Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam?

Alam yang indah terbentang luas. Ia menyediakan beragam kebutuhan manusia. Mulai dari kebutuhan menenangkan pikiran hingga kebutuhan pangan sehari-hari. Alam luas yang terhampar dan menyediakan beragam kebutuhan harus dijaga. Jangan sampai ada tangan jahil yang berusaha merusaknya.

Ada sekian alasan mengapa kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam. Jangan sampai karena kerakusan dan ketamakan manusia, kelestarian sumber daya alam terganggu. Alam sudah memberikan dirinya untuk manusia. Maka manusia harus bersedia untuk terus menjaga kelestariannya.

Akan tetapi, mengapa masih banyak orang yang terkadang merusak alam? Apakah dirinya tidak sadar bahwa perilakunya sangat membahayakan? Tapi, itu sudah lalu. Yang penting, di masa depan nanti, siapapun yang membaca ini, ayo. Upayakan untuk tidak mengulanginya lagi.

Alam harus sedemikianrupa dijaga kelestariannya. Tapi sebelum itu, mungkin kamu perlu untuk mengetahui secara mendasar tentang apa saja sumber daya alam, mengetahui SDA yang ada di Indonesia, dan juga tentang alasan mengapa kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam.

Apa Saja Sumber Daya Alam Itu?

Secara definitif, sumber daya alam merupakan apa saja yang disediakan oleh alam dan dapat kita ambil maupun memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi, ada beberapa jenis dan juga contoh dari sumber daya alam ini.

Berdasarkan kategori asal, SDA punya dua kategori yaitu :

  • Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup (Hayati)
  • Sumber daya alam yang tidak berasal dari makhluk hidup (Non-hayati)

Jika berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibagi menjadi tiga :

  • Sumber daya alam tidak terbarukan
  • Sumber daya alam terbarukan
  • Sumber daya alam yang kekal

Jika kategori sumber daya alam berdasarkan lokasinya, dibagi menjadi dua yakni :

  • Sumber Daya Alam Terestrial
  • Sumber Daya Alam Akuatik

Kategori sumber daya alam didasarkan pada pembentuknya :

  • Sumber daya waktu
  • Sumber daya alam ruang
  • Sumber daya alam materi
  • Sumber daya alam energi

Sumber daya alam berdasarkan fungsi :

  • Sumber daya alam penghasil bahan baku
  • Sumber daya alam penghasil energi

Sumber daya alam berdasarkan daya guna atau nilai ekonomis

  • Sumber daya alam non-ekonomis
  • Sumber daya alam ekonomis

Sumber Daya Alam Apa Saja yang Ada di Indonesia?

Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam
Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam

Banyak. Ada banyak sumber daya alam yang ada Indonesia. Negara ini terdiri dari ribuan gugusan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote. Dan pada ribuan gugusan pulau itu, alam menyediakan apa yang dibutuhkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Tetapi tangan-tangan jahil seringkali mengganggunya. Memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi. Dan ini yang jangan sampai kamu ulangi lagi. Sebagaimana tercantum dalam UUD bahwa bumi, air serta kekayaan alam yang ada di Indonesia, harus dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Tapi, apa saja sih SDA yang ada di Indonesia. Berikut ini rinciannya :

Menurut data yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Republik Indonesia, SDA  yang ada di Indonesia adalah :

1. Batu Bara

Batu bara, merupakan bahan bakar yang proses terbentuknya memakan waktu jutaan tahun. Batu bara dihasilkan oleh tumbuhan lampau yang telah mati dan tertimbun dalam jangka waktu jutaan tahun.

Ini merupakan salah satu sumber daya alam yang ada di Indonesia. Kabarnya, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Dan ini menjadikan Indonesia sering mengekspor batu baranya ke beberapa negara seperti China, Jepang, Italia, Hongkong, Taiwan, dst.

2. Gas Alam

Menurut beberapa informasi, cadangan gas alam yang ada di Indonesia adalah sekitar 2,8 triliun meter kubik dan total itu merupakan 1,5% dari cadangan gas alam yang ada di dunia.

Walaupun terlihat kecil, 1,5% Indonesia tetap menjadi negara pengekspor gas alam ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan juga China.

3. Lautan

Sepertinya ini yang utama. Sampai saat ini, Indonesia masih memiliki sebutan sebagai negara maritim. Yang artinya, sebagian wilayah dari Indoesia itu dikelilingi laut. Sumber daya alam yang satu ini masih mengandung banyak hal di dalamnya seperti biota laut, ikan konsumsi, dan bahkan tambang minyak di lepas pantai.

Apalagi nih, tiap tahun Indonesia bisa menghasilkan 6 juta ton ikan. Betapa besarnya potensi lautan yang ada di Indonesia.

4. Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan cairan kental yang terdapat pada lapisan teratas di kerak bumi. Cairan kehijauan dan agak gelap ini merupakan cairan yang mudah terbakar. Pemanfaatannya tak jauh-jauh sebagai bahan bakar untuk ngidupin listrik di rumah-rumah alias digunakan untuk bahan bakar yang digunakan PLN untuk menghasilkan listrik.

Nah ini, potensinya menurun setiap tahun. Dulunya sih banyak, tapi sekarang impor. Dengan ini, kalau cadangannya habis, maka kita bakal kebingungan dan tambah sering impor. Maka dari itu, setelah ini akan dijelaskan mengapa kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam

5. Hutan

Yup, hutan masuk ke salah satu SDA yang ada di Indonesia. Menurut data, luas hutan di Indonesia itu kurang lebih 99 juta hektar dari Sabang sampai Merauke. Bayangin aja, 99 juta hektar loh. Kalau disuruh mengembarai hutan-hutan tersebut, kayaknya butuh puluhan tahun untuk berhasil mengitarinya.

Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam?

Seperti yang disinggung tadi, ada alasan mengapa kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam. Menurut klasifikasi yang telah disebutkan di atas, kan ada SDA yang terbarukan dan ada yang tidak terbarukan. Kalau terbarukan, memang masih bisa diproduksi kembali.

Masalahnya ada pada sumber daya alam yang tidak terbarukan. Misalnya saja, minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Itu kan, prosesnya memakan waktu jutaan tahun sampai bisa jadi sesuatu yang bisa digunakan. Tidak mungkin kita memproduksinya lagi. Palingan seratus tahun juga udah modar nungguinnya.

Menjaga sumber daya alam, itu sangat penting. Apalagi bagi anak-cucu yang akan hidup di masa depan. Biar mereka juga menikmati apa yang selama ini kita nikmati. Menjaga kelestarian sumber daya alam, apalagi tujuannya kalau bukan memberikan cadangan untuk saat ini dan juga untuk masa depan.

Nah, sekarang kamu sudah taukan mengapa kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam? Terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar