5000+ Ide Nama Toko yang Bagus, Unik, Modern, Aesthetic

Untuk menentukan nama toko yang bagus tentu bukan perkara yang mudah. Pasalnya, memberikan nama untuk toko online harus bisa memberikan kesan yang unik agar mudah diingat oleh semua orang. Oleh sebab itu, nama toko juga perlu diperhatikan oleh penjual selain produk.

Banyak pengusaha atau penjual yang membutuhkan waktu lama hanya sekedar memikirkan nama toko online yang keren dan menarik. Hal tersebut jelas karena nama toko merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembeli. Jadi, sebisa mungkin nama toko online kamu harus mudah dibaca dan berbeda dengan yang lain, ya.

Tips Menentukan Nama Toko Online atau Olshop yang Bagus

Sebuah nama tidak hanya disematkan kepada anak manusia yang perlu bagus dan punya arti yang positif. Toko online juga memerlukan nama yang bagus. Ya walaupun mungkin ada beberapa toko yang kamu ketahui memberikan namanya yang punya konotasi negatif.

Namun, tahukah kamu sobat bahwa nama yang punya konotasi negatif rata-rata tidak bertahan lama. Mereka bisa saja viral beberapa saat, kemudian hilang ditelan oleh waktu.

Tentu saja yang kamu inginkan adalah usahamu tetap bertahan lama bukan? Mulailah dengan membuat nama yang punya arti yang bagus lagi positif.

Saat memilih nama toko yang bagus, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Melakukan Riset Nama Toko yang Bagus

Saat kamu membuka toko pertama kali entah itu offline maupun online, pasti yang pertama kali muncul di benak kamu adalah “Mau jual apa?”

Ibarat kata jika ingin menulis, topik apa yang ingin kamu tulis. Nah, begitu juga dengan berjualan, produk atau jasa apa yang ingin kamu jual.

Melakukan riset nama toko yang bagus pertama kali penting untuk dilakukan guna mengetahui ide-ide apa saja yang bisa menjadi masukan.

Coba perhatikan toko-toko yang ramai pembeli, bagaimana mereka memberikan nama untuk toko miliknya. Apakah menggunakan nama toko yang punya konotasi positif? Atau nama toko yang ada kaitannya dengan apa yang ia jual?

Kamu bisa mengetahuinya jika telah melakukan riset. Misalnya, toko online untuk bisnis hijab. Nama toko yang laris “Rabbani”. Ya, nama tokonya seakan memberikan rasa tentram senyaman menggunakan jilbab miliknya.

Nama toko setidaknya punya kesesuaian dengan apa yang ingin kita jual.

2. Buat Nama Toko yang Mudah untuk Dibaca dan Diingat

Sejatinya manusia ini punya keterbatasan dalam mengingat. Beberapa calon pembeli hanya melihat toko sekilas saja, jika nama tokonya mudah untuk diingat tentu dia akan kembali lagi. Selain nama toko, memang produk yang dijual juga menjadi perhatian.

Jika produkmu bagus, bisa di save dulu di handphone milik calon pembeli. Namun, coba bayangkan kalau ia lupa menyimpannya? Namun, karena nama tokomu yang mudah diingat dan dibaca membuatnya kembali lagi ke toko milikmu itu.

Usahakan dalam pemilihan nama toko itu buat yang mudah-mudah saja, mudah dibaca dan mudah diingat.

Coba lihat nama toko online yang populer saat ini. Berapa panjang katanya? Sangat singkat, hanya 1 kata saja rata-rata. Contohnya Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan lainnya. Simpel sekali bukan?

Kamu juga bisa menambahkannya jadi 2 kata, itu tidak masalah masih bisa diingat dengan mudah.

Kalau lebih dari 2 bagaimana? Jika sudah 3 kata dan seterusnya, maka pikirkanlah singkatan dari nama toko yang panjang tersebut. Gak usah jauh-jauh, walaupun bukan toko online kamu mungkin familiar dengan nama singkatan bank ini yaitu BNI dan BRI.

3. Pikirkan untuk Menggunakan Kata-kata Positif Pada Nama Toko

Tips memilih nama toko yang bagus berikutnya adalah pikirkan untuk menggunakan nama toko yang pakai kata-kata positif.

Terlihat sepele memang. Mungkin kamu akan berpikir, “Suka suka gue mau kasih nama apa, kok lo yang repot!” Gak gitu brader n sisterku, jadi kami dari Wong Cerdas peduli untuk kelangsungan toko online atau toko offline milikmu.

Yakin mau kasih nama toko yang ada konotasi negatif? Jangan deh ya sobat. Walaupun ada beberapa nama toko yang bisa viral dengan nama tokonya yang menggunakan kata-kata dengan konotasi negatif, kamu jangan deh ikut-ikutan.

Kenapa demikian? Karena nama toko dengan konotasi negatif akan membuat mindset atau pikiran yang negatif pula. Mungkin nih toko kamu bisa viral, tetapi itu hanya sesaat.

Tau kacang dua kelinci? Kelinci merupakan binatang yang baik, terasa lucu dan imut. Gak ada seram-seramnya sama sekali. Bagaimana produk “Kacang Dua Kelinci” ini di pasaran? Ouh, sudah tentu masih eksis hingga saat ini.

Bayangkan kalau si pembuat nama memberikan nama dengan konotasi negatif, misalnya kacang dua ular. Saya yakin sepi peminat kacang tersebut hehe. Gak percaya? Ya gih sana dicoba, saya udah ngingetin aja sih. Ya walaupun rejeki sudah ada yang ngatur, tetapi apa salahnya untuk menghindari nama dengan konotasi negatif.

Usahakan untuk menghindari pemberian nama toko yang menggunakan nama makhluk halus, binatang buas, dan kata-kata negatif atau berkonotasi negatif lainnya.

4. Cek Ketersediaan Nama untuk Merek yang akan Menjadi Branding Bisnis

Lho, ini apa maksudnya? Jangan bingung sobat. Jadi, di sini menyarankan kepada kamu untuk melakukan cek ketersediaan nama bisnis. Jika bisnis tersebut akan menjadi brand atau nama besar seperti Tokopedia atau Lazada.

Mereka sudah mendaftarkan merek perusahaan mereka. Jika terjadi pelanggaran secara hukum mudah untuk diadukan.

Bagaimana untuk pelaku bisnis kecil, apakah perlu mendaftarkan merek? Memang kita akan berpikir, tidak perlu kan masih kecil. Iya, memang saat sobat baru membuka toko masih kecil. Anggap nih, nanti 10 tahun yang akan datang toko milikmu jadi gede terus mau daftarin merek. Eh ternyata sudah keduluan sama orang lain.

Mau tidak mau, kamu harus rebranding. Apa tuh? Kamu harus mengubah nama perusahaan, kembali dikenalkan lagi dari awal dengan nama yang belum orang pakai.

Memang sulit ya kalau nama-nama yang kamu pilih ternyata sudah dipakai. Ouh tenang, saya yakin kamu akan menemukan mutiara di ribuan rekomendasi nama nantinya.

Jika ingin melakukan cek ketersediaan merek, kamu bisa mengunjungi website ini https://pdki-indonesia.dgip.go.id. Website tersebut resmi milik Pankalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia untuk mendaftar merek biar mendapatkan HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual).

Jadi, kalau ada apa-apa misalnya terjadi penirian bisnis baik dari nama dan produk, kamu bisa laporkan agar memperoleh perlindungan hukum untuk nama bisnis/produk milikmu (jika sudah memperoleh HaKI).

5. Menyesuaikan Nama Toko dengan Produk/Jasa yang Dijual

Ini tips terakhir yang bisa Wong Cerdas berikan kepadamu. Ingat, kamu perlu menyesuaikan nama toko dengan produk yang ingin kamu jual. Hal ini dilakukan agarg pembeli merasa yakin untuk membeli di toko milikmu.

Ya kan masa nama tokonya Hijab Gaul, eh yang dijual kopiah. Kan gak nyambung gitu lho wkwk

Saya yakin sobat Wong Cerdas paham ya dengan apa yang kami maksudkan untuk poin nomor 5 ini.

Demikian beberap tips untuk menentukan nama toko online yang bagus. Bisa juga diterapkan untuk nama toko kelontong, butik, barbershop, dan lainnya. Gak mesti online sih, nama usaha kamu pokoknya sob!

Cek Nama Toko Online dengan Menggunakan Tools

Sebelum kamu memutuskan untuk fiksasi nama toko online, alangkah lebih baik melakukan cek nama toko online dengan cara meriset apakah sudah dipakai atau belum. Kamu perlu melakukan riset nama sebanyak-banyaknya sampai kamu yakin bahwa nama yang kamu minati tidak dipakai oleh penjual lain.

Saat ini, banyak tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan ide nama toko online seperti Zyro’s Business Name Generator, Shopify Business Name Generator, Oberlo Name Generator, dan lainnya.

Tools tersebut bisa membantu kamu untuk cek nama toko online supaya mendapatkan inspirasi untuk nama toko online yang bagus. Tenang, tools nya bisa kamu akses secara gratis kok. Kamu hanya perlu masukkan keyword nama yang ada di benakmu. Setelah itu, akan ada pilihan nama yang muncul sesuai keyword. Kamu tinggal pilih deh

Selain nama, tools tadi juga bisa kamu gunakan untuk mencari inspirasi logo. Tampilan logo harus menarik mungkin agar menarik minat pembeli. So, ilustrasi logo juga harus banget kamu maksimalkan.

Tapi jika kamu masih belum puas dengan hasil dari tools pencari nama toko online, silahkan simak ulasan nama toko online yang bagus dibawah ini. Siapa tau, ada yang kamu sukai.

Contoh Daftar Nama Toko Online yang Bagus dan Terkenal

Setelah mengetahui cara cek nama toko online, ada baiknya untuk melihat nama toko online yang terkenal.

Nama toko online yang bagus sebenarnya merupakan nama toko yang bisa membuat calon pembeli tertarik untuk mengunjungi tokomu. Dengan melihat nama toko yang bagus saja bisa menentukan kualitas bisnismu sehingga pengunjung merasa penasaran akan produk yang kamu jual.

Jika kamu belum mendapatkan ide untuk nama olshop yang bagus itu seperti apa, beberapa contoh nama toko online yang bagus dan sudah terkenal berikut bisa kamu pikirkan untuk jadi inspirasimu.

  • Blibli
  • Hijup
  • Zalora
  • Amazon
  • Sociolla
  • Zara
  • Blanja
  • Elevenia
  • Saqina
  • Shopee
  • Amazon
  • Lazada
  • Tokopedia
  • H&M

Gimana? Nama online shop tadi gampang dieja dan mudah diingat bukan? Nah, nama toko onlinemu juga bisa dibuat seperti itu ya sobat. Selanjutnya kita bahas contoh nama toko online yang mungkin tepat untuk online shop.

Nama Toko Online yang Membawa Berkah Beserta Artinya

Nama toko online yang bagus menurut islam dianjurkan untuk memilih nama yang mengandung doa. Mengapa itu perlu? Pemberian nama yang memiliki makna baik diartikan sebagai harapan kamu terhadap produk yang kamu jual. Jadi, akan lebih baik jika nama tokomu disertai doa dengan makna positif yang sebagus mungkin agar dapat mendatangkan hoki juga untukmu..

Dengan nama yang mengandung doa dianggap dapat membawa keberkahan untuk online shop. Jika kamu menginginkan nama toko hoki yang membawa berkah dan islami, nama usaha yang bagus dan artinya berikut ini bisa kamu pertimbangkan.

  1. Sarahah = kesenangan jiwa
  2. Casimira = pembawa perdamaian
  3. Kalea = terang
  4. Raniah = mempesona
  5. Emel = keinginan kuat
  6. Ghaitsa = suka menerangi
  7. Laksita = terkenal
  8. Aida = keberuntungan
  9. Fatinah = menarik hati
  10. Ilene = cahaya
  11. Ilona = bercahaya terang
  12. Hanania = dikasihi Allah
  13. Kalandra = menerangi masyarakat
  14. Saverio = bersinar dengan terang
  15. Bellvania = hadiah dari tuhan
  16. Hedva = kegembiraan
  17. Irdina = keberkatan
  18. Seanastore = berkah tuhan
  19. Jagoan Anak = jagonya untuk anak
  20. Abbasy Shop = Toko yang rajin berusaha
  21. Jamil Barbershop = Tempat cukur rambut yang tampan
  22. Madani Shop = Toko yang maju
  23. Aasiyah Pedia = Ahli dalam pengobatan
  24. Fauzan = Kemenangan
  25. Hana Method = Metode Kegembiraan

Nah, itu tadi beberapa nama toko online yang bagus untuk kamu sobat!

Inspirasi Nama Toko Online yang Bagus di Shopee

Saat ini, banyak seller yang memanfaatkan e-commerce sebagai media toko online untuk menjual produknya. Nama toko online di shopee juga harus unik. Mereka yang menjadi seller di shopee kebanyakan memberi nama toko di shopee dengan mengikuti kategori produk yang mereka jual. 

Seperti tnt beauty dan beauty halindo yang menjual produk kecantikan, nadira hijab yang menawarkan produk hijab untuk dijual, PVN Shoes yang menjual sepatu, Jamise Syar’i yang menjual produk gamis, dan lain-lainnya

Selain shopee, kamu bisa mencari inspirasi nama toko di instagram. Sudah banyak akun dengan nama olshop yang bagus di instagram digunakan untuk berbisnis jualan seperti HL.outfit, Sovella.id, Seasonbags, Bayleaf.id, femmeoutfit, thisisapril, khakikakiku dan masih banyak lagi.

Nama Toko Online Hijab yang Bagus dan Kekinian

Nama Toko Online yang Bagus
Daftar Nama Toko Online yang Bagus

Produk hijab merupakan salah satu fashion yang banyak diminati kaum hawa. Nama dengan unsur hijab menandakan bahwa produk yang kamu jual mayoritas adalah hijab dan biasanya identik dengan kata islami sebagai pendukungnya.

Jika kamu bingung dengan nama toko online yang bagus untuk bisnis hijabmu, beberapa contoh nama toko islami berikut bisa kamu pilih.

  1. Adeera.hijab
  2. Indirastore.hijab
  3. Daliyahijab
  4. Inarahijab.daily
  5. Rianidaily
  6. Shatarahijab
  7. Adzuraa.id
  8. Areekastorehijab
  9. Ayshara.id
  10. Emery.store
  11. Fayyola_storehijab
  12. Alula.hijab
  13. Oniyahijab
  14. Frezadaily.hijab
  15. Zatinahijab
  16. hijabimport.com
  17. plshophijab.com
  18. hijabsyari.id
  19. kumpulanhijab.id
  20. hijabmurah.net
  21. jilbabers.com
  22. hijabstore.org
  23. kreatifhijab.com
  24. jualhijab.org
  25. syariku.com
  26. mallhijab.id
  27. hijabers.id
  28. muslimahhijab.org
  29. keranjanghijab.org
  30. aishahijabku.com

Nama Toko Buku Online yang Bagus

Berikut daftar inspirasi nama toko online yang bagus untuk toko buku bagi kamu yang sedang membangun online shop buku.

  1. Bacakuy.id
  2. Bincang.books
  3. Booknesia
  4. Stokbuku.id
  5. Caribuku.com
  6. BukuBerkah
  7. Kitabun.co
  8. Dailyboek
  9. Honesia
  10. Openbook.id

Nama Toko Online yang Lucu dan Unik

Kamu juga bisa menggunakan rekomendasi nama toko online yang bagus dan lucu berikut ini:

  1. Pacar Kamu
  2. Kabeh Ono
  3. Tokowoles.com
  4. Tokotok.com
  5. Toko Laris Banget
  6. Toko Maju Mundur
  7. Storstore.com
  8. Lapakselow.com
  9. Lapakmantap.id
  10. Sepatubolong.com
  11. Anejual.com
  12. Rapayurapopo.com
  13. Dijualmurah.id
  14. Ooramurah.id
  15. Podomoro.com
  16. Belibola.id
  17. Tokopastibagus.com
  18. Hanyajual.com
  19. Keranjangbolong.com
  20. Jamanbaru.id
  21. Janganlirikgadijual.com
  22. Podoseneng.com
  23. Bolakotak.com
  24. Kolak Bunda
  25. Tehbotak.com
  26. Sepatu Artis
  27. Tokokucomel.com
  28. Lapakngakak.com
  29. Kacangmahal.com
  30. Sumber Waras
  31. Ojo Mampir
  32. Hahahehe.com
  33. Bajubolong.com
  34. Miss Cantik
  35. Mama Sayang
  36. Toko Lama
  37. Toko Mahal
  38. Toko Elit
  39. Tokobeta.com
  40. Tokotresno.com
  41. oradodolan.com
  42. 4. tokoanjay.com
  43. Tukutuku.com
  44. Wolesstore.com
  45. Podo Teka
  46. tokolawas.com
  47. tastasan.com
  48. tokobaru.com
  49. rasahtuku.id
  50. Toko Ramah

Rekomendasi Nama Toko Online yang Bagus dan Unik Lainnya

Masih belum menentukan nama toko onlinemu? Masih butuh pencerahan? Kami menawarkan kumpulan nama olshop yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhanmu. Cek dibawah ini, ya.

Nama Toko Baju Online yang Bagus

  1. Abella.store
  2. Clarabee.outfit
  3. Eryl.outfit
  4. Edeera.co
  5. Feofashion
  6. Layna_store
  7. Licy.co
  8. Inola.butik
  9. Loela.id
  10. Zelle.com
  11. Hela.id
  12. Ileana.co
  13. Zoora.fashion
  14. Nette.co
  15. Noreenstore
  16. Biyaz.outfit

Nama Toko Online Tas yang Bagus

Produk tas merupakan item pelengkap fashion yang juga memberikan peluang besar untuk pebisnis tas. Sama halnya dengan produk hijab, desain tas kini semakin modern sehingga banyak diminati. Apa usahamu khusus menjual produk tas? Tapi belum menentukan nama toko online yang bagus? Coba intip nama olshop tas berikut.

  1. Bagnew.id
  2. Laidabag
  3. Vegi_shopbag
  4. Sadora.bag
  5. Sashenka
  6. Zannebag
  7. Sitas.id
  8. Tasher.id
  9. Modebag
  10. Ranseul.id
  11. Kitatas.id
  12. Tasera.id
  13. Lakuki.bag
  14. Umut_Bags
  15. Ceyda.id

Daftar Nama Olshop Aesthetic

Memberikan nama olshop aesthetic bisa menjadi pilihan banyak orang agar toko online yang ia miliki terlihat lebih kece. Yuk, intip nama olshop yang aesthetic kekinian abis.

  1. Zieenadaily
  2. Orxa.id
  3. Vivianne.shop
  4. Sameetha.id
  5. Roneeudaily
  6. Xixia.id
  7. Qezarou.id
  8. Cilax.id
  9. Poela_store
  10. Zeylo.id
  11. Meetiya.id
  12. Oydi.co
  13. Nixie.id
  14. Xylo.co
  15. Xaviestore
  16. Yuunastore
  17. Sarcoline.shop
  18. Canary.id
  19. Xanastore
  20. Bubble Pinky
  21. Crabs Food
  22. Bouncy Foxes
  23. Cagey Molly
  24. Chubby Mongkey
  25. Voletax

Bagaimana? Bagus gak sob untuk nama toko online yang bagus untuk tokomu nanti?

Nama Toko Aesthetic Bahasa Indonesia

Selain nama toko aesthetic yang ada di atas, Wong Cerdas juga memberikan rekomendasi pilihan nama yang berbahasa Indonesia

  1. Kutipan Jingga
  2. Pojok Kopi
  3. Kopi Rindu
  4. Kopinta Cinta
  5. Warkop Rindu
  6. Rindupedia
  7. Padinesia
  8. Banda Neirasky
  9. Jakartanis
  10. Kukus Lovedia
  11. Jovanda
  12. Cloudy Mol
  13. Magesta
  14. Cucuruit
  15. Rumah Kakak
  16. Teraso Sayang
  17. Teras Mbak Ki
  18. Melodilan
  19. Melon Hijau
  20. Teko Panas
  21. Daun Hijau
  22. Dinding Biru
  23. Payung Teduh
  24. Tabungan Cinta
  25. Rumah Jingga

Wow, kece abis deh nama toko online yang bagus dan aesthetic di atas ya gaess!

Tanya Jawab Seputar Nama Toko yang Bagus

Kami sudah banyak membahas mengenai nama toko yang bagus untuk sobat pebisnis sekalian. Nah, apakah ada pertanyaan? Bisa dong baca QnA di bawah ini.

1. Nama toko yang berkah menurut Islam?

Islam merupakan salah satu agama yang dianut oleh sebagian besar manusia di muka bumi. Dengan memberikan nama toko yang berkah, biasanya pelaku bisnis mengharapkan agar toko berjalan dengan lancar. Nama toko yang berkah menurut Islam adalah nama toko yang memiliki arti yang bagus.

2. Apa saja nama nama toko online?

Ada banyak nama toko online yang terkemuka di dunia umumnya, Indonesia terkhususnya. Nama toko online yang terkenal saat ini seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lain-lain.

3. Bagaimana cara membuat nama olshop yang menarik?

Ada beberapa tips untuk membuat nama olshop yang menarik seperti mudah dibaca, singkat, sebaiknya pikirkan untuk memberikan nama yang punya konotasi positif, punya makna yang baik, dan konsisten menggunakan nama tersebut di berbagai platform media sosial atau toko online.

4. Apa arti id pada nama olshop?

Biasanya orang-orang menggunakan kata id untuk nama toko online mereka karena ingin menunjukan lokasi bisnis itu yang berada di Indonesia. Penggunaan domain id biasanya digunakan untuk website toko online atau olshop yang bisnisnya secara khusus menargetkan penjualan lokal (Indonesia).

5. Cari nama nama yang berkah buat jualan online?

Kamu bisa dengan mudah mencari nama online dengan memanfaatkan situs name generator (pembuat nama). Jika kamu ingin cek nama toko online yang bagus berbahasa Inggris bisa dicari di website https://businessnamegenerator.com. Jika ingin mengecek arti nama untuk nama-nama bahasa Indonesia cek di http://cekartinama.com.

Oke sobat, itu dia kumpulan ide nama toko online yang bagus kekinian dan unik dari wong cerdas. Jika ada nama yang sreg, kamu bisa merangkai beberapa nama di atas menjadi nama yang cocok sesuai kriteria olshopmu. Buatlah nama toko online yang simple dan mudah dikenali. 

Editor/Penulis: Reskia/Dwi
Update Terakhir: 07 Agustus 2021

Bagikan:

Tinggalkan komentar