Yuk Baca, Peluang Usaha Jadi Agen Produk Baru

Salah satu pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan adalah menjadi agen suatu produk, misalnya agen produk kecantikan, peralatan elektronik, pakaian, air minum, dan lain-lain. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online, maupun offline. Tapi, bagaimana peluang usaha jadi agen produk baru?

Selain punya pekerjaan tetap, kamu mesti memikirkan punya pekerjaan sampingan, apalagi masih muda yang tentu stock tenaga masih banyak dalam diri kamu. Yuk, baca sampai habis artikel dari Wong Cerdas kali ini.

Sebelum mulai membahas peluang jadi agen produk, ada beberapa istilah yang perlu kamu pahami berikut:

  1. Distributor adalah orang atau perusahaan yang membeli produk langsung dari produsen, lalu menjualnya ke toko atau bisa langsung ke konsumen.
  2. Supplier hampir sama seperti distributor. Bedanya adalah biasanya barang yang dijual supplier adalah barang untuk kegiatan usaha. Misalnya supplier cermin untuk dipasok ke pabrik pembuatan spion.
  3. Agen adalah orang atau perusahaan yang memasarkan atau menjual produk orang lain ke konsumen.

Peluang Usaha Jadi Agen Produk Baru

Peluang Usaha Jadi Agen Produk Baru
Peluang Usaha Jadi Agen Produk Baru

Untuk membuka peluang usaha jadi agen produk baru, kamu harus mencari perusahaan yang sedang mencari agen. Bisa juga dari produk yang membutuhkan distributor karena biasanya distributor juga mencari agen dengan tujuan agar produk yang dijual lebih dikenal konsumen.

Pemilihan produk yang akan dijual juga penting sebelum memutuskan untuk menjadi agen. Sebaiknya pilihlah produk yang memang dibutuhkan oleh banyak orang, repeat ordernya tinggi, dan unik. Berikut contoh peluang usaha jadi agen produk baru:

1. Agen Pembalut Kain dan Popok Bayi Kain

Meski pembalut kain dan popok bayi kain sudah dipakai pada zaman dahulu, produk ini bisa dibilang produk yang unik. Beberapa wanita dan bayi tidak cocok menggunakan pembalut dan popok sekali pakai karena kandungan di dalamnya yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Dari masalah tersebut, kamu mendapatkan peluang usaha jadi agen dengan menawarkan solusi berupa pembalut dan popok bayi yang terbuat dari kain dan bisa dipakai berkali-kali.

2. Agen Alat Tulis

Alat tulis memang bukan produk baru. Namun, alat tulis dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, banyak pelajar yang bosan dengan kegiatan belajar yang begitu-begitu saja. Kamu bisa mencari produsen alat tulis yang unik untuk menarik konsumen mengusir kebosanan dalam belajar. Misalnya dengan menawarkan highlighter berbentuk sapu. Ini bisa menjadi peluang usaha jadi agen produk baru, lho.

3. Agen Skincare dan Kosmetik

Saat ini, ada banyak macam produk skincare dan kosmetik. Biasanya, produk ini banyak dibutuhkan oleh wanita remaja hingga dewasa untuk merawat dan mempercantik penampilan. Tapi, lama-kelamaan banyak bermunculan produk skincare untuk pria dan tak sedikit juga pria yang menggunakan skincare. Jadi, menjual produk skincare dan kosmetik dapat menjadi peluang usaha jadi agen produk baru ini.

4. Agen Peralatan Elektronik

Peluang Usaha Jadi Agen Produk Baru
Peluang Usaha Jadi Agen Produk Baru

Peralatan elektronik berupa TV, kulkas, setrika, kipas angin, handphone, dan lain-lain pasti dibutuhkan setiap orang untuk melengkapi isi rumah dan menunjang aktivitas sehari-hari. Seiring berkembangnya zaman, peralatan elektronik juga akan semakin berkembang.

Oleh karena itu, peluang usaha jadi agen produk baru berupa peralatan elektronik menarik untuk dijalankan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

5. Agen Produk Alami/Herbal

Ada beberapa orang yang kurang cocok mengonsumsi obat-obatan modern dan lebih memilih mengonsumsi produk herbal tradisional seperti jamu-jamuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka peluang usaha jadi agen produk herbal, tentu dengan target konsumen yang tepat.

6. Agen Produk Sembako

Sembako (sembilan bahan pokok) yang meliputi beras, minyak goreng, sayur dan buah, gula, garam, daging, susu, telur, dan gas LPG sudah jelas dibutuhkan oleh semua orang. Usaha yang menjual sembako hampir tidak pernah sepi pembeli. Maka, menjadi agen sembako adalah usaha yang menjanjikan karena akan cepat balik modal.

Itu dia informasi mengenai peluang usaha jadi agen produk baru yang bisa Wong Cerdas berikan. Ingatlah bahwa semua usaha perlu proses untuk jadi sukses. Jadi, tetap sabar, berjuang, dan jangan remehkan berapa pun keuntungan yang kamu dapat dari bisnis.

Bagikan:

Tinggalkan komentar