Kelebihan WordPress yang Harus Anda Ketahui!

Bagi Anda yang sedang mencari content management system (CMS) terbaik, mungkin untuk pilihan paling tepat dengan menggunakan WordPress. WordPress adalah salah alat mencari rekomendasi content management system (CMS) yang belakang ini sedang populer. 

Data menyebutkan bahwa saat ini jumlah pengguna WordPress sudah mencapai dengan 34,5% dibandingkan platform lain. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai kelebihan WordPress yang harus Anda ketahui.

Kelebihan WordPress

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa pada saat menggunakan WordPress ada beberapa kelebihan bisa didapatkan oleh para penggunanya. Untuk ke 9 kelebihan wordpress adalah: 

1. Gratis

Bagi Anda yang menggunakan WordPress untuk mencari CMS tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Hanya saja, pada saat menggunakan WordPress membutuhkan layanan web hosting dan nama domain supaya tetap bisa menjalankan sebagaimana fungsinya. 

Pada sisi lain untuk manfaat wordpress adalah untuk melakukan modifikasi dari segi tampilan dan fungsi. Sehingga, banyak dari orang yang sedang mencari content management system (CMS) menggunakan WordPress.

Namun, biasanya penggunaan gratis ada embel-embel subdomain wordpress.com di belakangnya seperti anggi.wordpress.com atau bisniskue.wordpress.com yang kurang profesional jika digunakan untuk keperluan branding.

Ada baiknya Anda membeli domain dan hosting berbayar untuk fitur yang lebih banyak. Saat ini DomaiNesia lagi promo untuk wordpress hosting diskon 30% lho. Sikat segera, sebelum promo berakhir.

2. Mempunyai Banyak Variasi Plugin

Ketika menambahkan fitur pada WordPress, Anda membutuhkan plugin. Pada saat Anda menggunakan WordPress ada pilihan plugin gratis sampai dengan 50.000 dan semua pilihan plugin tersebut tidak berbayar atau gratis.

Di samping itu, masih ada banyak lagi pilihan plugin dari beberapa ketika atau developer secara gratis maupun berbayar. Dengan banyaknya variasi plugin bisa membuat pengguna CMS membangun WordPress sesuai dengan keinginan dengan mudah. Mau membuat website penghasil uang dari bisnis online? Beberapa plugin bisa membantumu.

3. Mempunyai Banyak Pilihan Tema

Salah satu manfaat dari WordPress adalah mempunyai banyak tema atau template yang bisa dipilih oleh para penggunanya. Untuk jumlah tema yang bisa dipilih oleh pengguna WordPress adalah 7000 pilihan dan semuanya gratis. 

Menariknya lagi, untuk semua tema yang ada di WordPress bisa digunakan tanpa dengan menggunakan coding. Maka dari itu, untuk Anda yang ingin mengubah font, warna tulisan, model layout hanya dengan memberikan beberapa klik saja. 

Akan tetapi, untuk Anda yang ingin menggunakan tema berbayar juga bisa dilakukan pada WordPress. Sehingga, dengan tema berbayar ini bisa memberikan hasil tampilan sesuai keinginan. 

4. Proses Instalasi dan Pembaharuan Bisa Dilakukan Secara Mudah

kelebihan wordpress 2
Kelebihan WordPress

Sampai dengan saat ini WordPress sudah dikenal sebagai alat yang mempunyai proses instalasi secara mudah. Bahkan, untuk proses instalasi WordPress hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. 

Selain itu, untuk  proses pembaharuan komponen WordPress juga terbilang gampang. Pada versi terbaru dari WordPress pencari CMS ini bisa diberikan pemberitahuan untuk segera melakukan pembaharuan. Untuk proses pembaharuan dan instalasi juga berlaku pada saat ingin mengganti tema atau plugin. 

5. Mempunyai Peran Secara Multifungsi

Pada saat menggunakan WordPress tidak hanya digunakan untuk mencari CMS saja. Akan tetapi, dengan memanfaatkan WordPress bisa membantu Anda dalam membuat blog pribadi, toko online dan masih banyak lainnya. 

Sedangkan, untuk hasil yang diberikan pada saat menggunakan WordPress sudah berada di kualitas terbaik. Bagi Anda yang ingin melakukan perubahan atau custome juga bisa dilakukan pada WordPress. 

6. Fleksibel

WordPress dapat digunakan untuk membangun sebuah website di dalam berbagai skala. Maksud dari beberapa skala tersebut adalah WordPress bisa digunakan untuk membuat blog secara sederhana sampai dengan toko online

Untuk tingkah fleksibilitas dari WordPress tidak hanya sampai disitu saja. CMS yang ada di WordPress mempunyai sifat mobile friendly. Artinya, semua pengguna dari WordPress bisa menyesuaikan tampilan website dengan berbagai ukuran layar. 

Paling menariknya lagi adalah pada saat menggunakan WordPress tidak membutuhkan keahlian teknis secara khusus. Untuk mengatur tampilan konten website, Anda hanya perlu membuka menu pada bagian kustomisasi tema. 

Pada sisi lain, ada juga beberapa plugin yang bisa dipilih oleh para penggunanya. Sehingga, dengan hal tersebut bisa menciptakan website WordPress dengan tampilan mobile friendly

7. Aman

Keamanan data diri adalah salah satu hal yang paling penting, ketika Anda mempunyai website. Apalagi, untuk Anda yang mempunyai urusan dengan transaksi harus memperhatikan mengenai tingkat keamanan. 

Pada saat menggunakan WordPress tidak perlu merasa khawatir atau cemas lagi, karena untuk tingkat keamanan yang diberikan sudah benar-benar terjaga secara baik. Ada dua alat yang mempunyai fungsi untuk mengamankan semua data pribadi yaitu WordFence dan Securi Security

Kedua alat tersebut selalu melakukan update mengenai isu-isu keamanan yang adal. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan keamanan WordPress dari sisi server web hosting. 

8. Mudah untuk Dipelajari

Salah satu kelebihan dari WordPress adalah proses penggunaan yang mudah. Bagi para pengguna baru yang ingin menggunakan WordPress diberikan tampilan tools mudah dipahami. Bagi Anda yang mempunyai kemauan untuk belajar yang tinggi, pasti lebih cepat untuk memahami cara penggunaan dari WordPress. 

9. Alat Mengoptimalkan SEO

Mungkin beberapa dari kalangan masyarakat sudah mengerti, bahwa website mudah ditemukan pada mesin pencarian harus memperhatikan Search Engine Optimization (SEO). Cara melakukan optimalisasi pada WordPress juga tidak rumit. 

Pada saat melakukan proses yang satu ini, Anda tidak perlu menambahkan plugin. Tanpa menggunakan plugin, Anda tetap bisa melakukan perubahan pada permalink pada halaman blog dan alt text pada gambar website. 

Jika nanti website Anda berkembang lebih pesat, maka penggunaan website gratis saja tidak cukup. Anda perlu melakukan upgrade ke web hosting atau bahkan VPS. Sekarang sudah banyak penyedia yang menjual hosting hingga VPS Indonesia murah.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai 9 kelebihan WordPress yang harus Anda pahami. Semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mencari sebuah CMS.

Bagikan:

Tinggalkan komentar