60+ Inspirasi Jajanan Populer untuk Usaha Murah Meriah

Siapa yang suka ngemil? Jajanan merupakan salah satu jenis makan ringan yang biasa disantap di luar jam makan wajib. Jenis jajanan pun banyak sekali, setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri. Mulai dari yang manis, asin, gurih, berminyak, kering dan masih banyak lagi. Di era digitalisasi seperti saat ini orang biasanya mengikuti tren oleh sebab itu jajanan populer untuk usaha biasanya laku keras.

Jajanan Populer untuk Usaha

Kunci jualan jajanan laris manis selain rasa dan kualitas adalah tren saat ini. Misalnya anak anak remaja yang lagi demam Korea pasti pada penasaran dengan makanan Korea yang sering muncul di drakor. Nah peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan berjualan camilan khas Korea.

Jajanan berbahan dasar seafood juga lagi booming banget nih. Terbukti banyaknya kedai di mall dan pinggir jalan yang menjual aneka macam jenis seafood. Paling banyak sih yang digunakan sejenis gurita, cumi cumi, dan sotong. Makanan ini terinspirasi dari street food Thailand, Jepang, Taiwan, dan China.

Usaha jajanan rumahan modal kecil bisa kamu praktekkan sendiri dirumah. Selain itu resiko rugi pun juga semakin kecil. Banyak sekali jenis jajanan yang bisa kamu buat dan jual. Kamu bisa menjualnya melalui kios, dititipkan, atau secara online. Contoh jajanan populer untuk usaha yang bisa kamu buat seperti puding, pastel, risoles, donat, kue, keripik, sosis goreng, dan masih banyak lagi.

Jajanan Populer Saat ini

Jajanan populer untuk usaha yang cocok di era milenial seperti ini adalah makanan yang lagi populer, biar lebih jelas ayo list dibawah ini :

  1. Takoyaki

Jajanan populer untuk usaha yang pertama datang dari Jepang. Jajanan khas Jepang ini berbentuk bola bola kecil one bite, dengan citarasa unik. Lembut gurih dan kenyal sebab terbuat dari adonan tepung yang didalamnya dimasukkan gurita.

  1. Tteokbokki

Jajanan populer untuk usaha khas Korea ini banyak tak hanya disukai di negri asalnya tapi juga Indonesia khususnya anak anak muda penggemar drakor dan KPop. Citarasa kenyal dan lembut kue beras berpadu dengan kentalnya kuah yang pedas dan gurih terasa nikmat sekali.

  1. Martabak telur

Siapa yang bisa menolak bilangnya martabak ini. Wangi dari daun bawang dan bawang putih, gurih, renyah kulitnya, perpaduan telur dan daging di dalamnya selalu berhasil membuat diet orang gagal.

  1. Kue Bandung

Biasa disebut juga dengan martabak manis. Lembutnya kue dipadukan dengan berbagai toping yang beragam seperti coklat, keju, kacang, pisang, ketan hitam, dan masih banyak lagi paling nikmat disantap sore atau malam hari dalam keadaan hangat.

  1. Bakso Aci

Berbeda dengan bakso pada umumnya yang menggunakan daging. Bakso ini menggunakan aci sebagai a bahan dasarnya. Keunikan lain terdapat pada rasa kuah yang ringan, pedas dan segar dengan sedikit rasa asam. Selain itu bakso ini menggunakan pilus serta toping beragam mulai dari tulang rangu, cakue, ceker ayam, dan toping lain sesuai selera.

  1. Cilor

Masih berbahan dasar dari Aci, selain dijadikan boci, Aci juga bisa dijadikan color yaitu sejenis makanan yang mencampur Aci matang dengan telor. Kemudian digoreng diatas penggorengan martabak. Setelah matang disajikan dengan beberapa macam bumbu atau dicocol dengan saus. Kenyal gurih nikmat mantap.

  1. Roti John

Salah satu kudapan yang hits di Semarang ini berasal dari Singapura. Dimana roti yang diisi dengan daging ditambah taburan cabai serta dilengkapi telur kemudian digoreng hingga kecoklatan. Setelah itu ditambahkan beberapa saus seperti saus sambal, tomat, dan mayonaise dijamin menggoyang lidah kamu.

  1. Banana nugget

Pisang nugget ini merupakan kreasi dari pisang goreng. Bedanya adalah banana nugget pisangnya dilumat halus kemudian dicampur dengan bahan lain seperti tepung gula dan garam menjadi 1 adonan. Setelah itu dicetak kotak dan dilumuri menggunakan tepung roti kemudian digoreng kering, yang membuat jajanan ini tambah istimewa adalah topingnya yang beragam.

Pasti Kamu Suka, Baca juga: jualan makanan dengan modal 20 ribu

Jajanan Pasar Populer untuk Usaha

Jajanan Populer untuk Usaha
Jajanan Pasar Populer untuk Usaha

Jajanan pasar tidak kalah enak dengan jajanan kekinian yang terpengaruhi dengan budaya luar. Resep jajanan populer untuk usaha pun tidak sulit untuk didapatkan, mengingat jajan pasar merupakan warisan budaya sehingga resepnya pun diturunkan secara turun temurun dan sudah ada di internet. Apa saja jajan pasar yang populer. Simak ulasan jajanan populer untuk usaha berikut ini :

  1. Arem arem

Arem arem merupakan jajan pasar yang paling sering dijumpai dalam kardus Snack setiap acara tertentu. Terbuat dari nasi yang diberi santan dengan isinya yang beragam mulai dari ayam, sambal goreng tahu, sambal goreng kentang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus memiliki aroma yang khas dan rasa yang enak.

  1. Kue Serabi.

Kue serabi merupakan salah satu makan tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Mengikuti perkembangannya zaman serabi tak hanya berupa kue tepung beras yang diberi santan dan gula merah cair. Kini serabi hadir lebih inovatif dengan topping yang beragam seperti coklat, pisang, dan kacang.

  1. Getuk

Jajanan tradisional yang berbahan dasar singkong ini tak ingin ketinggalan zaman. Jika dulu bentuknya hanya dibuat kotak kotak dan warna warni kini getuk bisa disulap menyerupai bolu dengan tambahan topping yang beragam. Biasanya getuk dimakan dengan gula dan parutan kelapa sekarang getuk bisa dimakan dengan taburan coklat dan keju. Bentuknya pun lebih cantik dan rasanya jauh lebih nikmat.

  1. Lumpia

Hoho siapa yang tak suka makan lumpia. Jajanan populer untuk usaha khas kota Semarang ini terbuat dari rebung yang dibungkus kulit lumpia kemudian di goreng kering. Jika pintar dalam mengolahnya, rebung tidak akan menimbulkan bau menyengat. Lumpia sendiri sekian berisi rebung biasanya ada juga yang di mix dengan ayam, telur, atau udang. Lumpia sendiri memiliki cita rasa manis, asin, dan gurih.

  1. Klepon

Sejenis kue tradisional yang masih banyak penggemarnya hingga kini. Klepon terbuat dari beras ketan yang didalamnya diisi dengan gula merah. Ketika makan klepon sebaiknya tutup mulut rapat rapat atau gulanya bisa muncrat keluar. Kenyal lembut dipadukan rasa manis gurih gula merah terasa sempurna dengan tambahan kelapa parut. Ini nih jajanan populer untuk usaha yang banyak dijual di pasar tradisional.

Tidak hanya populer untuk usaha tetapi klepon juga masuk sebagai kategori jualan makanan yang laris di kampung. Mau coba?

  1. Pastel.

Jajanan populer untuk usaha yang terbuat dari adonan tepung dan memiliki isian berupa sayuran seperti Kentang, wortel, dan daun bawang. Biasanya ditambah juga dengan potongan telur rebus. Rasanya renyah, lembut, gurih, asin dan sedikit manis.

  1. Sosis solo.

Seperti namanya jajanan ini berasal dari kota solo. Kulitnya terbuat dari telur yang didasarkan tipis dengan isian ayam cincang. Rasanya gurih, asin, dan manis. Paling enak dimakan saat bersantai ditemani kopi atau teh hangat.

  1. Risoles.

Hampir serupa dengan sosial solo namun risoles memiliki kulit yang lebih tebal dan terbuat dari tepung terigu. Isiannya beragam tergantung selera. Paling banyak berisi sayuran atau makaroni mayonaise. Risoles cocok banget dimasukin sebagai jajanan populer untuk usaha yang bisa kamu buat.

Jajanan Populer untuk Usaha Online

Bisnis jajanan online bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang di era pandemi seperti ini. Kemudahan teknologi bisa kamu manfaatkan untuk jualan jajanan unik kekinian untuk usaha selain memanfaatkan medsos untuk jualan kamu juga harus tau apa saja jajanan yang lagi trend serta menyiapkan perencanaan yang matang. Berikut ada beberapa list jajanan populer untuk usaha online yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Jajanan Populer Anak Sekolah

Jajanan Populer untuk Usaha
Jajanan Populer untuk Usaha Anak Sekolah

Jajanan unik serba 1000 sangat cocok dijual untuk anak anak sekolah. Mengingat uang yang mereka miliki juga terbatas.

  1. Telur gulung.
  2. Aci telor.
  3. Cilok.
  4. Bakso kuah.
  5. Bakso bakar.
  6. Martabak telor mini.
  7. Roti bakar.
  8. Aneka makanan kering seperti makaroni, mie lidi, mie kering, yang dibumbui aneka macam rasa seperti pedas, jagung manis, balado, dan lain sebagainya.
  9. Papeda.
  10. Bola bola mie.
  11. Kue lekker.
  12. Batagor.
  13. Siomay.
  14. Gorengan seperti bakwan, tahu isi, mendoan. Gorengan biasanya dijual dengan harga seribuan. Yuk baca juga beberapa resep kue untuk jualan 1000.
  15. Jeli aneka rasa dan topping.
  16. Buah Frozen dicelupkan ke coklat dan ditaburi meses warna warni. Buah yang biasa dipakai ada pisang, melon, semangka, apel.

Jajanan Populer Korea

Demam Korea yang baru baru terjadi pada kalangan anak muda terutama cewek cewek dikarenakan kpop dan drakor. Hal ini membuat jajanan khas negeri ginseng ini laris manis di pasar Indonesia. Apalagi rasanya pun enak dan bisa samaan sama jajanan yang dimakan “oppa” serta merupakan salah satu jenis jajanan kekinian 2021.

  1. Tteokbokki.
  2. Odeng atau fish cake yang disiram kuah kaldu hangat.
  3. Kimbab.
  4. Tokkebi, hot dog ala Korea yang dibalut kentang.
  5. Hot bar.
  6. Hotteok.
  7. Cheese garlic bread.
  8. Korean sweet potato bread.
  9. Hottang.
  10. Jipangyi ice cream.
  11. Bibimbap.

Jajanan Populer di Bandung

Jajanan Populer untuk Usaha
Jajanan Populer untuk Usaha di Bandung

Selain destinasi wisatanya yang ciamik, Bandung juga merupakan surganya jajanan enak. Bahkan jualan makanan yang laku setiap hari di kota ini bukan suatu yang mustahil. Asalkan makanan yang dijual enak, murah, dan higienis pasti laris manis.

Berikut daftar jajanan populer untuk usaha dari Kota Bandung:

  1. Batagor.
  2. Cilok.
  3. Cilor.
  4. Surabi.
  5. Kue cubit.
  6. Kue kue ala artis.
  7. Basreng.
  8. Bandros.
  9. Seblak.
  10. Siomay.
  11. Aneka macam keripik pedas level.

Jajanan Populer di Jakarta

Ibu kota nih, pasti jajanan populernya ada banyak. Yuk lihat daftarnya apa saja sih yang lagi hits di Jakarta :

  1. Makaroni pedas.
  2. Bakwan sayur aneka toping.
  3. Dessert manis lembut.
  4. Tahu krispi.
  5. Olahan seafood seperti cumi raksasa goreng tepung krispi ditambah olesan saus.
  6. Seafood bakar.
  7. King mango.
  8. Bola bola ubi manis kopong.
  9. Pretzel.
  10. Sate taichan.
  11. Sandwich.
  12. Aneka jajanan dari olahan ayam.
  13. Kentang goreng panjang.
  14.  Tahu Aci.
  15. Corn dog.
  16. Churros.
  17. Reddog.

Selain jajanan restoran ada banyak pula jajanan kaki lima yang punya banyak penggemar. Adapun resep jajanan kaki Lima populer adalah sebagai berikut :

Cara Membuat Jajanan Populer Cilor (Aci telor) Enak

Jajanan Populer untuk Usaha
Resep Jajanan Aci Telor
Gambar: Pawon Genduk

Jualan Cilor termasuk usaha pinggir jalan paling laris di Bandung. Kamu juga bisa adopsi makanan ini untuk dijual di tempatmu. Yuk baca cara membuatnya di bawah ini.

Bahan :

  1. Aci matang secukupnya.
  2. 2 butir telur.
  3. 1 tangkai daun bawang.
  4. Merica secukupnya.
  5. Garam secukupnya.
  6. Kaldu ayam instan.
  7. Bawang putih secukupnya.
  8. Minyak goreng secukupnya.

Alat :

  1. Mangkok.
  2. Piring.
  3. Sendok.
  4. Wajan martabak.

Cara Membuat :

  1. Potong kecil kecil aci yang sudah matang. Kemudian masukkan ke dalam mangkok.
  2. Rahang tipis daun bawang masukkan kedalam mangkuk yang berisi aci.
  3. Pecahkan telur kedalam mangkuk yang berisi Aci dan daun bawang kemudian tambahkan merica, kaldu ayam, garam, dan bawang putih. Aduk rata.
  4. Panaskan penggorengan, masukkan minyak, setelah itu masukkan adonan.
  5. Masak dengan api kecil.
  6. Setelah bawahnya matang balik menggunakan sendok secara hati hati. Tunggu sampai matang sempurna. Angkat, tiriskan, dan ulangi terus sampai adonan habis.
  7. Selain diatas piring. Cilor paling enak dimakan saat hangat bersama saus atau mayonaise.

Resep makanan di atas merupakan salah satu makanan yang cocok dijual sebab modal kecil untung banyak jajanan kekinian jika dihitung hitung laba bersih yang bisa kamu peroleh dari jualan cilor hampir 50%.

Jajanan populer untuk usaha ada banyak sekali. Mau pilih jajanan kaki lima, kafe, dalam negeri, tradisional, atau internasional semua bisa yang penting ada niat. Tidak papa jika gah sekali dalam membuatnya sebab tidak ada yang langsung sukses dalam percobaan pertama. Selamat berjuang dan tetap semangat.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar