10 Jenis-jenis Jamur yang Menguntungkan dan Merugikan

Kamu suka makan jamur atau tertarik membangun bisnis kuliner berbahan dasar jamur? Sebelum merambah ke bidang ini, yuk cari tahu terlebih dahulu jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan. Alasannya apa? Tentu saja guna mengidentifikasi mana jamur yang bisa kamu jual dan konsumsi dan kebalikannya.

Sebenarnya, mengidentifikasi jamur beracun dan boleh dimakan itu sangat mudah. Banyak sekali sumber teks yang bisa kamu baca atau sumber video yang diunggah pada YouTube. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kamu mengenal lebih dekat jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan.

Jenis-jenis Jamur yang Menguntungkan dan Merugikan

Jamur memiliki tekstur yang kenyal dan unik. Jamur juga bisa kamu olah menjadi berbagai makanan mulai dari tumis jamur, jamur krispi dan olahan jamur lainnya. Mau tahu apa saja jamur yang menguntungkan dan merugikan? Yuk simak perbedaannya pada pembahasan berikut ini.

Jenis-jenis Jamur yang Menguntungkan

Mari kita mulai dari jenis-jenis jamur yang menguntungkan di bawah ini.

1. Jamur Matsutake

Tahukah kamu nama-nama jamur yang menguntungkan dan merugikan? Dari kategori menguntungkan kita bisa menyebut jamur matsutake. Matsutake merupakan jamur yang sangat populer di Jepang dan tergolong jamur mahal.

Jamur ini memiliki aroma yang sangat khas dan harum. Konsumsi matsutake sangat baik karena sifatnya sebagai anti-inflamasi atau anti-mikroba.

2. Jamur Kancing

Dari sekian banyak jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan termasuk pada kategori apakah jamur kancing? Jamur kancing termasuk jamur konsumsi yang sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi pada jamur ini konon mampu menguatkan tulang, membantu menyehatkan jantung sekaligus mencegah penyakit kanker. Dalam satu jamur kancing terkandung vitamin B5,  kalium, vitamin C, selenium, vitamin D, fosfor dan sebagainya.

3. Jamur Maitake

Ciri khas dari jamur ini adalah bergerombol dan berwarna coklat. Tahukah kamu apa manfaat dari jamur maitake? Jamur ini nyatanya punya banyak manfaat positif untuk tubuh termasuk meningkatkan sistem imun dan melancarkan sistem pencernaan.

Seperti namanya yang memiliki unsur Jepang, Maitake memang ditemukan pertama kali pada tahun 1980 oleh peneliti Jepang.

4. Jamur Shiitake

Silahkan sebutkan contoh jamur yang menguntungkan yang sebelumnya pernah kamu makan? Shiitake termasuk salah satu jamur yang paling diminati masyarakat Indonesia. Tahukah kamu jika jamur ini kaya akan vitamin D dan Vitamin B.

Manfaat kesehatan konsumsi jamur shiitake adalah mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu yang sedang demam atau sakit flu bisa membuat sup ayam jamur shiitake sebagai pengobatan.

5. Jamur Rhizopus Oligosporus

Jamur ini termasuk jenis jamur yang menguntungkan karena membantu dalam menguraikan biji kedelai dan membantu proses terbentuknya tempe. Iya, tempe yang kamu makan di rumah itu adalah peran dari jamur ini.

Ingin buka usaha jamur? Baca juga: analisa usaha jamur tiram 1000 baglog

Jenis-jenis Jamur yang Merugikan

jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan
Jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan

Masih membahas mengenai jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan. Tadi sudah dibahas di atas jamur-jamur yang menguntunngkan. Nah berikut ini kita bahas pula jenis-jenis jamur yang merugikan.

1. Galerina Marginata

Beberapa orang mungkin lebih mengenal jamur ini dengan nama autumn skullcap. Jamur ini termasuk salah satu jamur paling beracun yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kerusakan hati, hipotermia hingga kematian.

Sebelum kamu mengkonsumsi jamur sebaiknya kamu kenali terlebih dahulu mana spesies yang beracun atau tidak. Apakah itu termasuk jamur autumn skullcap atau spesies yang aman untuk dikonsumsi?

2. Jamur Albugo

Merupakan salah satu jamur yang merugikan terutama bagi tanaman bahkan disebut sebagai parasit. Aspek merusak yang disebabkan oleh jamur ini sangat banyak dan beragam. Infeksi jamur ini terkadang kamu temukan pada tanaman kubis, lobak, kangkung, selada dan masih banyak lagi.

3. Jamur Microsporum

Bicara tentang jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan termasuk pada kategori apa jamur ini? Jamur microsporum termasuk jamur merugi karena menyebabkan infeksi jamur (kurap).

Dengan alasan kesehatan kulit, banyak orang yang tidak merekomendasikan konsumsi jamur microsporum entah mentah atau setelah dimasak.

4. Amanita Phalloides

Death cap merupakan salah satu jamur yang wajib kamu hindari karena sifatnya yang beracun. Jamur ini bentuknya memang hampir sama seperti jamur Caesar yang boleh manusia konsumsi tidak heran jika kasus keracunan cenderung tinggi.

Kabarnya konsumsi setengah jamur death cap sudah bisa membunuh satu orang dewasa. Ada pun organ tubuh yang rusak akibat konsumsi jamur ini adalah ginjal dan hati.

5. Candida Albicans

Jamur jenis ini termasuk jamur yang merugikan. Jamur candida sering menginfeksi organ int!m perempuan yang menyebabkan banyak infeksi atau penyakit seperti keputihan.

Nah, begitu sobat jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan. Kamu perlu tahu tentang cara mengidentifikasi jamur yang baik dan boleh dimakan juga. Yuk, baca di bawah ini.

Tips Mengidentifikasi Jamur yang Boleh Dimakan

Sudah tahu dan bisa membedakan mana saja jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan? Jika jawabannya masih belum bisa mengidentifikasinya dengan mudah, maka kamu perlu membaca ulasan singkat di bawah ini:

1. Amati Ciri Fisik Jamur

Saat berada di dalam hutan dan sangat kelaparan kamu menemukan beberapa spesies jamur, apakah jamur tersebut aman konsumsi? Agar tidak mengalami keracunan akibat konsumsi jamur silahkan perhatikan ciri fisik jamurnya.

Pertama, silahkan kamu pilih jamur tanpa insang putih. Jamur yang biasa kita konsumsi memang umumnya berwarna coklat. Selain itu hindari juga jamur dengan tutup berwarna merah. Meskipun warna merahnya tampak sangat menarik tapi bisa jadi itu adalah jenis jamur beracun.

2. Tambah Terus Pengetahuanmu tentang Jamur

Masih ingin mendapatkan sejumlah informasi mengenai jamur? Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dengan bergabung pada grup mikologi di sekitarmu. Kamu juga bisa menggambar dan mengklasifikasikan mana jamur yang baik untuk tubuh dan mana yang bersifat racun.

Jamur mungkin sama seperti sayuran lainnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh namun tidak semua jamur bersifat demikian. Buktinya banyak pula jamur beracun yang menyebabkan kematian.

Membaca dan memahami perbedaan jenis-jenis jamur yang menguntungkan dan merugikan di atas semoga menambah wawasanmu mengenai jamur. Alhasil, kamu tidak perlu lagi takut mengkonsumsi jamur terutama saat berada di dalam hutan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar