Pelatihan Pelayanan Prima: Pengertian, Tujuan, Materi, + Contoh

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat untuk itu suatu perusahaan harus mempunyai strategi agar perusahaannya makin maju dan dapat mempertahankan pelanggan. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan pelayanan prima

Pelatihan ini bisa diterapkan di perusahaan, Lembaga pemerintahan, maupun organisasi. Pelatihan pelayanan prima adalah pelatihan yang membahas tentang pelayanan kualitas untuk pelanggan, internal organisasi, sikap dalam mengatasi keluhan pelanggan, dan lain-lain. 

Melalui, pelatihan ini peserta diharapkan memiliki kemampuan cara berinteraksi dan menghadapi pelanggan dengan baik, sehingga pelanggan akan puas dengan layanan yang disediakan. Hal ini nantinya akan berimbas pada kemajuan perusahaan.

Aspek Pelayanan Prima Menurut Sutono dan Suryanto

Pelatihan pelayanan prima memiliki beberapa aspek, termasuk menurut Sutopo dan Suryanto. Aspek tersebut akan kami sajikan secara lengkap sebagai berikut:

1. Kesederhanaan

Aspek pertama dalam pelatihan pelayanan prima menurut Sutopo adalah pelayanan yang dilakukan cepat, mudah, responsif, tidak ribet, dan gampang dipahami pelanggan.

2. Reliabilitas

Reliabilitas mencakup konsistensi kinerja, seperti berkaitan dengan kualitas pelayanan mulai dari tepat waktu, teliti, ramah, dan lain-lain.

3. Tanggung Jawab

Tanggung jawab karyawan dalam melayani pelanggan sangat penting sesuai dengan urutan waktu, dapat berkoordinasi dengan pelanggan dengan cepat, jika terjadi sesuatu.

4. Kecakapan

Dalam melakukan tugas pelayanan, hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kecakapan dalam melayani pelanggan, sehingga keterampilan dan pengetahuan harus benar-benar dikuasai. Untuk itu, kemampuan komunikasi yang baik harus benar-benar diperhatikan dan dikuasai

5. Pendekatan

Supaya pelanggan nyaman dan puas terhadap pelayanan yang disediakan. Misalnya, membuat pertemuan langsung atau menghubungi via telepon atau internet harus disertai dengan kemampuan berkomunikasi yang baik.

6. Keramahan

Sikap dalam melayani pelanggan juga merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui seperti sabar, perhatian, ramah, telaten, dan lain-lain.

7. Keterbukaan

Dalam suatu pelayanan, karyawan atau petugas harus bisa menjelaskan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.

8. Keamanan

Dalam pelayanan pelanggan pastinya menginginkan adanya rasa aman dari bahaya, resiko, dan lain-lain. Keamanan yang ditawarkan bisa mencakup finansial maupun kepercayaan diri sendiri.

Aspek Pelayanan Prima Menurut Jogiyanto

Jogiyanto juga berpendapat bahwa ada aspek yang harus diperhatikan dalam melakukan pelatihan pelayanan prima. Berikut informasinya:

1. Reliabilitas

Aspek ini mencakup kemampuan dalam memberikan layanan yang cepat, tepat, dan akurat pada pelanggan.

2. Assurance

Assurance memberikan kemampuan yang handal dalam melakukan pelayanan, sehingga pelanggan dapat menaruh kepercayaan pada perusahaan yang bersangkutan. Misalnya, ketepatan waktu dan keramahan yang dilakukan karyawan pada pelanggan. 

3. Tangible

Aspek ini mencakup fasilitas, penampilan dari pemberi layanan, strategi dalam menghadapi pelanggan, dan lain-lain. Misalnya, memberikan diskon pada pelanggan berupa gratis ongkos kiriman atau voucher berhadiah.

4. Empati

Aspek ini mencakup rasa peduli dan perhatian pada pelanggan seperti mendengarkan apa yang disampaikan pelanggan, posisi dalam menghadapi pelanggan, kemampuan berkomunikasi, dan lain-lain. Hal tersebut membuat pelanggan merasa puas atas layanan yang diberikan.

5. Responsiveness

Aspek ini memperhatikan pemberian layanan dengan cepat dan tanggap dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, penyampaian yang detail, namun gampang dimengerti juga menjadi nilai plus.

Tujuan Pelayanan Prima

Pelatihan Pelayanan Prima
Pelatihan Pelayanan Prima

Pelatihan pelayanan prima mempunyai faktor penting dalam membentuk dan menyusun suatu organisasi atau perusahaan agar mengalami kemajuan dan memiliki kualitas yang baik. Berikut tujuan pelatihan pelayanan publik yang perlu kamu ketahui:

  1. Memberikan pengetahuan pada peserta tentang peran penting pelayanan prima dalam melakukan interaksi dengan pelanggan (public).
  2. Memberikan wawasan tentang pelanggan sebagai individu yang memiliki keinginan dan persepsi pada sebuah produk atau layanan.
  3. Melengkapi peserta dalam memberikan pelayanan prima pada pelanggan.
  4. Mengetahui apa saja unsur-unsur pelayanan prima yang bisa diterapkan saat melayani pelanggan.

Materi Pelatihan Pelayanan Prima

Adapun materi pelatihan pelayanan prima yang akan diberikan kepada peserta adalah sebagai berikut:

  1. Tips dan trik memberikan pelayanan prima terbaik pada pelanggan
  2. Cara mengatasi komplain yang disampaikan pelanggan.
  3. Cara meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri.
  4. Cara membangun kerjasama tim.
  5. Tips meminimalisir stress dan ketegangan.
  6. Tips memproyeksikan pribadi positif pada orang lain.

Contoh Pelatihan Pelayanan Prima

Kami memiliki beberapa contoh pelatihan pelayanan prima yang akan kami sajikan bagi sobat wong cerdas. Misalnya, saat kamu memasuki bank, kamu akan menemui seorang satpam yang tersenyum ramah menyapa pelanggan yang datang. 

Kemudian, biasanya satpam tersebut akan bertanya mengenai apa yang kamu butuhkan. Selanjutnya, satpam akan menunjukkan pelayanan dengan mengarahkan kamu ke customer service atau teller. Jika kamu sudah selesai dengan pelayanan tersebut, maka satpam atau pihak teller yang bekerja di bank tersebut akan menanyakan lagi, “ada yang bisa saya bantu mbak?”.

Contoh selanjutnya, saat kamu memasuki supermarket untuk membeli suatu barang, maka akan ada karyawan yang menyambut dan menyapa dengan mengucapkan selamat datang dengan ramah.

Kemudian, saat hendak membayar total jumlah belanjaan, karyawan akan menawarkan layanan lain dengan ramah dan diakhiri dengan ucapan terima kasih. Itulah contoh dari pelatihan pelayanan prima yang bisa jadi gambaran atau kamu terapkan pada pelanggan tempatmu bekerja. Pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap akan membuat pelanggan puas dan akan kembali ke tempat yang sama.

Itulah informasi lengkap seputar pelatihan pelayanan prima yang bisa jadi referensi untuk sobat dan bisa diterapkan pada perusahaan atau organisasi yang bersangkutan. Jangan lupa diterapkan, yah!

Bagikan:

Tinggalkan komentar