30+ Ide Jualan di Pasar Pagi & Tradisional yang Laris Manis

Siapa nih yang lagi coba cari peruntungan dengan jualan di pasar pagi? Meski katanya ini pasar tradisional tapi eksistensinya sampai hari ini tetap bersaing, lho. Bahkan banyak orang yang memanfaatkan lokasi ini sebagai lahan penyambung hidupnya. Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan disini, seperti berdagang, jasa kuli angkut, jasa ojek atau jasa belanja. 

Nah, biar nggak terlalu capek kamu bisa coba jualan di pasar pagi. Kalau bingung mau jualan apa yuk simak ulasan berikut. Ada banyak ide jualan yang bisa kamu pilih sesuai budget dan hobi kamu. Ulasan ini bakal bantu kamu mempertimbangakan jualan apa yang cepat laku di pasar atau jualan apa yang bagus di pasar.

Jualan di Pasar Pagi

Ada banyak ide jualan di pasar pagi yang bisa kamu pilih. Kamu cukup pilih salah satunya aja biar nggak terlalu pusing mikirin pengembangannya, berikut ulasannya.

1. Jual Boneka di Pasar Pagi

Jualan boneka di pasar pagi mungkin terdengar asing bagi yang belum pernah ke pasar tradisional. Biasanya, saat mendengar kata pasar tradisional seseorang cenderung berpikir kalau itu tempat jualan sayur. Padahal nggak gitu. Pasar pagi atau pasar tradisional bisa jual apa aja selagi lapaknya memungkinkan.

Kamu bisa jualan boneka di pasar pagi karena boneka termasuk barang jualan yang cocok di pasar pagi. Tapi, kamu nggak bisa mengambil keuntungan tinggi di lapak ini karena pasar pagi terkenal dengan produknya yang dijual dengan harga merakyat. 

Nah, karena jualan boneka membutuhkan tempat yang bersih kamu harus memastikan lapak jualan di pasar pagi milik kamu punya lantai dan atap yang bersih. Selain menjaga kebersihan barang, tempat yang bersih juga lebih menarik pembeli.

2. Jual Helm di Pasar Pagi

Jualan helm di pasar pagi termasuk ide yang anti mainstream. Kalau di tempatmu belum ada yang jualan helm di pasar pagi, kamu bisa nih mengawali. Jualan helm nggak membutuhkan lapak yang terlalu besar. Kamu bisa membuat rak yang disusun secara vertikal untuk tempat helm. Asalkan ada atap yang melindungi produk dagangan kamu dari panas dan hujan, kamu bisa jualan di pasar pagi.

3. Jual Emas di Pasar Pagi

Buat kamu yang tertarik jual emas di pasar pagi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, lokasi pasar karena nggak semua pasar pagi difasilitasi tempat yang memadai untuk jualan emas. Kedua, pengunjung pasar atau target penjualan kamu. Kalau kedua hal ini sudah memungkinkan, kamu bisa jual emas di pasar pagi.

Jualan di pasar pagi sebenarnya nggak rumit tapi selaku pedagang kamu tetap harus mempertimbangkan posisi strategis dan target pasar. Kamu nggak bisa menjual sesuatu yang nggak dibutuhkan seseorang.

4. Jual Gamis di Pasar Pagi

Gamis termasuk barang dagangan yang cukup laris. Nggak seperti makanan yang selalu dicari setiap hari, tapi gamis termasuk produk sandang yang cukup menarik perhatian. Kamu bisa pilih gamis yang murah dengan kualitas seadanya atau gamis yang sedikit berkualitas dengan harga yang agak mahal. 

Setelah memutuskan produk mana yang mau kamu pilih, kamu harus konsisten menjual produk serupa untuk kedepannya. Karena itu akan menjadi citra lapak mu di pasar. Kunci dari jualan di pasar pagi adalah dikenal oleh pembeli. Kalau produk kamu berubah-ubah, pembeli nggak akan bisa ngenalin atau menandai lapak mu.

5. Jual Baju Bola di Pasar Pagi

Baju bola atau jersey biasanya disukai oleh cowok dan dijadikan barang koleksi mereka. Kalau kamu kebetulan tertarik menggali informasi seputar jersey, kamu bisa pilih produk ini untuk dijual. Jadi jualan di pasar pagi nggak melulu harus sesuatu yang asing buat kamu. Kamu tetap bisa jual produk yang kamu suka, produk yang jadi hobi kamu atau sesuatu yang menarik perhatian kamu.

6. Jual Sepatu di Pasar Pagi

Ada banyak model sepatu yang bisa kamu jadikan barang jualan di pasar pagi. Mulai dari sepatu sekolah, sepatu cats, pantofel, sepatu slip on hingga sepatu boots. Sepatu juga termasuk produk jualan yang cocok di pasar pagi. Jadi kamu nggak perlu ragu buat jual sepatu di pasar pagi.

7. Jual Botol Plastik di Pasar Pagi

Botol plastik yang dimaksud nggak sekedar botol minum saja tapi juga produk plastik lainnya. Bisa plastik kresek, plastik bening hingga berbagai cup yang terbuat dari plastik. Toko seperti ini biasanya dikunjungi oleh pedagang, jadi kamu bisa menjual plastiknya secara lusinan atau pack. 

8. Jual Jas Hujan di Pasar Pagi

Jualan apa yang bagus di pasar pagi saat musim hujan tiba? Jas hujan jawabannya. Kalau kebetulan ide jualan kamu baru muncul saat musim hujan tiba, kamu bisa jual jas hujan. Pasti ada orang yang membutuhkannya. Kamu  juga nggak butuh lapak buat jualan jas hujan. 

Kalau kamu punya energi yang cukup buat keliling pasar, kamu bisa nih keliling pasar sambil jual jas hujan. Jualan di pasar pagi memungkinkan jas hujan kamu dibeli pengunjung yang lupa bawa mantel atau pekerja pasar yang tetap harus rolling meski hujan mengguyur.

Jualan Sayuran di Pasar Pagi

Jualan di Pasar Pagi
Ide Jualan di Pasar Pagi

Nah, selain 8 ide jualan di atas kamu juga bisa jualan sayur, lho. Kalau ditanya produk jualan apa yang cepat laku dan menguntungkan di pasar pagi, jawabannya sayur. Karena pasti selalu ada orang yang belanja sayur saat datang ke pasar pagi. Kamu bisa jualan di pasar pagi sambil menjualnya secara online.

Ide jualan sayur ini bisa kamu pakai untuk jualan di pasar pagi atau jualan keliling. Btw, sayur termasuk produk jualan keliling terlaris lho. Kalau kamu nggak gengsi, ide ini bisa dicoba buat nambah uang jajan. Sayur apa aja yang bisa dijual? Berikut daftarnya.

  1. Kangkung
  2. Bayam
  3. Brokoli
  4. Sawi
  5. Daun Katuk
  6. Jantung Pisang
  7. Genjer
  8. Pare
  9. Tauge
  10.  Daun selada
  11.  Kembang kol
  12.  Daun Singkong
  13.  Pakis
  14.  Buncis
  15.  Kecombrang
  16.  Kembang Kates
  17.  Kecipir
  18.  Labu kuning
  19.  Pakcoy
  20.  Labu siam
  21.  Terong

Jualan yang Laku Setiap Hari

Jualan apa yang cepat laku di pasar dan bisa laku setiap hari? Kalau kamu pintar memasak, kamu bisa jadikan makananmu sumber penghasilan. Agak melelahkan memang, tapi makanan adalah produk yang selalu dibeli orang setiap hari. Pelanggan mu mungkin nggak beli sayur setiap hari, tapi mereka pasti selalu beli makanan. Entah itu cemilan, makanan berat atau makanan musiman.

Kalau jual makanan sendiri terlalu ribet, kamu bisa jadi lapak yang menjual makanan milik orang lain. Sistemnya bagi hasil, jadi kamu bisa ambil beberapa persen dari penjualan makanan itu. Kalau makanannya enak dan kamu sudah punya pelanggan, jualan ini bakal laku setiap hari. Jadi kamu bisa jualan di pasar pagi tanpa modal besar.

Usaha yang Cocok di Kios pasar

Ide jualan di pasar pagi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah jual jasa sol sepatu, jahit baju atau membersihkan emas. Jasa ini bisa kamu buka di kios pasar atau di emperan pasar. Meski terhitung cukup sederhana, jasa ini lumayan banyak yang membutuhkan, lho. Selama kamu memiliki skill yang mumpuni, jasa-jasa ini bisa kamu tawarkan dan bisa mencari pelanggan dari sini.

Jualan di Pasar Tradisional

Jadi, jualan apa yang bagus di pasar pagi atau pasar tradisional? Semuanya bagus tergantung hobi dan minat kamu di produk yang kamu jual. Kalau bisa jual lah sesuatu yang kamu suka atau sesuatu yang sesuai minatmu, karena aktivitas ini akan kamu lakukan setiap hari. Jadi kamu nggak boleh gampang bosan menekuni produk yang kamu jual.

Terus, jualan apa yang cepat laku di pasar? Kalau kamu sudah punya pelanggan produk apapun yang kamu jual di pasar pagi bakal cepat laku. Kuncinya adalah buat pelanggan terlebih dahulu dan pastikan pelanggan mu nggak kecewa sama kualitas produk dan pelayanan mu.

***

Gimana, ada ide jualan di pasar pagi yang menarik minat kamu? Sebenarnya kamu bisa jual apa aja di pasar pagi, selama kamu punya pertimbangan soal lokasi dan target pasar.

Kamu juga nggak harus pakai modal besar, kalau memang modalnya belum ada kamu bisa jual keliling. Asalkan produk dagangan kamu aman buat diri kamu dan orang-orang di sekitarmu kamu bisa jualan di pasar pagi. Semangat ya!

Penulis: Windi
Editor: Reskia

Bagikan:

Tinggalkan komentar