Mengenal Pelatihan Kewirausahaan Arti, Tujuan, Materi, Contoh

Hello, Sobat Wong Cerdas! Siapa nih yang bercita-cita punya usaha atau bisnis sendiri? Atau ingin mengembangkan usaha yang sudah berjalan? Apa kamu sudah pernah mendengar tentang pelatihan kewirausahaan? Kalau belum, kamu wajib banget baca artikel ini sampai akhir dan dapatkan info pentingnya.

Apa Itu Pelatihan Kewirausahaan?

Sebelum membahas lebih jauh, apa kamu tahu perbedaan antara wirausaha dan kewirausahaan? Nih, Wong Cerdas kasih tahu pengertiannya.

Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang melakukan usaha atau bisnis untuk meraih keuntungan atau pendapatan. Sedangkan kewirausahaan atau entrepreneurship adalah sikap dan jiwa yang aktif, kreatif, dan inovatif untuk meningkatkan keuntungan atau pendapatan dalam usahanya.

Lalu, apa itu pelatihan kewirausahaan? Pelatihan kewirausahaan adalah suatu kegiatan atau program yang diselenggarakan oleh instansi tertentu untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan seseorang. Tidak hanya untuk orang dewasa, ada juga pelatihan untuk kewirausahaan mahasiswa untuk mahasiswa yang tertarik maupun mempunyai rencana membangun bisnis di kemudian hari.

Apa Tujuan Pendidikan Kepelatihan dalam Kewirausahaan?

Ada beberapa tujuan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti program pelatihan wirausahaan. Tujuan dari adanya kegiatan tersebut adalah agar peserta pelatihan dapat:

  1. Mempelajari dan mengerti tentang ciri-ciri atau karakteristik kewirausahaan
  2. Mengetahui pengertian dan perbedaan istilah wirausaha, kewirausahaan, dan kewiraswastaan
  3. Menerapkan etika-etika dalam pelaksanaan kegiatan wirausaha dan dapat bersikap profesional
  4. Mengerti tujuan dari usaha atau bisnis yang akan dibentuk
  5. Mengetahui bagaimana cara mendapatkan modal sekaligus berinovasi terhadap usaha perolehan modal tersebut
  6. Melakukan kebijakan strategis dan counter effect yang muncul
  7. Mengetahui cara pembuatan business plan dan marketing plan
  8. Memiliki pemikiran yang kreatif untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru

Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti seminar atau pelatihan kewirausahaan adalah dapat menemukan partner atau mentor yang tepat untuk usaha yang akan atau sedang kamu jalani. Bahkan bisa juga bertemu jodoh lho (aamiin, heheee).

Apakah untuk Menjadi Wirausaha Perlu Pelatihan?

Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya perlu atau tidak kita sebagai pelaku usaha atau wirausahawan mengikuti pelatihan kewirausahaan? Jawabannya tentu saja perlu karena sebagai seorang wirausaha, pasti membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan mental pengusaha yang memadai.

Wirausaha dituntut untuk bisa melihat peluang, mengelola risiko, hingga membangun dan mengelola usaha dengan baik. Dan kamu bisa mengasah pola pikir dan kemampuan tersebut dengan mengikuti seminar atau pelatihan kewirausahaan yang tepat.

Materi Pelatihan Kewirausahaan

Saat kamu mengikuti pelatihan kewirausahaan, biasanya kamu akan mendapatkan fasilitas berupa modul pelatihan, baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, yang berisi materi sebagai berikut:

  1. Pengenalan dan pengertian kewirausahaan
  2. Menumbuhkan minat dan motivasi wirausaha
  3. Etika berbisnis
  4. Bentuk dan syarat pendirian usaha (perusahaan mandiri atau perseorangan)
  5. Pengadaan dan penggunaan modal usaha
  6. Peluang Usaha: Analisis pasar
  7. Peluang Usaha: Analisis kelayakan finansial atau keuangan
  8. Peluang Usaha: Penilaian kemampuan organisasional
  9. Peluang Usaha: Analisis persaingan
  10. Inovasi kewirausahaan
  11. Konsultasi atau sharing tentang business plan dan marketing plan yang akan dibuat

Selain mendapatkan fasilitas handout atau modul pelatihan kewirausahaan, kamu juga akan mendapatkan fasilitas lainnya, seperti:

  1. Sertifikat cetak atau sertifikat elektronik
  2. Flashdisk yang berisi materi pelatihan
  3. Training kit (biasanya berisi goodie bag, id card peserta pelatihan, notes atau buku catatan, dan alat tulis)
  4. Souvenir pelatihan
  5. Konsumsi berupa lunch atau coffee break

Dan yang tak kalah pentingnya adalah narasumber atau pemateri pada pelatihan tersebut adalah orang yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya. Mantap bukan?

Contoh Pelatihan Kewirausahaan di Desa

Pelatihan Kewirausahaan
Pelatihan Kewirausahaan

Sebelum mengadakan kegiatan pelatihan ini, penyelenggara tentu perlu membuat dan mengajukan proposal pelatihan kewirausahaan kepada pihak terkait. Salah satu contoh pelatihan kewirausahaan yang sudah terlaksana yaitu pelatihan kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) pada tahun 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari di Dusun Gondanglegi.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman bersama Pemerintah Dusun Gondanglegi, Pemerintah Desa Wedomartani, dan Pemerintah Kecamatan Ngemplak. Pelatihan itu diikuti oleh 20 peserta dari bidang usaha yang berbeda, di antaranya yaitu usaha makanan, minuman, kerajinan, dan konveksi.

Materi yang diberikan pada pelatihan kewirausahaan tersebut dengan tema “Bermuatan Lokal Berdaya Saing Global” yaitu:

  1. Pengembangan SDM dan penumbuhan jiwa kewirausahaan
  2. Pembukuan dan pelaporan keuangan sederhana untuk UMKM
  3. Legalitas usaha untuk UMKM
  4. Strategi pengembangan bisnis yang berbasis IT
  5. Strategi marketing untuk UMKM

Dalam pelatihan tersebut juga terdapat sosialisasi kebijakan Pemda bagi UMKM yang dibawakan oleh Dinas Koperasi UKM Sleman. Ada juga pengenalan produk perbankan dari Bank Sinar Mas yang bisa diakses pelaku UMKM setempat. Selamat pelatihan, para peserta mendapat fasilitas berupa tas, alat tulis, buku modul, handout materi, sertifikat, konsumsi, dan bantuan uang transport.

Dari pelatihan tersebut juga dipilih satu peserta terbaik, yaitu Faizul Ikhsan Cahyanto dari Titik Terang Konveksi. Fasilitas yang didapat peserta terbaik yaitu berupa sertifikat penghargaan, paddle, serta mendapat prioritas utama untuk mendapatkan pendampingan, seperti menghadiri event pameran yang diselenggarakan Dinas Koperasi UKM Sleman.

Sekian dulu artikel Wong Cerdas tentang pelatihan kewirausahaan. Jadi gimana, Sobat? Apa kamu tertarik mengikuti pelatihan kewirausahaan yang berfaedah ini? Nah, sekarang Wong Cerdas ingin tahu, apa sih alasan kamu ingin mengikuti pelatihan untuk kewirausahaan? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya. Semoga sukses dan tetap semangat! Nantikan selalu artikel Wong Cerdas lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar