Tempat Pelatihan Google Suite for Education yang Mudah

Saat pembelajaran daring mulai diberlakukan, penggunaan dari beragam produk Google Suite juga ikut meningkat. Namun, seperti yang bisa ditebak, masih banyak dari pihak pengajar maupun pihak yang diajari masih kagok menggunakannya. Dengan itu, maka jelas dibutuhkan pelatihan Google Suite for Education.

Seperti yang diketahui, pembelajaran daring hampir menggunakan seluruh fitur atau produk yang masuk dalam kategori Google Suite seperti Gmail, Google Drive, Google Doc, Google Sheets, Slides, Calender, dan yang sejenisnya. Beberapa produk ini nantinya diharapkan bisa mendukung efektivitas proses belajar-mengajar.

Pelatihan Google gratis banyak diselenggarakan. Salah satu yang menyelenggarakannya adalah Kemdikbud. Kementerian sendiri, berharap agar para pengajar bisa tumbuh secara profesional, adaptif terhadap model pembelajaran daring ini, dan juga berhasil mengintegrasikan produk Google Suite untuk pembelajaran jarak-jauh yang lebih efektif.

Nantinya, di dalam pelatihan, para pengajar akan diberikan mentor yang disebut sebagai Google Master Trainer atau siapa saja orang yang sudah kompeten dalam menggunakan Google Suite. Biasanya pelatihan akan dilaksanakan selama beberapa hari saja.

Pelatihan hanya dilaksanakan dalam waktu singkat, lantaran penggunaan Google Suite juga nggak susah-susah banget. Lebih susah matematika deh kayaknya. Selama beberapa hari, nanti bapak/ibu pengajar akan diberikan pengenalan mengenai Google Suite sekaligus diajarkan perihal teknis untuk menggunakan Google Suite.

Bagi yang ingin mengetahuinya lebih dalam, monggo disimak ulasan berikut.

Apa Itu Pelatihan Google Suite for Education?

Pelatihan G Suite for Education merupakan pelatihan yang diadakan agar para pengajar bisa melakukan pembelajaran dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pendidikan.

Sederhananya, agar para pengajar bisa mengerti secara jelas tentang bagaimana menggunakan beberapa fitur yang ada di dalam Google Suite untuk proses belajar-mengajar. Misalnya, mengerti bagaimana melampirkan file laporan pada Gmail, mengedit file dalam Google Doc maupun Google Sheets, membuat Google Slides, dan lain sebagainya.

Sangat penting untuk diikuti agar nantinya Bapak/Ibu pengajar sekalian tidak lupa menyalakan facecam dalam Google Meet. Apalagi jika sampai lupa share screen saat lagi pembelajaran, murid-murid bisa plonga-plongo gara-gara yang tampil hanya muka temannya yang belum mandi dan menghidupan face cam.

Jadi, jangan sampai nggak ikut ya Bapak/Ibu pengajar sekalian.

Manfaat Pelatihan Google Suite for Education

Tujuan pelatihan Google Suite for Education apalagi kalau bukan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dari para pengajar agar bisa menggunakan beragam fitur yang masuk dalam kategori Google Suite.

Manfaatnya juga sederhana kok, hanya agar para pengajar atau guru-guru dari tingkat SD – SMA sederajat bisa menggunakan fasilitas yang ada seperti pada ulasan berikut :

1. Google Classroom

Ini merupakan fitur utama dari adanya Google Suite. Jadi, para pengajar nantinya akan dilatih agar bisa mengatur kelas, membuat kelas, mengirimkan tugas, membagikan layar, dan semua kegiatan belajar-mengajar hanya dalam satu kali pertemuan dalam Google Meet saja.

2. Gmail

Fitur terpenting kedua yang nantinya akan dilatih penggunaannya adalah Gmail. Para pengajar yang mengikuti pelatihan akan diajari bagaimana mengirim surel, mengedit surel, mengisi subject, menambahkan lampiran, mengisi badan surel, dan lain sebagainya.

3. Google Drive

Para pengajar nantinya akan diajari juga untuk menyimpan file awan ke dalam Google Drive, mengeditnya, mengaturnya, menghapus maupun membagikannya. Selain itu, biasanya juga akan diajarkan mengenai penggunaan Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan fitur Google Suite lainnya.

Jadi, pelatihannya mengandung banyak materi yang penting untuk proses belajar-mengajar yang lebih efektif.

Materi Pelatihan Google Suite for Education

Pelatihan Google Suite for Education
Pelatihan Google Suite for Education Terlengkap
Sumber: Kemdikbud.go.id

Materi pelatihan Google Suit for Education ada banyak. Berikut ini beberapa materi pelatihan Google Suite for Education yang akan diberikan :

  1. Mengerti perbedaan antara akun Gmail dengan akun G Suite for Education.
  2. Bisa menyimpan, mengelola, mendownload, upload, dan juga membagikan data yang ada dalam Google Drive.
  3. Bisa mengedit dokumen yang ada dalam Google Docs.
  4. Bisa presentasi menggunakan Google Slides.
  5. Bisa bikin kuis dan survei dengan Google Forms.
  6. Bisa mengedit dan mengelola data yang ada dalam Google Sheets.
  7. Membuat topik yang interaktif, materi, serta tugas, di Classroom.
  8. Mengerti cara melakukan video call dan share screen ketika berada dalam Google Meet.
  9. Bisa dan tahu cara melampirkan dokumen serta mengirim surel melalui Gmail.

Beberapa materi di atas, merupakan materi pokok yang akan didapatkan para pengajar yang mengikuti pelatihan.

Tempat Pelatihan Google Suite for Education

Untuk tempat pelaksanaan, biasanya diselenggarakan di rumah masing-masing saja atau secara daring. Nantinya, Bapak/Ibu pengajar hanya perlu menghadiri kelas dengan mengikuti link yang telah disediakan. Terkadang juga ada yang hanya disuruh menonton live streaming pembelajaran Google Suite.

Pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan jasa untuk pelatihan Google Suite ini, sangat banyak. Berikut ini beberapa penyelenggara Pelatihan Google Suite for Education :

  1. Pelatihan Google Suite oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Pelatihan Google Suite oleh Bayu Putra.
  3. Pelatihan Google Suite oleh Edu.google.com.
  4. Pelatihan Google Suite oleh grow.google.com.
  5. Pelatihan Google Suite oleh nusa.id.
  6. Pelatihan Google Suite oleh cecepgaos.com.
  7. Pelatihan Google Suite oleh du-gi.com.

Beberapa penyedia layanan pelatihan Google Suite yang ada di atas, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Bagi para pengajar yang ingin mendapatkan pelatihan secara gratis, maka ikuti saja pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah karena memang disediakan khusus untuk pengajar.

Mengikuti pelatihan Google Suite yang berbayar pun tidak masalah. Asalkan para pengajar punya banyak uang dan tidak keberatan memotong anggaran bulanan untuk mengikuti pelatihan saja.

Saran saya, lebih baik ikuti saja yang gratisan. Lagi pula, beberapa materi di atas sudah banyak tersedia di mesin pencarian Google, kok. Para pengajar sekalian bisa langsung browsing sendiri hanya bermodalkan koneksi internet saja. Jadi, para pengajar sudah tidak perlu repot mantengin live streaming mentor yang sedang menjelaskan materi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar