5 Kegiatan Karang Taruna yang Menghasilkan Uang dengan Cepat!

Kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang bisa kamu lakukan dengan mudah. Saat ini karang taruna menjadi suatu organisasi yang banyak dilakukan. Organisasi tersebut merupakan organisasi kepemudaan yang menjadi wadah dalam mengembangkan dan membangun desa,

Tugas pokok dari karang taruna adalah bekerja sama dengan pemerintah dalam menghadapi berbagai masalah terkait kesejahteraan sosial. Biasanya masalah tersebut dihadapi oleh generasi muda dalam lingkungan.

Contoh Kegiatan Karang Taruna yang Menghasilkan Uang

Mendirikan organisasi tersebut berarti kamu harus siap mencari dana. Hal ini karena tidak selamanya masyarakat bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah keuangan. Belum lagi subsidi yang diberikan dirasa belum cukup. Oleh karena itu, salah satu cara mencari uang yang kreatif adalah dengan membuat kegiatan yang bisa mendapatkan uang.

Berikut contoh kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang yang bisa kamu ikuti.

1. Mendaur Ulang Sampah

Salah satu kegiatan karang taruna yang bermanfaat adalah mendaur ulang sampah. Namun, tahukah kamu jika kegiatan tersebut bisa menghasilkan uang? Saat ini sampah menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi masyarakat. Banyak sampah yang dibuang sembarangan dan menambah limbah.

Akan tetapi, jika kamu dan anggota lainnya bisa mendaur ulang atau mengelola sampah dengan baik, maka bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Contohnya mengubah sampah menjadi pupuk atau mengolah sampah plastik menjadi hiasan rumah.

Sampah botol plastik sendiri bisa menghasilkan keuntungan, lho. Untuk memulai, kamu bisa mengumpulkan botol plastik bekas lalu mencoba  menjualnya. Selain mengurangi masalah sampah, kamu pun bisa mendapatkan uang untuk kegiatan bermanfaat lainnya. Bagaimana untuk membuka home industry mudah bukan?

2. Membuka Home Industry

Industri kreatif karang taruna yang bisa membantu kamu mendapatkan uang lebih adalah membuka home industri. Kamu bisa melihat potensi dan peluang usaha dari produk rumahan. Sebagai contoh, jika di daerah kamu banyak yang penghasil buah-buahan, kamu bisa membuka usaha yang berkaitan dengannya.

Contohnya, jika daerahmu penghasil buah kelapa, kamu bisa menjual air kelapa beserta isinya dengan berbagai ukuran. Setiap ukuran bisa kamu beri harga yang sesuai. Ada lagi jika daerahmu banyak menghasilkan buah apel. Kamu bisa mengolahnya menjadi sari minuman, sirup, manisan, keripik, dan lainnya.

Semakin banyak buah-buahan yang dihasilkan di daerahmu, semakin banyak pula produk yang bisa kamu hasilkan darinya. Kamu bisa membuat produk olahan yang berbeda tapi berpotensi agar mudah dalam menghasilkan uang.

3. Membangu Tempat Wisata

Kegiatan Karang Taruna yang Menghasilkan Uang
Membangun Wisata adalah Kegiatan Karang Taruna yang Menghasilkan Uang

Setiap daerah pastinya mempunyai lahan kosong atau bangunan yang sudah tidak terpakai lagi. Nah, daripada dibiarkan begitu saja, kamu bisa mencoba membuat kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang. Contohnya, jika di desa kamu terdapat lahan kosong yang luas, kamu bisa menyulapnya menjadi tempat wisata.

Saat ini, tempat wisata menjadi salah satu potensi yang banyak diminati oleh masyarakat. Kamu beserta anggota lainnya bisa membuat destinasi wisata yang menarik dan berbeda dari yang lainnya. Selain tempat wisata, kamu juga bisa membuatnya seperti tempat nongkrong atau angkringan.

Tempat nongkrong bisa kamu desain agar terlihat menarik dengan tema outdoor bisa menjadi contoh usaha karang taruna. Atau kamu bisa membuka stand yang menjajakan kuliner khas daerah setiap beberapa bulan sekali. Pikirkan mana ide yang lebih berpotensi untuk menghasilkan uang dengan mudah di desamu.

4. Membuka Jasa

Ide-ide kreatif karang taruna untuk mendapatkan uang adalah membuka jasa. Seperti yang diketahui, masih banyak desa yang sulit dalam mengakses teknologi secara canggih seperti di kota. Bahkan, pusat perbelanjaan saja kadang terasa jauh.

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut. Misalnya dengan membuka alfa karang taruna yang berisi kebutuhan pokok masyarakat. Selain itu, kamu bisa membuka jasa untuk melakukan transfer atau membuka outlet listrik. Jika di daerahmu sudah banyak yang menggunakan BPJS, kamu bisa membuka outlet pembayaran.

Selain itu, kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang bisa kamu dapatkan dengan membuka toko pertanian. Hal ini tentunya berguna jika di daerahmu profesi utamanya banyak sebagai petani.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Contoh kegiatan karang taruna 2021 yang bisa menghasilkan uang adalah membuat kerajinan tangan. Sampai saat ini, kerajinan tangan menjadi potensi yang laku dalam dunia masyarakat. Namun, agar tidak ketinggalan zaman, kamu bisa membuat kerajinan tangan yang mengikuti perkembangan zaman.

Misalnya membuat kerajinan masker. Seperti yang diketahui, masker saat ini menjadi benda yang wajib dipakai dan banyak dicari. Kamu bisa membuatnya dengan modif yang keren dan terbuat dari 3 lapis.

Itulah beberapa kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang dengan mudah. Kamu bisa mencoba menerapkan dan memilih kegiatan yang potensinya lebih besar.

Baca juga: Cara Mendapatkan Dana untuk Karang Taruna

Bagikan:

Tinggalkan komentar