20+ Jenis Pekerjaan di Perkotaan (Barang, Jasa, Distribusi)

Bekerja selalu menyenangkan jika kamu menyukai dan melakukannya dengan sepenuh hati terlepas itu pekerjaan kantoran atau lapangan.  Semangat bekerja semakin membesar tatkala kamu mendapatkan teman kerja yang baik, lingkungan menarik dan fasilitas lengkap. Tapi apa benar, semua fasilitas nyaman hanya cocok untuk jenis pekerjaan di perkotaan ?

Jawabannya tergantung di mana kamu bekerja dan pada siapa kamu bekerja. Kamu yang benar-benar sudah yakin ingin bekerja di perkotaan dan tengah mempersiapkan aplikasi lamaran kerja, mari simak rekomendasi pekerjaan menarik berikut.

Jenis Pekerjaan di Perkotaan

Perkotaan identik dengan infrastruktur memadai, transportasi yang padat bahkan terkesan macet dan teknologi lebih maju. Beberapa kelebihan itulah yang membuat banyak orang tertarik bekerja di kota. Lalu, apa saja jenis pekerjaan yang bisa kamu temui di perkotaan?

1. Karyawan Kantoran

Kota bukan hanya identik dengan hingar bingar kehidupan malam khas metropolitan tapi juga pembangunan dan gedung pencakar langit. Setiap gedung pencakar langit bisa hidup dan berjalan karena bantuan tenaga kerja di dalamnya.

Ketika mencari lamaran kerja ke perkotaan kamu bisa melamar ke sejumlah gedung perkantoran besar yang setiap tahunnya membutuhkan banyak pegawai. Pilih perkantoran yang menawarkan fasilitas lengkap dan lowongan yang sesuai dengan jurusanmu.

2. ASN

Tidak perlu bingung mencari informasi jenis pekerjaan di perkotaan karena sudah pasti pemerintah selalu menyediakan lapangan pekerjaan sebagai ASN. Kuncinya kamu cukup perhatikan pembukaan lowongan CPNS atau  kantor BUMN yang tersedia setiap bulannya.

CPNS umumnya diselenggarakan setiap tahun atau tergantung kebutuhan pemerintah. Ketika lowongan tersedia silahkan persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk mengikuti tiap prosedurnya.

3. Wiraswasta

Coba sebutkan jenis pekerjaan yang kamu jumpai di perkotaan? Selain kedua jawaban di atas kamu juga akan menemui banyak pengusaha hebat di perkotaan. Jenis usaha yang bisa kamu kembangkan pun sangat banyak mulai dari bisnis tekstil hingga kuliner.

Agar menjadi pengusaha yang sukses kamu perlu memperlebar sayap pertemanan dan membangun relasi. Kamu juga butuh banyak modal untuk sewa kantor operasional, hired tenaga kerja dan sebagainya.

4. Pekerja Seni (Artis)

Saat mengaca di depan cermin apa kamu merasa PD? Kamu yang merasa menarik dan memiliki bakat terutama pada bidang seni bisa lho melamar sebagai pekerja seni.  Jenis pekerjaannya pun sangat beragam seperti pemain film, sinetron, penyanyi hingga produser yang bekerja di balik layar.

5. Agency

Jenis pekerjaan di perkotaan yang selanjutnya adalah agency. Mereka ini adalah suatu perusahaan atau perseorangan yang mengumpulkan para influencer, selebgram, buzzer, blogger, dan lain-lain yang akan dikelola ketika ada perusahaan lainnya yang ingin mempromosikan produk atau sejenisnya.

Jenis Pekerjaan di Perkotaan yang Menghasilkan Barang

Jenis Pekerjaan di Perkotaan
Jenis Pekerjaan di Perkotaan Bidang Barang atau Produk

Belum menemukan passion atau jenis pekerjaan menarik di perkotaan? Bagi kamu yang hobi menciptakan suatu barang dan ingin berkecimpung pada bidang ini ketika memasuki usia produktif nanti, yuk pilih salah satu profesi berikut.

1. Karyawan Pabrik

Perusahaan bisa bertahan lama berkat bantuan dua pihak yakni pekerja kantoran dan karyawan lapangan.  Meski dengan berbekal ijazah SMA kamu masih bisa bekerja di perkotaan. Ada pun jenis pekerjaan yang paling menjanjikan adalah karyawan pabrik.

Meskipun terdengar sepele gaji karyawan pabrik sudah termasuk UMR/UMK lho! Belum lagi upah lembur harian dan berbagai bonus menarik lainnya. Kamu cukup pilih pabrik apa yang sesuai dengan kualifikasi kamu. Contohnya kamu lulusan SMA Pertanian maka melamarlah ke pabrik susu, pabrik makanan dan sebagainya.

2. Pelukis

Ada banyak sekali jenis pekerjaan di perkotaan yang menghasilkan barang dan jasa salah satunya pelukis.  Berbeda dengan desainer interior yang mengerjakan proyek desain mengikuti kebutuhan klien seorang pelukis bisa melukis sesuai keinginannya sendiri.

Itulah mengapa profesi sebagai pelukis kami sebut sebagai pekerjaan menghasilkan barang. Alasan utamanya karena mereka bekerja menciptakan suatu karya seni yang berbentuk barang yakni lukisan. Peminat lukisan di Indonesia mungkin masih kurang tapi tidak begitu dengan kolektor lukisan di Eropa atau negara lainnya.

3. Desainer Baju

Desainer baju dan penjahit memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Jika penjahit biasa umumnya hanya menerima jasa jahitan milik orang lain sementara desainer baju membuat pakaian mereka sendiri dari awal sebelum memasarkannya. Jenis pekerjaan di perkotaan ini pun cocok untuk pria atau wanita tidak memandang gender sama sekali

Pakaian yang desainer baju ciptakan memiliki harga yang sangat mahal apalagi jika karyanya mendapatkan banyak pengakuan dari insan mode. Kamu punya minat menggambar pakaian? Yuk asah bakatmu untuk menjadi desainer baju yang hebat.

Jenis Pekerjaan di Perkotaan yang Menghasilkan Jasa

Jenis Pekerjaan di Perkotaan
Jenis Pekerjaan di Perkotaan Bidang Jasa

Tidak banyak orang yang beruntung dan bisa melakukan pekerjaan sesuai keinginannya. Kamu yang bekerja menghasilkan jasa termasuk orang-orang beruntung karena bisa mengubah hobi dan tenaga menjadi uang. Inilah beberapa rekomendasi pekerjaan kota yang menghasilkan jasa.

1. ART atau OB

Pertama adalah pekerjaan sebagai ART (asisten rumah tangga). Meskipun pekerjaan ini terkesan kurang bonafid faktanya permintaan ART di kota sangatlah tinggi. Hal yang sama juga berlaku bagi OB.

2. Tukang Service

Kamu punya kemampuan memperbaiki barang elektronik yang mumpuni? Jika jawabannya ya, tidak perlu lagi cari tahu jenis pekerjaan jasa di perkotaan silahkan kamu buat jasa service di rumah. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan, keahlian dan pengalaman terutama dalam menghadapi berbagai mesin elektronik.

3. Arsitek

Pembangunan di perkotaan berkali lipat lebih sering daripada pedesaan tidak heran jika setiap harinya jasa arsitek atau kontraktor tidak pernah sepi dari klien. Kamu yang saat ini sedang menempuh studi arsitektur bisa bernapas lega karena jenjang karier sebagai arsitek terbuka sangat lebar.

4. Usaha Catering

Suka masak atau makan? Jangan sia-siakan bakatmu di dapur dengan membuka bisnis atau usaha catering. Usaha pada bidang kuliner ini bisa menjadi pundi-pundi rupiah yang sangat menjanjikan. Kamu bisa menerima layanan pesan antar dan berbagai acara besar.

5. Konsultan Pajak

Bagi kamu yang lulusan jurusan perpajakan pasti tahu dengan jenis pekerjaan ini. Mereka adalah konsultan pajak yang berusaha memberikan pengetahuan dan menyadarkan betapa pentingnya membayar pajak.

6. Konsultan Bisnis

Pekerjaan yang selanjutnya adalah Konsultan Bisnis. Pekerjaan ini bergerak di bidang marketing yang memungkinkan kamu untuk bisa dianalisis bisnis yang kamu punya agar bisa meningkatkan penjualan.

7. Akuntan

Jenis Pekerjaan di Perkotaan selanjutnya adalah Akuntan. Jenis pekerjaan ini banyak juga di daerah perkotaan karena setiap bidang, instansi, lembaga, perusahaan pasti perlu seseorang yang mengelola keuangannya.

8. Cukur Rambut

Tidak hanya di daerah pedesaan, perkotaan juga ada cukur rambut. Jenis pekerjaan ini biasanya bergerak di bidang Barbershop. Sungguh sulit rasanya mencukur rambut sendiri, bukan? Nah, jenis pekerjaan ini hadir untuk menemani kita.

9. Service Barang

Jenis pekerjaan di perkotaan yang menghasilkan jasa adalah tukang service. Ada banyak yang mereka lakukan seperti service AC, Service sanyo, service TV, dan service barang lainnya. Di kota sudah pasti banyak yang menggunakan peralatan seperti demikian.

10. Sedot WC

Apa lagi nih pekerjaan yang ada di perkotaan? Yup, betul sekali yakni sedot WC. Sangat membantu sekali ketika WC yang kita punya sedang tersumbat. Apakah kamu pernah mencoba jasa yang satu ini?

Jenis Pekerjaan di Perkotaan dalam Bentuk Kegiatan Distribusi

Jenis Pekerjaan di Perkotaan
Jenis Pekerjaan di Perkotaan Bidang Distribusi

Suka bekerja yang berhubungan dengan kegiatan distribusi? Bila kamu memilih perkotaan sebagai tempat bekerja maka pertimbangkan beberapa pekerjaan berikut.

1. Ekspedisi

Tingginya minat masyarakat akan belanja online membuat profesi ini sangat menarik apalagi kini makin banyak perusahaan ekspedisi yang menawarkan kemitraan. Itu tandanya kamu tidak perlu membuka jasa ekspedisi dari nol bila tidak ingin bekerja sebagai karyawan biasa. Potensi pekerjaan bidang ini pun sangat menjanjikan di tahun-tahun mendatang.

2. Agen Travel

Jenis pekerjaan di perkotaan ini juga berkaitan dengan kegiatan distribusi. Lantas apa produk yang disalurkan? Produk tersebut berkaitan erat dengan pariwisata seperti tiket kereta, tiket pesawat, paket wisata dan sebagainya.

Pekerjaan sebagai agen travel cukup menjanjikan terutama jika kamu tinggal di kota wisata seperti Bandung atau Surabaya.

3. Pekerja Yayasan Penyalur Tenaga Kerja

Dan jenis pekerjaan terakhir adalah pekerja yayasan yang menyalurkan tenaga kerja. Perusahaan tempat kamu bekerja memang menawarkan tenaga kerja meliputi berbagai profesi mulai dari ART, babysitter, TKI dan sebagainya.

Itulah sejumlah pekerjaan yang bisa kamu temukan ketika melamar kerja di kota. Selain itu sebenarnya masih banyak jenis pekerjaan di perkotaan yang bisa kamu temukan termasuk pekerjaan sebagai TNI, Polisi dan sebagainya.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar