Peluang Usaha Budidaya Kelor Bagi Petani dan Pengusaha

Berkebun untuk menghasilkan uang, mengapa tidak? Kamu bisa mulai dengan menanam tanaman yang kamu sukai salah satunya daun kelor. Setelah beberapa saat dan mulai menyukainya, ubah hobi tersebut menjadi peluang usaha budidaya kelor dengan omzet jutaan.

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa pilih daun kelor padahal banyak lho jenis tanaman lain yang bisa dibudidayakan? Misalnya buah apel, kopi, cokelat hingga jahe. Jawaban semua pertanyaan itu, akan kami ulas selengkapnya di artikel berikut ini.

Tahukah Kamu Manfaat Daun Kelor?

Indonesia merupakan negara tropis yang iklimnya sangat cocok dengan pohon kelor. Selain karena alasan iklim, ada banyak alasan lain mengapa seorang pengusaha atau petani wajib budidaya daun kelor.

  1. Baik untuk Hipertensi

Berbeda dengan penyakit flu atau batuk yang bisa hilang kapan saja setelah kamu cukup istirahat dan minum obat, hipertensi tidak demikian. Hipertensi atau tekanan darah tinggi mungkin masih bisa dicegah tapi tidak 100% diobati.

Bagi penderita hipertensi, daun kelor membantu menurunkan tekanan darah karena kaya akan antioksidan juga kalium. Mereka yang mengidap hipertensi ini biasa mengkonsumsi daun kelor untuk mengontrol tekanan darahnya.

  1. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Peluang usaha budidaya kelor sangat potensial karena ekstraknya baik untuk menghalau kuman penyebab penyakit. Sebagai pebisnis pemula, kamu bisa menjadi distributor atau agen daun kelor mentah.

Kamu juga bisa memproduksi daun kelor menjadi bubuk siap minum atau konsumsi tanpa mengurangi nutrisi yang terdapat pada tanaman tersebut. Selain melawan kuman penyebab diare, nutrisi daun kelor juga diyakini efektif mencegah penularan HSV.

  1. Menyehatkan Otak

Tahukah kamu mereka yang cukup konsumsi antioksidan memiliki resiko lebih rendah mengidap penyakit Parkinson atau Alzheimer? Salah satu tanaman yang tinggi kadar antioksidan adalah daun kelor. Selain menghindari gangguan kesehatan pada otak, konsumsi daun kelor juga mempertajam daya ingatmu.

Peluang Usaha Budidaya Daun Kelor, Bisakah Raup Keuntungan Fantastis?

Peluang Usaha Budidaya Kelor
Peluang Usaha Budidaya Kelor

Selain memahi peluang usaha budidaya kelor, kamu juga bisa meraup banyak keuntungan dari bisnis daun kelor ini dengan mempelajari sistem manajemen dan strategi marketingnya. Tips lengkapnya yuk ikuti pemaparan berikut ini.

  1. Persiapkan Target Marketing

Namanya berbisnis kamu tidak bisa asal bangun usaha dan menjual produk. Bila memaksakan diri seperti ini bukannya mendapatkan keuntungan kamu justru merugi.

Sebagai pebisnis daun kelor pemula, silahkan kamu pikirkan target marketing bidang usahamu. Apa itu penderita hipertensi atau diabetes? Apa itu orang sehat dengan aktivitas tinggi? Beda target marketing akan mempengaruhi inovasi daun kelor yang kamu kembangkan.

  1. Pilih Media Pemasaran

Usai menyelenggarakan poin pertama, lanjutkan dengan media marketing. Saran kami, lakukan marketing menyeluruh bukan hanya teknik manual saja. Kamu juga wajib membuka website bisnis atau melakukan sosial media marketing. Makin sering berpromosi makin besar pula peluang brand awareness.

  1. Modal

Memulai usaha budidaya kelor membutuhkan modal yang besar. Kamu tidak hanya membutuhkan tanah siap tanam dan bibit daun kelor yang bagus. Persiapan lain yang harus kamu lakukan meliputi beli pupuk, pestisida, peralatan tanam, packing hingga gaji karyawan.

  1. Harga Jual

Supaya peluang usaha budidaya kelor yang kamu lihat benar-benar menghasilkan cuan yang besar tentukan harga jual produk dengan matang. Sulit mematok harganya? Kamu bisa memulai dari harga pasar dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Harga daun kelor tidak beda jauh dari kebutuhan pokok atau produk herbal lainnya yang mana kerap mengalami perubahan. Baiknya, kamu lakukan update harga setiap hari untuk menghindari kerugian.

Tips dan Cara Jitu Ekspor Daun Kelor

Peluang Usaha Budidaya Kelor
Tips Ekspor untuk Peluang Usaha Budidaya Kelor

Potensi ekspor daun kelor benar-benar ada. Kondisi ini sebenarnya hal lumrah mengingat kebutuhan akan tubuh sehat bukan di Indonesia saja.

Dari sekian banyak negara, permintaan ekspor daun kelor sangat besar di Timur Tengah sementara pasokan kelor belum merata. India masih menjadi negara utama pengekspor daun kelor padahal kualitas tanamannya tidak sebaik Indonesia.

Kamu berminat menjadi salah satu pengusaha yang ekspor daun kelor? Yuk ikuti tips dari kami berikut:

  1. Gabung Komunitas Petani Daun Kelor

Salah satu tiket masuk termudah menjadi pengusaha ekspor kelor dengan cara gabung pada komunitas daun kelor. Kamu bisa belajar dari petani atau pengusaha senior yang sudah terlebih dahulu berkecimpung pada bidang ini.

  1. Kelola dan Hasilkan Kelor Berkualitas Tinggi

Peluang usaha budidaya kelor menghasilkan omzet jutaan hanya bisa terwujud bila kamu mengimbanginya dengan mutu produk yang baik. Kembangkan produk kelor dengan kualitas tinggi yang terbukti berkhasiat bukan kebalikannya.

  1. Ikuti Berbagai Event Pertanian

Bila memungkinkan kami anjurkan kamu mengikuti sejumlah event entah itu perlombaan atau event lain yang berkaitan dengan tani atau perkebunan. Semakin besar event yang kamu ikuti semakin besar pula kesempatan menjadi pengusaha ekspor kelor.

Dan itulah sedikit informasi seputar daun kelor yang bisa kami sampaikan. Setelah melihat peluang usaha budidaya kelor, ambil kesempatannya dan wujudkanlah. Meski hasilnya belum tampak, jangan ragu untuk tetap berusaha dan bekerja keras.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar