100+ Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari & Cepat Untung

Usaha apa yang mudah dan cepat laris? jawabannya pasti usaha kuliner. Usaha kuliner merupakan bisnis yang banyak dicoba oleh pengusaha. Alasannya bisa karena target pasar konsumen yang luas dan modal yang kecil.

Jika kamu baru memulai usaha makanan, pastikan kamu pertimbangkan dengan matang setiap resiko dari bisnis yang dijalani. Jadi, tidak hanya memikirkan bagaimana cara jualan makanan yang laku setiap hari.

Ketika berpikir untuk membuka bisnis makanan kadang kita merasa bingung, jenis kuliner apa yang mau dijual? Jualan apa yang cepat laku? Jualan makanan apa yg modal kecil untung besar? Dari begitu banyak pikiran yang ada di benakmu, mungkin beberapa jualan makanan yang laku setiap hari berikut bisa jadi inspirasimu.

10 Jualan Makanan Ringan yang Laku Setiap Hari

Makanan ringan atau biasa kita kenal dengan istilah “cemilan” ini sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa hindari. Di sela kegiatan atau hanya sekedar menunda rasa lapar pasti berpikir untuk memakan cemilan. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk jual makanan ringan, loh.

Makanan ringan merupakan salah satu ide jualan makanan yang laku setiap hari. Makanan ringan dari dulu hingga sekarang mendominasi usaha kuliner selain minuman. Makanan ringan kemungkinan juga akan terus eksis di masa depan, apalagi jenis jajanan semakin kreatif dan inovatif dengan seiring berjalannya waktu. 

Makanan ringan juga bisa dibuat sendiri. Sobat bisa buat dirumah dan menjualnya dimanapun. Lalu, jualan makanan apa yang cepat laris? Berikut list jualan makanan yang laku setiap hari 

  1. Telur Gulung

Popularitas telur gulung sebagai cemilan yang bergizi memang tidak diragukan lagi. Bahkan penjualnya sampai buka stand di mall saking banyak peminatnya. Untungnya pun banyak, hanya berbahan dasar telur dan penyedap rasa bisa dapat balik modal dengan cepat. Telur gulung ini termasuk jualan makanan yang laku setiap hari loh.

  1. Cilok

Cilok merupakan salah satu jualan makanan yang paling laku. Di setiap daerah pasti ada yang berjualan cilok. Rasa yang sederhana dengan bahan super murah bisa kamu praktekkan untuk berjualan, sobat.

  1. Kentang Goreng

Kentang goreng sering ditemui di berbagai kedai seperti pedagang kaki lima, cafe, restoran sebagai menu cemilan yang wajib ada. Jika kamu ingin menjadi salah satu penjualnya, kreasikan kentang goreng supaya berbeda dengan penjual lainnya. Kentang goreng juga termasuk jualan makanan yang laku setiap hari.  

  1. Takoyaki

Lalu, ada takoyaki yang merupakan kudapan asal jepang. Berbentuk bola kecil dengan isian potongan gurita dan dibalut berbagai saus yang menggugah selera. Tenang aja, varian isi takoyaki tidak harus gurita kok. Sobat bisa pakai bahan seperti sosis, baso, aneka sayuran atau seafood yang mudah ditemui.

  1. Sostel

Kreasi dari telur memang tidak ada habisnya. Salah satunya yang pernah hits di sosial media adalah sostel atau sosis telur. Cemilan berbahan sosis dan telur ini sangat disukai oleh anak muda, apalagi anak-anak. Resep sosis telur bisa dibuat homemade. Sehingga kamu bisa mencoba peruntungan dengan berjualan sostel.

  1. Batagor

Olahan berbahan dasar tepung ini pasti tidak asing, apalagi rasanya yang dilumuri bumbu kacang sudah tidak diragukan lagi. Sobat bisa jualan batagor dengan rasa khasnya sendiri, unik dan yang paling penting adalah kualitasnya. Batagor juga menjadi salah satu jualan makanan yang laku setiap hari.

  1. Siomay

Jualan makanan yang cepat laku selanjutnya adalah siomay. Kudapan ini biasanya jadi alternatif pengganti makanan berat karena mengenyangkan. Peminatnya juga banyak, coba deh kreasikan siomay semenarik mungkin. Misalnya siomay goreng dengan saus mayo, mungkin?

  1. Martabak Imut

Martabak manis sudah menjadi kudapan primadona banyak orang. Selain karena rasanya yang manis jadi incaran pecinta kuliner, martabak juga mengenyangkan. Jika ingin menjualnya, kamu bisa mulai dengan size mini dulu sobat. Kamu harus pelajari cara membuat martabak dengan benar dan membuat toping yang bervariasi.

  1. Tahu Gejrot

Makanan ringan dari cirebon ini memiliki rasa dengan bumbunya yang khas. Perpaduan rasa manis, gurih dan pedas menjadi satu di panganan ringan sederhana ini. Jenis tahu yang digunakan biasanya tahu kopong dengan ukuran kecil. Cara membuatnya pun mudah sekali, kamu bisa membuatnya dirumah untuk dijual dengan harga yang menguntungkan.

  1. Sosis Bakar

Selain sosis telur, sosis bakar juga menjadi pilihan seseorang untuk menyantap makanan ringan. Siapa sih yang tidak menyukai makanan yang dibakar? Tentunya, kamu harus menjual sosis bakar dengan varian rasa yang tidak membosankan.

Tips Jualan Jajanan yang Laku Setiap Hari

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari
Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Bisnis jajanan pada dasarnya sudah pasti laku. Ini karena jajanan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menambah energi selain makanan pokok. Sehingga peminat jajanan atau cemilan banyak digandrungi berbagai kalangan. Hanya saja, kelemahan bisnis kuliner ini memang tidak bisa terlepas dari kompetitor apalagi dengan jualan jajanan yang sama.

Jualan makanan yang laku setiap hari biasanya difokuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu, supaya jualan jajanan kamu laris kamu perlu strategi yang tepat dalam mengelola bisnismu. Apa aja sih? 

1. Tempat Jualan yang Strategis

Kamu bisa memilih membuka kedai usahamu di tempat yang haus ramai seperti mall, pameran, tempat wisata, sekolah atau kampus, di pinggir jalan yang banyak orang lewati, atau bahkan depan rumahmu jika memang ada peluang untuk laris. 

2. Target Pasar Konsumen Jelas

Meskipun pecinta kuliner tidak terbatas usia, kamu tetap harus memetakan target pasar konsumen dengan jelas. Jangan sampai kamu menjual mie pedas di tempat sekolah dasar (SD) atau menjual makanan manis di sekitar panti jompo.  

3. Harga dan Kualitas Rasa Sepadan

Masalah rasa biasa diperbincangkan food hunter setelah mencoba makanan yang disantapnya. Bahkan mereka memanfaatkan social media sebagai ajang review yang jelas sangat mempengaruhi usahamu. Tidak jarang mereka juga mereview dari sisi harga. Jika rasa sepadan dengan harga yang ditawarkan tidak menjadi masalah bagi konsumen. 

4. Service yang Memuaskan Bagi Konsumen

Memberikan pelayanan yang ramah dan murah senyum kepada konsumen menjadi nilai tambah untuk usaha kuliner yang sedang kamu jalani. Konsumen akan merasa terhormat dan memuji pelayanan yang kamu berikan. 

5. Memaksimalkan Sosial Media untuk Promosi

Kita ketahui bahwa pecinta kuliner biasanya melakukan riset makanan kekinian melalui social media. Jadi, tips agar makanan yang dijual cepat laku salah satunya dengan memanfaatkan social media yang juga merupakan media untuk promosi.  

Jualan Makanan Apa yang Cepat Laku?

Biasanya sih jualan makanan yang laku setiap hari itu makanan yang saat ini lagi trend. Ya, bisa saja. Makanan yang lagi trend memang cepat laku karena peminatnya penasaran dengan rasa dan sensasinya. Tapi, makanan yang lagi trend biasanya tidak bertahan lama. Alasannya, karena rasa penasaran yang sudah terealisasikan jadinya sudah tidak tertarik lagi untuk membeli deh.

Selain menjual makanan yang menyesuaikan tren kuliner, kamu juga harus pertimbangkan bagaimana agar makanan yang dijual itu laku setiap hari bukan laku disaat musiman saja. Seperti mempraktekkan tips jualan makanan yang laku setiap hari di atas ya.

jualan makanan yang laku setiap hari biasanya dilirik konsumen karena beberapa alasan. Bisa karena soal kualitas rasa, harga, pelayanan, tempat yang menarik atau karena viral di social media. Jadi, kamu sebagai pengusaha kuliner harus bisa mempertahankan semua kualitas tadi supaya tetap ramai dikunjungi konsumen setiap harinya.

Makanan yang kamu jual juga harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen seperti nasi goreng, nasi padang, dan sejenisnya yang menyerupai nasi atau makanan pendamping nasi seperti lauk pauk, sate, soto, dan lainnya. Dijamin cepat laku.

Jualan Makanan yang Lagi Laris dan Kekinian

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari
Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari dan Kekinian

Usaha makanan paling laris saat ini banyak sekali. Contohnya ada makanan asal korea yang dari penampilannya saja bikin ngiler. Pecinta drama korea pasti tidak asing dengan street food korea seperti kimbab, kimchi, jajangmyeon, tteokbokki, japchae, majutsu dan makanan lainnya yang terbiasa ada di adegan drama. Makanan korea masuk dalam daftar jualan makanan yang laku setiap hari. 

Tidak perlu ke negeri ginseng untuk mencoba menikmati jajanannya. Sekarang kuliner korea bisa dibeli dimanapun bahkan di pinggir jalan pun ada. Pecinta kuliner korea di Indonesia menjadi peluang bagi pengusaha kuliner untuk ide menu di bisnis mereka karena peluangnya yang memang sangat menguntungkan. Termasuk kamu, usaha kuliner mu juga bisa cari untung lewat bisnis makanan korea.

Selain makanan korea yang lagi laris, makanan rumahan juga bisa jadi ide jualan makanan yang laku setiap hari. Jualan apa dirumah yang laris? Ada banyak kreasi makanan yang bisa dibuat dirumah. Kalo list jajanan ala rumahan yang laris ada :

  1. Frozen Food

Makanan beku termasuk dari jualan makanan online yang laku setiap hari karena masa kadaluarsanya yang tahan lama. Kamu bisa membuatnya di rumah dan menjualnya secara online.  

  1. Kue Basah

Contohnya ada pukis, bolu susu, bolu kukus, brownies, cake roll, puding cake.

  1. Cemilan Anak-anak

Makanan yang dikonsumsi untuk anak-anak harus selektif dan tentunya bergizi. Cemilan seperti pisang balut coklat, omelette sayur, puding buah bisa kamu jual dengan target konsumen anak-anak. 

  1. Olahan Roti Tawar

Roti tawar yang harganya murah bisa kamu buat dengan beragam olahan kekinian. Adapun macam resep dari roti tawar yang bisa kamu jual seperti sandwich goreng, setup roti, roti isi ice cream, roti gulung, atau puding roti susu.   

  1. Snack Kering

Next ada panganan kering sebagai jualan makanan yang laku setiap hari. snack kering sangat cocok dinikmati dikala waktu santai. Tidak heran jika peminatnya pun banyak. Cara membuatnya yang mudah dan simple bisa kamu coba dirumah. Seperti telur gabus keju, makaroni goreng, pangsit dan sejenisnya.   

  1. Pecel Sayuran
  2. Olahan Salad
  3. Bebakaran
  4. Rujak Buah
  5. Kroket 

Aroma dari bebakaran yang menggiurkan membuat seseorang terpanggil untuk mencobanya. Makanan serba bakar seperti seafood bakar, bakso bakar, sosis bakar ini bisa kamu jual didepan rumah.

11. Kue Tradisional 

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari Tradisional
Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari Tradisional

Siapa tak kenal dengan jajanan tradisional? Nyatanya, makanan yang satu ini selalu laris dijual di masyarakat lho sob.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari di Kampus

Sebenernya ide jualan makanan di kampus tidak jauh beda dengan menu makanan pedagang di pinggir jalan ataupun restoran. Aneka gorengan tetap menjadi menu jualan makanan yang laku setiap hari di kampus. Lainnya ada risol isi mayo, risol sayuran, risol ayam, bakso mercon tusuk, lemper, keripik, siomay, sosis goreng dan salad buah juga bisa kamu jual di kampus.

Di sela kegiatan aktivitas kuliah, terkadang mahasiswa juga butuh makanan berat apalagi yang belum sempat sarapan. Sehingga di kampus juga perlu untuk menjual makanan yang bisa membuat rasa kenyang yang tahan lama seperti nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, bubur, dan soto. Jadi tidak heran jika di kampus sebagai tempat jualan makanan yang laku setiap hari

Tapi makanan yang ditawarkan di kantin menunya itu-itu aja sehingga terkadang membuat mahasiswa merasa bosan. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan mengkreasikan jajanan yang kekinian dan berjualan di area kampus. 

Apalagi mahasiswa identik dengan penikmat kulinernya karena terbiasa nongkrong di cafe untuk mengerjakan tugas atau sekedar melepas penat dengan hunter food dimana-mana. Apakah kamu mahasiswa yang ingin menambah penghasilan? Tidak salah jika berpikir demikian.

Banyak mahasiswa yang ingin menambah cuan dengan bekerja part time. Jika ingin bekerja fleksibel yang tidak mengganggu aktivitas kuliahmu, coba saja untuk berjualan makanan di kampus selain freelance. Bisa kamu jual dengan titip di kantin, berjualan keliling di kampus, atau jika ada kantin kejujuran taroh saja di sana.

Kamu juga bisa berjualan makanan dengan online. Pagi kuliah, sorenya bisa mempersiapkan diri untuk membuka orderan. Biasanya mahasiswa berjualan kuliner dengan sistem pre order dan delivery tetapi tetap sesuaikan sama kondisimu saja sahabat. Kamu bisa mulai dengan modal awal yang paling murah dan pastikan kamu mengatur keuangan bisnis sebaik mungkin supaya tidak rugi nantinya.

Tetapi, jualan apa di kampus yang laris? Jangan khawatir, Kamu bisa intip daftar jualan makanan yang laku setiap hari di kampus berikut.

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari
Jualan Makanan yang Laku di Kampus Setiap Hari
  1. Pancake
  2. Pie Susu
  3. Bakso Bakar Tusuk
  4. Sandwich Kukus
  5. Bakpao Isi
  6. Cireng Isi
  7. Keripik Setan
  8. Keripik Seblak
  9. Dessert Mini
  10. Burger Mini
  11. Nasi Sambal Mentah
  12. Basreng
  13. Rice Box

Jualan Makanan Online Terlaris 2021

Masih belum puas dengan ide-ide jualan makanan di atas? Kami masih punya lagi nih di bawah ini.

  1. Kue Cubit
  2. Bakso Seafood
  3. Mie Pedas 
  4. Dimsum Varian Isi
  5. Bread Toast
  6. Rice Bowl
  7. Tteokbokki
  8. Korean Garlic Bread
  9. Tomyam
  10. Pentol
  11. Ketan Susu
  12. Sambal Mentah
  13. Baked Milk (Susu Panggang)
  14. Churros
  15. Jamur Crispy
  16. Banana Crispy
  17. Dorayaki
  18. Ayam Gepuk
  19. Kwetiau 
  20. Croffle
  21. Salted Egg
  22. Dalgona Coffee
  23. Ayam Bakar Madu

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari Online

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari
Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari Bisa Online

Saat ini menjual makanan secara online sedang marak dilakukan, yuk intip daftar makanannya di bawah:

  1. Dessert Box
  2. Ayam Geprek
  3. Bakso
  4. Mie Ayam
  5. Seblak
  6. Corn Dog Mozarella
  7. Salad Buah
  8. Aneka Sambal Kalengan
  9. Berbagai Jenis Keripik 
  10.  Gorengan
  11.  Makaroni Pedas
  12.  Baso Aci
  13.  Crepes
  14.  Banana Nugget
  15.  Jasuke
  16.  Bakaran Seafood
  17.  Sempol
  18.  Piscok
  19.  Sate
  20.  Oseng Mercon
  21.  Roti Bakar
  22.  Donat
  23.  Cilor
  24.  Papeda
  25.  Cilung 
  26.  Nasi Goreng
  27.  Paket Chicken 
  28.  Olahan Tahu
  29.  Olahan Kangkung 
  30.  Sambal Kalengan
  31.  Kebab
  32.  Jagung Bakar
  33.  Pempek
  34.  Bubur
  35.  Ketoprak
  36.  Gado-gado
  37.  Cuanki
  38.  Martabak Manis
  39.  Martabak Telor
  40.  Cimol
  41.  Soto
  42.  Spaghetti
  43.  Miso
  44.  Semur Daging

Nah itu dia daftar ide jualan makanan yang laris setiap hari dari Wong Cerdas. Kamu hanya perlu menyesuaikan budget yang kamu punya untuk memulai berjualan. Asal dijalani dengan konsisten dan sabar pasti akan dapat keuntungan karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Hilangkan rasa takut gagal dalam berbisnis dan fokuslah untuk mencari strategi promosi yang tepat. Semoga berhasil 

Bagikan:

Tinggalkan komentar