Materi, Tempat dan Biaya Pelatihan HRD yang Perlu Kamu Ketahui

Pelatihan HRD dibutuhkan bagi seseorang yang menduduki posisi HRD agar bisa meningkatkan kinerjanya di kemudian hari. Pelatihan yang dilakukan, biasanya bertujuan untuk bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi dan di akhir, akan sangat mempengaruhi tingkat pencapaian tujuan perusahaan. 

Seorang HRD yang terlatih, tentu saja akan memberikan keputusan yang tepat mengenai urusan-urusan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan: mengurangi turnover intention, peningkatan Organizational Citizenship Behavior (OCB), mengerti karakter pegawai, pemberian motivasi tepat sasaran, dan lain sebagainya. 

Ibarat seorang pilot pesawat tempur, jika seseorang belum memiliki jam terbang yang mumpuni, ia tidak cocok diturunkan untuk mengendarai pesawat tempur dan ikut melenggang untuk bertarung dalam peperangan dan memberikan keputusan serangan akhir untuk meratakan musuh dan memenangkan peperangan. 

Begitu juga dengan HRD. Seorang HRD yang belum terlatih betul, masih belum bisa langsung terjun dan mengurusi hal-hal yang ada dalam perusahaan terkait sumber daya manusia untuk mengambil keputusan agar pegawai bisa bekerja lebih baik dan memenangkan pertandingan antar perusahaan. 

Maka dari itu, adanya pelatihan HRD, sangat penting dilakukan agar ia lebih memiliki kapabilitas untuk mengurusi perihal silang sengkarutnya masalah yang mungkin terjadi dalam pengelolaan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan.

Apa yang Dimaksud HR Trainer?

Sebelum membahas lebih jauh tentang pelatihan bagi HRD, sebelum itu ketahui dulu apa yang dimaksud dengan HR Trainer. Kalau HRD adalah kepanjangan dari Human Resources Development, maka HR Trainer hanya mengambil awalannya saja, Human Resources. 

HR Trainer, merupakan seseorang yang bersedia untuk mengajarkan, mengarahkan, memberi materi, serta melatih siapapun yang sedang ikut dalam program pelatihan untuk HRD. 

Kehadiran HR trainer penting adanya karena biasanya, ia merupakan seseorang yang dulunya telah berpengalaman menjadi HRD dari suatu perusahaan yang terkemuka. Sederhananya, dalam pelatihan yang akan dilakukan, ia akan menceritakan dan menjelaskan semua pengalaman yang akan didapatkan. 

Ia akan menjelaskan tentang masalah yang pernah dihadapi beserta solusinya, menjelaskan bagaimana tingkat capaian dari HRD, kapasitas apa saja yang harus dimiliki oleh HRD, dan lain sebagainya. 

Apa yang Dimaksud dengan HRD Manager?

Setelah mengerti tentang HR Trainer, sekarang lanjut ke HRD Manager. Seorang HRD Manager merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengurusi serta mengelola sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan mulai dari mengurusi rekrutmen, jenjang karir, hingga sampai pada keputusan masa pensiunnya. 

Tugasnya adalah untuk mengatur setiap divisi yang ada di dalamnya agar memiliki kinerja yang optimal serta bisa membuat lingkungan kerja menjadi kondusif dan membuat sumber daya manusia yang ada di dalamnya bisa nyaman ketika bekerja. 

HRD Bertanggung Jawab Kepada Siapa?

Dalam manajemen, ada tingkatan manajemen: top management, middle management, dan firstline management. Posisi HRD berada di middle manajemen yang biasanya berisi manajer dari satu divisi, manajer cabang, manajer pabrik, kepala departemen, dan yang sejenisnya. 

Tugas dari middle management salah satunya adalah melaksanakan instruksi dari top management yang berisi CEO, CFO, dan juga direktur perusahaan. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa HRD bertanggung jawab langsung pada top management yang berisikan CEO, CFO, dan juga direktur dari suatu perusahaan. 

Berapa Gaji Manager HRD?

Ada beberapa referensi yang mengatakan, perihal gaji seorang manajer HRD mendapatkan rata-rata Rp 15.000.000 per bulan. Namun, hal ini masih tergantung pada jam terbang atau pengalaman manajer HRD berkecimpung dalam bidang pengelolaan sumber daya manusia. 

Dan juga, angka tersebut bukan suatu angka mutlak karena masih akan disesuaikan dengan skala perusahaan dan juga kemampuan finansial dari suatu perusahaan. Semakin besar suatu perusahaan, biasanya semakin besar pula gaji manajer HRD dan juga gaji pegawai lainnya. 

Apa Saja Fungsi Divisi HRD?

Ada beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh divisi HRD. Berikut ini daftar fungsinya:

  1. Perencanaan Sumber Daya Manusia
  2. Rekrutmen dan seleksi pegawai/karyawan
  3. Training dan development pegawai
  4. Manajemen kinerja
  5. Penentuan gaji, kompensasi, dan juga insentif
  6. Membuat jenjang karir 
  7. Mengatur lingkungan kerja agar kondusif
  8. Penilaian kinerja

Jenis Pelatihan untuk HRD

Pelatihan HRD memiliki beberapa jenis yang biasanya diberikan khusus untuk HRD. Berikut ini adalah jenis-jenisnya:

  1. Pelatihan assessment
  2. Pelatihan konsep dan implementasi Balanced Scorecard (BSC)
  3. Pelatihan manajemen career & talent
  4. Pelatihan pengembangan jenjang karir
  5. Pelatihan sistem informasi manajemen
  6. Budgeting

Dan ada banyak lagi yang biasanya diberikan khusus untuk HRD. Biasanya, jenis yang diambil mencakup kebutuhan HRD untuk mengelola sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan.

Materi Pelatihan HRD

Pelatihan HRD
Pelatihan HRD

Adapun materi yang diberikan biasanya sangat banyak. Jika dirinci satu per satu, mungkin artikel ini bisa jadi setebal skripsi yang lama banget ngerjainnya. Berikut ini materi yang biasanya diberikan:

  1. Advanced Balanced Scorecard (BSC)
  2. Advanced Human Resource Management
  3. Advanced Industrial Relations
  4. Assesment in Organization
  5. BSC Concept and Application
  6. Basic Human Resources Management
  7. Behavioral Event Interview
  8. Career & Talent Management
  9. Career Path & Human Capital Development Analysis
  10. Coaching, Counseling & Mentoring

Itu baru sepuluh, loh. Masih banyak lagi materi untuk pelatihan HRD, nih liatin. 

  1. Compensation & Benefit Strategy
  2. Competency Mapping
  3. Competency-Based Curriculum Design
  4. Competency-Base HR Management System
  5. Comprehensive Human Resources Information System (HRIS)
  6. Designing & Evaluating Employee Satisfaction Survey
  7. Designing Accurate Job Description
  8. Designing and Conducting Performance Appraisal System
  9. Effective Human Resource Transformation
  10. Effective On the Job Training Program

Tuh kan banyak banget. Kurang lebih ada sekitar tiga puluh sampai empat puluh materi yang diberikan. Dan materi tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan kebutuhan perkembangan kapasitas serta kompetensimu. 

Kalau pelatihan HRD prakerja lebih sederhana dari itu. Kan tahu sendiri pelatihannya gratis. Mengharapkan sesuatu yang besar dengan gratisan itu sia-sia. Jadi, jangan berharap lebih, ya. 

Tempat Pelatihan HRD

Bagi kamu yang berminat untuk melakukan pelatihan, silakan coba beberapa tempat pelatihan di bawah ini:

1. BMD Training Centre

Bagi kamu yang sedang mencari pelatihan HRD BNSP, BMD Training Centre bisa menjadi pilihan untukmu.  Biaya untuk pelatihan ini sekitar Rp 9.500.000 untuk satu orang peserta, jika online harganya Rp 6.000.000. Silakan hubungi nomor 0812-8959-8163 untuk informasi lebih lanjut. 

2. HRD Spot

Tempat pelatihan sertifikasi HRD yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah di HRD Spot. Harganya beragam mulai dari Rp 4.500.000 – Rp 15.000.000 per orang sesuai dengan pelatihan apa yang akan kamu ikuti. Ada perbedaan antara pelatihan untuk manajer, supervisor, staff, recruitment, dan juga HR professional. 

Bagi kamu yang tertarik silakan hubungi 0812-5000-4070 untuk informasi lebih lanjut. 

3. Prakerja

Nah, bagi kamu yang ingin mencari tempat pelatihan HRD online gratis, pelatihan yang ada di Prakerja sangat tepat untuk kamu. Silakan mendaftar lebih dulu dan pastikan kamu sudah diterima Prakerja. Nantinya, kamu akan mendapatkan serangkaian materi gratis untuk kamu simak sesuai dengan pilihanmu. 

Biaya Pelatihan HRD

Menurut beberapa informasi yang saya dapatkan, biaya pelatihan HRD berkisar antara Rp 4.500.000 – Rp 15.000.000 tergantung dengan pelatihan apa yang dipilih. Beberapa hal yang mempegaruhi harga yakni untuk siapa pelatihan tersebut seperti: manajer, supervisor, staf, atau untuk profesional. 

Bagi yang ingin training HRD murah silakan sesuaikan kebutuhanmu dengan referensi yang telah dituliskan di atas. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar