50+ Peluang Usaha di Bandung Cocok Buat Kamu Coba!

Terkadang melompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain rasanya sangat melelahkan. Selain lelah, gaji yang kamu peroleh belum tentu besar dan cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang semakin membludak. Bila sudah seperti ini, hijrah ke Paris van Java dan mengambil peluang usaha di Bandung merupakan keputusan bijaksana.

Tidak hanya menetap di salah satu kota paling populer di Indonesia, kamu juga telah membuka investasi baru untuk masa depan. Berbeda dari kota lainnya yang masih tertinggal, harga properti di Bandung terbilang sangat mahal dan akan semakin naik hingga tahun-tahun yang akan datang.

Sekilas tentang Kota Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota besar yang menjadi salah satu tujuan para pencari kerja dari berbagai daerah untuk menggantungkan nasib mereka. Jaraknya yang dekat dari Jakarta dan pertumbuhan peluang usaha di Bandung yang tidak kalah tingginya membuat kota ini menjadi cukup populer.

Sama saja seperti kota-kota besar lainnya, pengelolaan pemerintah dan tata wisata di Bandung sangat baik. Kamu tidak hanya bisa menemukan tempat wisata tradisional tapi juga sejumlah kawasan wisata modern dan Instagramable. Makanan khas dari kota ini juga sangat lezat, sebut saja seblak, mie kocok, lotek, surabi hingga batagor.

Saking lezatnya, hampir semua makanan khas Bandung bisa kamu temukan di berbagai kota atau daerah di Indonesia. Pedagang menjual panganan tersebut di gerobak dorong atau menawarkannya pada rumah makan besar.

Peluang Usaha di Bandung  dengan Modal Kecil

Bandung memang kota besar tapi dalam beberapa aspek kota ini menawarkan keindahan dan keelokan yang tidak bisa kamu temukan dari kota lainnya termasuk Jakarta. Kamu yang bermimpi menghabiskan masa produktif di kota ini, yuk lakukan salah satu bisnis berikut.

1. Jasa Penitipan Anak

Modal terkadang menjadi kendala utama seseorang untuk memulai bisnis mereka. Kamu mengalami kendala yang sama ketika bermaksud membangun usaha di Bandung? Solusi mengatasinya cukup mudah, yakni manfaatkan saja keterampilan dan keahlian yang kamu punya.

Kamu yang terampil mengasuh anak atau bayi bisa membuka peluang usaha baru yakni jasa penitipan anak. Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis ini sangat diminati terutama oleh wanita karier. Peluang usaha sampingan di Bandung ini bisa membuatmu meraup keuntungan yang tidak sedikit.

2. Kerajinan Tangan

Hobi menjahit atau membuat kalung dari manik-manik? Manfaatkan potensi yang kamu miliki untuk menghasilkan cuan yang banyak. Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan daur ulang untuk dijual kembali ke konsumen.

Modal yang kamu butuhkan tidak banyak karena kamu bisa memasarkan produk secara online. Kamu juga bisa menjual hasil kerajinan tanganmu dari mulut ke mulut. Jadikan peluang usaha di Bandung kelas rumahan ini sukses hingga kamu bisa melakukan ekspor.

3. Catering Makanan Khas Bandung

Sudah tahu apa saja jenis makanan khas Bandung? Beberapa telah kami sebutkan sebelumnya dan kamu yang hobi memasak bisa membuka catering sebagai usaha menyambung hidup.

Bisnis kuliner di Bandung sangat menjanjikan. Produk yang bisa kamu jual pun sangat beragam tergantung keahlian memasak yang kamu punya. Dengan membuka bisnis rumahan Bandung ini, kamu tidak hanya membantu diri sendiri tapi juga orang lain di sekitarmu. Coba bayangkan, berapa banyak tenaga kerja yang terserap jika bisnis catering kamu sukses?

4. Distro

Bandung merupakan gudang kaos distro terbaik dan terpopuler di Indonesia. Hampir semua pedagang kaos distro di Indonesia mengambil produk mereka dari Bandung. Kamu yang suka dunia fashion bisa mencoba bisnis ini sebagai bisnis utama.

Membuka distro di rumah tidaklah sulit apalagi jika kamu memiliki kenalan tukang sablon terbaik. Selain menciptakan desain sendiri, kamu juga bisa mulai membangun brand sendiri.

5. Bimbel

Peluang usaha di Jawa Barat sudah sepatutnya membantu mendidik anak bangsa. Kamu yang berprofesi sebagai pendidik atau memiliki latar belakang pada bidang tersebut, bisa membuka layanan bimbel.

Bimbel yang kamu tawarkan harus memiliki kelebihan dan keunikan daripada jasa bimbingan belajar lainnya. Misalnya, kamu bisa membuat layanan bimbel yang menyatu dengan coffee shop atau restoran sehingga pelajar bisa menghabiskan waktu dengan memesan makanan sebelum atau setelah bimbel.

Peluang Usaha Kuliner Bandung

Peluang Usaha di Bandung
Peluang Usaha di Bandung

Bandung tidak kalah eksotiknya dari Bali atau Jogja sehingga menjadi langganan kota wisata turis asing maupun domestik. Melihat potensi wisata yang sangat besar, kamu bisa mencoba bisnis kuliner berikut ini:

1. Surabi

Jajanan Bandung termasuk salah satu cemilan wajib yang tidak pernah ketinggalan dalam berbagai acara. Salah satu jajanan paling populer dari kota ini adalah surabi. Surabi yang dijual di Bandung sangat unik karena terdiri dari berbagai varian rasa mulai, manis, pedas atau asin.

Kamu bisa memilih serabi oncom untuk citarasa gurih dan asin. Surabi oncom merupakan primadona surabi Bandung yang wajib dicoba ketika kamu berlibur di kota ini. Kamu yang masih mencari-cari referensi jenis peluang usaha kuliner di Bandung, bisa mempertimbangkan untuk berjualan surabi.

2. Seblak

Peluang usaha di Bandung bidang kuliner berikutnya adalah seblak. Makanan yang satu ini sangat populer di Indonesia karena memiliki kombinasi rasa, manis, pedas dan asin. Meski bahan utamanya adalah kerupuk, seblak kini bisa dikreasikan dengan berbagai topping seperti bakso, makaroni, telur, sosis, ceker ayam dan sebagainya.

Kamu bisa berjualan seblak basah dan kering sehingga para pembelimu dapat memilih menu seblak yang mereka sukai. Tawarkan juga variasi topping dan level kepedasannya.

Selain dua kuliner yang hits tersebut, Wong Cerdas memberikanmu rekomendasi untuk peluang usaha di Bandung lainnya seperti berikut ini:

  1. Batagor
  2. Ketan Bakar
  3. Nasi Timbel
  4. Cimol
  5. Soto Bandung
  6. Mie Kocok
  7. Peuyeum
  8. Kolontong
  9. Empal Gepuk
  10. Gurandil
  11. Oncom
  12. Gehu
  13. Lotek
  14. Colenak
  15. Cilok
  16. Cilung
  17. Rujak Cuka
  18. Kupat Tahu
  19. Misro
  20. Perkedel Bondon
  21. Bala-bala
  22. Baso Tahu Tulen
  23. Cireng
  24. Cuanki
  25. Bageur
  26. Ulukutek Leunca
  27. Nasi Kalong
  28. Bandros
  29. Combro
  30. Siomay
  31. Ambokueh
  32. Tahu Susu Lembang
  33. Bubur Candil
  34. Karedok

Usaha yang Lagi Trend di Bandung

Peluang Usaha di Bandung
Peluang Usaha di Bandung yang Lagi Trend

Ada berapa orang yang bisa kamu ajak kerja sama untuk membuka peluang usaha di Bandung? Semakin banyak orang yang membantumu akan semakin baik terlebih jika kamu tertarik membangun bisnis di bawah ini:

1. Laundry Harian

Perubahan pandangan dan gaya hidup secara tidak langsung mengubah kebiasaan seseorang. Dahulu, orang tua atau nenekmu mungkin terbiasa mencuci pakaian menggunakan tangan atau mesin cuci tapi sekarang sudah ada laundry yang siap melayani.

Menggunakan jasa laundry dianggap jauh lebih mudah dan praktis apalagi jika kamu selalu sibuk bekerja setiap harinya. Agar paket usaha Bandung yang baru kamu rintis ini berjalan dengan lancar tawarkan harga yang masuk akal. Kamu juga bisa menawarkan diskon untuk member baru atau pelanggan setia.

2. Tahu Susu Lembang

Berjualan cimol dengan bumbu BBQ mungkin bukan lagi ide menarik dan unik apalagi persaingannya pun semakin menggurita dari hari ke hari. Jadi referensi bisnis kuliner Bandung yang kami rekomendasikan untukmu adalah tahu susu lembang.

Makanan yang satu ini sedang sangat hits di Bandung dan pastinya disukai dari segala usia maupun kalangan sosial. Selain menjual tahu susu Lembang eceran, kamu juga bisa menawarkan paket oleh-oleh. Bukankah peluang usaha di Bandung ini sangat menjanjikan?

Peluang Usaha di Bandung Jawa Barat

Bandung mungkin menjadi tujuan hidupmu setelah gagal berusaha di kota lainnya. Agar tidak mengalami kegagalan yang sama, cobalah untuk mencoba peluang usaha di Bandung ini:

  1. Buka jasa pengetikan tugas
  2. Bisnis fashion
  3. Jualan pakaian bekas atau thrift shop
  4. Isi ulang air galon
  5. Warung kopi
  6. Jualan minuman dingin
  7. Franchise
  8. Bisnis aksesoris otomotif
  9. Membuka toko kue dan oleh-oleh khas Jogja
  10. Bisnis aksesoris
  11. Jualan buku bekas
  12. Tambal ban
  13. Buka warung sarapan
  14. Jasa joki skripsi
  15. Bisnis fotocopy, print, bendel, dan yang sejenis
  16. Jualan roti home made
  17. Bisnis online
  18. Bisnis di bidang alat kecantikan

Apa yang membuatmu tertarik untuk berbisnis di Bandung? Apakah karena peluang usaha di Bandung yang sangat banyak dan menggiurkan? Apa pun alasannya, pastikan perhitungkan segalanya sebelum memulai suatu usaha.

Bagikan:

Tinggalkan komentar