10+ Keuntungan dan Kerugian Wirausaha Lengkap

Kamu lebih senang bekerja dengan bebas bisa bangun siang tapi tetap menghasilkan banyak uang? Jenis pekerjaan yang paling cocok apalagi jika bukan wirausaha. Tunggu dulu, sebelum kamu benar-benar mencari tahu bagaimana cara menjadi wirausaha. Step pertama yang harus kamu lakukan adalah menggali banyak informasi mengenai keuntungan dan kerugian wirausaha.

Semakin banyak pro dan kontra yang kamu tahu semakin mudah bagimu untuk mempersiapkan diri. Entah menjadi pengusaha cakap, sukses dan kaya atau kebalikannya. Informasi lengkap untung rugi jadi wirausaha telah kami rangkum di bawah ini.

Keuntungan dan Kerugian Wirausaha

Mudahkah menjadi pengusaha? Jawabannya tidak mudah. Meski begitu masih banyak orang yang bermimpi menjadi seorang pengusaha walau banyak jenis profesi lain yang menggiurkan. 

Selengkapnya informasi kelebihan dan kelemahan wirausaha simak berikut ini.

Keuntungan atau Kelebihan Wirausaha

Apakah kamu penasaran dengan keuntungan wirausaha.

1. Sebagai Wadah atau Media Aktualisasi Diri

Kamu memiliki rencana apa untuk masa depanmu? Apa kamu sudah membuat daftarnya secara rinci? Menjadi pengusaha bisa menjadi salah satu cara aktualisasi diri paling menyenangkan karena profesi ini adalah pilihan atau passion-mu sendiri. Selain itu, kepercayaan dirimu akan semakin bertambah ketika bisnis yang kamu lakoni mendapatkan apresiasi dari banyak orang termasuk  penghargaan dari pemerintah.

2. Membuka Jalan Menjadi Orang Kaya dan Sukses

keuntungan dan kerugian wirausaha
Begini keuntungan dan kerugian wirausaha

Menyingkap semua keuntungan dan kerugian wirausaha merupakan bukti bila kamu siap dengan segala resiko yang ada ketika memilih pekerjaan ini. Selain wadah aktualisasi diri, menjadi wirausaha juga bisa membuka jalanmu menjadi orang sukses dan kaya secara materi.

Namun untuk sampai pada titik kesuksesan seorang pengusaha pemula harus berhasil membuat sebuah gebrakan baru. Produk atau jasa yang kamu tawarkan harus menghasilkan omzet besar setiap tahunnya. Meskipun sulit dan penuh berliku, tidak mustahil bagi kamu untuk menjadi pengusaha sukses. Kuncinya bekerja keras, semangat dan pantang menyerah.

3. Jam Kerja Asyik

Keuntungan dan kerugian dalam wirausaha merupakan dua hal yang berbeda. Setidaknya dengan mengetahui kerugian wirausaha kamu bisa lebih berhati-hati ketika mengambil langkah. Dari sisi kelebihannya, mereka yang berprofesi sebagai pengusaha memiliki jam kerja yang sangat fleksibel.

Di satu sisi kamu bisa sangat sibuk, bekerja setiap hari dari pagi sampai dini hari terutama ketika memasuki musim peluncuran produk baru. Akan tetapi, ada kalanya kamu juga bisa bekerja dengan santai dan masuk kerja setengah hari. Tidak heran jika pengusaha merupakan profesi ideal bagi mereka yang menginginkan kebebasan kerja.

4. Membantu Pemerintah Membuka Lapangan Pekerjaan

Keuntungan dan kerugian wirausaha juga tergantung dari jenis bisnis yang kamu lakukan. Contohnya kamu memilih bisnis kosmetik maka kelemahan dari bisnis ini adalah ketersediaan stok yang melimpah ditambah persaingan yang sangat berat.

Tapi keuntungan dari berwirausaha kamu bisa membantu pemerintah membuka lapangan pekerjaan. Semakin besar skala bisnis yang kamu miliki artinya semakin banyak pula tenaga kerja yang kamu serap.

5. Bisa Memberikan Kontribusi Pajak bagi Negara

Ketika kita suda bisa membuka lapangan pekerjaan dan membantu pemerintah. Artinya kita sudah banyak memberikan banyak manfaat. Apalagi ketika usaha kamu sudah menjadi besar seperti perusahaan-perusahaan lainnya.

Biasanya perusahaan besar akan membayar pajak penghasilan badan usaha ataupun bisa kamu bayar pajak penghasilan perorangan. Dari pajak yang dihasilkan dari usaha kamu itu bisa bermanfaat bagi orang banyak. Pemerintah bisa menyalurkannya ke dalam pembangunan infrastruktur atau layanan umum dan banyak lagi.

6. Berkontribusi dengan CSR

Bagi kamu yang berhasil sukses dengan jalan berwirausaha, bisa berkontribusi dengan CSR (Corporate Social Responsibility). CSR merupakan konsep bahwa perusahaan punya kontribusi terhadap daerah sekitar organisasi perusahaan yang bersifat tanggung jawab sosial.

Tentu bagi kamu yang menjadi wirausaha bisa berkontribusi melalui CSR dengan memberikan beasiswa kepada anak kurang mampu, membagikan sembako, mengadakan lomba dengan kamu ikut menyumbangkan dana dan lain-lain.

Bagi kamu yang baru memulai usaha ternak lele, baca yuk: untung rugi ternak lele

Kerugian atau Kekurangan Wirausaha

keuntungan dan kerugian wirausaha
Keuntungan dan kerugian wirausaha

Menyambung pembahasan mengenai keuntungan dan kerugian wirausaha, selanjutnya kita akan bahas mengenai kerugiannya. Apa saja? Yuk dibaca sampai habis.

7. Pendapatan Cenderung Tidak Tetap

Menjadi pengusaha identik dengan gaji besar dan kekayaan padahal tidak sedikit pula pengusaha yang jumlah pendapatannya tidak tetap. Bulan ini kamu mungkin mendapatkan pendapatan besar karena omzet sedang bagus tapi tidak mustahil satu atau dua bulan ke depan gaji lebih kecil dari sebelumnya.

Berbanding terbalik dengan karyawan yang menerima gaji dengan jumlah yang sama besarnya setiap bulannya. Imbas penurunan gaji pada karyawan persentasenya sangat kecil apalagi jika perusahaan sudah menerapkan gaji UMR/UMK.

8. Tanggung Jawab Lebih Berat

Kelemahan menjadi wirausaha berikutnya adalah mengemban tanggung jawab yang sangat besar terlebih jika perusahaan yang kamu miliki jumlahnya lebih dari satu. Ketika kamu bersikap lemah atau tumbang secara tidak langsung akan turut mempengaruhi kelangsungan perusahaan.

Saat memilih profesi ini, kamu harus menggembleng kemampuan kepemimpinanmu agar menjadi lebih baik dan matang dari sebelumnya. Kamu juga wajib berpikir dewasa tidak asal ambil keputusan begitu saja apalagi tanpa memandang pemegang saham atau direksi lainnya.

9. Tingginya Resiko Kegagalan Bisnis

Ketika kamu menjadi karyawan kantoran kamu dituntut untuk bekerja cepat dan bermental baja. Sementara itu, resiko profesi pengusaha adalah kegagalan bisnis yang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa kamu prediksi 100%. Belum lagi persaingan bisnis yang semakin sengit dan hadirnya bisnis serupa yang membuat bisnis milikmu tidak unik lagi.

10. Ancaman Penipuan atau Kejahatan Bisnis

Ada yang namanya keuntungan dan kerugian wirausaha ketika kamu menjadi pebisnis. Ada pula ancaman yang bisa menjadi kerugian bagi pebisnis.

Sebenarnya dimanapun kita berkarir, kejahatan akan selalu ada. Nah, salah satu kerugian menjadi wirausaha adalah rentan adanya kejahatan bisnis. Misalnya saja ketika kita ingin bekerja sama dengan seorang distributor, eh ternyata kita ditipu. Uang sudah ditransfer, ternyata barang belum juga sampai.

Atau bisa juga rentang dengan investasi bodong dan lain lagi kejahatan di dunia bisnis.

11. Penghianatan

Ternyata ancaman tidak hanya dari luar bisnis kamu saja, bisa jadi juga dari internal usaha. Pernah dengar perselisihan akibat sebuah brand? Jadi, ceritanya ada sebuah bisnis produk makanan ayam. Nah, pegawai mereka ini berhenti dari bisnis yang dia bangun.

Setelah berhenti dari usaha tersebut, si pegawai ini bangun usaha baru dengan resep dapur yang sama. Ketika ingin mendaftarkan “Nama Merek” terjadi perselisihan. Ya, bisnis sangat kental dengan hal demikian. Penghianatan bisa saja dari internal usaha kamu.

12. Harga Teman atau Harga Keluarga

Seorang dosen pernah berkata, “Business is business, family is family, friends is friends.”

Maksudnya adalah ketika kamu membuka bisnis, maka jadilah seprofesional mungkin. Pisahkanlah dengan kehidupan personal. Ketika ada teman atau keluarga yang beli, tetapkan harga yang sama dengan pembelimu yang lain.

Tetapi, kebanyakan dari pebisnis tidak bisa menahannya. Maka, timbullah harga teman dan harga keluarga yang menjadi kerugian atau kata lainnya menurunkan keuntungan yang akan kamu peroleh. Kalau gini terus bisa-bisa ya bangkrut.

Begitulah kira-kira 10+ keuntungan dan kerugian wirausaha ketika kamu mau memulai atau sedang menjalani suatu usaha.

Bagaimana Langkah-langkah Memulai Wirausaha?

keuntungan dan kerugian wirausaha
Cari Tahu Keuntungan dan Kerugian Wirausaha untuk Memulai Usaha

Setelah mengetahui macam-macam untung dan rugi wirausaha, apa yang akan kamu lakukan? Bila jawabannya terus seperti rencana maka ikutilah step by step memulai wirausaha di bawah ini:

1. Ketahui Passion dan Minat Bisnismu

Informasi tentang keuntungan dan kerugian wirausaha tidak membuatmu menyurutkan niat menjadi pengusaha. Apalagi jika kamu sudah yakin dengan passion bisnis yang hendak dijalankan. Entah itu produksi makanan, produksi kosmetik atau menawarkan jasa ekspedisi.

Kamu yang belum yakin hendak melakukan bisnis apa. Alangkah baiknya terus menggali passion dan minatmu.  Hingga kamu mendapatkan jawaban yang paling tepat dan memuaskan.

2. Bulatkan Tekad

Macam-macam keuntungan dan kerugian wirausaha bisa menjadi modalmu membulatkan tekad bukan justru menyurutkannya. Karena tanpa tekad yang kuat sulit bagimu untuk menjadi pengusaha yang baik, matang juga bertanggung jawab.

Pengusaha dengan tekad dan mental lemah hanya akan merugikan orang-orang yang bekerja sama dengannya. Mengapa? Selain tidak mampu mengembangkan diri, mereka juga lebih memilih berhenti ketika menemui kegagalan bisnis. Padahal berwirausaha membutuhkan kerja keras dan kesabaran untuk menjadi sukses.

3. Buat Produk Baru atau Tawarkan Jasa Unik

Besarnya keuntungan dan kerugian wirausaha akan kamu dapatkan setelah menjalani profesi ini. Supaya keuntungan yang kamu peroleh lebih banyak daripada kerugiannya, buatlah produk baru dan unik. Bila sebelumnya di sekitarmu ada pengusaha yang menjual batik maka buatlah barang lain yang jauh lebih inovatif.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu membangun jasa. Buat layanan jasa yang lebih profesional kalau bisa baru. Contoh jasa terbaik dan baru yang saat ini populer di Indonesia adalah layanan ojek online.

4. Perluas Jaringan Pertemanan dan Relasi Kerja

Semakin banyak mengumpulkan rekanan akan semakin baik. Mereka bisa menjadi investor yang menyuntikan banyak modal atau membantu memasarkan produk dan jasa yang kamu kembangkan. Relasi kerja yang jauh lebih berpengalaman juga bisa menjadi mentor bisnis yang akan membimbingmu menggali lebih banyak keuntungan dan kerugian wirausaha.

5. Berpikir Terbuka dan Optimis

Wirausaha tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat dunia. Bila saat ini kamu sudah merasa puas dengan bisnis yang kamu jalani maka hilangkan kepuasan tersebut. Seorang pengusaha yang baik tidak boleh puas setelah mencapai sesuatu. Bila kamu mudah puas, bisnis yang kamu kembangkan tidak akan berkembang tapi tetap diam di tempat.

Demikianlah informasi lengkap seputar keuntungan dan kerugian wirausaha berikut  langkah-langkah memulainya dari nol. Cermati semua poin yang telah kami bahas di atas supaya tidak ada kesalahan sepele yang kamu lakukan ketika mengikuti tipsnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar