5+ Kata Kata Undangan Khitanan SMS, WA, FB, Word Lengkap

Kata kata undangan khitanan mungkin kamu butuhkan ketika ada anak laki-laki yang akan segera menjalankan proses tersebut. Proses khitan, merupakan momen di mana sebagian kulit dari alat kelamin laki-laki diambil atau dibuang. Di dalam Islam, hal ini memang wajib dilakukan bagi seluruh laki-laki. 

Biasanya, setelah dilaksanakan proses khitan, akan ada semacam acara selametan dengan mengundang tetangga atau warga terdekat untuk berkumpul. Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk mendoakan keselamatan dari anak laki-laki yang sedang dikhitan. 

Tentu saja, untuk mengundang mereka semua, kamu membutuhkan kata kata undangan khitanan yang cukup sopan namun tetap menjelaskan secara rinci apa keperluan dan maksud dari disebarnya undangan tersebut. 

Kalau di rumah, biasanya acara selametan ini dilakukan dengan mengundang warga setempat menggunakan kertas undangan yang dibuat dengan sederhana dan hanya mengungkapkan apa keperluannya saja. 

Pasalnya, di sini warga seringkali hanya membaca tempat, waktu, dan juga keperluan yang tertera di bagian depan undangan. Tulisan yang panjang-panjang, sangat tidak direkomendasikan agar pembaca tak bingung. Langsung saja singkat-singkat agar lebih mudah dimengerti dan lebih jelas. 

Bagi kamu yang sedang mencari kata kata undangan khitanan untuk warga dekat keluarga dan kerabat melalui Whatsapp, Facebook, dan lain sebagainya, berikut ini contoh lengkapnya. 

Kata Kata Undangan Khitanan Word

Contoh kata kata undangan khitanan anak yang bisa dituliskan pada word  bisa langsung dengan menyebutkan siapa yang akan diundang, keperluan, acara apa yang akan diselenggarakan, dan juga pemohonan kehadiran. Contohnya adalah sebagai berikut:

Mamat Sumarjan

Putra tunggal dari Bpk. Mamat dan Ibu Marjan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon kasih sayang-Nya, kami memohon kehadiran Bapak/Ibu pada acara khitan dan syukuran putra kami yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada:

Tanggal: 22-23 Juli 2022

Tempat: Kediaman Bapak Mamat

Maksud Undangan: Proses dan Syukuran Khitan

Kebahagiaan akan hadir dalam keluarga kecil kami, jikalau Bapak/Ibu/Saudara/I menyempatkan diri untuk hadir untuk memberikan sambungan doa agar kami dikaruniai anak yang bermanfaat dunia-akhirat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 

Hormat Kami

Bapak Mamat Sekeluarga

Buatlah sederhana seperti yang dituliskan di atas. Mengapa? Agar nantinya tidak membuat bingung orang yang menerima undangan tersebut. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kesopanan dan permohonan untuk datang secara halus agar tidak terkesan menyuruh.  

Kata Kata Undangan Khitanan Lewat SMS

Kalau tadi kamu sudah mengetahui bagaimana format undangan di word untuk keperluan khitanan, sekarang kamu juga harus tahu bagaimana contoh isi undangan khitanan sederhana yang nantinya bisa kamu kirimkan lewat SMS. 

Berhubung SMS tidak bisa sepanjang Word, maka bikin saja sederhana yakni dengan contoh kata kata undangan khitanan sebagai berikut:

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Dengan dikirimkannya SMS ini, kami Bapak Selo sekeluarga, ingin mengundang Saudara/i untuk datang pada acara khitanan dari putra bungsu kami, Soemarjono yang InsyaAllah akan diadakan pada

Hari: Senin, 22 Februari 2022

Tempat: Kediaman Bapak Selo

Pukul: 08.00 WIB – Selesai

Merupakan kebahagiaan bagi keluarga kami, jika saudara/I hadir dalam acara yang InsyaAllah dilimpahi rahmat dan kasih sayang-Nya ini. Terimakasih atas perhatiannya, kami sampaikan beribu-ribu terimakasih. 

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Hormat kami

Bapak Selo Sekeluarga”

Langsung saja tuliskan seperti uraian yang ada di atas. Dengan ini, si pembaca tidak akan bosan dan akan langsung mengerti maksud serta tujuan dari dikirimkannya SMS tersebut. Jangan lupa untuk memberikan spasi agar keterbacaannya bisa lebih baik. Jika tidak, biasanya orang akan malas membacanya. 

Kata Kata Undangan Khitanan Lewat FB

Jika kamu tidak ingin menggunakan SMS, kamu juga bisa menggunakan Facebook untuk mengirim undangan khitanan. Contoh undangan khitanan modern lewat Facebook yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Kepada saudara/i ku yang mungkin berteman dengan akun Facebook ini, kami sekeluarga akan mengadakan acara khitanan sekaligus selametan untuk putra kedua kami, yakni Ahmad Jaelani yang InsyaAllah akan kami laksanakan pada:

Hari: Jumat, 22 November 2022

Jam: 07.00 WIB – Selesai

Tempat: Kediaman Bapak Jaelani di Kampung Rambutan RT/RW 02

Jika berkenan, kami memohon kehadiran saudara-saudari sekalian untuk hadir dalam acara ini. Atas kesempatan yang saudara/i ku yang membaca pesan ini, kami Bapak Jaelani sekeluarga mengucapkan terimakasih yang amat mendalam. 

Salam Hormat

Bapak Jaelani Sekeluarga

Memang hampir sama sih sebenarnya. Tapi, mau bagaimana lagi? Soalnya ini kan kata kata undangan khitanan, kalau dibuat aneh-aneh jadi nggak cocok dan malah cenderung nggak bikin orang tertarik untuk datang. Apa iya mau pakai bahasa sehari-hari? Kesannya jadi nggak sopan kalau dipakai.

Kata Kata Undangan Khitanan Lewat WA

Kata Kata Undangan Khitanan
Kata Kata Undangan Khitanan

Teks undangan khitanan yang bisa kamu buat selanjutnya yakni khusus untuk lewat WA. Kalau lewat WA sih harusnya bisa simpel dan pendek-pendek saja. Soalnya, yang memiliki nomor WA biasanya sudah sangat dekat dan tidak perlu banyak basa-basi lagi. 

Kamu bisa mengirimkan pesan langsung dengan begini, “Assalamualaikum. Jika berkenan, apakah kamu bisa hadir di acara khitanan anak saya sekaligus dengan acara selametan besok, tanggal 22 Januari 2022 jam 08.00. Jika berkenan datang, kami akan sangat berterimakasih.” Bisa gitu saja cara mengirimnya. 

Tapi, jika kamu memang ingin teks panjang, boleh deh pakai kata kata undangan khitanan berikut ini:

Assalamualaikum Wr. WB. 

Sebelumnya mohon maaf lantaran kami tidak bisa mengirim undangan dalam bentuk fisik dikarenakan jarak yang cukup jauh antara kediaman kami dan kediaman saudara. Walaupun demikian, kami tetap mengharapkan kehadiran saudara pada acara khitan putra kami. 

InsyaAllah, acara akan diselenggarakan pada:

Hari: Minggu, 31 November 2021

Pukul: 12.00 WIB

Tempat: Kediaman Bapak Surahmat

Merupakan suatu kebahagiaan bagi kami sekeluarga jika saudara bisa datang ke acara yang akan diselenggarakan. Dengan itu, kami akan sangat berterimakasih sekaligus meminta maaf lantaran tidak bisa mengantarkan undangan fisik kepada saudara. Sekian. 

Wassalamualaikum, Wr. Wb. 

Hormat Kami Sekeluarga

Pakailah Kata kata undangan khitanan di grup WA seperti yang telah dituliskan di atas. Memang akan sangat efektif jika kamu langsung mengirimkannya di grup WA keluarga. Namun, tetap saja. Etika mengharuskanmu mengirimkan pesan tersebut ke kontak WA keluargamu satu per satu agar lebih sopan.

Broadcast melalui grup memang efektif, tapi terkesan sedikit meremehkan semua anggota grup yang ada di dalamnya. Kirimkan saja satu persatu, silakan sapa kembali keluarga kamu yang sebelumnya hanya bersaran di kontak WA namun tidak pernah kamu hubungi. 

Kata-kata Undangan Khitanan Lewat WA Tanpa Mengurangi Rasa Hormat

Selanjutnya, ada juga yang memang mencari contoh kata kata undangan khitanan yang didalamnya mengandung kata-kata, “tanpa mengurangi rasa hormat”. Nah, jika kamu juga termasuk orang tersebut, pakai saja kata-kata tersebut sebagai kalimat pembuka ataupun penutup. Bebas mau diletakkan di mana. 

Contoh kata-katanya yakni sebagai berikut:

Assalamualaikum

Bapak/Saudara di tempat, kami ingin menyampaikan bahwa Aldi Montero putra kelima kami, akan melaksanakan proses khitanan dan dilanjutkan dengan acara selametan sebagai upaya untuk mendapatkan ridho-Nya. Kami akan melaksanakan acara tersebut pada:

Hari: Rabu, 20 Agustus 2022 

Pukul: 13.00 WIB

Tempat: Kediaman Bapak Moh. Tardji RT/RW 03, Kelurahan Arak-arak, Bondowoso

Tanpa mengurangi rasa hormat, kami mengharapkan kehadiran Bapak/Saudara sekalian untuk hadir dalam acara yang semoga penuh dengan limpahan rahmat serta kasih sayang-Nya. 

Wassalamualaikum

Hormat Kami

Moh. Tardji Sekeluarga

Udah, pakai saja yang gitu. Simpel kan? Sebenarnya, dari sekian contoh yang diberikan, ini yang paling sopan. Sebab mengundangnya dengan tetap menghormati rasa hormat dan tidak ada pikiran atau anggapan bahwa keluarga yang mengundang merasa ‘tinggi’ dibandingkan orang yang diundang. 

Apakah kamu mau melakukan Aqiqah untuk anak? Coba baca juga artikel kata-kata undangan aqiqah dari Wong Cerdas.

Kata Kata Undangan Khitan Bahasa Jawa

Kalimat undangan khitanan yang paling sopan lagi, sebenarnya bisa pakai bahasa Jawa. Itupun kalau kamu dari Jawa. Kalau dari daerah lainnya, masih bisa kok pakai bahasa daerah. Hal tersebut biasanya lebih dihargai dibandingkan menggunakan Bahasa Indonesia. 

Contoh kalimat yang bisa kamu gunakan yakni sebagai berikut:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak/sadherek wonten papan, kita kajeng ngaturaken menawi Aldi Montero putra kaping gangsal kita, badhe nglampahakenproses khitanan kalih acara selametan dados upaya kangge keparingan ridho-ipun Pengeran. 

Kita ajeng nglampahakenacara kasebat ing : 

Dinten: rebo, 20 Agustus 2022 

Pukul: 13.00 WIB 

Ning kediaman Bapak Moh. Tardji RT/RW 03, Kelurahan Arak-arak, Bondowoso .

Tanpo ngirangi raos hormat, kita ngajeng-ajeng dugi bapak/sadherek sami kangge dugiebeting acara ingkang mugi-mugi kebak kalih limpahan rahmat saha welas asih-ipun.

Hormat kita 

Moh. Tardji Sakluwargi

Udah lengkap banget sepertinya. Jadi, itu saja yang bisa diberikan. Kalau masih kurang, silakan karang sendiri dengan tetap memperhatikan norma-norma kesopanan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar