Ini Cara Mengatasi Masalah Autentikasi WiFi Indihome

Masalah autentikasi WiFi Indihome memang mungkin dialami oleh para penggunanya. Dengan masalah ini, biasanya pengguna tidak bisa terkoneksi ke internet. Mungkin masih banyak orang yang penasaran tentang mengapa masalah ini bisa terjadi sekaligus bagaimana pemecahan masalahnya. 

Jika kamu mengalaminya, sebenarnya tidak perlu panik. Ada kok metode yang bisa dilakukan sendiri untuk menyelesaikan masalah autentikasi WiFi di TV, laptop, PC, maupun smartphone yang kamu miliki. 

Biasanya, penyebab yang mendasarinya tak jauh-jauh dari perangkat yang digunakan dan juga dari server WiFi. Mau tahu selengkapnya tentang masalah autentikasi WiFi Indihome? Berikut ini uraian lumayan lengkap mengenainya. 

Apa yang Dimaksud dengan Mengautentikasi?

Paling baik sebenarnya, kamu harus tahu dulu apa itu proses autentikasi. Bisa dikatakan, autentikasi merupakan tindakan ataupun proses untuk memvalidasi identitas pengguna jika ingin mengakses atau memasuki suatu sistem. 

Biasanya, proses autentikasi ini menggunakan id/nama dan juga password yang sebelumnya telah ditetapkan. Nama dan juga password tersebutlah yang nantinya menjadi bahan verifikasi apakah kamu diizinkan masuk ke dalam sistem atau tidak. 

Contoh sederhananya saja nih, misalnya ketika kamu ingin login ke akun Gmail. Di sana, pastinya kamu menuliskan alamat e-mail. Nah, alamat e-mail tersebut merupakan id ataupun nama yang mencerminkan identitasmu. Begitu juga dengan password, itu juga merupakan identitas darimu. 

Tentunya, setelah memasukkan username dan password, kamu akan mengklik tombol login atau enter, nah di situlah proses autentikasi dimulai. Di sana ada proses untuk memverifikasi apakah alamat e-mail yang dimasukkan sudah benar atau belum dan juga apakah password yang dimasukkan sudah tepat atau tidak. 

Sama halnya dengan proses autentikasi WiFi. Prosesnya sama dan cara kerjanya juga sama, yakni untuk mengenali apakah identitas yang diinput sudah benar atau belum. Masalah autentikasi pada WiFi, bisa dilihat dari situ. 

Apa Itu Masalah Autentikasi Pada WiFi?

Masalah autentikasi WiFi adalah masalah yang timbul ketika pengguna WiFi ingin menyambungkan perangkat yang digunakannya untuk mendapatkan koneksi internet. Masalah ini bisa terjadi lantaran beberapa hal yang nanti akan dibahas pada bagian lainnya. 

Ciri-ciri bahwa kamu mengalami masalah autentikasi WiFi Indihome biasanya kadang tersambung, biasanya juga tidak. Ketika tidak tersambung, maka muncullah pesan error atau informasi mengenali masalah pada autentikasi WiFi. 

Penyebab Masalah Autentikasi WiFi

Masalah Autentikasi WiFi Indihome
Penyebab Masalah Autentikasi WiFi Indihome

Nah jika kamu sudah sedikit paham mengenai pengertian dari autentikasi dan serta mengerti tentang masalah autentikasi pada WiFi, selanjutnya kamu juga harus tahu tentang hal apa saja yang menyebabkan masalah ini terjadi. Ingin tahu apa saja penyebabnya? Simak uraian berikut ya. 

1. Salah Password

Penyebab pertama yang masalah autentikasi WiFi Indihome adalah kamu salah memasukkan password. Di setiap WiFi, agar tak ada ‘penyusup’ yang masuk, ada tahap autentikasi untuk memasukkan password. Password ini, biasanya disetting sendiri oleh pemilik WiFi. 

Biasanya, password berisikan kata, angka, atau kombinasi dari keduanya plus simbol-simbol tertentu. Nah, jika kamu salah memasukkannya, sistem WiFi akan mendeteksi bahwa kamu tidak mendapatkan izin akses untuk masuk ke dalam WiFi. Hal ini lah yang akan membuat proses autentikasi WiFi dengan perangkatmu bisa bermasalah. 

2. Terblokir oleh Router

Selain itu, berhubung konfigurasi WiFi diserahkan hampir sepenuhnya ke tangan pemilik, bisa jadi penyebab masalah autentikasi WiFi Indihome muncul lantaran kamu terblokir agar tidak bisa menggunakan WiFi tersebut. 

Misalnya saja, ketika saya menggunakan WiFi, terkadang ada saja yang berhasil masuk ke jaringan WiFi. Hal ini bisa terjadi lantaran mereka mengetahui password WiFi ataupun mengetahui cara-cara tertentu untuk terhubung. 

Saya sebagai pihak yang punya akses penuh untuk mengkonfigurasi WiFi, bisa saja memblokir atau tidak mengizinkan perangkat tertentu agar tidak tersambung. Caranya juga mudah, saya tinggal masuk ke opsi blokir dan memasukkan IP Adress atau MAC Adress dari perangkat yang masuk ke dalam jaringan. 

Dari sanalah, masalah autentikasi pada perangkat milikmu bisa muncul. Jika hal ini terjadi, tidak ada cara yang paling tepat selain langsung meminta izin pada pihak yang punya otoritas untuk mengizinkan akses WiFi. 

Cara Mengatasi Masalah Autentikasi WiFi Indihome

Masalah Autentikasi WiFi Indihome
Cara Mengatasi Masalah Autentikasi WiFi Indihome

Nah, jika kamu sudah tahu penyebabnya, maka selanjutnya kamu juga harus tahu mengenai solusi masalah autentikasi pada WiFi. Dengan beberapa solusi yang ditawarkan, masalah tersebut bisa segera teratasi. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini penjelasan lengkap mengenainya. 

1. Forget Network

Masalah ini bisa diatasi dengan cara melupakan jaringan atau forget network. Langkah yang harus dilakukan yakni sebagai berikut:

  • Masuk ke menu WiFi
  • Kamu akan ditampilkan beberapa nama WiFi yang terdeteksi. 
  • Tekan agak lama nama WiFi yang biasa kamu gunakan. 
  • Setelah itu, akan ada opsi lupakan jaringan atau forget network. 
  • Pilih opsi tersebut. 
  • Jika menggunakan PC atau laptop, langsung saja klik kanan pada nama WiFi. 
  • Kemudian pilih opsi forget network

Setelah melakukan tahap ini, biasanya WiFi akan tereset seperti awal. Kamu harus memasukkan password lagi jika ingin terkoneksi. Biasanya, masalah autentikasi bisa diselesaikan dengan cara ini. 

2. Restart Modem atau Router WiFi

Cara lainnya lagi, adalah dengan merestart modem maupun router WiFi yang kamu gunakan. Cara ini adalah yang paling banyak digunakan lantaran paling mudah. Kamu cukup mencari tombol restart yang terdapat pada modem ataupu router WiFi. Tunggu beberapa waktu hingga proses restart selesai lalu coba hubungkan kembali. 

3. Lakukan Pengisian Password dengan Benar

Telah diketahui sebelumnya, masalah autentikasi WiFi Indihome bisa terjadi lantaran salah memasukkan password. Akan hal ini, solusinya hanya satu yakni kamu harus memasukkan password dengan benar. 

Jika ragu dan takut memasukkan password yang salah, pilih fitur agar password yang ditulis bisa terlihat. Dengan itu, kamu tidak akan salah lagi ketika ingin memasukkan password. 

Itulah sedikit ulasan yang mungkin bisa menjawab masalah autentikasi WiFi Indihome. Semoga masalah itu segera teratasi ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar