50+ Peluang Usaha di Batam Modal Kecil & Paling Laris

Kota Batam, siapa yang tidak kenal dengan kota satu ini? kota terbesar di kepulauan Riau ini ternyata cukup hits di kalangan masyarakat Indonesia. Ada banyak hal yang membuat kota ini menjadi sorotan, salah satunya pada peluang usaha di Batam.

Selain Jakarta dan Balikpapan kota Batam menjadi salah satu pusat industri. Hal ini terbukti dengan banyaknya para pengusaha dan distributor yang mengambil stok barang dari kota ini. Hal ini dapat menjadi peluang usaha yang bagus di batam, tak heran jika kamu mencari harga barang termurah dengan harga grosir pada marketplace, barang tersebut pasti berasal dari kota Batam.

Peluang usaha di batam sangatlah banyak, tidak hanya berputar pada industri barang dan jasa. Namun juga kuliner, pariwisata  hingga maintenance repair and overhaul (MRO) yang berpusat pada pengembangan perluasan bandara. Sebagaimana di rilis dari Jawapos.com bahwa Batam mempunyai kapasitas bandara yang cukup besar, bahkan dapat menjadi salah satu yang terbesar di Asia.

Peluang Usaha Sampingan di Batam

Meskipun Batam terkenal sebagai kota industri, akan tetapi peluang usaha di Batam juga tidak hanya pada sektor industri. Sebagaimana kota lain yang memiliki sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan lain-lain. Maka begitu juga dengan Batam yang memiliki sektor-sektor tersebut.

Selain bekerja sebagai pegawai kantor, dosen, guru, dokter atau pun yang lainnya. Tak sedikit dari profesi tersebut yang masih mencari usaha sampingan yang dapat dikerjakan saat berada di rumah.

Berikut beberapa peluang usaha di Batam yang dapat dikerjakan dari rumah, antara lain:

1. Bisnis Online Shop

Bisnis online tergolong bisnis yang tidak membutuhkan waktu terlalu banyak, kamu pun dapat menjalankannya ketika selesai bekerja dari kantor. Atau kamu dapat menjalankannya pada hari libur kantor, seperti setiap hari sabtu dan ahad.

2. Bisnis Jasa Les Privat

Bagi kamu yang bekerja sebagai seorang guru, namun masih merasa penghasilanmu belum terlalu banyak, kamu dapat membuka jasa les privat setiap malam. Jasa les privat akan meringankan pekerjaan seorang ibu yang tidak sempat untuk mengajari putra-putrinya. Kamu juga dapat membuka jasa les privat dalam skala besar pada hari libur sekolah.

3. Bisnis Jasa Pengetikan

Bagi kamu yang telah terbiasa bekerja didepan komputer tentunya bisnis ini sangat cocok untukmu. Bisnis jasa ini dapat kamu jalankan dengan merekrut karyawan, tanpa harus turun langsung. Keuntungan yang didapatkan dapat kamu bagi 60 persen untuk penulis, 30 persen tempat pengetikan, dan 10 persen untuk admin.

Peluang Bisnis Modal Kecil di Batam

Hai sobat! menurutmu apakah semua bisnis membutuhkan modal yang besar untuk memulainya? Jawabannya tentu kondisional, karena memang ada bisnis yang dari awal harus mengeluarkan modal besar, serta ada pula bisnis yang dapat dijalankan dengan modal minimal.

Peluang bisnis di batam memang cukup menjanjikan, melihat kota ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Baik dari segi letak daerah dan keunikan yang ada di dalamnya.

Berikut ini beberapa peluang usaha di Batam yang dapat dijalankan dengan modal minimum, diantaranya:

4. Bisnis Pernak-pernik Batam

Peluang Usaha di Batam
Peluang Usaha di Batam Menjanjikan

Apakah kalian tau, ternyata Batam juga sangat kaya akan kebudayaan. Di batam seringkali diadakan festival kebudayaan untuk mengenalkan pada masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya, beberapa festival yang diadakan seperti festival kenduri seni melayu, festival Batam International Culture Carnival (BICC), dan festival Kampung terih.

Bisnis buah tangan tidaklah mahal, kamu dapat membuat ukir-ukiran dari kayu yang bertuliskan I love Batam, dan lain-lain. Kemudian kamu dapat menghiasnya dan menjadikannya sebagai bros atau gantungan kunci. Bagaimana mudah bukan?

5. Bisnis Foto Kilat

Dengan adanya banyak tempat wisata, kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis foto kilat. Peluang usaha di batam ini tergolong mudah karena barang yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak, serta keuntungan yang didapat pun berlipat.

Setelah kamu memiliki omset yang lumayan kamu dapat merekrut karyawan yang ditempatkan di semua tempat yang dipadati pengunjung. Dengan ini kamu hanya tinggal mengontrol tanpa perlu terjun secara langsung ke lapangan.

6. Bisnis Jasa Tempat Penitipan Anak (TPA)

Dengan adanya banyak industri yang ada di Batam, tentu sebagian masyarakatnya adalah pekerja. Biasanya sebelum bekerja orang tua akan menitipkan anaknya di tempat penitipan.

Bisnis jasa penitipan termasuk tidak membutuhkan modal yang banyak, kamu hanya cukup menyediakan rumah dan merekrut beberapa karyawan yang dapat merawat anak dengan baik. Selebihnya kamu hanya tinggal mengelola keuangan.

7. Bisnis Laundry

Peluang usaha di batam yang selanjutnya adalah bisnis jasa laundry. Batam merupakan kota yang padat penduduk, terutama bagi mereka yang berasa dari luar kota untuk merantau. Kota yang dikenal banyaknya industri di bidang manufaktur, maka tak salah bahwa kita menyebut kota ini sebagai kota yang sibuk.

Mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja, biasanya tidak punya banyak waktu luang. Nah, bagi mereka yang termasuk orang-orang sibuk pasti lebih memilih mencuci baju di jasa laundry.

Ini merupakan peluang bisnis modal kecil sekaligus menguntungkan di Batam. Yakin gak mau coba?

Peluang Bisnis Kuliner di Batam

Peluang usaha kuliner di batam cukup menjanjikan, apalagi Batam memiliki cukup banyak tempat wisata, dan sering didatangi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Peluang usaha di batam dalam ranah kuliner pun beragam, mulai dari minuman, makanan ringan, makanan berat, resto, makanan khas, makanan oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Bisnis kuliner masuk dalam usaha yang hits di batam. Faktor cuaca di batam yang relatif panas saat musim kemarau tiba, sangat cocok dimanfaatkan untuk membuka sebuah cafe, kedai, atau pun stand yang menyediakan beraneka ragam minuman kekinian.

8. Bisnis Rumah Makan Khas Batam

Hingga saat ini bisnis kuliner masih selalu aktif dan laris di hampir semua tempat wisata, dengan omset yang cukup besar. Untuk membangun sebuah rumah makan memang membutuhkan dana yang cukup banyak, akan tetapi 2-3 bulan berikutnya dengan kegigihanmu, modal awal pun akan tergantikan.

9. Bisnis Catering

Catering menjadi solusi termudah untuk menyediakan makanan siap saji tanpa harus repot memasak. Apalagi Batam dengan masyarakat yang didominasi sebagian besar adalah pekerja. Bisnis catering tidak hanya ada saat acara tertentu, akan tetapi untuk makanan sehari-hari pun kamu dapat memesannya secara catering.

10. Bisnis Oleh-oleh Khas Batam

Belum dikatakan pernah ke Batam jika belum ada buah tangan atau oleh-oleh. peluang usaha di batam yang satu ini dijamin tidak akan sepi dari pelanggan. Oleh-oleh pun ada beraneka ragam, dapat berupa kue lapis batam, brownies batam, dan makanan ringan batam lainnya.

Peluang Usaha Snack Aneka Macam di Batam

Peluang Usaha di Batam
Peluang Usaha di Batam Modal Kecil

Snack merupakan makanan yang paling banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak, tetapi mereka yang sudah berusia dewasa juga masih menikmati jajanan ringan yang satu ini.

Tak ada salahnya jika kamu menilik peluang usaha snack yang bisa dijual di Batam berikut ini:

  1. Keripik Kentang
  2. Kuaci
  3. Keripik Pangsit Rasa Ayam
  4. Keripik Kulit Lumpia
  5. Keripik Ubi Manis
  6. Kacang polong
  7. Keripik Singkong
  8. Keripik Jamur
  9. Siomai Kering
  10. Aneka tahu
  11. Mie Lidi Pedas
  12. Keripik Buah Apel
  13. Keripik Pisang Coklat
  14. Keripik Buah Naga
  15. Bakso Goreng Khas Malang
  16. Tahu Bakso
  17. Tahu Kremes
  18. Keripik Bawang
  19. Keripik Pisang Gurih
  20. Keripik Daun Melinjo
  21. Makaroni Gurih
  22. Keripik Tahu Krispi
  23. Keripik Usus
  24. Keripik Talas
  25. Keripik Bayam
  26. Singkong Keju
  27. Keripik Tempe Renyah

Bagaimana banyak sekali ya ide untuk berbisnis? Yuk, segera pilih yang sesuai keinginan kamu sobat.

Peluang Usaha di Batam Lainnya

Kamu juga bisa membangun bisnis lainnya seperti berikut ini:

  1. Menjadi Influencer
  2. Jasa Kelola Social Media
  3. Bisnis Preloved atau Thrift
  4. Membuat Hampers
  5. Membuka Kursus Online
  6. Berjualan Dessert
  7. Menjadi Konten Kreator
  8. Usaha Cuci Sepatu
  9. Bisnis Online Shop
  10. Menjadi Penulis Lepas
  11. Menjadi Reseller atau Dropshipper
  12. Bisnis Penginapan
  13. Jasa Make Up Artist
  14. Usaha Rental
  15. Membuka Kedai Jajanan Murah
  16. Usaha Laundry
  17. Bisnis Handmade
  18. Bisnis Pet Shop
  19. Bisnis Tour Wisata
  20. Bisnis Cuci Steam
  21. Bisnis Minuman Segar
  22. Membuka Bengkel
  23. Bisnis Coffee Shop

Barang Paling Laris di Batam

Sebagai kota industri tentunya batam memiliki berbagai barang unik dan menarik. Bahkan tak sedikit dari pengunjung yang datang ke kota ini hanya untuk membeli dan melakukan stok barang para produsen secara langsung di Batam.

Bisnis barang dari batam memang termasuk menguntungkan. Terlebih harga grosir barang yang ditawarkan di Batam tergolong sangat murah dibandingkan produsen lainnya. Melihat hal ini peluang usaha di batam sepertinya akan membuatkan untung berlipat-lipat. Modal awal yang kau gunakan pun akan terganti dalam jangka waktu tak kurang dari tiga bulan.

Beberapa barang yang paling diburu di batam adalah barang-barang branded dengan harga yang ramah di kantong. Antara lain:

  1. Barang elektronik,
  2. Smartphone,
  3. Laptop,
  4. Tas branded,
  5. Parfum,
  6. Jam bermerek, dan lain-lain.

Itu dia peluang usaha di batam yang dapat kamu coba jalankan. Dalam memulai bisnis tentunya tidak bisa secara instan, karena semua membutuhkan proses. Apapun bisnisnya jika kamu menjalaninya dengan tekun dan sungguh-sungguh pasti usahamu akan sukses dengan omset yang hingga puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Bagikan:

Tinggalkan komentar