Cek! 7+ Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business

Teknologi sedang berkembang pesat kian memuncul berbagai inovasi untuk dijadikan sebuah solusi atas permasalahan yang membelit. Dengan gebrakan baru, Whatsapp menghadirkan Whatsapp Business untuk menunjang performa para pelaku UMKM. Lantas beberapa orang menanyakan apa kelebihan dan kekurangan Whatsapp Business ini dibandingkan Whatsapp biasa?

Sebelum beranjak ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Whatsapp Business, kamu harus mengetahui bahwa pada tahun 2018 Whatsapp rilis fitur Whatsapp Business yang bertujuan untuk memudahkan komunikasi kepada para pelanggan. 

Selain itu, Whatsapp Business hadir untuk mewujudkan cita-cita pelaku usaha kecil untuk memiliki personal branding yang bagus terhadap produknya. Sehingga, memberikan kemudahan untuk terus aktif berkomunikasi dengan para pelanggan. Dari sini kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan Whatsapp Business. 

Ingin tahu lebih banyak Whatsapp Business? Simak kelebihan dan kekurangan Whatsapp Business di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business

Selayaknya Instagram dan Facebook, saat ini Whatsapp juga memberikan gebrakan baru dengan hadirnya Whatsapp Business. Indonesia sendiri masuk dalam jajaran negara Asia pertama yang dapat menggunakan aplikasi Whatsapp Business ini loh sebelum aplikasi Whatsapp Business ini ditujukan khusus kepada pengusaha online.

Hadirnya Whatsapp Business jelas akan memberikan manfaat kepada pelaku usaha UMKM di Indonesia, karena harapannya pelaku UMKM bisa lebih komunikatif kepada pelanggan. Whatsapp Business ini akan memberikan beberapa fitur yang berbeda dengan Whatsapp biasa. Maka dari itu, tidak heran jika ada yang mempertanyakan tentang kelebihan dan kelemahan Whatsapp Business ini.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Whatsapp Business yang memiliki banyak kebermanfaatan yang diberikan untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis yang kamu jalankan.

Kelebihan Whatsapp Business

Membahas kelebihan dan kelemahan Whatsapp Business harus dilakukan secara terpisah. Dengan begitu kamu dapat melihat kelebihan Wa Business menjadi salah satu alat yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan usaha yang sedang kamu rintis, ataupun sudah berjalan. 

Karena Whatsapp Business memberikan manfaat yang banyak dengan hadirnya berbagai fitur yang dapat memudahkan kamu untuk meraih kesuksesan dalam bisnis.

1. Profil Bisnis

Sebagai solusi untuk para pegiat bisnis, tentunya Whatsapp bisnis memiliki fitur-fitur yang dapat menunjang usaha yang kamu miliki untuk lebih terkesan mewah dengan branding melalui profil bisnis ini.

Ciri-ciri wa bisnis dalam profil bisnis yaitu memuat informasi mengenai deskripsi toko, jam operasional, alamat toko yang bisa terintegrasi dengan google maps, katalog produk atau jasa yang ditawarkan, hingga akun penghubung lain seperti media social, website ataupun email. 

Jangan lupakan bahwa dalam profil bisnis Whatsapp Business ini juga akan memuat logo bisnis, ini berguna untuk menunjang keprofesionalan bisnis.

2. Fitur Pesan Otomatis

Tak kalah menariknya lagi, Whatsapp Business menyediakan tiga fitur pesan otomatis yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa usaha dalam berkomunikasi kepada pelanggan. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu login kea kun Whatsapp Business. Setelah itu kalian bisa langsung memilih 3 fitur pesan otomatis yang kamu inginkan, yaitu :

  • Away Message, fitur ini dapat kamu gunakan untuk membalas pesan dari pelanggan secara otomatis, sehingga jika kamu sedang membalas pesan pelanggan lainnya secara otomatis kamu juga bisa membalas pelanggan ini.
  • Greeting Message, fitur ini berguna untuk sapaan atau penyambutan pelanggan baru kamu melalui pesan otomatisnya. Sehingga, fitur ini dapat memudahkan kamu untuk membantu mempromosikan produk-produk baru mu.
  • Quick Replies, fitur ini berguna untuk memberikan balasan pesan kepada pelanggan dengan pertanyaan yang sama. Caranya, kamu bisa membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan pelanggan. Setelah berhasil, kamu tinggal mengetik simbol garis miring (/) muncul quick replies, sehingga dapat menghemat waktu yang kamu miliki untuk memikirkan hal lainnya.

3. Statistik Data Interaksi Pelanggan

Kelebihan Whatsapp Business yang satu ini akan membantu kamu dengan layanan analisis data ini untuk memantau statistik pesan yang disediakan oleh aplikasi ini. Dengan layanan atau fitur ini kamu dapat dengan detail menerima informasi terkait interaksi pelanggan seperti jumlah pesan yang diterima, dikirim, terkirim ataupun terbaca. 

Sehingga, memudahkan kamu untuk merancang strategi keberlanjut selanjutnya untuk meningkatkan usaha yang kamu miliki.

4. Kelompok Pesan

Sejauh ini pasti kamu sudah paham bukan menengai apa itu Whatsapp Business yang dapat terlihat dari kelebihannya, salah satunya kelompok pesan. Dimana Whatsapp Business menyediakan fitur yang dapat memudahkan kamu dalam mengelompokkan pesan. Pesan yang dapat dikelompokkan diantaranya pesan baru, prospek, terbayar, menunggu pembayaran, dan pesan sudah selesai.

5. Pemakaian Nomor Kantor atau Usaha

Fitur yang tak kalah menariknya yaitu kamu bisa mendaftarkan atau menggunakan nomor telepon kantor atau perusahaan untuk mendaftar, berbeda dengan akun Whatsapp biasa yang hanya bisa daftar dengan nomor ponsel saja. 

Menampilan tampilan nomor kantor atau perusahaan, tentunya akan lebih membuat usaha yang kamu jalankan terlihat professional dan juga kamu dapat membantu kamu untuk management yang baik karena tidak tercampur dengan nomor pribadi.

6. Keamanan Terjamin

Whatsapp Business akan membuat usaha yang kamu jalankan terlihat lebih terpercaya, dengan keamanan enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA) pada aplikasi Whatsapp Business yang akan menjamin percakapan kamu dengan pelanggan.

7. Verifikasi Akun

Kepercayaan dan profesional meningkat dikala akun Whatsapp kamu sudah verifikasi. Whatsapp akan melakukan verifikasi pada akun usahamu melalui nomor telepon yang sudah kamu daftarkan, dengan begitu kamu akan diberikan centang hijau pada akun Whatsapp yang sudah terverifikasi.

Itulah kelebihan Whatsapp Business, selanjutnya kamu akan membaca kekurangan dari Whatsapp Business untuk memberikan pengetahuan apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika menggunakan Whatsapp Business.

Kekurangan Whatsapp Business

Sudah cukup mengenal apa itu Whatsapp Business melalui pemaparan artikel kelebihan dan kekurangan Whatsapp Business inikah? Oh iya lupa, kekurangan Wa Business ini cukup sedikit namun tetap harus diperhatikan dengan seksama agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan usaha yang sedang kamu jalankan.

1. Nama Bisnis Tidak Dapat Diubah

Pada saat mendaftar, perhatikan dengan jelas untuk pemilihan nama usaha kamu karena Whatsapp Business ini tidak dapat diubah namanya setelah kamu mengunduh aplikasi Whatsapp Business di App store atau Play Store dan mendaftarkannya. Jadi, pastikan nama bisnis atau usaha kamu benar dan tepat.

2. Nomor Whatsapp Business Berbeda dengan Whatsapp Biasa

Buat kamu yang masih usaha dengan data yang acak-acakan atau tidak membedakan data pribadi dan data usaha, maka kamu belum bisa menggunakan Whatsapp Business. Karena penggunaan Whatsapp Business hanya dapat dilakukan dengan nomor yang berbeda dengan Whatsapp biasa. 

Jadi, kamu tetap bisa menggunakan kedua aplikasi Whatsapp dalam satu ponsel tapi dengan nomor yang berbeda.

Yap, benar. Memang kekurangannya terlihat tidaklah signifikan bahkan hanya sedikit dan dapat diantisipasi dengan cara yang lain. Namun, hal tersebut harus tetap diperhatikan agar sekecil apapun kekurangan tidak menghambat kemajuan usaha yang kamu miliki.

Jadi, itulah kelebihan dan kelemahan Whatsapp Business yang dapat kamu rasakan. Maka, saatnya kamu sudah beralih dan memanfaatkan secara maksimal atas penggunaan teknologi yang sedang berkembang pesat ini. Biaya Whatsapp Business pun juga tidak cukup mahal, karena kamu hanya perlu modal internet untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Jadi, tunggu apalagi? Kapan kamu akan memilih menggunakan WA bisnis?

Bagikan:

Tinggalkan komentar