Penyebab Lampu Internet Indihome Mati & Cara Mengatasinya

Masalah Indihome sepertinya memang sering terjadi. Coba saja lihat beberapa bulan ke belakang ini, hampir semua pengguna Indihome mengeluh karena wifi Indihome tidak bisa digunakan. Itu satu hal. Terkadang ada juga masalah lampu internet Indihome mati dan menyebabkan penggunanya tidak bisa mengakses internet. 

Lampu internet wifi mati memang tak hanya dialami oleh Indihome saja. Penyedia layanan internet lainnya juga terkadang mengalami hal yang sama. Tentu saja, pengguna akan sangat dirugikan akan hal ini. “Sudah bayar mahal kok masih gangguan melulu,” begitu kira-kira sambatan yang seringkali keluar dari benak pelanggan. 

Khusus bagi Indihome, lampu internet mati bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal. Secara lengkap, silakan simak saja uraian di bawah ini.

Penyebab Lampu Internet Indihome Mati

Lampu internet mati ada banyak penyebabnya. Bisa saja disebabkan oleh pelanggan dan terkadang juga disebabkan karena pihak Indihome sendiri. Penyebab ini harus kamu ketahui agar nantinya bisa memberikan solusi yang tepat sesuai dengan masalah yang dialami. Apa saja penyebabnya? Berikut ini ulasan lengkapnya, gas aja baca:

1. Gangguan dari Server Telkom

Bisa saja, penyebab utama dari lampu internet Indihome mati gara-gara ada gangguan dari server Telkom sebagai penyedianya. Tak bisa disangkal memang, mungkin server di sana butuh perbaikan, pembaharuan, atau maintenance tertentu yang membuatnya harus mengorbankan kenyamanan pelanggan. 

Hal yang dikorbankan, salah satunya adalah dengan tidak bisa terkoneksinya pelanggan dengan internet karena lampu pada internet Indihome mati. Akan hal ini, tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menunggu server Telkom diperbaiki. 

2. Belum Bayar Tagihan

Penyebab lainnya yang mungkin terjadi adalah kamu belum membayar tagihan rutin yang telah disepakati. Hal ini tentu saja akan membuat wifi Indihome milikmu mati. Tak hanya Indihome, segala hal dengan metode berlangganan juga pasti diputus hubungannya jika tidak membayar. 

Tentang hal ini, kamu bisa langsung mengecek apakah sudah membayar atau belum. Jika sudah selesai, silakan coba lagi dan lihat apakah lampu internet menyala atau tidak. 

3. Perangkat Rusak

Tak bisa dipungkiri, barang-barang elektronik juga memiliki masa pakai. Bisa saja, lampu internet Indihome mati terjadi gara-gara perangkat yang kamu gunakan memang rusak. Bisa karena sudah lama digunakan atau perangkat wifi yang kamu gunakan sering jatuh, kena air, dan lain sejenisnya. 

Tentang penyebab ini, silakan mengganti perangkat Wifi dengan yang baru. Setelah itu, silakan cek apakah lampu internet sudah menyala atau belum. 

4. Kabel Fiber Terputus

Penyebab lainnya adalah kabel fiber milik telkom terputus. Kabel fiber, kan letaknya ada di bawah laut dan melintang sesuai dengan area yang ditentukan. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada kedalaman laut. Bisa saja, kabel fiber memang butuh diperbaiki atau mungkin ada makhluk usil yang menggigitnya. 

Cara Mengatasi Lampu Internet Indihome Mati

Lampu Internet Indihome Mati
Cara Mengatasi Lampu Internet Indihome Mati

Jika kamu sudah mengetahui apa saja penyebab dari lampu internet Indihome mati, sekarang kamu juga bisa mencoba untuk mengatasi masalah tersebut. Silakan gunakan cara berikut ini untuk memperbaikinya:

  1. Matikan modem dan diamkan selama 10 menit. 
  2. Setelah 10 menit, kamu bisa menghidupkannya kembali. 
  3. Cek apakah lampu IOS berwarna merah sudah menyala atau tidak. Kalau menyala, artinya kabel jack lepas atau ada sambungan yang terputus. Silakan periksa kabel dan sambungkan saja kabel fibernya. 
  4. Kalau lampu internet kamu mati, silakan untuk melakukan setting ulang pada perangkat yang digunakan. 
  5. Jika tidak bisa melakukan setting ulang sendiri, silakan hubungi pihak Telkom atau orang yang sebelumnya memasang perangkat wifi di tempatmu. 
  6. Selain itu, kalaupun ada masalah lampu internet masih menyala namun internet tidak bisa digunakan, bisa saja ada masalah internet secara nasional yang sedang terjadi. Akan hal ini, kamu bisa mencari berita terkait atau menanyakan ke sesama pengguna Indihome. 
  7. Jika lampu internet menyala tapi internet lemot, bisa saja user wifi sudah terlalu banyak. 
  8. Cara paling efektif untuk memperbaikinya adalah dengan langsung menghubungi Customer Service dari Indihome. Kamu bisa langsung menghubungi nomor resminya atau lewat aplikasi saja. 

Itulah beberapa uraian singkat mengenai mengapa lampu internet Indihome mati dan juga bagaimana cara mengatasinya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar