10+ Peluang Usaha di Papua yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnis

Papua merupakan provinsi strategis yang memiliki wilayah strategis yang dikelilingi gunung, laut, danau dan lain-lain. Wilayah yang terkenal memiliki kekayaan alam yang melimpah seperti emas, batubara, tembaga, hasil perikanan, dan lain-lain ini membuat banyak peluang usaha di Papua yang menghasilkan keuntungan menggiurkan.

Sobat wong cerdas, Papua juga memiliki potensi budaya dan wisata yang memiliki banyak peminat di Indonesia maupun wisatawan luar negeri. Bukan hanya itu saja, usaha kuliner di Papua juga cukup menjanjikan. 

Barang yang Laku di Papua

Sobat, kekayaan alam di Papua memang tidak perlu diragukan lagi. Potensi emas, minyak bumi, hingga ragam flora fauna memang tidak ada bandingannya. Tidak heran, jika Papua dijuluki surga dunianya Indonesia.

Kekayaan yang dimiliki Papua tidak sebanding dengan kesejahteraan masyarakatnya. Jangan kaget jika biaya hidup di Papua sangat mahal. Namun, banyak barang yang laku di Papua meskipun terkesan remeh:

1. Beras

Beras menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia sehari-hari. Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga kebutuhan pokok di Papua melambung tinggi. Salah satunya beras, harga beras di Papua untuk satu karung berharga 2 juta rupiah, fantastis sekali, bukan?

2. Ponsel

Barang yang memiliki banyak minat di Papua adalah ponsel. Namun, harga ponsel di Papua sangat tinggi tergantung mereknya. Bahkan, ponsel menjadi barang termahal di Papua yang bisa ditukar dengan emas 15 gram.

3. Rokok

Rokok juga menjadi salah satu barang mahal yang dimiliki masyarakat Papua. harga rokok satu bungkus ukuran besar di Papua bisa mencapai 100 ribu. Meskipun demikian, barang ini banyak dicari dan dibeli.

4. Telur

Harga telur di Papua sangat mahal. Meskipun, banyak dikonsumsi masyarakat, nyatanya harga telur di Papua bisa mencapai 50-70 ribu untuk satu rak telur. Saking mahalnya, masyarakat lebih memilih membeli telur dari luar pulau agar lebih menghemat pengeluaran.

Itulah barang-barang mahal yang laris terjual di Papua. Barang-barang tersebut juga bisa peluang usaha di Papua karena barang tersebut selalu dicari masyarakat, sehingga keuntungan yang didapat juga menggiurkan.

Peluang Usaha Kuliner di Papua

Usaha kuliner di Papua juga bisa menjadi salah satu inspirasi merintis sebuah bisnis yang menguntungkan. Apalagi kebutuhan akan makanan dan minuman tidak akan luntur karena akan terus dicari. Berikut peluang usaha kuliner di Papua yang bisa menjadi bisnis yang menggiurkan:

1. Restoran

Bisnis restoran di Papua cukup menjanjikan. Apalagi Papua juga didukung oleh pariwisata yang menarik mata, sehingga hal ini menjadi daya Tarik bagi wisatawan. Salah satu pengusaha Papua yang sukses menggeluti dunia kuliner adalah Martha. Wanita ini mendirikan Christo Resto di pinggiran Danau Sentani. Bahkan, hasil usahanya ini dapat mempekerjakan 16 orang di restorannya.

2. Franchise

Peluang usaha di Papua bidang kuliner selanjutnya adalah franchise. Bisnis franchise makanan dan minuman dapat dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan di Papua. menu makanan kekinian menjadi salah satu hidangan yang digemari di Papua.

3. Berjualan Martabak

Salah satu jajanan yang disukai masyarakat Papua adalah martabak. Usaha ini dapat dirintis dengan modal kecil dan menghasilkan keuntungan yang melimpah. Bahkan, salah satu pengusaha di Papua yang berjualan martabak sudah bisa balik modal dalam waktu kurang dari sebulan.

Peluang Usaha di Papua

peluang usaha di papua
Peluang usaha di Papua

Sobat wong cerdas, wilayah Papua semakin banyak berubah dengan pembangunan infrastruktur yang semakin berkembang. Tidak terkecuali, peluang usaha di Papua yang dapat dijadikan ladang bisnis menjanjikan omzet besar. Berikut informasinya:

1. Buah Merah

Buah merah dapat dijadikan peluang usaha yang menggiurkan. Biasanya buah ini dikonsumsi dengan cara direbus dan dipanggang. Selain itu, buah yang tumbuh di Papua ini berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari stroke, diabetes, dan yang terbaru adalah menyembuhkan penyakit HIV/AIDS.

Tidak heran, jika buah ini dapat dijadikan peluang bisnis di Papua karena banyak diincar masyarakat mancanegara. Bahkan, buah ini telah diekspor di kawasan Asia hingga afrika.

2. Sarang Semut

Permintaan akan tanaman sarang semut cukup banyak, membuat usaha ini menjadi salah satu peluang usaha di Papua yang menjanjikan. Bahkan, tanaman yang dipercaya meredakan berbagai penyakit ini sampai diekspor ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Inggris, dan lain-lain.

Tanaman ini tumbuh subur di Papua dan dapat dijadikan potensi bisnis menguntungkan. Sarang semut mengandung Flavonoid yang mampu mencegah tubuh dari resistensi.

3. Noken

Papua juga kaya akan budaya, salah satunya adalah tas tradisional Papua bernama Noken. Tas ini berbahan kulit kayu yang kuat. Noken dibuat dengan cara dirajut dan biasanya digunakan untuk membawa barang dengan cara mengikatkan tali Noken di kepala.

Noken bisa menjadi salah satu inspirasi berbisnis beromzet besar. Apalagi tas tradisional ini telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Bahkan, peminat bend aini hingga ke seluruh belahan dunia. Tentu, berbisnis Noken bisa menjadi peluang usaha di Papua yang menjanjikan. Menarik, bukan?

Peluang Usaha di Jayapura, Papua

Salah satu kota yang menyimpan potensi alam dan budaya di Papua adalah Jayapura. Kota yang terletak di bagian Timur ini juga memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Bahkan, orang terkaya di Jayapura banyak menggeluti dunia bisnis. Berikut informasi peluang usaha di Papua khususnya di Jayapura.

1. Usaha Air Sumur Bor

peluang usaha di papua
Peluang usaha di Papua

Salah satu usaha yang cukup menjanjikan di Papua adalah bisnis sumur bor. Bisnis satu ini banyak diminati, bahkan usaha ini bisa melayani hingga 100 mobil per harinya. Dalam sebulan, keuntungan bisnis air sumur bor ini bisa menghasilkan puluhan juta. 

2. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian dapat menjadi salah satu usaha dengan keuntungan berlipat. Apalagi di hari khusus seperti hari besar agama mereka dan perayaan lain-lain, penjualan pakaian akan meningkat signifikan. Pakaian yang dijual bermacam-macam mulai baju dewasa hingga anak-anak. Masyarakat papua juga mengenal tren dalam berpakaian.

Peluang Bisnis di Sorong, Papua

Tidak hanya Jayapura, Sorong juga menyimpan potensi bisnis menggiurkan. Sehingga, bisnis ini dapat dijadikan peluang usaha di Papua barat:

1. Bisnis Peternakan

Bisnis peternakan seperti ayam, sapi, dan lain-lain cukup menjanjikan. Usaha ini membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Jika berhasil, omzet yang diperoleh mencapai puluhan juta rupiah.

2. Karaka

Jenis kepiting berukuran besar ini sangat diminati. Cita rasanya yang manis membuat kepiting berdaging tebal ini mempunyai banyak peminat. Bahkan, restoran ternama Indonesia menyajikan karaka sebagai hidangannya

Itulah peluang usaha di Papua yang bisa jadi inspirasi berbisnis. Tertarik menjalankannya?

Bagikan:

Tinggalkan komentar