Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar?

Salah satu momen paling menyebalkan yakni ketika kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar. Padahal, ketika di cek pulsa masih ada dan masih cukup untuk melakukan panggilan. Hal ini tentu saja membuat sebagian orang yang merasakannya muring-muring dan bingung.

Apalagi ketika ada momen-momen penting misalnya, ketika Whatsapp diblokir oleh gebetan. Nah, ketika diblokir, kan sudah jelas tidak bisa menghubungi lewat Whatsapp. Salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah dengan menelponnya dengan menggunakan pulsa atau menelpon dengan cara konvensional. 

Tapi, ketika akan melakukan panggilan, malah muncul masalah yakni kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar. Padahal, kan, sustainability hubungan antara kamu dan gebetan ada dalam momen krisis yang harus segera diselesaikan. Kalau begini, nanti gimana dong jadinya?

Apa iya hanya gara-gara kartu telkomsel tidak bisa digunakan kamu harus menyia-nyiakan perjuangan selama ini untuk mendapatkan gebetan idaman? Tentu saja tidak worth. Kalau masalah seperti selingkuh, bosen, dan lain sebagainya sih masih wajar. Lah ini, masalahnya ada pada faktor eksternal—dalam hal ini gara-gara Telkomsel. 

Bagi kamu yang mungkin sudah bingung mau gimana, ada baiknya jika kamu membaca artikel ini baik-baik karena di sini akan dijelaskan mulai dari sebab permasalahan kenapa kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar sekaligus bagaimana cara untuk mengatasinya. 

Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar?

Kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar dan cek pulsa bisa terjadi lantaran berbagai sebab. Dan hal ini tentu saja akan membuatnya jadi tidak bisa digunakan. Tapi, hanya segelintir orang saja yang mengetahui kenapa hal ini bisa terjadi, alhasil belum ada yang bisa memperbaikinya sendiri. 

Berikut ini beberapa penyebab dari masalah tersebut:

1. Jaringan Telkomsel Hilang

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah karena jaringan Telkomsel yang kamu miliki hilang. Bukan karena gimana-gimana, bisa saja di rumah atau di tempatmu ketika menelpon, posisinya memang jauh dari tower Telkomsel. Atau bisa juga karena ruangan kamu memang didesain agar tak ada sinyal yang masuk. 

2. Jaringan 4G Masih Gangguan

kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar
Kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar kenapa ya?

Tak bisa disangkal, penyebab lainnya bisa jadi karena jaringan 4G yang dimiliki Telkomsel itu masih gangguan. Cek saja apakah ada sinyal 4G atau tidak. Jika tidak ada, berarti kamu tidak bisa menelpon lantaran adanya masalah ini. 

Kalau 4G tidak bisa, biasanya juga ada permasalahan sinyal yang terjadi. Hal ini tentu saja akan menyebabkan gangguan ketika kamu menelpon dan melakukan kegiatan lain walaupun tidak menggunakan internet. 

3. Tidak Ada Pulsa

Ya, salah satu penyebab lainnya adalah kamu tidak punya pulsa. Mungkin kamu awalnya hanya merasa pulsa Telkomsel milikmu masih ada. Coba saja cek, toh, tidak ada salahnya untuk melakukan kegiatan tersebut. Jika tidak ada pulsa, mau ngapain aja memang nggak bisa. Mau kartu apapun juga tetap nggak bisa dipakai. 

Jadi, jangan lupa untuk mengecek persediaan pulsa yang kamu miliki. 

4. Tidak Melakukan Registrasi

Nah, ini mungkin jadi satu penyebab yang dilupakan. Kadang, lantaran sering ganti-ganti kartu agar mendapatkan paket internet dengan harga murah, kamu jadi lupa untuk registrasi. Ada loh kuota internet kartu Telkomsel yang bisa digunakan walaupun tanpa registrasi. Coba cek apakah kamu sudah registrasi atau belum. 

5. Nomor Terblokir

Ini juga bisa jadi salah satu alasan mengapa kamu tidak bisa menelpon, yakni nomor tujuan panggilanmu sedang terblokir. Bisa saja kamu yang memblokirnya atau nomor tujuan terblokir karena kebanyakan tagihan atau sedang berada dalam masa tenggang. Jika hal ini terjadi, tak heran ada masalah panggilan Telkomsel tidak bisa digunakan. 

Kenapa Muncul Panggilan Diakhiri Telkomsel?

Panggilan diakhiri artinya panggilan yang kamu lakukan diakhiri secara otomatis atau secara dipaksa entah oleh operator atau oleh orang yang kamu telepon. Tapi, biasanya sih ada alasan lain mengapa hal ini bisa terjadi. Berikut ini penyebab yang mungkin kamu alami:

  1. Panggilan diakhiri sendiri Telkomsel karena jaringan kamu terkunci di 4G LTE.
  2. VoLTE yang ada di perangkat kamu masih belum aktif.
  3. Nomor yang kamu tuju memang mengunci jaringan ke 4G. 
  4. Nomor yang kamu panggil memang tidak mengaktifkan VoLTE

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar
Kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar

Setelah kamu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya, sekarang baru kamu bisa mengetahui bagaimana cara perbaiki Telkomsel tidak bisa memanggil telepon. Dengan cara berikut ini, kamu bisa mulai melanjutkan aktivitas telepon kamu yang mungkin saja penting itu:

1. Melakukan Panggilan Ulang

Dari zaman masih HP kecil dan tahan banting, cara ini sudah ada. Cara yang paling banyak digunakan adalah dengan melakukan panggilan berulang-ulang sampai bisa sendiri. 

Cara ini dibilang efektif memang lantaran optimisme dan kebodoamatan penggunanya tentang masalah yang mungkin terjadi. Namun, banyak loh yang menggunakan cara ini dan berhasil terhubung dengan nomor tujuan ketika melakukan panggilan kesekian kalinya. Coba saja, siapa tahu berhasil. 

2. Pindah Posisi

Tadi sudah dijelasin kan penyebab kamu tidak bisa melakukan panggilan gara-gara sinyal? Nah, sekarang, kalau masalah tersebut yang terjadi, jalan satu-satunya adalah berpindah posisi ke tempat yang mungkin bisa menerima lebih banyak sinyal. Dengan cara ini kamu bisa melakukan panggilan lagi. 

Jika memang sangat niat melakukan panggilan dan tidak ada posisi manapun yang bisa memperkuat sinyal, silakan tiru di film orang-orang pelosok yang harus memanjat kelapa atau cari tempat yang sangat tinggi hanya untuk menemukan sinyal. 

3. Cek Pulsa

Ya, salah satu jalan yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara cek pulsa. Mungkin saja, kamu kehabisan pulsa. Coba saja cek. Jika memang pulsamu habis, langsung datang ke konter terdekat untuk mengisi ulang. 

4. Cek Masa Aktif

Kamu juga bisa melakukan pengecekan masa aktif dari kartu Telkomsel milikmu. Biasanya, gara-gara sekarang sangat jarang ditemukan orang yang menelpon pakai pulsa, mereka sampai lupa bahwa kartu yang digunakan sedang masuk dalam masa tenggang atau memang sudah hangus. 

5. Restart HP

Mungkin ini juga menjadi salah satu alasan mengapa kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar, yakni gara-gara HP kamu lemot dan pokoknya nggak bisa dipakai buat menelpon. Cara untu mengatasinya adalah dengan merestart perangkat tersebut.

Nah, itulah beberapa uraian mengapa kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar sekaligus dengan bagaimana cara untuk mengatasinya. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar