20+ Peluang Usaha di Pekanbaru Modal Kecil yang Laris

Mencari pengetahuan tentang peluang usaha di Pekanbaru memang tergolong susah-susah gampang. Pasalnya, di kota yang tergolong padat ini, ada banyak potensi yang bisa dipilih dan dijadikan sebagai lahan untuk menambang cuan lebih banyak lagi. Ibukota dari Provinsi Riau ini, juga memiliki tingkat perkembangan ekonomi yang pesat. 

Peluang usaha di Pekanbaru tak hanya bisa diisi oleh orang-orang asli dari sana saja. Lantaran sangat banyak potensi di kota tersebut, tak heran jika ada orang dari pendatang yang mencoba peruntungan di sana. 

Menurut beberapa informasi, ada potensi yang bisa dijadikan peluang usaha di Pekanbaru seperti Sungai Siak, industri, kuliner, tanaman pangan, peternakan, perdagangan, konstruksi, dan juga wisata. 

Ada juga potensi investasi yang mungkin bisa kamu gunakan sebagai salah satu ide untuk memulai usahamu di bidang properti, water supply, perhotelan, dan lain sebagainya. 

Agar kamu mengetahui apa saja potensi peluang usaha yang ada di sana, silakan simak artikel berikut ini, ya. 

Peluang Usaha Modal Kecil Pekanbaru

Peluang bisnis di Pekanbaru bisa datang dari berbagai bidang. Kamu juga bisa memulainya tanpa menggunakan modal yang terlalu besar alias bisa digunakan hanya dengan modal yang kecil saja. Kira-kira apa usaha yang tepat? Silakan simak uraiannya di bawah ini:

1. Laundry

Ya, salah satu peluang usaha di Pekanbaru yang bisa kamu mulai dengan modal kecil adalah modal laundry. Cara untuk memulainya, kamu hanya perlu melengkapi peralatan untuk mencuci seperti mesin cuci, deterjen, pengering, dan lain sebagainya. 

Peluang Usaha di Pekanbaru
Peluang Usaha di Pekanbaru

Target pasar yang harus kamu tuju adalah orang-orang yang mungkin tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Bisa dari pegawai kantoran atau mahasiswa yang mungkin merantau dari daerah lain di Indonesia. Dengan bisnis ini, saya yakin kamu bakal untung besar walaupun hanya dengan modal rendah. 

Hanya saja, untuk awal, jika kamu memang memiliki sedikit tambahan biaya, belilah satu-dua mesin cuci untuk mempercepat dan membuat pelayanan yang kamu berikan bisa lebih baik. 

2. Konter Pulsa

Sepertinya, peluang usaha di Pekanbaru ini juga bisa digunakan di daerah manapun, yakni konter pulsa. Modalnya juga hanya perlu membeli pulsa dari supplier yang memang menyediakan pulsa. Belilah sebatas uang yang kamu miliki saja. 

Setelah itu, silakan untuk membuka konter pulsa kecil-kecilan. Bisa membukanya di depan ruko-ruko yang banyak tersedia di kota Pekanbaru atau bahkan menyewa ruko secara langsung. Ambillah keuntungan dari penjualan tersebut. Walaupun sedikit, tidak apa-apa. Yang penting, usaha kamu lancar. 

Jualan yang Paling Laris di Pekanbaru

Selanjutnya, jika kamu mencari peluang usaha di kota Pekanbaru yang paling laris, kamu bisa menjual barang yang dibutuhkan orang sehari-hari saja. Contoh usahanya adalah sebagai berikut:

1. Toko Sembako

Peluang usaha di Pekanbaru yang bisa juga menjadi sangat laris di daerah manapun adalah toko sembako. Permintaan masyarakat terhadap sembako tidak akan pernah menurun lantaran yang dibutuhkan adalah barang sehari-hari. Silakan melengkapi jualan dengan beras, gula, minyak, cabai, sayur, bumbu masakan, dan lain-lain. 

Kamu juga bisa menyediakan produk tambahan seperti makanan ringan, roti, sabun mandi, dan segala kebutuhan lain yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan ini, siapapun pasti akan membeli dan pasti akan sangat laris manis yang pada akhirnya membuat kamu bisa untung terus. 

2. Tempat Kost

Peluang usaha di Pekanbaru lainnya yang bisa kamu coba adalah penyedia tempat kost. Permintaan para perantau atau pendatang di kota Pekanbaru, juga tidak akan pernah menurun. Mungkin memang, modal yang kamu butuhkan akan sangat besar di awal karena harus membangun banyak kamar sekaligus. 

Namun, dalam prosesnya, sangat jarang terjadi bapak/ibu kos mengalami kerugian karena menyewakan tempatnya sebagai kost para pendatang atau perantau yang datang ke kotanya. Hal ini juga bisa berlaku walaupun tempat yang kamu miliki tidak strategis karena permintaannya bisa sangat membludak. 

Apalagi jika dengan tidak strategisnya tempat, kamu memberikan harga yang sedikit miring dibandingkan dengan penyedia tempat kost lainnya. Target yang harus kamu tuju adalah para mahasiswa, pekerja dari luar daerah, pendatang, dan mungkin juga orang yang ingin menikmati kesendiriannya. 

Setiap bulan, nantinya kamu hanya perlu mengeluarkan biaya listrik, air, dan juga biaya perawatan dari kost yang tentu saja akan terbayar lunas jika anak-anak kost sudah membayar uang bulanannya.

3. Jual Beli Motor Bekas

Peluang usaha di Pekanbaru yang akan sangat laris selanjutnya adalah usaha jual beli motor bekas. Seperti yang telah diketahui, Pekanbaru juga memiliki banyak warga pendatang yang tentunya sangat membutuhkan kendaraan untuk kegiatannya sehari-hari. 

Celah ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual motor bekas. Pasalnya, bagi siapapun yang baru datang ke kota orang atau merantau, biasanya untuk awal mereka akan mencari kendaraan yang masih bisa dipakai namun dengan harga yang murah. 

Nah, kamu harus memberikannya solusi dengan menawarkan motor bekas yang masih dalam kondisi prima namun harganya cukup jauh jika dibandingkan dengan harga motor baru. Hal ini akan sangat membantu para perantau untuk memenuhi kebutuhan transportasi pribadinya.  

Peluang Usaha Kuliner di Pekanbaru

Peluang Usaha di Pekanbaru
Peluang Usaha di Pekanbaru Modal Kecil Bidang Kuliner

Bisnis kuliner di Pekanbaru yang bisa kamu geluti kalau bisa sih yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang mungkin sedang berkunjung ke sana. Ada beberapa bisnis kuliner khusus oleh-oleh yang bisa kamu coba, silakan gunakan makanan khas dari Pekanbaru seperti contoh di bawah ini:

1. Bisnis Bolu Kemojo

Makanan khas Pekanbaru yang bisa kamu jadikan bisnis kuliner pertama adalah bolu kemojo. Bolu yang memiliki mayoritas warna hijau ini, menurut beberapa informasi memang sangat disukai oleh wisatawan, khususnya untuk varian rasa durian. 

Kamu juga bisa membuat beragam varian rasa seperti jagung, pandan, durian, dan juga coklat. Silakan sediakan juga bolu kemojo dalam berbagai ukuran yang mungkin dibutuhkan oleh wisatawan. Peluang usaha di Pekanbaru yang satu ini, cocok bagi kamu yang memang suka dengan dunia kuliner. 

2. Roti Jala

Peluang usaha di Pekanbaru selanjutnya adalah usaha roti jala. Kue yang hidangannya selalu dibarengi dengan kuah kare kental ini, juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang mungkin ingin mencoba makanan khas Riau. Silakan gunakan berbagai varian rasa agar wisatawan bisa lebih bebas memilihnya. 

3. Dodol Kedondong

Peluang usaha di Pekanbaru untuk oleh-oleh bagi wisatawan lainnya adalah dodol kedondong. Yang menarik dari dodol satu ini adalah bahannya, yakni kedondong. Jadi, dodol yang kamu bikin nantinya bisa memiliki rasa khas dodol namun dengan tambahan rasa asem dan juga segar. 

Ketika dimakan, dodol kedondong akan memberikan rasa asin, manis, dan rasa asem yang segar. Cocok jika digunakan untuk oleh-oleh wisatawan lokal atau mancanegara sekalipun karena keunikan rasanya. 

4. Lapek Bugih

Peluang usaha di Pekanbaru lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan berjualan Lapek Bugih. Makanan ini adalah salah satu makanan tradisional dari Minangkabau yang berbahan dasar tepung ketan dengan metode dikukus serta dibungkus dengan daun pisang. 

Makanan yang dulunya menjadi hidangan untuk para bangsawan ini, sekarang sangat cocok jika kamu gunakan sebagai produk bisnis yang mungkin kamu inginkan. Silakan tawarkan terhadap wisatawan yang kebetulan berkunjung ke Pekanbaru. 

5. Salai Ikan Patin

Makanan khas selanjutnya yang bisa kamu jadikan peluang usaha di Pekanbaru adalah salai ikan patin. Makanan ini, seperti sudah menjadi makanan wajib yang harus dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh dari Pekanbaru. Salai ikan patin atau ikan asap ini, cocok dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan lantaran harganya murah, khas, dan enak. 

6. Amplang Tenggiri

Makanan khas Pekanbaru selanjutnya yang juga diminati oleh wisatawan adalah amplang tenggiri. Makanan ini, memiliki banyak varian rasa, namun yang paling banyak diminati adalah khusus rasa udang dan juga tenggiri. Rasanya yang khas, gurih, dan juga nikmat, sangat cocok jika dijadikan cemilan. 

Makanan yang diolah dengan bahan dasar daging ikan tenggiri yang dihaluskan lalu dicampur dengan tempung beras serta bumbu khusus, akan membuat rasa yang khas dan tentunya diminati oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Pekanbaru. 

Peluang Usaha di Pekanbaru Riau

Jika beberapa daftar peluang usaha di atas masih belum cukup, kamu juga bisa kok bekerja sama dengan agen waralaba di Pekanbaru yang bisa kamu cari dan tersedia sangat banyak di mesin pencari seperti usaha kopi kekinian, masakan kekinian, dan lain sebagainya. 

Namun tak cukup itu saja, masih banyak loh peluang usaha di Riau Pekanbaru yang bisa kamu geluti jika memang ingin niat untuk membangung usaha. Contohnya seperti di bawah ini:

1. Fashion

Peluang Usaha di Pekanbaru
Peluang Usaha di Pekanbaru Bidang Fashion

Peluang usaha yang pertama bisa kamu coba adalah fashion. Bisnis fashion sejak dulu tidak pernah turun dan animo masyarakat untuk membeli pakaian tetap sangat tinggi. Bisnis ini akan sangat tepat bagi kamu yang mungkin ingin mencoba peruntungan di dunia fashion.

Kamu bisa membuat pakaian dengan menjahitnya sendiri atau bisa juga dengan langsung mencari supplier yang menyediakan pembelian grosir. Tinggal kamu pilih saja mana yang menurutmu lebih baik dan bisa dengan mudah kamu kerjakan. 

Misalkan saja, jika kamu bisa menjahit, silakan jahitlah pakaian khas yang mungkin bisa dijual—jangan lupa untuk memperhatikan aturan adat, jika memang tidak boleh, lebih baik jahit pakaian lain saja. Kamu bisa menjualnya kepada siapapun yang mungkin butuh untuk acara atau bisa juga dengan menyewakannya. 

Jika kamu memilih untuk grosir saja, belilah langsung dari suplier yang memang terpercaya dan sudah memiliki track record yang baik dalam banyak transaksi yang dilakukannya. Setelah itu, kamu bisa menyewa ruko atau menjualnya secara online untuk memperluas target pasarmu 

2. Jasa Pengetikan dan Percetakan

Usaha yang satu ini juga seperti nggak ada matinya. Di setiap daerah—tak terkecuali Pekanbaru—usaha ini pasti banyak digunakan. Mengapa? Kebutuhan akan pengetikan dan juga percetakan dalam bentuk apapun akan selalu dibutuhkan untuk saat ini.

Apalagi jika kamu memiliki tempat strategis seperti di areal kampus atau sekolah, usaha kamu akan sangat didukung oleh kebutuhan siswa ataupun anak kuliahan untuk mencetak apa saja yang mereka butuhkan. Pun juga dengan jasa pengetikan. Usaha tersebut akan sangat menguntungkan bagi kamu. 

Peluang Usaha Sampingan di Pekanbaru

Beberapa orang banyak yang masih merasa kekurangan akan pekerjaan utama mereka. Sebagian dari mereka merasa perlu mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Nah, bagi kamu yang penasaran sama peluang usaha di Pekanbaru untuk pekerjaan sampingan, bisa intip di bawah ini.

  1. Bisnis Online Shop
  2. Menjadi Reseller atau Dropshipper
  3. Membuka Kursus Online
  4. Jasa Freelance
  5. Menjadi Penulis Lepas
  6. Membuat Hampers
  7. Service AC, kulkas, laptop dan barang elektronik lainnya
  8. Menjadi Konten Kreator
  9. Usaha Cuci Sepatu
  10. Berjualan Dessert
  11. Menjadi Influencer
  12. Bisnis Preloved atau Thrift 

Itulah beberapa referensi peluang usaha di Pekanbaru yang bisa kamu coba untuk jual dan meraup keuntungan di sana.

Bagikan:

Tinggalkan komentar