50+ Peluang Usaha di Jogja Terbaru yang Menjanjikan

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang punya banyak potensi. Dari semua potensi yang ada, sangat tepat jika kamu menjadikannya sebagai peluang usaha di Jogja yang menjanjikan. Jika kamu memanfaatkannya dengan baik, kamu bisa cuan terus.

Ada banyak jenis usaha yang ada di Jogja. Kamu bisa menemukan usaha dengan skala kecil seperti warung-warung pinggiran sampai usaha skala besar seperti perhotelan dan juga pusat perbelanjaan. 

Selain itu, pelaku usahanya juga tidak hanya dari kalangan tertentu, semua bisa jadi pengusaha dan owner dari suatu bisnis ataupun usaha. Kalau kebetulan kamu orang Jogja atau kebetulan kuliah dan kerja di Jogja, bisnis bisa banget nih jadi salah satu jalan untuk tambah cuanmu. 

Kira-kira, apa saja ya peluang usaha di Jogja yang bisa dijajal dan bisa menguntungkan? Kalau pengin tahu, gas aja tengok uraian lengkapnya di bawah ini. 

Peluang Usaha Jogja Modal Kecil

Pembahasan peluang usaha di Jogja mending dibahas dari yang paling butuh modal sedikit dulu kali ya? Ini cocok banget buat kamu yang modalnya pas-pasan banget. Jadi, kamu tak perlu khawatir tentang kerugiannya. Usaha dengan modal kecil, biasanya memiliki risiko kecil. 

Walaupun gitu, memang sih untungnya juga kecil. Lantas, apa saja jenis usaha dengan modal kecil di Jogja? Nih cobain beberapa jenis usaha berikut ini:

  1. Jualan minuman dingin
  2. Jualan roti home made
  3. Bikin katering
  4. Buka warung sarapan
  5. Warung kopi jos
  6. Isi ulang air galon
  7. Tambal ban
  8. Bisnis aksesoris

Sepertinya, dari beberapa jenis usaha yang disarankan di atas, nggak butuh modal yang gede banget. Misalnya saja, untuk isi ulang air galon. Kamu hanya butuh tabung oksigen dan alat purifier untuk jernihin dan bikin air jadi layak minum. 

Begitu juga dengan usaha yang lainnya. Nggak butuh modal yang besar. Kalau beruntung, bisa sih dapat penghasilan besar. Tapi kasnya memang kecil karena risiko dan modalnya kecil. Bisa juga untung besar, tapi dengan syarat kamu konsisten bertahun-tahun jualan dan terus mengembangkannya. 

Peluang Usaha di Jogja Modal 50 Jt

Nah kalau sekarang, baru deh bahas peluang usaha di Jogja dengan modal yang besar. Sebagaimana tertera, modalnya sampai 50 juta rupiah. Menurutmu, apa saja yang cocok? Kalau belum punya pandangan, nih saya kasih:

  1. Bisnis laundry
  2. Franchise
  3. Membuka toko kue dan oleh-oleh khas Jogja
  4. Bisnis aksesoris otomotif
  5. Bisnis fashion
  6. Bisnis fotocopy, print, bendel, dan yang sejenis

Dari semua yang direkomendasikan, modalnya memang cukup besar. Misalnya saja untuk bisnis laundry. Di bisnis ini, kamu harus menyediakan beberapa kebutuhan seperti mesin cuci—kalau bisa banyak, sewa toko, sewa pegawai, dan lain sebagainya. 

Duit 50 juta rupiah, sepertinya bakal cepat habis kalau dicemplungin ke bisnis laundry. Masalah keuntungannya, tenang saja. Sekarang banyak banget orang males nyuci kok. Dan kemalasan konsumen mencuci sendiri adalah kesempatan yang harus kamu manfaatkan dengan baik, yakni dengan bikin bisnis laundry. 

Peluang Usaha di Jogja Terbaru dan Terlaris

Peluang Usaha di Jogja
Peluang Usaha di Jogja

Peluang usaha di Jogja 2021 yang bisa dibilang laris dan emang nggak ada matinya, apalagi kalau bukan usaha oleh-oleh khas Jogja. Pasalnya, Jogja itu sudah identik banget sebagai tempat wisata. Siapapun yang berwisata—apalagi jika jarang mengunjungi—pasti mencari oleh-oleh khas Jogja untuk dibawa ke rumah. 

Bisnis oleh-olehnya juga tak hanya makanan. Silakan eksplorasi oleh-oleh unik khas Jogja seperti baju lurik, blangkon, keris, batu akik, ornamen khas jogja, aksesoris logo keraton, kerajinan miniatur becak dan sepeda, dan pokoknya banyak lagi. 

Kalau makanan, udah kebanyakan. Tapi kalau oleh-olehnya ‘ora umum’, biasanya bakal banyak yang melirik. Cobain deh bikin usaha oleh-oleh. 

1. Peluang Usaha Kuliner di Jogja

Usaha kecil di Jogja atau bisa juga langsung ke skala besar yang bisa kamu geluti, salah satunya adalah usaha kuliner. Tahu sendiri kan animo masyarakat terhadap kuliner khas Jogja yang beragam? Hal itu bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis dalam bidang ini. 

Kalau memang nggak ngerti apa saja produknya, nih saya kasih lengkap produk kuliner khas Jogja:

  1. Gudeg
  2. Bakpia Pathok
  3. Sate Klatak
  4. Yangko
  5. Cenil
  6. Krecek
  7. Sate Kelinci
  8. Oseng-oseng Mercon
  9. Cilok Gajahan
  10. Geplak
  11. Gatot
  12. Nasi Tiwul
  13. Sayur Lombok Ijo
  14. Peyek Tumpuk
  15. Kue Adrem
  16. Mie Lethek
  17. Bakmi Jogja
  18. Bakmi Pentil
  19. Mie Des
  20. Soto Lethok
  21. Keripik Belut
  22. Sate Kere
  23. Kicak
  24. Kipo
  25. Sup Merah
  26. Ayam Geprek
  27. Entok Slenget
  28. Mangut Lele
  29. Saoto Bathok

Tuh kan banyak banget. Ini sudah saya kasih contoh kuliner yang bisa kamu jual. Jangan sampai nanti kamu bilang nggak punya ide loh atau sampai beralasan bahwa kehabisan ide, takut ini-takut itu. Kalau emang gitu jadinya, mending nggak perlu buka usaha. Mending cari kerja saja ngelamar sana-sini. Sama-sama dapet duit, kok. 

2. Peluang Usaha Franchise di Jogja

Peluang usaha kemitraan di Jogja sepertinya juga bisa jadi salah satu bidang usaha yang perlu kamu coba. Nantinya kamu akan bermitra dengan owner dari suatu usaha yang membuka sistem waralaba atau franchise. Kalau bingung, kamu bisa coba beberapa usaha dengan sistem franchise di Jogja berikut ini:

  1. Tahu Gila (PT Raos Aneka Pangan)
  2. Rafa Rental World
  3. Martabak Mini Rainbow
  4. Ayam Hootz
  5. BOBATIME
  6. Dunots Crispy Donuts
  7. Alfamart
  8. Indomaret

Franchise di atas bisa banget kamu coba. Nantinya, kamu sudah tidak perlu repot melakukan branding dan segala keruwetan bisnis lainnya. Pokoknya tinggal jualan saja dan tunggu pembeli datang. Tapi, memang lebih baik juga melakukan branding sendiri biar tambah laku. 

3. Peluang Usaha Mahasiswa di Jogja

Bisnis mahasiswa Jogja yang bisa kamu geluti, sebisa mungkin tidak akan mengganggu waktu kuliahmu. Berikut ini daftar usahanya:

  1. Jualan buku bekas
  2. Jualan pakaian bekas atau thrift shop
  3. Buka jasa pengetikan tugas
  4. Jasa joki skripsi

Dua tugas terakhir memang lumayan nyeleneh sepertinya. Tapi, yang males nulis tugas dan juga malas nulis hasil penelitian skripsi itu juga banyak kok di Jogja. Kalau kamu memang jago banget nulis karya ilmiah dan juga orang yang rajin, silakan coba dua usaha tersebut, yakni jasa pengetikan tugas dan juga jasa joki skripsi. 

4. Peluang Usaha Batik Jogja

Peluang usaha rumahan di Jogja yang bisa kamu garap dan sepertinya menguntungkan adalah usaha batik Jogja. Pada tahun 2020 saja, ada tuh di daerah Bantul, Pandak, Sewon, Banguntapan, sampai daerah Imogiri, usaha batiknya lumayan berkembang. 

Hanya saja, yang perlu kamu siapkan sebelum membuka usaha ini adalah ciri khas dari motif batikmu sendiri. Meniru motif batik yang sudah ada banyak di pasaran, hanya akan memperkecil kesempatan kamu untuk mendapatkan keuntungan. Tentu saja, di awal kamu juga harus punya keterampilan membatik. 

5. Peluang Usaha Bubur Ayam Jogja

Peluang usaha di Jogja selanjutnya yang bisa kamu coba adalah usaha bubur ayam. Tak hanya di Jogja, usaha bubur ayam juga sering laris di daerah manapun. Pasalnya, ada kekhasan tersendiri terkait bumbu dari bubur ayam ini. 

Biasanya sih, yang buka bubur ayam dan memang laris, adalah usaha bubur ayam khas Jakarta. Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika kamu ingin menggunakan bumbu khas Jogja. Inovasi boleh-boleh saja kok, asalkan tak mengurangi kenikmatan dari bubur yang dibikin. 

Kamu hanya perlu menyiapkan gerobak untuk jualan, kompor gas, wadah bubur, ayam, dan juga beberapa bumbu penting lainnya. Setelah itu, gas aja jualan dari pinggir jalan dulu, kalau sudah berkembang, bisa banget tuh kamu langsung sewa ruko dan yang sejenisnya. 

6. Peluang Usaha Frozen Food di Jogja

Peluang usaha di Jogja yang satu ini juga bisa banget kamu coba. Mau dari kalangan manapun, kamu bisa mencobanya. Caranya mudah saja, tinggal cari supplier makanan beku yang membuka kesempatan untuk pembelian secara grosir. Nantinya, kamu bisa ambil untuk dari harga beli grosirmu.

Peluangnya, lumayan gede sih. Apalagi kalau pasarmu adalah pemalas yang nggak mau susah dan nggak mau ribet bikin makanan. Frozen food, kan hanya makanan beku yang butuh digoreng atau direbus lalu bisa langsung dilahap, jadi bakal banyak banget yang menginginkannya.

7. Peluang Usaha Laundry di Jogja

Peluang usaha di Jogja yang menjanjikan satu ini, memang sangat disarankan. Apalagi di Jogja itu banyak Universitas yang diisi oleh mahasiswa dari berbagai daerah. Waktu mereka sangat terbatas dan mungkin tidak cukup waktu untuk mencuci. Kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis laundry.

8. Peluang Usaha Rental Mobil di Jogja

Peluang usaha selanjutnya yang bisa kamu geluti adalah rental mobil. Ini cocok banget kan kalau di Jogja. Apalagi mengingat bahwa Jogja itu banyak didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara. Nanti, sewain saja mobilmu kepada mereka. 

Tapi memang, usaha yang satu ini cukup riskan untuk dilakukan. Pasalnya ada risiko dibawa kabur, komponen penting dicuri, ada pelanggan tidak jujur yang merusak mobil, dan lain sebagainya. Kalau mau nekat, gas aja. Nggak ada salahnya kok mencoba. 

9. Peluang Usaha Paket Wisata Jogja

Paket usaha Jogja untuk wisata juga mantap banget buat dijalanin. Kan banyak banget tempat wisata di Jogja. Kalau memang nggak tahu, nih saya kasih referensi tempat wisata yang bisa kamu tuju jika memang ingin membuka paket wisata. 

  1. Paket wisata ke Kaliadem
  2. Paket wisata ke Kali Kuning
  3. Paket wisata ke Museum Ullen Sentalu
  4. Paket wisata ke Air Terjun Kedung Pedut
  5. Paket wisata ke Ekowisata Taman Sungai Mudal
  6. Paket wisata Candi Prambanan
  7. Paket wisata ke Gunung Merapi
  8. Paket wisata ke Goa Jomblang
  9. Paket wisata ke Goa Pindul

Gimana? Sangat banyak kan tempat wisatanya? Nantinya, kamu tinggal  memasukkan beberapa destinasi di atas menjadi satu paket. Kalau nggak bisa, ya sudah pilih beberapa tempat wisata saja. 

10. Peluang Usaha Online di Jogja

Peluang usaha Sleman, Bantul, atau di Jogja bagian manapun, yang paling efektif tentu saja jualan online. Banyak banget kok usaha online yang bisa dijalani. Apalagi Jogja sudah punya ciri khas sendiri. Kamu bisa loh jualan oleh-oleh khas Jogja dengan menyediakannya secara online di marketplace. 

Pasar kamu bisa tambah luas dan pelanggan kamu juga bakal tambah banyak. Bisa juga kamu ngide buat bungkusin kuliner khas Jogja yang tahan lama dan bisa dikirim ke manapun. Yakin banget deh bakal laku. Apalagi bagi orang yang lidahnya suka kangen makanan pas mereka liburan ke Jogja, bisa borong banyak banget itu. 

Dengan ini, udah nggak bingung lagi kan tentang referensi peluang usaha di Jogja yang nantinya akan kamu geluti? Kalau udah nggak bingung, silakan jalani dan selamat mencoba~

Bagikan:

Tinggalkan komentar