25+ Peluang Usaha di Bali Menguntungkan dan Menjanjikan

Mendirikan sebuah usaha atau bisnis sendiri memang penuh tantangan. Namun, bukan berarti hal itu membuat kamu pantang untuk mencobanya. Menjadi pengusaha atau pebisnis yang sukses tentu akan memberikan kamu berbagai keuntungan.

Salah satu keuntungannya adalah menjadi pemilik sekaligus pemimpin di perusahaan sendiri. Ingat, yang paling penting adalah cermat memilih tempat, seperti dengan mencari peluang usaha di Bali.

Produk Terlaris di Bali

Sebelum membahas berbagai macam peluang usaha di Bali yang menjanjikan, kamu perlu mengetahui produk-produk apa saja yang laris di pasarkan di sana. Hal ini tentu sangat penting supaya kamu tahu produk apa yang digemari oleh konsumen. Nah, berikut ini sejumlah produknya.

1. Makanan atau Camilan

Makanan ringan dan camilan merupakan produk terlaris di Bali karena produk tersebut sering dibeli oleh para turis. Produk-produk tersebut terdiri dari cokelat khas Bali, bakpia, pie susu, kacang disko, kacang asin dan kopi Kintamani. 

2. Barang atau Benda Unik Khas Bali

Produk lain yang berpotensi menjadi peluang usaha yang bagus di Bali adalah kaos kekinian seperti Joger, tas rotan dengan desain yang menawan, baju barong khas Bali, kain sarung pantai, gelang hasil kerajinan tangan, perhiasan perak serta lukisan dari para pelukis Bali.

Peluang Usaha di Bali

Setelah membahas tentang berbagai macam produk terlaris di atas, kini kamu perlu mempelajari tentang peluang usaha di Bali yang menjanjikan. Wong Cerdas telah merangkum beberapa jenis usaha yang dapat kamu coba. 

1. Bisnis Properti

Jenis bisnis pertama yang cukup menjanjikan yaitu menjadi agen properti. Bisnis dalam kategori ini masih sangat menjanjikan, bahkan hampir di berbagai situasi. Properti memiliki fungsi sebagai tempat tinggal ataupun dijadikan investasi. Peminatnya pun dapat datang dari dalam maupun luar Bali.

2. Penyewaan Villa

Bisnis penyewaan villa juga dipercaya memiliki prospek yang cerah. Sebagai tempat wisata yang padat dikunjungi oleh wisatawan, villa bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk menginap atau menetap sementara ketika berwisata di Bali. 

3. Membuka Usaha Jasa dan Toko 

Beberapa peluang bisnis di Bali lainnya yaitu kelas yoga, sekolah berselancar, memasarkan produk kerajinan tangan atau karya seni khas Bali. Di samping itu, membuka butik atau clothing store pun dapat dicoba, karena para turis biasanya sangat senang berbelanja barang-barang tertentu ketika berwisata.

Peluang Usaha Kuliner di Bali

Peluang Usaha di Bali
Peluang Usaha di Bali Terbaru

Bidang kuliner juga menjadi salah satu peluang usaha di Bali yang menjanjikan. Berbagai tema dan ide berbeda dapat diterapkan pada usaha kuliner untuk dapat menarik para konsumen. Berikut ini beberapa jenis usaha tersebut.

1. Street Food

Bisnis kuliner di Bali merupakan salah satu jenis usaha yang menawarkan peluang cukup baik. Walaupun terdapat jenis bisnis kuliner lain, seperti cafe dan bar, kamu pasti tidak mengira kalau pangsa pasar street food ini dapat bersaing dengan kedua bisnis kuliner tersebut. Kamu dapat memiliki jajanan atau makanan kekinian untuk  menunya.

Kelebihan street food biasanya terdapat pada kisaran harganya yang lebih terjangkau dari harga di restoran.Bisnis ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas atau besar, tetapi hanya perlu didirikan pada lokasi yang strategis seperti di dekat kawasan wisata atau jalan besar.

2. Warung Makan Khas Indonesia

Bisnis kuliner dengan tipe warung atau rumah makan juga mempunyai peluang besar untuk berhasil. Kamu dapat menyediakan menu khas Bali atau daerah lainnya untuk menarik pengunjung. 

Di beberapa kawasan,seperti Badung, Denpasar dan sekitar pesisir pantai, warung makan khas Bali sangat mudah untuk dicari dan ditemukan. Warung ini kebanyakan berbentuk rumah atau seperti pondok-pondok makan. Warung juga ramai pembeli, apalagi lokasi usahamu itu strategis.

Catet dulu ya peluang usaha di Bali yang satu ini, mana tau kamu tertarik untuk merealisasikannya.

3. Restoran 

Bisnis restoran tentu menjadi salah satu peluang usaha di kota Bali yang dapat kamu coba. Selain berkunjung ke tempat wisata dan menginap di hotel untuk staycation, para wisatawan juga tentu senang memanjakan diri dengan menu-menu nikmat saat berkunjung di Bali. 

Untuk dapat bersaing dengan usaha semacam ini, kamu harus bisa menawarkan suasana yang berbeda serta menu dengan rasa khas yang berkesan kepada para tamu. Menu yang ditawarkan pun bisa saja berupa masakan khas Indonesia atau menu khas dari negara lain. 

4. Cafe Bertema Unik

Bisnis cafe termasuk peluang usaha di Bali yang mempunyai potensi baik. Cafe dengan tema unik dan instagramable memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi oleh wisatawan. Oleh sebab itu, kamu harus mampu membuat konsep berbeda dan menarik supaya cafe kamu dapat membuat pengunjung berdatangan.

5. Coffee Shop 

Keberadaan coffee shop memang belum terlalu menjamur seperti cafe atau restoran, tetapi melihat prospeknya ke depan, bisnis ini dapat dibilang cukup menjanjikan. Coffee shop yang berfokus pada menu olahan kopi, biasanya juga menyajikan makanan ringan seperti donat, kue atau camilan sejenis lainnya. Pilih tema menarik untuk coffee shop mu, maka orang pun akan berkunjung ke tempatmu dengan sendirinya.

Peluang Usaha Online di bali

Menjalankan usaha secara online juga semakin populer saat ini, termasuk di pulau Bali. Usaha ini biasanya mempunyai konsumen yang terdiri dari para turis atau warga sekitar yang ingin membutuhkan jasa atau produk tertentu. Beberapa contoh peluang usaha di Bali secara online tersebut di antaranya:

  1. Membuat toko atau katering online
  2. Menjadi youtuber atau influencer di Instagram
  3. Membuka kursus memasak atau yoga
  4. Menawarkan jasa home spa
  5. Menjadi dropshipper (produk fashion, kosmetik, produk kerajinan tangan)
  6. Membuka jasa konsultasi usaha, keuangan, properti, dll
  7. Menjadi penyalur kerajinan tangan 

Semua contoh usaha online di atas merupakan peluang usaha di Bali  yang dapat dipromosikan melalui internet. Hampir semuanya tidak memerlukan dana besar untuk memulainya, Yang kamu perlukan hanyalah keuletan untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Peluang Usaha Rumahan di Bali

Jika kamu tertarik, membuka usaha rumahan pun bisa menjadi bisnis yang cukup menguntungkan. Pelaku usaha hanya perlu menjalankan bisnisnya di rumah dan melakukan promosi online ataupun dari mulut ke mulut untuk menawarkan barang maupun jasanya. Beberapa contoh dari usaha tersebut yaitu :

  1. Bisnis katering 
  2. Produksi makanan ringan
  3. Persewaan homestay
  4. Membuka kelas yoga di rumah
  5. Membuka warung makan
  6. Laundry
  7. Membuat Pertamini di depan rumah

Semua bisnis ini tentu sangat cocok untuk diterapkan di Bali mengingat banyaknya pendatang seperti pekerja dari luar daerah ataupun wisatawan yang berkunjung. Hampir semua orang pasti membutuhkan berbagai barang maupun jasa tersebut.

Peluang Usaha di Tabanan Bali

Tabanan merupakan sebuah wilayah di dekat kota Denpasar dan Kuta. Di daerah ini terdapat berbagai macam tempat wisata yang menarik yang di antaranya Tanah Lot, Patung Budha Tidur, Pantai Soka, Kebun Raya Bedugul dan Ulun Danu Beratan.

Keberadaan tempat wisata yang beragam ini tentu menarik para wisatawan dan membuka lebar peluang usaha di Bali. Beberapa usaha populer di kawasan ini  yaitu

  1. Warung makan 
  2. Homestay
  3. Toko kerajinan tangan dan oleh-oleh

Bidang usaha warung makan menjadi peluang usaha makanan khas Bali yang mempunyai prospek baik. Menawarkan menu otentik, tentu akan banyak orang yang tertarik untuk mendatangi tempat tersebut. Yuk, jangan tunggu lama-lama, segeralah realisasikan ide peluang usaha di Bali yang kami berikan.

Peluang Usaha Paket Wisata di Bali

Peluang Usaha di Bali
Peluang Usaha di Bali

Siapa yang tak kenal dengan keindahan Bali, rasanya daerah yang satu ini sudah dikenal hingga mancanegara. Wilayah dengan sejuta keindahan alamnya, mengundang banyak wisatawan untuk datang berbondong-bondong ke daerah ini.

Apakah kamu sedang mencari ide usaha di Bali? Paling pas banget adalah dengan membuka peluang usaha paket wisata. Kenapa demikian? Sudah sangat pasti karena alasan pengunjung ke daerah ini terus mengalami peningkatan.

Paket usaha wisata untuk daerah mana saja yang bisa dibuka? Cek deh rekomendasi berikut ini:

  1. Paket Wisata Pantai Kuta Bali
  2. Paket Wisata The Keranjang Bali
  3. Paket Wisata Kampung Langit
  4. Paket Wisata Pura Tanah Lot
  5. Paket Wisata Alam Ubud Bali
  6. Paket Wisata Kintamani Bali
  7. Paket Wisata Pantai Sanur Bali
  8. Paket Wisata Pantai Nusa Dua bali
  9. Paket Wisata New Kuta Green Park
  10. Paket Wisata Tanjung Benoa
  11. Paket Wisata Pantai Padang Padang Bali
  12. Paket Wisata Danau Beratan Bedugul Bali
  13. Paket Wisata Arung Jeram Sungai Telaga Waja
  14. Paket Wisata Arung Jeram Sungai Ayung
  15. Paket Wisata Pantai Dreamland

Bagaimana sudah banyak idenya, bukan?

Nah, itulah ulasan tentang berbagai peluang usaha di Bali yang perlu kamu ketahui. Wong Cerdas berharap dengan informasi ini, kamu sudah dapat membayangkan usaha apa yang cocok kamu pilih atau mungkin kamu cukup berani untuk mencoba bisnis yang belum ada di Bali. 

Penulis: Wahidati
Editor: Reskia

Bagikan:

Tinggalkan komentar