Makanan yang Laris di Pinggir Jalan 99% Laku

Walaupun kini sudah memasuki era di mana segala sesuatu sudah digitalisasi, termasuk jual beli, tapi masih banyak lho orang yang memilih untuk tetap berniaga dengan cara konvensional. Kenapa hal itu bisa terjadi? Sebab banyak yang tetap yakin kalau bisnis secara konvensional lebih jelas. Nah di antaranya adalah bisnis makanan yang laris di pinggir jalan.

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak makanan pinggir jalan favorit bagi kalangan anak muda. Bahkan belakangan ini trend menjual makanan di pinggir jalan masih pula merebak. Dengan segmentasi pembeli yang lebih luas, seperti mahasiswa, murid-murid sekolah, hingga bahkan petugas kelurahan.

Lalu kira-kira makanan apa saja yang biasa laris kalau dijual di pinggir jalan? Nah berikut ini buat kamu yang tertarik usaha makanan pinggir jalan, saya akan berikan rekomendasinya. Cus disimak ulasan berikut ini.

Makanan yang Dijual di Pinggir Jalan

Nah sebelum lebih jauh saya mengulas makanan-makanan yang berpotensi laris apabila dijual di pinggir jalan, saya akan berikan beberapa makanan yang biasanya dijual di pinggir jalan. Barangkali kamu masih belum ngeh apa saja makanan yang umumnya dijual di tepi jalan tersebut. Berikut ini makanan yang kerap saya lihat di pinggir jalan.

1. Cireng

Kamu tentu pernah mendengar nama makanan ini kan? Atau bahkan saya kok yakin kamu pun pernah mencicipi cireng, betul kan? Enggak apa-apa, enggak masalah juga, wong saya juga sekali waktu mencicipi cireng. Saya malah sampai ketagihan, ya wajar sih rasanya enak. Namun begitu, mungkin di antara kamu semua ada yang belum tahu apa itu cireng, alangkah baiknya saya jelaskan dulu.

Begini, cireng itu banyak yang bilang akronim dari aci digoreng. Itu tidak sepenuhnya asal gothak-gathuk saja sih, karena memang bahan dasar untuk membuat cireng adalah aci. Adonan aci dibentuk sedemikian rupa dan di dalamnya diisi beraneka bahan. Misalnya ada yang isinya ayam, abon, daging sapi, dan masih banyak lagi.

Sesuai namanya, sebelum kamu makan, cireng akan digoreng terlebih dahulu. Pada masanya cireng pernah menjadi salah satu makanan yang laris di pinggir jalan. Jadi tak ayal penjualnya pun kadang berderet, apalagi kalau pas ada pasar tiban begitu.

2. Sempolan

Saudara namun beda bahan dengan cireng, adalah sempolan. Keduanya sama-sama dijual di pinggir jalan dan menjadi favorit orang-orang yang suka makanan jalanan dengan harga murah. Sempolan ini merupakan makanan berbahan dasar tepung tapioka. Nah tepung tapioka itu dicampur bersama dengan gilingan ayam, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.

Kemudian, adonan itu ditusuk dengan kayu kecil. Sempolan banyak yang mengatakan berasal dari Desa Sempol, letaknya di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Namun sekarang sempolan bisa ditemukan di hampir seluruh daerah, terutama di Jawa. Sebelum digoreng sempolan akan dicelupkan ke dalam adonan telur agar rasanya lebih gurih. Bagaimana tertarik? Cari saja di pinggir jalan!

3. Roti Bakar

Makanan yang banyak dijual di pinggir jalan berikutnya adalah roti bakar. Tentu tanpa saya menjelaskan, kamu pasti sudah tahu kan apa itu roti bakar? Iya, roti bakar adalah roti yang dibakar, umumnya menggunakan roti khusus yang di dalamnya terisi berbagai macam rasa. Misalnya cokelat dengan meses, stroberi, nangka, keju, dan sebagainya.

Buat kamu yang lagi mencari bisnis makanan yang laris di pinggir jalan, bisa nih jualan roti bakar. Denger-denger untuk modalnya juga enggak banyak-banyak amat. Akan tetapi jangan salah, meski modalnya minim, keuntungannya bisa berlimpah. Tentu saja dengan syarat roti bakar buatan kamu laris.

Makanan yang Laris di Pinggir Jalan

Makanan yang Laris di Pinggir Jalan
Makanan yang Laris di Pinggir Jalan

Setelah kamu tahu macam-macam makanan yang kerap dijual di pinggir jalan, kini kamu harus tahu makanan yang laris di pinggir jalan itu apa saja. Karena ada, belum tentu laris, apalagi enggak ada, gimana mau menjualnya ya kan? Lalu apa saja sih jajanan populer untuk usaha makanan yang biasanya laris dijual di pinggir jalan?

4. Gorengan

Hampir pasti, kalau ditanya ihwal makanan yang laris di pinggir jalan, saya selalu menjawab gorengan. Boleh dibilang gorengan adalah makanan pinggir jalan paling laris. Gorengan ini bermacam-macam guys. Ada tahu goreng, tahu sumpel goreng, tempe goreng, pisang goreng, bakwan, dan masih banyak lagi. Cara bikinnya juga mudah. Tinggal cari saja bahan-bahannya dan masak deh.

Banyak kok tutorialnya di TikTok ataupun Youtube. Biasanya nih, penjual gorengan paling sering ada yaitu penjual PISTATE. Kamu tahu apa itu? PISTATE akronim dari pisang, tahu, tempe. Tapi seiring berjalannya waktu, penjualnya makin bermanuver dengan bahan lain dan jenis gorengan lain. Makanan ini telah menjadi suguhan rutin dikala acara-acara dan kegiatan tertentu.

Apakah kamu mau coba jual di kampung? Gorengan juga termasuk makanan yang laris kalau dijual di kampung.

Yuk Baca Juga: jualan makanan yang laris di kampung

5. Martabak Telur dan Martabak Manis

Duet martabak ini selalu menjadi primadonanya makanan laris di pinggir jalan. Kamu akan sangat mudah menjumpai pedagang martabak di pinggir jalan. Saya yakin di antara pasti suka salah satu dari duet martabak ini. Banyak orang menyukai martabak, tak salah kalau kita sebut sebagai makanan yang laris di pinggir jalan.

Sekarang siapa sih yang enggak suka martabak manis? Makanan yang terbuat dari tepung terigu yang di atasnya dilumuri meses, keju, atau kacang itu bikin orang-orang ngiler setengah mati. Mungkin rasa legit martabak manis yang memikat itulah bikin anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming mendirikan Markobar.

Lalu martabak telur? Wah ini lagi. Saya paling suka martabak telur karena rasanya gurih. Sama-sama terbuat dari tepung terigu, hanya saja kalau yang ini diisi telur. Kadang di dalamnya juga ada ayam ataupun daging yang menambah cita rasa khas.

Usaha Pinggir Jalan Paling Laris

Makanan yang Laris di Pinggir Jalan
Usaha Makanan yang Laris di Pinggir Jalan

Selain yang sudah saya sebutkan tadi, masih ada nih beberapa usaha pinggir jalan paling laris. Kamu bisa memilih salah satu jualan makanan yang laris di pinggir jalan yang sudah saya sebutkan, atau memilih rekomendasi berikut yang tak kalah laris.

6. Tahu Kremes

Setelah saya amati, belakangan ini penjual tahu kremes mulai banyak di pinggir-pinggir jalan di kota saya. Itu menandakan bisnis tahu kremes ini menarik perhatian pembeli. Tahu ini banyak sebutan, ada yang menyebut tahu kress, jeletot, brontak, goyang lidah, dan lain-lain. Berbahan tahu yang dilumuri tepung kering bikin makanan ini menggiurkan. Harganya juga murah meriah, tahu kremes menjadi jajanan yang dijual 1000 rupiah.

7. Jual Buah-buahan

Apakah kamu sering melihat banyak penjual yang berada di pinggir jalan menjual aneka buah-buahan? Iya, karena buah menjadi peluang usaha pinggir jalan yang paling laris dan banyak disukai pembeli. Orang rela berhenti sejenak untuk sekadar membeli buah. Kamu tahu sobat, apalagi saat musim buah duren maka di pinggir jalan banyak sekali pembeli yang berhenti sejenak lalu makan di tempat.

Yakin gak mau buka usaha makanan yang laris di pinggir jalan ini? BUah-buahan juga makanan lho ya.

8. Angkringan

Sudah jelas, usaha angkringan selalu menyenangkan untuk dibuka di pinggir jalan. Jenis usaha yang simpel tetapi peminatnya super banyak. Apalagi makanan angkringan ini dikenal dengan makanan yang murah meriah, jadi lebih banyak yang datang untuk membeli.

Jajanan Pinggir Jalan Kekinian

Makanan yang Laris di Pinggir Jalan
Makanan yang Laris di Pinggir Jalan Kekinian

Selain rekomendasi tadi, saatnya saya ngasih tahu jajanan pinggir jalan yang lagi hits. Siapa tahu kamu jadi mau jualan jajanan-jajajan berikut, iya apa tidak? Nah berikut ini adalah rekomendasinya.

9. Jasuke

Satu lagi makanan yang laris di pinggir jalan dan lagi hits, Jasuke singkatan dari Jagung, Susu, Keju. Cara bikinnya juga tidak sulit. Semua bahan tinggal dijadikan satu saja ke dalam sebuah wadah. Jasuke termasuk jajanan pinggir jalan yang unik, karena kamu bisa merasakan sensasi manis susu dan gurih keju secara bersamaan.

10. Piscok

Ada lagi nih bisa kamu jual, namanya piscok atau pisang cokelat. Piscok ini semacam pisang yang digoreng krispi dengan dibungkus kulit renyah, kemudian di dalam diisi cokelat. Rasanya lezat dan menggugah selera. Biasanya penikmatnya anak-anak muda.

Baca yuk: Jualan makanan dengan modal 20 ribu

11. Kacang Rebus

Salah satu jajanan favorit semua orang, kacang rebus memang asyik untuk menemani kita saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Nah, tak jarang penjual kacang rebus nangkring di pinggir jalan atau berkeliling di pinggir jalan. Tentu saja, kacang rebus masuk sebagai makanan yang laris di pinggir jalan.

12. Ayam Goreng Ala KFC

Ternyata di pinggiran jalan juga banyak yang jual ayam goreng ala KFC yang krenyes-krenyes nikmat. Nah, kamu bisa tuh mencoba untuk menjual ayam goreng ala KFC ini. Apalagi dijual di lokasi strategis memang tempat ramai penjual dan pembeli, yakin deh bakal laku!

Seorang guru pernah menjelaskan, ketika kita ingin memulai sebuah usaha maka tanamlah mindset sukses. Bahwa apa-apa yang kita jual itu 99% Laku. Artinya, ada 1% yang merupakan kehendak Tuhan yang tidak bisa kita elakkan lagi. Semangat pejuang bisnis.

Demikian tadi, ulasan mengenai bisnis makanan yang laris di pinggir jalan yang boleh kamu coba. Mungkin dengan berjualan makanan pinggir jalan, hidupmu bisa sedikit terbantu. Ceile. Iya pokoknya gitu deh. Sudah mulai memutuskan mau berjualan apa mau rebahan doang?

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar