Pelatihan UMKM: Materi, Jenis, dan Tempat Pelatihan

Pelatihan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dibutuhkan oleh siapapun yang ingin usahanya bisa berkembang lebih baik lagi. Nantinya, para peserta akan diberikan serangkaian materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhannya. Materi tersebut, ada yang bersifat teoritis namun juga bisa langsung diaplikasikan. 

Biasanya, pelatihan UMKM diselenggarakan oleh beberapa pihak seperti instansi pemerintah atau bisa juga diadakan oleh pihak swasta yang memang ingin memajukan UMKM Indonesia. Hal ini dilakukan lantaran salah satu penyokong perekonomian negara adalah UMKM. 

Ada data yang mengatakan bahwa UMKM telah memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 61,07% pada tahun 2020. Sisanya, adalah jenis usaha lainnya. Bayangkan saja, kalau UMKM tersebut bisa mendapatkan fokus lebih untuk dikembangkan oleh berbagai pihak. 

Bukan tidak mungkin jika UMKM bisa menjadi usaha dengan skala yang sangat besar dan bahkan mampu menyokong nilai PDB lebih tinggi lagi dibandingkan dengan prosentase kontribusinya pada tahun 2020. Hal ini tentu saja membuat berbagai pihak—termasuk pemerintah—menggalakkan program pelatihan UMKM. 

Bagi kamu yang memang sedang mencari pelatihan tersebut, silakan simak uraian lengkapnya di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud dengan Pelatihan UMKM?

Pelatihan UMKM adalah proses atau suatu program pendidikan yang dilakukan secara terorganisir dan juga sistematis dalam jangka pendek bagi para pelaku UMKM. Jadi, nantinya para peserta akan diberikan serangkaian materi yang memang telah direncanakan oleh pihak penyelenggara menyesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha.

Hal ini tentu saja bisa memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang mengikutinya dari segi kompetensi, pengetahuan, atau bahkan juga keterampilan. Ada lagi beberapa manfaat lain yang akan didapatkan oleh pelaku usaha, selengkapnya simak ulasan setelah ini, ya. 

Manfaat Pelatihan UMKM

Pelatihan UMKM desa ataupun bagi masyarakat kota memiliki beberapa manfaat yang tentunya bisa sangat menguntungkan. Berikut ini uraian tentang manfaat mengikuti pelatihan khusus UMKM. 

1. Produktivitas Meningkat

Salah satu yang menjadi manfaat dari pelaku usaha yang mengikuti pelatihan adalah peningkatan produktivitas dari usaha yang sedang digelutinya. Alasannya, tak lain dan tak bukan lantaran bertambahnya pengetahuan, kompetensi, bahkan sampai pada kemampuan manajerial. 

Misalnya saja nih, ketika di pelatihan, para pelaku usaha akan diajarkan bagaimana memecahkan masalah lalu memberikan solusi atasnya dengan cara studi kasus. Nah, ketika mereka benar-benar mengalaminya di bisnis sebenarnya, mereka tidak ragu lagi dan tidak bingung harus bagaimana. 

Jadi, mereka hanya tinggal mengulang apa saja yang telah diajarkan pada pelatihan yang sebelumnya diikuti. Dengan cara ini, akhirnya mereka bisa meningkatkan kemampuan untuk mengelola masalah yang pada akhirnya juga akan meningkatkan produktivitasnya. 

2. Belajar dalam Waktu Singkat

Pelatihan, bukan seperti wajib sekolah 9 tahun plus kuliah yang menyebalkan selama 4 tahun. Melainkan hanya dalam beberapa minggu atau bahkan beberapa hari saja. Walaupun hanya dilakukan beberapa hari, biasanya materi yang diberikan memang sesuai dan memang tepat guna. 

Dibandingkan dengan sekolah yang masih harus belajar menggambar walaupun hobinya bisnis, tentu saja pelatihan hanya memakan waktu yang singkat. Jadi, pelaku usaha tak perlu belajar hal-hal yang mungkin tidak bisa langsung berguna atau bermanfaat untuk perkembangan bisnisnya. 

Ketika waktu belajar singkat dan juga materi yang diberikan bisa tepat guna, hal ini tentu saja bisa meningkatkan segala segi dari usaha yang sedang digeluti dalam waktu cepat. Jadi tak perlu nunggu ijazah, ngurusin stempel, tiga jari, dan hal-hal merepotkan lainnya. Para pelaku usaha akan sangat terbantu dengan pelatihan ini. 

3. Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif

Problem mendasar yang seringkali dihadapi oleh UMKM adalah belum adanya sistem untuk keefektifan penggunaan sumber dayanya secara efektif. Sumber daya bisa berisi beberapa hal seperti man, money, machine, material, market, dan juga method. Nah, kalau pelaku usaha ikut pelatihan, mereka akan diberikan metode yang tepat. 

Jadi, dari ke semua sumber daya yang dimiliki seperti yang telah disebutkan di atas, tidak akan ada yang terbuang percuma atau sia-sia. Pemanfaatan sumber daya secara efektif, tentu saja akan membuat laba dari perusahaan bisa meningkat. 

Jenis Pelatihan untuk UMKM

Ada beberapa jenis pelatihan yang biasanya diberikan untuk pelaku UMKM. Jenis ini bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu. Silakan pilih saja jenis kelas yang memang cocok dan memang bisa membuat kamu lebih cepat dan lebih paham mengenai materi yang disampaikan. Jenis-jenis kelasnya yakni sebagai berikut:

  1. Pelatihan di dalam kelas. 
  2. Pelatihan langsung
  3. Pelatihan berbasis komputer
  4. Pelatihan online atau e-learning
  5. Pelatihan interaktif

Materi Pelatihan UMKM

Sedangkan untuk materinya, biasanya disesuaikan dengan tema pelatihan UMKM. Berikut ini beberapa materi yang biasanya diberikan kepada para pelaku UMKM:

  1. Motivasi dan mindset kewirausahaan
  2. Digital marketing
  3. Manajemen pemasaran
  4. Manajemen produksi
  5. Tata kelola usaha
  6. Business plan
  7. Laporan keuangan digital
  8. Asuransi
  9. Pencarian supplier
  10. Kepemimpinan
  11. Manajemen krisis
  12. Dan lain sebagainya

Biasanya sih banyak banget materinya. Tergantung pemberi programnya saja. Kamu hanya perlu mengikutinya dan memahami materi yang nantinya akan diberikan. 

Pelatihan UMKM dari Pemerintah

Pelatihan UMKM
Pelatihan UMKM

Pelatihan digital UMKM Indonesia dan beberapa materi lainnya biasanya juga diberikan oleh pemerintah. Ada banyak juga materi yang disediakan seperti pelatihan go digital, desain kemasan, marketplace, dan pokoknya banyak lagi. Biasanya juga, kamu akan diberikan akses pendanaan untuk mengembangkan usahamu. 

Misalnya saja, ada pelatihan UMKM 2021 yang dilakukan oleh pemerintah dan menggelontorkan banyak dana. Jika ingin mengikutinya, silakan daftar di website resmi UMKM Indonesia yang merupakan website resmi dan juga khusus dibuat oleh pemerintah bagi para pelaku UMKM. 

Kamu bisa mengunjungi ukm.indonesia.id. Nantinya di sana kamu disediakan berbagai pilihan pelatihan. Ada yang gratis dan bahkan ada juga yang berbayar. Jangan lewatkan kesempatan tersebut dan manfaatkanlah sebaik-baiknya. 

Pelatihan UMKM Gratis

Bagi kamu yang mungkin ingin pelatihan UMKM gratis, biasanya yang tersedia hanyalah pelatihan UMKM online. Tapi tetap tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga pelatihan offline, di kelas, dan pokoknya yang mengandalkan tatap muka secara gratis. 

Menurut beberapa informasi, berikut ini daftar platform yang seringkali mengadakan pelatihan gratis khusus bagi para pelaku UMKM:

  1. Skillacademy.com
  2. Udemy.com
  3. Ukmindonesia.id
  4. Bank BJB
  5. Goukm.id
  6. Wiraidenesia.com

Pelatihan UMKM Digital dari Google

Pelatihan digital marketing untuk UMKM juga ada yang disediakan secara khusus oleh Google. Terhitung sejak tahun 2015, Google telah memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM. Nama programnya adalah Gapura Digital. 

Gapura merupakan singkatan dari Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat dan digital artinya yang berhubungan dengan internet. Kurang lebih bisa diartikan bahwa Gapura Digital merupakan program untuk melatih rakyat agar memiliki kapabilitas dan kompetensi untuk bisa melek dan memanfaatkan dunia digital sebaik mungkin. 

Nantinya, ada beberapa kota yang dipilih sebagai tempat diselenggarakannya Gapura Digital yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Malang, Denpasar, Yogya, Pontianak, dan Makassar. 

Ada beberapa topik yang diberikan pada pelatihan Gapura Digital yakni

  1. Panduan dunia digital
  2. Google untuk bisnismu
  3. Tips website efektif
  4. Pengenalan SEO & SEM

Jika kamu ingin mengikutinya, silakan mendaftar di g.co/gapuradigital atau langsung menghubungi nomor 0857-4674-5259 untuk informasi lebih lengkapnya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar