10+ Contoh Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Ingin ganti suasana kerja dengan jualan makanan yang laris di kampung? Meski tampak kurang modern dari perkotaan, potensi bisnis di kampung sangat tinggi lho. Jenis makanan yang bisa kamu jual juga sangat banyak mulai dari makanan berat sampai berjualan camilan.

Membuka usaha makanan di kampung tidak membutuhkan sumber daya yang besar. Bila memungkinkan kamu bahkan bisa berjualan di depan rumah yang jauh lebih hemat tempat dan fasilitas.

Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Ide jualan makanan bisa datang dari mana saja. Supaya usaha makanan di kampung membuahkan hasil cemerlang, yuk pilih salah satu ide usaha berikut ini:

  1. Bakso atau Mie Ayam

Hampir semua orang Indonesia mengenal dan menyukai kedua hidangan ini. Percaya atau tidak, faktanya kamu bisa menemukan penjual bakso atau mie ayam di setiap kota atau kampung.

Agar hemat biaya, kamu bisa berjualan bakso atau mie ayam di rumah. Media yang perlu dipersiapkan tidak banyak cukup meja dan kursi untuk tempat duduk pembeli saja. Kunci sukses jualan makanan yang laris di kampung ini terdapat pada konsistensi rasa dan harga.

Daripada mematok harga tinggi sejak awal silahkan kamu pasang harga terjangkau atau setara dengan harga pasar. Ketika pembeli yang menyukai bakso atau mie ayam kamu semakin bertambah silahkan naikkan harga sedikit demi sedikit.

  1. Pecel Lele

Mau tahu konsep jualan makanan apa yang laris manis di kampung? Tidak perlu pusing-pusing memikirkan ide usaha baru kamu cukup mengembangkan potensi jualan pecel lele.

Jualan pecel lele termasuk bisnis kuliner yang sangat menjanjikan dengan rentang keuntungan yang tinggi. Agar bisnismu ini bisa berkembang dengan seksama silahkan kamu bekerja sama dengan penjual lele di kampung. Pilih penjual lele yang menawarkan harga bagus dengan kualitas terbaik.

  1. Ayam Goreng Krispi

Ide usaha ini juga bisa menjadi ide jualan makanan yang laris di kampung. Nyatanya, ayam goreng krispi masih menjadi lauk utama yang disukai banyak orang termasuk anak-anak. Ayam goreng krispi juga termasuk sebagai jajanan populer untuk usaha yang laris manis di pasaran.

Berbeda dari KFC atau CFC, kamu bisa membuat ayam goreng krispi rumahan dan menjualnya dengan harga terjangkau. Selain menu ayam goreng krispi tidak ada ruginya jika kamu turut menjual kulit ayam krispi.

Jualan Cemilan yang Laris di Kampung

Jualan Makanan yang Laris di Kampung
Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Sudah sukses dengan bisnis pecel lele dan ingin ganti usaha menjual camilan? Berjualan camilan di kampung tidak bisa sembarangan mengingat selera orang kampung berbeda dengan orang kota. Pilih salah satu rekomendasi bisnis camilan di kampung berikut ini:

1. Jajanan Pasar

Makanan pertama apalagi jika bukan jajanan pasar. Kamu bisa berjualan berbagai jajanan pasar yang sekiranya populer di kampung kamu. Agar menghemat SDM alangkah baiknya jika kamu belajar membuat jajanan pasar sendiri.

Jual jajanan pasar dengan harga yang tepat kalau bisa jangan kamu sama ratakan dengan harga di kota. Daripada menjual satu jenis jajanan pasar, kami anjurkan kamu menjual lebih dari satu entah itu kue basah atau kue kering.

2. Gorengan

Berjualan gorengan bisa menjadi contoh jualan makanan yang paling laris di kampung. Supaya bisnis kamu dikenal oleh tetangga atau orang banyak tidak ada salahnya kamu jualan gorengan keliling. Selain menjual gorengan kamu juga bisa sekalian berjualan nasi uduk sebagai menu utamanya.

Ide jualan makanan yang laris di kampung ini bisa mendatangkan banyak keuntungan apalagi jika di sekitar tempat tinggalmu belum ada yang berjualan. Ada baiknya kamu jualan gorengan plus nasi uduk di pagi atau sore hari sebagai bekal sarapan atau makan malam para pembeli. Modal untuk usaha gorengan juga termasuk murah meriah, tentu saja jualan makanan hanya modal 20 ribu saja sudah bisa untung.

3. Donat Kampung

Sebelum hadir donat dengan topping meses atau donat isi cokelat, masyarakat kita lebih familiar dengan donat kampung. Donat kampung merupakan donat goreng yang dibalut dengan gula putih halus.

Cara pembuatan donat kampung sangat mudah kamu bisa menemukannya secara online baik di website atau YouTube. Agar donatmu laris manis diburu para pembeli pastikan adonan donatnya lembut di dalam tapi krispi di luar.

4. Keripik

Cemilan yang satu ini bisa menjadi ide jualan makanan yang laris di kampung. Ada banyak jenis keripik yang bisa kamu jual seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik talas, dan lain-lain deh. Keripik juga merupakan jajanan dengan harga 1000an yang bisa kamu coba untuk jadi usaha.

Ide Jualan Makanan Kekinian

Jualan Makanan yang Laris di Kampung
Jualan Makanan yang Laris di Kampung Kekinian

Masih belum menemukan ide usaha makanan yang cocok di kampung? Sebagai tambahan informasi yuk simak rekomendasi ide bisnis berikut ini:

1. Salad Buah

Makan buah sudah diajarkan sejak sangat lama karena makanan ini termasuk pada 4 sehat 5 sempurna. Setelah gagal dengan bisnis rujak yang pernah kamu geluti lantaran tidak banyak pembelinya, mengapa tidak beralih berjualan salad buah?

Membuat salad buah bukan pekerjaan yang sulit, modal yang kamu butuhkan juga tidak banyak. Kamu hanya perlu cermat memilih jenis-jenis sayuran yang disukai oleh orang di sekitarmu.

2. Sosis Bakar

Contoh ide jualan makanan yang laris di kampung berikutnya adalah sosis bakar. Sosis mungkin identik dengan orang kota karena hidangan ini termasuk makanan cepat saji tapi nyatanya banyak orang kampung yang menyukai makanan beku ini.

Kamu bisa berjualan sosis bakar di depan rumah dengan menawarkan berbagai variasi sosis mulai dari sosis ukuran kecil hingga jumbo. Agar rasa sosis bakarmu lebih nendang gunakan saus buatan sendiri.

3. Seblak

Masih belum yakin untuk berjualan sosis bakar atau salad buah? Kami rekomendasikan ide usaha selanjutnya yakni berjualan seblak. Seblak merupakan kuliner khas Bandung yang sangat merakyat dan sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Kamu bisa membuat seblak dalam dua varian yakni seblak kering dan seblak basah. Gunakan berbagai bahan makanan seperti sosis, kerupuk, ceker, bakso dan sebagainya.

4. Es Buah

Siapa yang tidak menyukai buah-buahan bercampur es yang dingin. Ya, semua orang menyukai itu. Kamu juga bisa coba menjual es buah di kampung dengan harga yang merakyat. Es buah juga termasuk bisnis makanan yang laris di pinggir jalan. Yakin ga mau coba?

Itulah beberapa contoh ide jualan makanan yang laris di kampung. Dari semua rekomendasi yang telah kami sebutkan silahkan kamu pilih satu yang menurutmu paling menguntungkan.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar