Pelatihan Leadership: Pengertian, Tujuan, Materi & Tempat Pelatihan

Pelatihan leadership dibutuhkan bagi siapapun untuk meningkatkan kompetensinya. Apalagi bagi kamu yang bekerja dalam suatu perusahaan, entah sebagai pimpinan atau juga sebagai pegawai yang ada di dalamnya. Mengapa pegawai juga perlu? Agar ia bisa membawa dirinya dan memiliki kinerja yang lebih baik lagi. 

Ada banyak manfaat jika kamu mengikuti pelatihan leadership. Salah satunya adalah untuk membentuk dirimu dan mengembangkan potensi kepemimpinan yang ada dalam dirimu menjadi lebih baik lagi. 

Pada pelatihan yang dilakukan, nantinya kamu akan diberikan serangkaian materi yang akan sangat berguna dalam suatu perusahaan. Kamu akan diajarkan mengenai konsep beserta implementasinya agar lebih mengerti dan bisa menerapkannya sendiri ketika masa pelatihan telah selesai. 

Itu sekilas mengenai pelatihan untuk melatih skill leadership yang kamu miliki. Lebih lanjutnya, silakan simak uraian yang ada di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud dengan Pelatihan Leadership?

Omong soal leadership, sebenarnya kamu sudah tahu atau belum tentang apa itu pelatihan leadership? Kalau belum tahu, begini. 

Pelatihan leadership itu, adalah suatu program pelatihan yang khusus dirancang agar orang yang mengikutinya bisa memiliki kapabilitas untuk memimpin seperti pelaksanaan tanggung jawab dalam pekerjaan, bisa mengatur strategi serta kebijakan, yang pada akhirnya akan membuat produktivitas perusahaan meningkat. 

Apa Tujuan dari Pelatihan Kepemimpinan?

Setelah kamu mengetahui apa pengertiannya, sekarang masuk pada bagian tujuan dari pelatihan kepemimpinan organisasi. Ada beberapa poin yang harus kamu ketahui, berikut ini beberapa poin-poinnya:

  1. Peningkatan kapabilitas dan kompetensi seseorang tentang pengelolaan dan metode memimpin diri sendiri dan orang lain dengan cara yang efektif.
  2. Bisa mendeskripsikan dan membuat strategi kepemimpinan secara detail untuk meningkatkan kinerja dari pegawai.
  3. Bisa memiliki keterampilan khusus untuk menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan berbagai karakter pegawai atau karyawan yang dipimpinnya. 

Sederhananya, tujuan dari kepemimpinan adalah tiga poin di atas. Agar lebih jelas, lebih baik kamu juga mengetahui apa saja materi yang ada di dalamnya. 

Apa Saja Materi Pelatihan Kepemimpinan?

Jika kamu belum mengerti dengan jelas tentang tujuan dari pelatihan kepemimpinan atau leadership, ada baiknya kamu pahami dulu tentang materi yang akan disampaikan. Inilah yang nantinya akan diinternalisasikan pada diri orang yang mengikuti pelatihan dan diharapkan untuk bisa diterapkan dalam perusahaan. 

  1. Kepemimpinan motivasional
  2. Problem solving and decision making
  3. Mengetahui jenis-jenis keputusan
  4. Prinsip heuristik dalam proses pengambilan keputusan
  5. Analisis corporate core bussiness
  6. Effective communication skills
  7. Performance goals setting
  8. Service excellence
  9. Profitable selling skills
  10. Building good teamwork
  11. Excellent supervisory skills

Itu hanyalah sebagian materi umum yang akan diberikan. Biasanya, materi akan disesuaikan dengan kebutuhan dan masalah yang mungkin dihadapi oleh pihak yang membutuhkan pelatihan kepemimpinan. 

Perlukah Pelatihan Kepemimpinan?

Masih ada ya yang menanyakan apakah pelatihan leadership skill perlu dilakukan? Kalau masih ada, ada dua versi di sini. Versi pertama adalah perlu dan versi kedua adalah tidak perlu. 

Kamu perlu mengikuti pelatihan kepemimpinan asalkan kamu diberikan jabatan atau posisi sebagai manajer dalam perusahaan dari yang sebelumnya staf atau pegawai biasa, merasa bahwa kamu belum memiliki kapabilitas untuk memimpin, dan belum mengetahui apa saja yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin. 

Jawaban juga bisa tidak, asalkan kamu memang sudah menguasai segala jenis ilmu, kemampuan, dan kompetensi tentang leadership secara lengkap dan detail. Biasanya, jika kamu mengikuti pelatihan leadership, yang ada hanya kamu akan mendapatkan materi yang sebelumnya sudah dikuasai, jadi masih tidak diperlukan. 

Mungkin masih diperlukan, jika memang kamu membutuhkan tambahan untuk sertifikasi dan lain yang sejenis agar lebih diakui oleh perusahaan yang mungkin memberikan penawaran lebih menarik dibandingkan dengan perusahaan kamu sebelumnya. 

Jadi, silakan ambil keputusan sendiri menurut pertimbangan di atas, ya. 

Mengapa Leadership Sangat Diperlukan dalam Perusahaan?

Pelatihan Leadership
Pelatihan Leadership

Jika kamu memutuskan untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan, maka ada alasan utama mengapa hal ini mungkin sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Alasan yang mendasarinya adalah perusahaan baru bisa berjalan jika di dalamnya terdapat orang-orang yang bisa bekerja sama. 

Berhubung di dalam perusahaan berisi banyak orang dengan karakter, sifat, dan juga kepribadian yang berbeda-beda, harus ada seseorang yang bisa merangkul mereka semua agar bisa bekerja bersama-sama. 

Ketika saya belajar Perilaku Organisasi, materi yang sangat penting untuk menyatukan berbagai karakter, kepribadian, dan juga sifat dari pegawai yang ada dalam perusahaan, salah satu ilmu yang harus digunakan adalah ilmu kepemimpinan atau leadership. 

Dalam mata kuliah tersebut sering tuh disebutkan kalau ada beberapa kompetensi seperti inovatif, komunikatif, bisa bikin tim jadi kerjasama dengan baik, dan bisa selesain masalah. Beberapa kompetensi di atas, adalah satu kesatuan yang nggak bisa dipisahkan. 

Misalnya saja nih, kalau kamu nggak komunikatif, maka inovasi, kerjasama, dan masalah lainnya nggak bakal kelar karena pesan yang sampai ke mereka nggak jelas. 

Satu lagi deh, misalnya kamu bisa bikin kerjasama tim jadi keren banget tapi nggak ada inovasi dan nggak bisa selesain masalah walaupun udah kerja tim. Dengan ini, tentu saja percuma. Ngapain kerja bareng kalau hasilnya bahkan nggak lebih baik dibandingkan sebelum-sebelumnya? 

Jadi, jika ditanyakan apakah pelatihan kepemimpinan itu perlu untuk perusahaan? Jawabannya adalah perlu dan bahkan perlu banget. 

Pelatihan Kepemimpinan Nasional yang Ada di Indonesia?

Bagi kamu yang mungkin ingin pelatihan leadership terbaik dan dengan skala nasional, biasanya yang menyelenggarakan itu pemerintah. Tapi, khusus untuk orang-orang yang ada di instansi tertentu saja seperti yang ada dalam bidang pendidikan, ASN, BNN, dan lain yang sejenisnya. 

Sedangkan perusahaan swasta, biasanya juga ada pelatihan kepemimpinan yang langsung diselenggarakan oleh perusahaan. Pihak manajer top perusahaan akan merencanakan hal ini karena pelatihan kepemimpinan memang penting adanya. 

Jika memang ingin ikut pelatihan tapi secara mandiri, kamu bisa coba pelatihan leadership online yang banyak diselenggarakan oleh platform seperti Ruangkerja, Skill Academy, Online.studilmu, Udemy, Edukatama, dan beberapa platform sejenis lainnya. 

Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan mengenai pelatihan leadership atau kepemimpinan. Semoga cukup menjawab kegelisahanmu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar