Langkah Awal Memulai Bisnis Properti yang Patut Dicoba

Sedang mencari usaha atau bisnis yang menjanjikan? Bisnis properti adalah salah satu yang layak kamu pertimbangkan.

Dalam memulai bisnis properti terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara dalam memulai bisnis properti. Yuk simak sampai habis!

Memulai Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan bisnis yang saat ini sedang memiliki banyak peminat. Hal ini dapat terjadi karena dalam bisnis properti kalian dapat menuai banyak keuntungan. Walaupun memiliki banyak keuntungan, akan tetapi risiko yang ditawarkan malah rendah. Karena seperti yang kita ketahui bahwa nilai properti semakin hari semakin naik terus.

Selain itu juga semakin hari kebutuhan akan properti juga semakin meningkat. Oleh karena itu bagi kalian yang berminat kalian dapat memulai bisnis properti dengan cara – cara sebagai berikut.

Mau Membuat Bisnis Properti Seperti Apa?

Ketika kalian memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis properti, kalian harus memilih apa jenis bisnis properti seperti apa yang kalian inginkan dan tentunya memiliki prospek yang bagus. Jika kalian adalah seorang pemula, maka kalian bisa memulai bisnis properti sederhana terlebih dahulu. Bisnis properti sederhana tersebut adalah dengan menyewakan properti untuk rumah kontrakan, kos – kosan, toko, dan lain sebagainya.

Kalian tidak hanya dapat menjadi pemilik properti untuk bisa menjadi pebisnis di bidang properti, akan tetapi kalian juga bisa menjadi seorang makelar. Ada perbedaan besar ketika kalian memutuskan untuk menjadi pemilik properti sendiri atau menjadi makelar. Untuk lebih lanjutnya simaklah bagian berikutnya.

Ketika kalian memutuskan untuk menjadi pemilik properti sendiri maka kalian memiliki kebebasan untuk menentukan harga beli atau sewa properti, memiliki keuntungan yang besar, dan bisa menjadi sumber pemasukan pasif untuk jangka panjang. Akan tetapi dibalik keuntungan yang besar tersebut pastinya ada risiko besar. Risiko tersebut adalah harus memiliki modal yang besar, pandai – pandai memilih kontraktor properti yang tepat dan teliti dalam memilih tempat properti.

Namun, ketika kalian memutuskan untuk lebih memilih menjadi makelar maka kalian akan memiliki risiko lebih kecil yaitu tidak memerlukan modal yang sangat besar, hanya sebagai perantara sehingga dapat mengurus lebih dari satu klien.

Akan tetapi juga ada kekurangannya. Kekurangannya adalah kalian tidak dapat menjadi bisnis properti ini sebagai pemasukan pasif karena keuntungannya didapat dari adanya komisi dan memiliki tingkat kesibukan yang lebih tinggi karena akan dihubungi oleh banyak client atau prospek.

Pilihlah Jenis Properti dalam Bisnis

memulai bisnis properti
Langkah awal memulai bisnis properti

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa usaha bisnis properti ini memiliki berbagai jenis properti yang dapat kalian gunakan sebagai medianya. Pertama untuk memulai bisnis properti bisa dimulai dengan ruko. Kunci kesuksesannya kalian harus memiliki lokasi yang strategis. Menyewakan ruko ini terbilang lebih mudah karena spesifikasi fasilitas dan bangunannya tidak usah ribet dan memiliki waktu sewa jangka panjang sehingga dapat menjadi pemasukan pasif.

Kedua, adalah kos eksklusif yang mana memiliki peminat yang sangat banyak. Fasilitas yang biasanya ditawarkan pun juga sangat banyak dan bagus seperti furnitur kamar yang lengkap, ada layanan laundry, memiliki fasilitas TV kabel dan juga kunci digital. Targetnya adalah mahasiswa kelas menengah ke atas.

Ketiga, adalah apartemen untuk mahasiswa atau bisa dibilang seperti kos eksklusif. Tentunya jenis apartemen ini haruslah strategis dalam peletakannya karena sasarannya adalah mahasiswa yang kehidupannya tidak jauh dari area kampus atau perkotaan.

Ketika berbicara fasilitas, apartemen ini memiliki kelengkapan yang luar biasa yang mana biasanya dilengkapi dengan furniture mewah, kolam renang, gym, minimarket, roof top dan lain sebagainya. Akan tetapi kalian harus mengeluarkan modal yang luar biasa banyak juga.

Keempat adalah co – working space yang mana pada saat ini jenis properti ini sedang memiliki prospek yang sangat bagus karena pada saat ini semakin banyak orang yang membutuhkan tempat yang nyaman untuk bekerja. Kalian bisa fokus untuk menyediakan fasilitas dan tempat untuk co – working.

Kelima, adalah dengan bisnis properti berjenis cottage atau rumah kecil. Bisnis ini biasanya dibangun di area pedesaan. Properti jenis ini akan mendapatkan banyak peminat ketika memasuki waktu liburan yang mana sedang memerlukan tempat untuk tinggal sementara.

Atau bisa saja dibutuhkan oleh mereka para pekerja kantoran yang sedang membutuhkan suasana tenang di desa. Kalian harus mendesainnya layaknya rumah yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas atau paket wisata. Saat ingin memulai bisnis properti, silakan riset terlebih dahulu mau mulai dari mana.

Buatlah Google My Business

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lokasi yang strategis menjadi pertimbangan para client. Karena memang faktor lokasilah yang nantinya akan menentukan tinggi rendahnya harga juga. Bangunan memang dapat diubah, akan tetapi untuk lokasi akan tidak bisa diubah. Prinsip location – location – location sangatlah penting dalam bisnis properti ini.

Oleh karena itu, kalian harus mendaftarkannya ke google maps. Kalian tidak usah repot – repot untuk menjelaskan sarana transportasi atau jarak ke pusat kota karena dalam google maps itu nantinya akan dijelaskan secara otomatis.

Buatlah Website

Penting sekali untuk dilakukan ketika ingin memulai bisnis properti yaitu membuat website.

Saat ini promosi online sedang gencar – gencarnya dilakukan karena memang intensitas masyarakat menggunakan internet semakin hari juga semakin meningkat. Internet menjadi kebutuhan yang digunakan oleh masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari – hari. Ada banyak poin plus apabila kalian menggunakan media website sebagai sarana promosi.

Dalam menggunakan website, keuntungan yang bisa kalian dapatkan adalah dapat dengan leluasa memasukkan segala informasi tanpa adanya batasan kata seperti iklan dalam koran. Kalian dapat menambahkan segala macam informasi seperti deskripsi, lokasi, foto – foto, dan lain sebagainya. Akan tetapi jangan lupa juga dibarengi dengan adanya promosi secara offline agar lebih maksimal dalam proses promosinya.

Dalam memulai sebuah bisnis, eksekusi adalah kuncinya. Keempat langkah diatas merupakan langkah awal yang dapat kamu aplikasikan sebagai bukti nyata kamu mau terjun ke dalam bisnis properti. Untuk langkah lebih detail kamu bisa mengikuti tahapan dalam memulai bisnis properti pada halaman ini. Tetap semangat dan selamat mencoba!

Bagikan:

Tinggalkan komentar