8 Pelatihan Google Ads untuk Meningkatkan Penghasilan

Pengetahuan tentang penggunaan Google Ads, saat ini sangat penting untuk dikuasai. Pasalnya, dengan tahu Google Ads, kamu bisa meningkatkan traffic sekaligus meningkatkan penghasilan. Bagi yang belum mengetahui caranya, rasanya pelatihan Google Ads memang butuh untuk dilakukan.

Belajar Google Ads gratis secara otodidak, sepertinya akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi materi yang disediakan sangat terbatas. Hanya bisa belajar dari youtube ataupun beberapa artikel yang belum menyasar ke dalam perihal teknis dari Google Ads.

Dibanding memakan waktu yang sangat lama, rasanya mengikuti pelatihan bisa dijadikan pertimbangan. Apalagi untuk sekarang, segala yang ada harus serba cepat. Begitu juga ketika belajar tentang Google Ads. Jika tidak, bisa-bisa keduluan oleh kompetitor lainnya.

Omong-omong soal Google Ads, apakah kamu sudah mengerti seluk-beluk darinya? Atau minimal, sudah mengerti tentang pengertian, fungsi, dan perbedaannya dengan AdSense? Jika belum, maka sudah tepat kamu mengunjungi artikel ini.

Pada ulasan berikut, akan dijelaskan mengenai Google Ads dan rekomendasi tempat pelatihan Google Ads.

Apa Gunanya Google Ads?

Sebelum menuju pada kegunaan Google Ads, lebih baik mengerti dulu definisinya. Google Ads bisa didefinisikan sebagai suatu program iklan yang memungkinkan penggunanya—pihak pengiklan—untuk menampilkan beragam informasi yang ditautkan pada situs pada laman atas hasil pencarian di Google.

Biasanya, di laman akan tertulis (Ad) jika menggunakan fitur iklan Google Ads. Untuk menggunakannya, Google akan mematok tarif biaya per klik-nya atau biasa dikenal dengan pay-per-clik(PPC). Nantinya, jumlah tarif akan ditentukan berdasarkan jumlah klik yang dilakukan terhadap iklan atau Ads tersebut.

Misalkan Google berhasil mendapatkan sebanyak 25 klik, maka total biaya jika per kliknya ditarif Rp 1000, maka kamu harus membayar Rp 25.000. Namun jangan khawatir biayanya tidak terkontrol, kamu bisa membatasi penggunaannya dengan top up saldo sebatas yang kamu inginkan.

Sekarang baru masuk pada bagian kegunannya.

1. Audiens dan Pelanggan dengan Ketertarikan serta Minat yang Spesifik

Salah satu cara menarik minat para pelanggan potensial adalah dengan melakukan penyesuaian Ads terhadap minat serta ketertarikan pelanggan yang spesifik. Jika perencanaannya benar, besar kemungkinan Ads yang dilakukan akan membuahkan hasil.

Cara untuk mengoptimalkannya, biasanya dengan menggunakan keyword yang juga spesifik. Katakanlah kalau kamu ingin menarik minat para peselancar. Keyword yang harus digunakan jika bisa jangan jauh-jauh dari minat spesifik tersebut. Misalnya “papan selancar terbaik.”

Saat nanti ada para pelanggan yang tertarik dengan dunia selancar mencari barang, besar kemungkinan Ads kamu akan muncul di pencarian teratas. Dan orang tersebut akan melakukan kunjungan terhadap Ads yang telah kamu pasang di Google. Makin tepat keyword yang kamu gunakan, makin besar pelanggan potensial yang datang.

2. Mudah Memahami Target Pasar

Selain menarik pelanggan potensial, kamu juga bisa mendapatkan kegunaan Google Ads yang satu ini, yakni lebih mudah memahami target pasar yang diinginkan. Dalam setiap bisnis maupun usaha, kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sangat penting untuk diketahui.

Penggunaan Google Ads, bisa juga dilakukan untuk mengetahuinya. Biasanya dilakukan dengan memberikan kuesioner atau melakukan survei yang kontennya mengarah pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Setelah pelanggan mengisinya, maka kamu akan mengetahui apa yang sedang mereka cari, yang pelanggan minta, dan yang konsumen butuhkan. Dengan mengetahuinya, optimalisasi keyword dan juga penawaran bisa kamu lakukan berdasarkan pertimbangan data tentang kebutuhan dan keinginan dari konsumen.

Jadi, iklan yang dilakukan bisa tepat sasaran. Tentu ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena anggaran iklan tidak terbuang sia-sia lantaran memiliki target pasar yang sudah jelas.

Untuk mengetahui kegunaan lain yang lebih rinci, silakan untuk mendaftar kelas Google Ads. Sudah banyak penawaran pelatihan Google Ads.

Apa Bedanya Google Ads dan AdSense?

Pelatihan Google Ads
Pelatihan Google Ads

AdSense ditujukan untuk orang yang ingin menayangkan iklan pada website, situs, blog, atau apapun yang bertujuan untuk melakukan monetisasi. Nantinya, iklan akan muncul pada properti digital yang kamu miliki. Dan dari sini, kamu akan dibayar berdasarkan traffic orang yang melihat iklan dan juga melakukan klik terhadap iklan.

Sedangkan Google Ads, ditujukan untuk orang yang ingin mengiklankan suatu produk maupun layanan yang dimiliki. Jika AdSense para penayangnya dibayar, maka Google Ads, para pengiklannya lah yang harus membayar.

Apa Google Ads Gratis?

Tidak, kamu masih harus membayar karena menggunakan jasa untuk beriklan atau menampilkan produk maupun layanan yang kamu miliki. Ya kali diberi keuntungan nggak mau bayar, di dunia, hanya sedikit hal yang gratis, bos!

Saran saya, agar kamu makin mengerti tentang Google Ads, mending ikut kelas pelatihan Google Ads, deh. Banyak kok penyedia kelas online. Nantinya, kamu akan mendapat Sertifikasi Google Ads dengan cara yang sudah mereka sediakan.

Mau otodidak juga boleh sebenarnya, asalkan kamu mengerti tentang Skillshop dan menguasai beberapa keterampilan seperti penelusuran dengan Google Ads, Display, Video, iklan Shopping, Aplikasi, dan juga pengukuran Google Ads.

Apa Itu Google Ads Search Certification?

Google Ads certification itu hanya bahasa inggris dari sertifikasi Google Ads yang nunjukin kemahiran kamu dalam mengoperasikan Google Ads. Mulai dari mengerti tentang penelusuran Google Ads sampai dengan pengukuran keefektifan penggunaan Google Ads.

Pelatihan Google Ads

Pelatihan Google gratis memang menarik. Tapi coba deh lihat, materi yang ditayangkan juga hanya untuk pemula. Untuk menuju level expert dan mendapatkan Google Ads Certification, jaraknya masih sangat jauh. Jadi lebih baik ikut saja beberapa pelatihan Google Ads yang berbayar.

Nggak akan rugi, kok. Investasi untuk mengembangkan skill dan kemampuan kamu, mana bisa dibilang rugi. Kalau mau, ini nih website yang menyediakan pelatihan Google Ads:

  1. Udemy.com
  2. Grow.google.com
  3. Pelatihan-management.com
  4. Rayaschool.com
  5. Erudite.id
  6. Omsetgo.com
  7. Superproof.co.id
  8. Mikkha.com

Itu adalah beberapa website yang menyediakan pelatihan Google Ads. Dan tentunya, nggak gratis. Heran banget, kok ya orang-orang pengennya gratis mulu. Sekali-kali bayar lah. Pengorbanan atas sesuatu, asalkan niat, nggak bakal sia-sia kok.

Bagikan:

Tinggalkan komentar