Kelas Pelatihan Pertanian: Tujuan, Tempat, Materi, Biaya

Banyak sekali ragam kelas online yang kini jadi solusi bagi kalangan tertentu, maupun masyarakat umum. Kelas online seperti pelatihan pertanian atau juga kelas lain lengkap dengan visi misi yang tidak jauh berbeda dari kelas offline. Masih banyak dari Anda mungkin belum memahaminya.

Di bawah ini akan dibahas secara singkat seputar pelatihan pertanian online yang kini banyak diikuti oleh para pelaku sektor pertanian. Mulai dari pengertian, hingga contoh dan pemanfaatannya.

Apa yang Dimaksud dengan Pelatihan Pertanian?

Pada dasarnya pelatihan pada bidang pertanian dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya pelatihan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bidang yang sama dan pelatihan bagi pelaku bidang pertanian bagi masyarakat umum.

Tentu keduanya berbeda. Pelatihan untuk masyarakat umum ini biasa jadi bagian dari lembaga ataupun gerakan pemerintah setempat supaya memajukan dan mengembangkan kegiatan pertanian di daerah tersebut.

Bisa kita simpulkan pelatihan pertanian adalah kegiatan penyuluhan yang bertujuan untuk tingkatkan kemampuan dan keterampilan pelaku bidang pertanian demi kemajuan bersama.

Tujuan Pelatihan Pertanian

Mengapa ada pelatihan pada bidang satu ini dan apa saja tujuannya? Pelatihan dengan target masyarakat umum yang berkegiatan sehari-hari sebagai pelaku tani akan memberi dampak positif dan pengaruh besar dalam kemajuan kegiatan pertanian, serta perkebunan.

Oleh karenanya, tujuan adanya pelatihan pertanian di berbagai daerah baik online, maupun offline yaitu:

1. Pelaku sektor pertanian mendapat ilmu dan wawasan yang lebih luas.

2. Mampu memanfaatkan perkembangan teknologi demi kemajuan pertanian.

3. Ciptakan kegiatan tani yang lebih modern, juga menerapkan metode lebih efektif.

4. Membuat proses dalam kegiatan pertanian dan perkebunan terhindar dari berbagai resiko yang akan datangkan kerugian besar.

Materi Pelatihan Pertanian

pelatihan pertanian
Info Kelas Pelatihan Pertanian

Pada materi yang disampaikan, semua tergantung pada masing-masing pengadaan kelas pelatihan. Beberapa contoh materi yang umum diberikan dalam pelatihan pertanian gratis 2021 di antaranya:

  • Pengelolaan Manajemen Kebun

Materi ini membahas seputar bagaimana cara yang paling tepat dalam pengelolaan dan pengaturan aktivitas perkebunan. Banyak pemilik kebun yang masih belum menerapkan manajemen secara optimal, sehingga dari hasil produksi kurang maksimal.

  • Pembuatan Pestisida Nabati

Berikutnya adalah materi pembuatan pestisida sebagai bahan penting dalam menjaga kesuburan tanaman. Pestisida nabati memiliki banyak kelebihan seperti bahan baku jauh lebih murah, cara membuat yang tidak sulit, mudah terurai secara alami, dan relatif lebih aman bagi manusia.

  • Teknologi Pakan

Teknologi pakan atau pangan pada materi dalam pelatihan pertanian merupakan materi yang berisikan ilmu pengetahuan gabungan dari sains terapan, biokimia, teknik, dan lain-lain yang mana akan sangat mendukung kegiatan di bidang pertanian dan perkebunan.

  • Identifikasi, Judging, dan Penilaian Ternak

Materi lainnya yang biasa disampaikan adalah identifikasi, judging, dan penilaian ternak. Materi ini akan menjelaskan seberapa penting kemampuan identifikasi, judging, maupun penilaian ternak pada kegiatan pertanian. Misalnya memahami bagaimana hasil tani yang berkualitas baik atau di atas rata-rata.

Baca juga: Pelatihan Pelayanan Prima: Pengertian, Tujuan, Materi, + Contoh

Tempat Pelatihan Pertanian

Di mana berlangsungnya pelatihan pertanian atau kelas? Semua tergantung pihak penyelenggara. Biasanya secara offline yang berupa workshop, bisa disertai praktik lapangan atau juga tidak. Sementara tempat pelatihan dalam bentuk online bisa berupa webinar dengan pemberi materi spesial.

Ada banyak lembaga atau perusahaan yang memang aktif dalam bidang pertanian menawarkan kelas. Hanya saja masing-masing memiliki target peserta berbeda, mulai dari mahasiswa yang berkuliah di jurusan pertanian, hingga ke para petani dan pekerja yang aktif mengelola kebun.

Biaya Pelatihan Pertanian

Untuk besar biaya pelatihan pertanian 2021 juga tergantung penyelenggara dan pelaksana. Gambaran, biaya pelatihan di training center sebagai kelas pra-kerja di salah satu website mulai dari 350 ribu sampai di atas 2 juta.

Biaya ini termasuk modul dan materi, juga sertifikat bagi peserta yang menyelesaikan kelas pelatihan. Anda pun bisa manfaatkan dan gunakan sertifikat tersebut dalam melengkapi kebutuhan lamaran kerja, maupun keperluan lainnya.

Contoh Pelatihan Pertanian Online

Bagaimana pelatihan pertanian yang diselenggarakan berbasis online? Pelatihan berjalan dengan pemberian materi bersama pakar ahli dari jarak jauh. Untuk penyampaian materi yang lebih optimal, maka diberi juga modul materi melalui email.

Sesi pelatihan pertanian online gratis akan berbeda dengan yang berbayar. Begitu juga modul materi. Contoh kelas-kelas pelatihan untuk pertanian sebagai berikut:

  • Pemanfaatan Teknologi Digital pada Sektor Pertanian

Kelas ini fokus pada penjelasan mengenai teknologi digital yang bisa Anda terapkan dalam aktivitas pertanian. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa teknologi digital pada zaman ini sangat berpengaruh besar terhadap semua kegiatan dan sektor. Termasuk pertanian dan perkebunan.

  • Pelatihan Pengenalan dan Penggunaan Alat Pertanian

Contoh lainnya adalah kelas pengenalan dan penggunaan alat-alat pertanian yang kini sudah sangat berkembang, sehingga bantu lancarkan segala proses pertanian secara lebih praktis dan efisien.

  • Pengelolaan Hasil Pertanian

Ada juga pelatihan pertanian yang berupa kelas pengelolaan hasil pertanian. Pelatihan ini berisikan materi dengan ide-ide menarik berdasarkan ilmu pengetahuan untuk mengelola hasil agar bisa dipasarkan luas dengan harga yang pas.

Peningkatan kualitas pun jadi satu tujuan pengelolaan yang efektif. Selain itu terdapat materi yang berisikan bagaimana mengolah hasil pertanian untuk bisa dipasarkan dalam variasi bentuk lebih beraneka ragam.

Tidak hanya seputar pelatihan pertanian dengan kelas materi dan praktik lapangan, terdapat pula kursus singkat harga terjangkau dari banyak tempat kursus pra-kerja di Indonesia, maupun dari luar negeri. Setiap kursus pun menawarkan adanya pemberian sertifikat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar