Susu Kambing Etawa Minuman Penambah Imun Tubuh Paling Ampuh

Manfaat susu untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi, termasuk sebagai salah satu minuman penambah imun tubuh. Apalagi susu kambing etawa yang memiliki kandungan lebih baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Khasiat luar biasa dari susu kambing etawa ini bahkan dikatakan mampu mencegah 20 penyakit lebih. Nutrisi yang ada di dalamnya sangat lengkap mulai dari zat mikro hingga makro yang totalnya lebih dari 50 jenis.

Dari kayanya nutrisi itulah mengapa manfaat susu kambing etawa sangat baik untuk imunitas tubuh. Bahkan sekarang ini sudah dijadikan minuman kemasan untuk daya tahan tubuh yang praktis bisa didapatkan dengan mudah.

Nah, apa saja kandungan dalam minuman penambah imun tubuh dari susu kambing etawa dan juga manfaatnya dalam meningkatkan imun tubuh?

Kandungan Susu Kambing Etawa yang Berguna untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Jika dilihat dari nutrisi, susu kambing etawa ternyata sangat mendekati kandungan gizi dari ASI. Terdapat komposisi yang sangat lengkap dari susu ini.

Mulai dari protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A, Vitamin B Kompleks (B1, B2, B6, dan B12), C, D, Niacin, Asam Pantotenat, Kolin, dan Inositol.

Komposisi kandungan gizi ini sangat baik untuk imunitas tubuh. Selain itu juga komposisi di dalamnya sangat baik untuk pertumbuhan, perkembangan sel otak, dan saraf.

Nah, apa saja nutrisi dalam minuman penambah imun tubuh dari susu kambing etawa yang berperan dalam imunitas tubuh?

Minuman Penambah Imun Tubuh
Minuman Penambah Imun Tubuh

1. Omega 3

Zat gizi ini merupakan asam lemak esensial yang membantu mengurangi peradangan, dan mengoptimalkan sistem imun tubuh. Disamping itu, zat ini bisa menjadi agen pencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kolitis ulseratif, crohn, dan arthritis rheumatoid.

Nutrisi yang dikenal dalam perkembangan otak ini terdapat dalam susu kambing etawa dalam jumlah yang relatif besar, yaitu sekitar 4 sampai 7 persen.

2. Magnesium, Selenium, dan Zinc

Ketiga gizi ini menjadi zat yang selalu ada di dalam setiap jenis susu. Fungsi dari berbagai zat ini mampu membuat kulit dan selaput lendir bisa berfungsi dengan baik. Zat-zat ini juga bisa memperbaiki jaringan sel yang rusak. Magnesium di dalam kandungan susu ini bisa menghilangkan kelelahan, sehingga tubuh kembali segar.

3. Zat Besi

Zat besi dalam susu bisa digunakan untuk membentuk hemoglobin. Dimana hemoglobin merupakan komponen dari sel darah merah yang digunakan untuk membawa oksigen dan sel darah putih ke seluruh tubuh. Sel darah putih inilah yang berguna dalam melawan penyakit yang dibawa virus, bakteri, dan penyakit lainnya.

4. Vitamin A

Kemudian, kandungan yang terdapat di dalam minuman penambah imun tubuh susu kambing etawa adalah vitamin A. Vitamin A bekerja di dalam tubuh dengan fungsi menjaga sel kulit, saluran pernafasan, dan kesehatan usus. Bisa dikatakan vitamin A ini menjadi penghalang pertama ketika virus masuk.

5. Vitamin B Kompleks

Bantuan dari vitamin B kompleks ini mampu merespon serangan penyakit yang masuk ke dalam tubuh dengan cepat. Adanya virus ini akan membuat tubuh memproduksi sel yang bisa melawan bakteri dan virus yang masuk.

Vitamin ini juga bisa membantu menghilangkan rasa lelah, dan depresi. Serta membuat metabolisme dalam tubuh menjadi stabil.

6. Vitamin C

Vitamin C banyak dicari sebagai bahan utama dalam meningkatkan imunitas tubuh. Fungsi dari vitamin C ini sebagai antioksidan yang bisa menolak radikal bebas. Vitamin ini juga akan meningkatkan kinerja dari leukosit dalam penyembuhan luka.

7. Vitamin D

Vitamin D sempat menjadi bahan perbincangan ketika wabah covid-19 awal kali menyerang. Memang tidak diragukan lagi, vitamin ini bisa membantu menghancurkan patogen yang berpotensi menyebabkan infeksi. Selain itu, vitamin D juga menjadi rekomendasi pertama dalam peningkatan imunitas.

8. Vitamin E

Vitamin yang satu ini merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dengan kuat. Banyak sekali reaksi biokimia dalam tubuh yang membutuhkannya, sehingga sistem imunitas dalam tubuh bisa bekerja dengan lebih optimal.

Manfaat Susu Kambing Etawa dalam Imunitas Tubuh

Minuman Penambah Imun Tubuh
Minuman Penambah Imun Tubuh
Gambar: supergoatindonesia.com

Ada banyak sekali manfaat dari susu kambing etawa ini, termasuk dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, apa saja manfaat minuman penambah imun tubuh dari susu kambing etawa khususnya dalam peningkatan sistem imun tubuh?

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Dalam pencernaan inilah terdapat proses penghancuran dan penyerapan nutrisi dari makanan. Makanan-makanan yang berasal dari luar ini tentunya selain memberikan nutrisi dalam tubuh juga berpotensi besar terdapat bahan-bahan yang berbahaya.

Dengan minum susu kambing etawa ini, pencernaan akan lebih optimal dalam bekerja. Salah satu nutrisi yang dibawa susu ini berupa prebiotik alami yang sangat efektif dalam menghancurkan berbagai bakteri yang masuk ke dalam makanan. Sehingga pencegahan infeksi di dalam saluran pencernaan semakin baik.

2. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi dalam Tubuh

Kandungan gizi dalam susu kambing etawa sangat mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi tersebut dalam bentuk kalsium, besi, fosfor, dan berbagai kandungan mineral lainnya. bahkan penyerapan tersebut 30% lebih baik dari jenis susu lainnya.

3. Melawan Bakteri dan Virus yang Masuk ke Tubuh

Sebagian besar penyakit disebabkan oleh serangan virus, bakteri, hingga jamur yang masuk ke tubuh. Susu kambing etawa ini mampu menjadi zat antivirus dan antimikroba yang menyerang tubuh. Bahkan covid-19 pun bisa ditangkal dengan adanya protein susu kambing etawa ini.

4. Menyehatkan Sistem Pernapasan

Saluran pernapasan juga menjadi salah satu jalan masuk dari berbagai mikroba melalui udara. Susu ini juga mampu memberikan pertahanan yang sangat kuat dengan mengoptimalkan kinerja dari sistem pernapasan ini dengan membentuk antibodi dalam saluran pernapasan.

Susu ini juga mengandung anti inflamasi spesifik lgE yang bisa mencegah asma dan reaksi hipersensitivitas. Agen inilah yang membuat alergi semakin berkurang, dan tetap menjaga imunitas tubuh.

5. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

Kinerja jantung dan pembuluh darah bisa semakin optimal dengan minum susu ini. Kerja jantung tetap stabil, pembuluh darah semakin lancar, dan susu ini juga mampu menurunkan kolesterol.

Sistem peredaran darah yang baik tentunya akan membuat setiap nutrisi bisa diserap dengan baik, dan didistribusikan ke seluruh bagian tubuh dengan optimal. Yakin nih gak mau cobain minuman penambah imun tubuh dari susu kambing yang satu ini?

6. Mencegah Kanker dan Penyakit Degeneratif Lainnya

Kanker disebabkan oleh paparan radikal bebas yang mampu mengubah struktur DNA dalam tubuh. Susu ini memiliki antioksidan yang mampu mencegah serangan radikal bebas tersebut.

Agen antioksidan yang sangat baik dalam susu ini berupa oligosakarida, peptida, dan berbagai komponen bioaktif dalam susu.

7. Memperkuat Sistem Imun Secara Menyeluruh

Susu kambing sejak dahulu kala sebenarnya sudah dikenal masyarakat, dan dianggap sebagai grandmother’s drugs (nenek moyangnya obat). Minuman untuk imunitas tubuh ini memang sudah hampir dilupakan, namun kini kembali populer.

Dalam proses peningkatan sistem imun tubuh terdapat berbagai macam agen dalam susu kambing etawa yang bekerja, mulai dari oligosakarida, peptida, dan CLA.

Selain itu, terdapat kandungan antivirus dan antimikroba yang bekerja dalam menjaga tubuh dari serangan virus dan mikroba yang menyerang. Agen tersebut berupa Ig A, Ig G, dan Ig M. Inilah minuman penambah imun tubuh yang paling berkhasiat.

Susu kambing etawa sudah dikenal secara tradisional sejak dulu kala sebagai obat segala penyakit. Sekarang susu ini semakin mudah ditemukan dalam bentuk minuman kemasan penambah imun tubuh yang lebih praktis.

Bagikan:

Tinggalkan komentar