Cermati Peluang Usaha Jasa Ekspedisi di Era Digitalisasi

Perubahan gaya hidup manusia dari manual menjadi digital ikut berimbas pada sejumlah mata pencaharian. Bila sebelumnya peluang usaha jasa ekspedisi tidak begitu diminati maka sekarang banyak pengusaha yang banting setir atau sengaja membangun bisnis ini dari nol.

Di sektor distribusi, kebutuhan jasa ekspedisi memang sangat tinggi. Apalagi sekarang masyarakat lebih suka belanja secara daring karena jauh lebih fleksibel. Sebelum memutuskan membangun bisnis ekspedisi, saran kami kamu perhatikan semua informasi berikut ini.

Peluang Usaha Jasa Ekspedisi

Setiap bidang usaha memiliki kelemahan dan kelebihan yang membuat pengusaha atau investor tertarik untuk melakoninya. Kamu yang sejak awal sudah tertarik dan melihat potensi bisnis ekspedisi, pasti tahu apa saja kelebihan bisnisnya.

1. Mendulang Banyak Keuntungan

Sejak beberapa tahun belakangan, jumlah perusahaan jasa ekspedisi yang hadir dan berkembang di Indonesia semakin banyak. Banyak pengusaha yang melihat peluang usaha jasa pengiriman barang dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Coba kamu tengok kesuksesan JNE Express, JNT Express, Sicepat dan jasa ekspedisi lainnya. Pernah kamu bayangkan berapa profit perusahaan ekspedisi tersebut dalam sehari? Belum lagi media marketing yang sangat luas mulai dengan bermitra bersama Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan sejumlah marketplace online lainnya.

2. Pertumbuhan Sektor Logistik Berkembang Pesat dengan Mudahnya

peluang usaha jasa ekspedisi
Peluang usaha jasa ekspedisi

Sebelum pandemi Covid-19, manusia masih senang belanja di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan. Tapi semenjak pandemi menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia, banyak orang yang lebih memilih belanja secara daring. Akibatnya, banyak marketplace online yang bermunculan.

Tahukah kamu jika pertumbuhan angka belanja daring juga meningkatkan pertumbuhan sektor logistic? Tanpa jasa ekspedisi, penjual tidak bisa mengirim barang dagangan mereka ke konsumen.

3. Digitalisasi sebagai Kunci Sukses

Peluang usaha jasa ekspedisi menjadi salah satu potensi bisnis yang terbuka lebar sejak era digitalisasi. Pola pikir dan daya beli masyarakat yang lebih suka belanja secara digital merupakan penyebab utamanya.

Agar bisnis ekspedisi kamu sukses, cobalah untuk meningkatkan bagian fulfillment. Pengemasan paket yang baik akan membuat semua pihak merasa senang baik konsumen, penjual maupun jasa ekspedisi yang kamu jalankan.

Jasa ekspedisi juga perlu beradaptasi dengan sejumlah teknologi digitalisasi terbaru. Makin banyak yang kamu ketahui peluang usaha jasa ekspedisi di era teknologi maka makin baik, artinya kamu bisa survive dan terus mengembangkan potensi bisnis ini.

Cara Membuka Usaha Jasa Kurir

Besarnya manfaat dan keuntungan bisnis ekspedisi membuat banyak pihak tertarik untuk berinvestasi jangka panjang pada bidang ini. Alhasil, banyak pebisnis yang mulai mencari tahu cara buka bisnis ekspedisi yang baik, benar dan legal.

peluang usaha jasa ekspedisi
Cara dan peluang usaha jasa ekspedisi

Dari semua pebisnis tersebut, apa kamu termasuk di dalamnya? Jika jawabannya ya, ulasan kami berikut akan sangat membantumu wujudkan impian menjadi pengusaha ekspedisi yang sukses.

1. Temukan Lokasi Strategis

Peluang usaha jasa ekspedisi bisa berujung pada dua hal yakni keberhasilan atau kegagalan. Jika yang kamu cari bukan kegagalan maka pertimbangkan semua hal termasuk lokasi jasa.

Kami sarankan kamu pilih lokasi kantor operasional yang strategis di mana ada banyak orang yang berlalu-lalang setiap harinya. Dengan demikian, konsumen bisa melihat bisnis ekspedisi milikmu dengan lebih mudah dan cepat.

2. Analisis Bisnis Ekspedisi Kompetitormu

Membuat perencanaan bisnis dengan sewa ahli manajemen belum cukup untuk mengembangkan jasa ekspedisi. Kami anjurkan kamu melakukan berbagai survey dan riset untuk menganalisis perilaku kompetitor.

Dapatkan informasi lebih banyak mengenai kompetitormu agar peluang usaha jasa angkutan barang yang kamu kembangkan bisa tumbuh dengan baik dan seksama. Bukannya bangkrut sebelum berkembang.

3. Hitung Modal dan Profit yang Masuk

Ada dua hal yang harus pengusaha pikirkan ketika mengembangkan suatu bisnis. Pertama adalah modal dan selanjutnya profit. Coba hitung besaran modal yang harus kamu keluarkan untuk menjalankan bisnis ini? Hitung pula berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengembalikan modal dari omzet yang kamu peroleh?

Perhitungan mengenai modal dan omzet tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Mintalah ahli keuangan atau akuntansi untuk melakukannya.

4. Cerdas Membidik Konsumen

Trik terakhir adalah memilih konsumen dengan cerdas. Persoalan ini sebenarnya sangat mudah karena hampir semua orang butuh dan menggunakan jasa ekspedisi untuk alasan tertentu.

Namun dengan menentukan target marketing, perusahaanmu bisa lebih mudah memilih logo, nama brand dan rincian lainnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah peluang usaha jasa ekspedisi patut untuk dipertimbangkan? Yuk mulai merencanakannya sekarang juga. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar