15 Peluang Usaha di Solo Terbaru dengan Modal Kecil

Saat kamu membicarakan tentang peluang usaha tentunya tidak akan ada habisnya,termasuk di Indonesia lebih tepatnya Provinsi Jawa Tengah yang menjadi kawasan favorit investor lokal maupun asing untuk menanamkan modal. Sumber daya manusia yang berkualitas serta akses izin yang mudah menjadi salah satu peluang untuk membuka usaha, terutama peluang usaha di Solo.

Kota Solo merupakan kota dengan populasi padat penduduk lebih dari 555.000 jiwa, selain itu kamu dapat melihat peluang dari sisi keindahan melalui agrikultur yang kaya dan pemandangan yang asri serta beragama kreativitas penduduknya melalui seni batik. Sehingga, Kota Solo dapat kamu jadikan sebagai salah satu tempat yang tidak dapat dilewatkan untuk membuka usaha.  

Peluang Usaha di solo dengan Modal Kecil

Ada banyak peluang usaha di Solo yang dapat kamu manfaatkan, diantara dengan usaha rumahan dengan modal kecil akan tetapi untuk besar. Kota Solo terkenal dengan Kota Batik, maka dari itu tidak heran jika Kota Solo akan banyak dikunjungi oleh penduduk lokal maupun asing untuk melihat keindahan dan kepopuleran batik daerah ini.

1. Membuka Usaha Kursus Membatik

Solo terkenal dengan produk khas batiknya, untuk itu tidak heran jika seseorang berkunjung ke Solo yang diburu adalah kain batiknya baik itu batik cap maupun tulis sebagai buah tangan saat kembali pulang.

Maka dari itu gunakan peluang ini untuk membuka usaha kursus membatik dengan waktu yang singkat, mungkin 1 hari sampai 3 hari untuk pengunjung yang tertarik mencoba belajar membatik sendiri dengan hasil karya yang dapat dibawa pulang. Tidak perlu membatik yang model desain atau motif yang rutin, dan tidak perlu dengan kain yang terlalu lebar.

Gunakan kain yang ukuran sedang dengan motif yang mudah untuk ditiru dalam waktu singkat. Dengan begitu pengunjung akan merasa bangga dengan hasil karyanya sendiri serta dapat dijadikan pengalaman yang tidak terlupakan. Dan kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar untuk membuka usaha ini, cukup dengan 5 sampai 10 peralatan lengkap yang akan digunakan secara bersama-sama.

2. Membuka Usaha Kuliner Kekinian

Banyaknya pengunjung yang datang membuka peluang usaha di Solo terbuka lebar, terutama dibidang kuliner entah itu makanan atau minuman yang pastinya dibutuhkan manusia saat berkunjung.

Ada beberapa jenis usaha kuliner yang bisa kamu mulai dengan modal yang relatif kecil, salah satunya membuka usaha camilan atau minuman kekinian adaptasi dari beragam menu khas Kota Solo.

3. Membuka Usaha Kerajinan Tangan

Kota Solo merupakan kota yang menghasilkan karya-karya kerajinan dengan kualitas baik. Maka dari itu, perlu orang kreatif coba untuk membuka usaha di bidang kerajinan tangan.  Selain Kota Solo sudah menjadi gudangnya, akan tetapi pemasaran secara global atau online belum memadai. Tunggu apalagi, kamu perlu membuat dan menjalankannya di digital marketing.

Peluang Usaha Kuliner di Solo

Peluang Usaha di Solo
Peluang Usaha di Solo Menarik

Peluang usaha kuliner memiliki prospek yang cerah, apalagi usaha ini bergerak pada kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Jadi, tidak heran jika selalu ada inovasi baru yang selalu muncul di bidang kuliner.

Salah satunya, di Kota Solo. Berbagai macam olahan kuliner kekinian menjajakan pasar kuliner Solo, dan tentu peluang usaha di Solo ini sangat menjanjikan karena banyaknya anak muda yang menyukai nongkrong bersama teman untuk sekedar hanya untuk bercanda gurau.

1. Masakan Tradisional Kemasan Kekinian Pinggir Jalan

Sudah saatnya kuliner tradisional dipadupadankan oleh sentuhan modern tanpa menghilangkan cita rasa kekhasannya. Kamu dapat mencoba membuka usaha kuliner tradisional yang dikemas dengan tampilan kekinian.

Sehingga, selain kamu ikut serta melestarikan kuliner Indonesia di lidah anak muda agar lebih mengenal masakan Indonesia, kamu juga akan dapat penghasilan dari usaha yang akan kamu buat.

2. Restoran Nusantara

Jika kamu memiliki banyak modal, peluang menyajikan menu nusantara secara megah untuk dapat dikenal di kancah internasional perlu dicoba. Karena masakan nusantara yang tergolong dengan bumbu yang banyak pastinya sulit untuk ditiru oleh para pesaing.

Sehingga, jika kamu membuka restoran dengan menu nusantara kamu akan memiliki sedikit pesaing. Selain itu, di Kota Solo sendiri memiliki masakan khas yang banyak ragamnya. Peluang usaha di Solo mengenai menu masakan nusantara rasanya rame yang beli.

3. Camilan Kekinian

Tidak heran banyaknya populasi anak muda membuka peluang usaha yang besar di bidang cemilan kekinian, makanan siap saji yang pastinya dikenal dan diminati oleh anak mudah ini dapat kamu jadikan salah satu referensi untuk membuka usaha.

Cemilan kekinian yang dapat kamu mulai dari menu roti panggang rasa masakan tradisional atau bahkan cemilan yang lagi trend dikalangan anak muda, seperti camilan korea.

Usaha yang Lagi Trendi di Solo

Kota Solo merupakan kota batik yang pastinya banyak wisata yang dapat dikunjungi. Oleh karena itu, tahun-ketahun di Kota Solo pasti memiliki usaha-usaha yang lagi booming alias trend. Sehingga, buat kamu pengusaha pemula mencoba mengambil peluang usaha di Solo melalui factor trend saat ini.

1. Membuka Les Online

Dunia digital yang semakin merajalela, membuat kamu harus melek teknologi sehingga dapat membaca pasar. Apalagi, di zaman yang serba digital ini tidak memungkinkan buat kamu mencoba membuka les online.

Layaknya les offline, les online ini dapat kamu atur dan sesuaikan dengan berbagai aturan yang dibuat. Mulai dari biaya yang relatif terjangkau, namun dengan kualitas didikan yang baik. Karena yang perlu kamu tahu bahwa layanan digital seperti ini akan banyak diburu masyarakat dari tahun-ketahunnya.

2. Menjual Produk Fashion Secara Online

Peluang usaha di Solo satu ini bisa dibilang banyak yang menekuni. Bisnis fashion pada tahun ini sangat paling dicari dan diminati oleh konsumen, karena masyarakat Indonesia yang konsumtif ditambah dengan penggunaan atau pembelian yang mudah. Apalagi Kota Solo merupakan kota batik yang dapat kamu ambil peluang untuk pemasaran secara digital atau online.

Produk fashion yang dapat kamu jajakkan meliput baju, aksesoris, tas atau yang lainnya. Kalau kamu belum memiliki modal yang cukup, lebih baik mulai dari sekarang dengan menjadi reseller atau dropshipper.

3. Bisnis Makanan Ringan

Jenis makanan ringan dapat dikatakan sebagai bisnis yang lagi trend buat pemula dengan berbagai macam olahan yang mudah dalam pengemasan. Begitu pula di Kota Solo, makanan ringan yang tidak membutuhkan modal terlalu besar untuk memulainya. Kamu dapat membuatnya sendiri atau mengambil dari produsen lain setelah itu kamu kemas.

Peluang Usaha di Solo Terbaru

Peluang Usaha di Solo
Peluang Usaha di Solo Terbaru

Sudah kenal Kota Solo seberapa jauh? Kalau belum kenal, ayo segera merapat untuk memburu peluang usaha di Solo kategori usaha terbaru yang dapat kamu jadikan referensi untuk membuka usaha.

1. Usaha Menu Dimsum

Siapa yang tidak kenal dengan dimsum? Teksturnya empuk dengan olahan daging di dalamnya. Tak heran jika bisnis camilan ini dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha di Solo, selain karena pesaing yang minim, dimsum juga mudah untuk diolah.

 2. Usaha Rice Bowl

Rice bowl, masakan berbagai olahan sederhana dengan kemasan bowl. Peluang usaha yang cukup menjanjikan, Kota Solo hadir dengan berbagai kuliner tradisional yang beragam. Sehingga, dapat kamu coba untuk menambahkan sentuhan rice bowl di dalam pengemasannya.

 3. Kemitraan Ekspedisi

Di zaman yang serba modern pastinya jasa layanan antar kirim sangat diperlukan dan dibutuhkan. Sehingga, tidak menutup kemungkinan jika menjadi mitra ekspedisi mempunyai peluang yang besar di Kota Solo.

 4. Usaha Makanan Korea

Korea Selatan? Negara yang sedang berkembang pesat dari semua sudut, apalagi bagi masyarakat Indonesia yang sudah akrab dengan masakan  negara yang satu ini. Dengan begitu tidak dapat menutup kemungkinan kamu untuk mencoba bisnis yang satu ini.

 5. Usaha Produk Digital

Berkembangkan teknologi yang pesat membuka produk digital semakin dikenal oleh banyak orang. Begitu pula dengan Kota Solo, ada beberapa pengusaha yang mencoba berbisnis produk digital seperti jasa terjemahan, content writer, atau lain sebagainya. Sehingga, usaha yang satu ini perlu kamu coba untuk segera dimulai.

Itulah, peluang usaha di Solo yang dapat kamu segera coba dan cicipi hasil akhir yang memukau.  Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar