subur sangat diperlukan cabai untuk tumbuh dan berkembang baik.

11. Peluang Usaha Perkebunan Sayur Organik

Sayur organik telah kebutuhan sehari – hari karena pada setiap harinya kebutuhan sayur bagi tubuh manusia sangatlah besar, sehingga besar pula kebutuhan pasar akan tanaman ini 

Ini adalah peluang usaha yang bagus karena sangat mudah dilakukan dan dapat menghasilkan untung yang besar. Apalagi banyak orang tidak memiliki bisnis perkebunan berupa sayuran organik.

Mempelajari mengenai peluang usaha perkebunan adalah  hal yang sangat menyenangkan jika kamu telah merencanakan dan mengetahui harus dari mana kamu memulai bisnis tersebut. 

Perlu kamu ketahui bahwa setiap jenis perkebunan dan tumbuhan mempunyai karakteristik yang berbeda – beda. Demikian peluang usaha perkebunan yang bisa Wong Cerdas berikan. Semoga bermanfaat ya sobat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar