Raih Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal, Begini Caranya!

Kamu punya potensi bisnis yang sangat besar tapi tidak diterima bekerja di berbagai perusahaan jasa maupun produksi? Daripada terus menganggur, mengapa tidak menyambut peluang usaha menjadi distributor tunggal?

Menjadi distributor tidak kalah menguntungkannya dari produsen. Kamu bisa mengembangkan bisnis ini dari mana saja entah dengan bidang apa pun.

Contohnya, kamu lahir dan dibesarkan di daerah tertentu dengan produk kerajinan tangan terkenal. Alih-alih menjadi pengrajin, yang harus bermodalkan pengalaman, keterampilan dan bakat. Kamu bisa menjadi distributor yang mendistribusikan kerajinan tangan tersebut ke daerah atau kota lainnya.

Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal, Bisakah Untung dengan Bisnis ini?

Di dunia ini, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang tersedia. Tapi mengapa kamu memilih menjadi distributor tunggal? Apa benar keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini cukup besar hingga bisa membuat seseorang sukses dan kaya raya?

Ukuran kesuksesan dan kaya raya antara satu orang dan orang lainnya sangat berbeda. Tapi bila kamu menjalani bisnis ini dengan fokus dan konsistensi tinggi, tidak mustahil kamu meraup kesuksesan dan keuntungan besar tiap tahunnya.

Lantas, adakah tips jitu mempertahankan kesuksesan sebagai distributor? Bisakah seseorang mengubah jalan takdirnya dengan memanfaatkan peluang usaha menjadi distributor tunggal?

1. Jadikan Perusahaan Ritel Besar Sebagai Mitra Utama

Seorang distributor tunggal bisa sukses atau gagal dengan beberapa alasan. Persyaratan utama jika kamu ingin survive pada bidang ini adalah menggaet perusahaan ritel besar untuk join sebagai mitra.

Perusahaan ritel besar tentunya membutuhkan agen atau distributor terpercaya guna menyalurkan produk mereka ke pasar. Sebelum pasang jaring, ada baiknya kamu cari perusahaan ritel yang paling banyak menghasilkan profit setiap tahunnya.

2. Jalin Lebih Banyak Hubungan Baik Antar Klien

Peluang distributor tunggal 2021 lahir setelah kamu sibuk merencanakan dan mempersiapkannya beberapa tahun sebelumnya. Kabar baiknya, semua distributor termasuk kamu bisa sangat sukses jikalau berhasil menjalin hubungan baik dengan semua klien.

Nyatanya, beberapa klien masih menjunjung tinggi nilai kepercayaan dan hubungan baik. Mereka lebih tertarik menggunakan distributor yang sudah dikenal transparan dan bermutu daripada distributor baru yang masih anak bawang.

Ketika kamu berhasil mendapatkan kepercayaan dari salah satu perusahaan ritel, manfaatkan momentum tersebut sebaik mungkin. Sekali kamu gagal, akan sulit bagi bisnismu untuk naik dan berkembang. Peluang usaha menjadi distributor tunggal yang tadinya bagus bisa menurun dengan pesatnya.

3. Pahami Target Marketing

Sama saja seperti perusahaan ritel, distributor juga wajib memiliki target marketingnya sendiri. Dengan target marketing yang jelas, kamu bisa mengembangkan bisnismu dengan lebih mudah dan efisien.

Kamu juga bisa memisahkan perusahaan ritel yang mana harus diajak kerja sama dan tidak. Prosesnya memang tidak mudah, tapi dengan kesabaran dan kerja keras kamu bisa mengembangkan bisnismu menjadi lebih baik daripada semula.

Cara Menjadi Distributor Langsung dari Pabrik Anti Gagal

Mereka yang pernah bekerja di pabrik mungkin bisa dengan mudah menjadi distributor yang sukses karena pengalaman yang dimiliki. Lantas bagaimana jika kamu masih sangat nol dengan bidang ini? Jangan dulu patah semangat, yuk simak beberapa cara menjadi distributor terbaik dari Wong Cerdas berikut ini untuk sukses meraih peluang usaha menjadi distributor tunggal di tahun ini:

Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal
Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal

1. Paham dan Kenali Cara Kerjanya

Menjadi distributor banyak tantangannya hampir sama seperti kamu menawarkan produk seperti sales door to door. Agar semuanya terasa lebih mudah, alangkah baiknya jika kamu memahami dan mengenali cara kerja sebagai distributor pabrik.

Apa saja bahan yang harus kamu pelajari? Sangat banyak seperti persyaratan, budget, target penjualan dan sebagainya.

2. Pelajari Seluruh Informasi Mengenai Pabrik Bidikan

Ketika menemukan peluang usaha menjadi distributor tunggal pada salah satu pabrik, jangan menyerah dan menarik umpan. Lihat portofolio pabrik bidikan dan pelajari secara seksama apa dan bagaimana sistem kerja pabrik tersebut.

Dari sana, kamu bisa menemukan kriteria distributor yang mereka inginkan untuk kemudian mengimbanginya dengan SOP yang telah kamu buat sebelumnya.

3. Daftarkan Bisnismu

Sudah punya nama pabrik yang ingin kamu ajak kerja sama? Agar proses administrasinya bisa berjalan dengan mudah, silahkan daftarkan bisnismu saat itu juga. Semakin cepat kamu daftar justru semakin baik.

Namun, perhatikan kembali apa saja persyaratan yang pabrik tentukan mengingat tidak semua pabrik menawarkan bisnis ini secara gratis.

4. Pekerjakan Agen Distributor Terbaik

Apakah bisnis distributor tunggal yang kamu jalankan sudah cukup menghasilkan sehingga bisa mempekerjakan banyak agen? Apakah kamu sudah berhasil meraih peluang usaha menjadi distributor tinggal dan menjadi sukses? Jika jawabannya ya, lantas sudahkah kamu membayar karyawan yang potensial?

Karyawan merupakan jantung distributor yang membantumu untuk semakin berkembang atau kebalikannya. Temukan agen distributor yang bisa kamu ajak bekerja dengan baik, mahir berkomunikasi dan berpengalaman.

Macam-Macam Pabrik atau Bisnis yang Membutuhkan Distributor

Besarnya kebutuhan manusia membuat banyak pengusaha mengembangkan berbagai bisnis. Kamu yang berminat menjadi distributor tunggal wajib mengenali jenis-jenis bisnis yang berpotensi sukses besar.

Apa saja jenis peluang usahanya? Bisakah peluang usaha menjadi distributor tunggal  tersebut bertahan lama? Yuk simak penjelasannya berikut:

Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal
Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal

1. Kosmetik

Bila pasar yang kamu bidik adalah kaum hawa maka distributor kosmetik bisa menjadi ladang bisnis yang paling menguntungkan. Tidak beda jauh dari pakaian, kosmetik juga banyak jenisnya sehingga kamu bisa memperluas area bisnis dengan mudah.

Awalnya, distribusikanlah kosmetik herbal selanjutnya kamu bisa mengikuti tren dengan menyalurkan kosmetik Korea, China hingga Jepang. Kamu juga bisa menjadi distributor kosmetik brand selebriti kenamaan Indonesia.

2. Makanan atau Minuman Ringan

Salah satu pabrik yang membutuhkan distributor profesional selain kosmetik adalah makanan atau minuman ringan. Beda dari distributor kosmetik yang sebagian besar menangani kebutuhan para wanita Indonesia. Makanan atau minuman ringan memiliki target marketing yang lebih luas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Agar bisnismu cepat maju, pilih pabrik atau perusahaan ritel makanan dan minuman ringan yang memiliki reputasi baik. Perhatikan juga legalitas pabriknya, apakah pabrik sudah mengeluarkan sertifikat BPOM, halal MUI hingga SNI.

3. Pulsa

Peluang bisnis menjadi distributor tidak selalu berkaitan dengan pabrik atau perusahaan ritel. Contoh paling sederhana adalah distributor pulsa. Kamu bisa menjual pulsa dari mana saja bahkan secara online.

Kamu hanya perlu membuat website atau aplikasi jual pulsa berbasis mobile kemudian mempromosikannya dari mulut ke mulut atau daring. Dibandingkan dengan bisnis sebelumnya, menjadi distributor pulsa mungkin tidak menghasilkan profit yang besar.

Tapi bayangkan, berapa banyak omzet bulananmu bila kamu mempekerjakan puluhan bahkan ratusan agen distributor pulsa? Peluang usaha menjadi distributor tunggal pulsa sangat menggiurkan bukan?

4. Hijab atau Pakaian Muslim

Dan jenis bisnis yang perkembangannya juga sangat besar adalah penjualan hijab atau pakaian muslim. Kamu bisa menjual pakaian muslim anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Potensi market bisnis ini sangat tinggi mengingat sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam. Penjualan produk hijab akan semakin tinggi menjelang lebaran atau hari raya ibadah lainnya.

Demikianlah informasi menarik yang bisa kami sajikan mengenai peluang usaha menjadi distributor tunggal. Silahkan kamu ambil manfaatnya untuk mengembangkan potensi bisnismu di bidang ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar