Ikutin Langkah Ini Buat Registrasi Kartu 3 Kamu

Registrasi kartu 3 wajib kamu lakukan, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Hal ini berlaku baik bagi pengguna baru maupun pengguna lama.

Proses registrasi kartu 3 prabayar bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan konsumen dalam menggunakan layanan telekomunikasi. Dengan melakukan registrasi ulang, operator dapat memverifikasi identitas pelanggan dan memastikan bahwa penggunaan kartu dilakukan oleh pemilik kartu yang sah.

Sekilas Tentang 3

Tri adalah salah satu operator jaringan seluler di Indonesia yang didirikan pada tahun 2006 dengan nama PT Hutchison CP Telecommunications (HCPT) yang kemudian berganti nama menjadi PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) pada tahun 2007. 

Pada tahun 2015, PT Hutchison 3 Indonesia berganti nama menjadi PT Hutchison Tri Indonesia (Tri) setelah mengalami penggabungan dengan PT Hutchison Charoen Pokphand Telecom Indonesia (HCPT), anak perusahaan Charoen Pokphand Group dari Thailand.

Tri menyediakan layanan jaringan seluler dengan teknologi 2G, 3G, dan 4G LTE di seluruh wilayah Indonesia, termasuk layanan data, telepon, SMS, dan multimedia. Selain itu, Tri juga menyediakan layanan paket internet dengan berbagai pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, mulai dari paket harian, mingguan, bulanan, hingga paket tahunan.

Tri juga memiliki program loyalitas yang diberi nama 3Care yang memberikan keuntungan seperti bonus pulsa, diskon belanja di merchant tertentu, dan hadiah langsung untuk pelanggan setia. Selain itu, Tri juga aktif melakukan kampanye sosial dan mendukung berbagai event olahraga dan seni di Indonesia.

Saat ini, Tri menjadi salah satu operator jaringan seluler terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Tri terus mengembangkan dan meningkatkan layanan telekomunikasinya untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan menjadikan Tri sebagai pilihan operator seluler yang terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga:  3 Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset

Cara Registrasi Kartu 3 Untuk Pengguna Baru

Cara registrasi kartu 3

Ada 2 cara untuk melakukan registrasi kartu 3 yaitu melalui Aplikasi dan juga melalui SMS, berikut penjelasannya:

1. Registrasi Kartu 3 Melalui SMS

Kamu bisa melakukan registrasi kartu 3 melalui SMS dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

• Siapkan nomor NIK dan nomor KK sebagai dokumen yang diperlukan untuk registrasi kartu 3.

• Buka aplikasi pesan pada Hp mu dan buat pesan dengan format: REG(spasi)NIK#KK.

• Contoh format pesan: REG 1234567890#123456 1234567890

• Kirimkan pesan ke nomor 4444 dengan nomor telepon yang akan didaftarkan.

• Tunggu hingga kamu menerima SMS balasan dari operator Tri yang berisi pemberitahuan bahwa kartu sudah aktif.

2. Registrasi Kartu 3 Melalui Aplikasi

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan registrasi kartu 3 melalui aplikasi:

• Siapkan kartu 3 yang akan didaftarkan dan pastikan nomor yang terdaftar di kartu tersebut masih aktif.

• Pastikan kamu memiliki dokumen yang diperlukan untuk melakukan registrasi, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

• Buka aplikasi Bima Tri yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

• Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi Bima Tri, pilih menu “Registrasi”.

• Masukkan nomor kartu 3 yang akan didaftarkan dan klik tombol “Registrasi”.

• Isi formulir registrasi dengan lengkap, termasuk NIK dan Nomor KK.

• Klik tombol Daftar.

• Registrasi berhasil jika muncul pesan konfirmasi bahwa kartu 3  telah terdaftar.

Kenapa Registrasi Kartu 3 Gagal?

Registrasi kartu 3 bisa gagal karena beberapa faktor. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut:

1. Data yang dimasukkan salah

Cek ulang apakah data yang kamu masukkan seperti NIK dan nomor KK sudah benar dan sesuai dengan data asli. Jika data yang dimasukkan tidak sesuai dengan data asli, registrasi kartu 3 akan gagal.

2. Nomor telepon sudah terdaftar

Jika nomor telepon yang kamu daftarkan sudah didaftarkan sebelumnya menggunakan data orang lain, maka registrasi akan gagal. 

3. Masalah jaringan

Registrasi kartu 3 juga bisa gagal karena masalah jaringan. Usahakan berada ditempat yang memiliki kualitas sinyal yang baik saat melakukan registrasi.

Baca juga:  3 Cara Menutup Akun Twitter Terbaru dan Mudah

4. Masalah pada server

Registrasi bisa gagal karena masalah pada server operator. Cobalah di lain waktu atau jika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan registrasi, hubungi layanan pelanggan Tri di nomor 123.

5. Kartu 3 sudah tidak aktif

Jika kartu 3 sudah dalam masa tenggang, registrasi akan gagal. Pastikan bahwa kartu 3 yang akan didaftarkan masih dalam masa aktif.

Keuntungan Menggunakan Kartu 3

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan kartu 3. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya:

1. Tarif yang terjangkau

Operator Tri menawarkan tarif yang relatif terjangkau dibandingkan dengan operator lainnya. Selain itu, Tri juga menyediakan paket-paket internet dan SMS murah yang bisa memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi.

2. Sinyal yang kuat

Tri memiliki jaringan yang cukup luas dan stabil di banyak daerah Indonesia. Hal ini berarti kamu bisa untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan bisnis di mana pun berada.

3. Beragam pilihan paket internet

Tri menawarkan berbagai macam paket internet dengan harga yang terjangkau dan kecepatan yang cukup memadai. 

4. Aplikasi eksklusif

Tri juga menawarkan aplikasi eksklusif yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam layanan seperti musik, film, game, dan lain sebagainya.

5. Program reward

Tri memiliki program reward yang bisa memberikan keuntungan bagi penggunanya seperti bonus pulsa, hadiah-hadiah menarik, atau akses ke berbagai macam layanan eksklusif.

6. Layanan pelanggan yang responsif

Layanan pelanggan 3 juga responsif dan siap membantumu dalam mengatasi berbagai masalah teknis maupun non-teknis yang terkait dengan penggunaan kartu Tri.

Kelemahan Menggunakan 3

Meskipun memiliki banyak keuntungan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kartu 3 juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya:

1. Jaringan yang tidak merata

Meskipun jaringan Tri cukup luas, namun masih ada daerah-daerah yang belum terjangkau oleh jaringan mereka. Hal ini menyebabkan pengguna kartu 3 kesulitan dalam mendapatkan sinyal yang baik di daerah tersebut.

2. Jaringan internet yang lambat 

Terkadang kecepatan internet Tri bisa menjadi lambat terutama saat penggunaan dalam jumlah banyak atau pada jam-jam sibuk. Hal ini bisa menjadi kendala bagi pengguna yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

3. Kuota yang terbatas

Paket internet yang ditawarkan oleh Tri memiliki kuota yang terbatas. Jika kamu menghabiskan kuota tersebut sebelum masa aktif berakhir, maka kamu harus membeli paket lagi untuk menikmati internet.

4. Tidak ada paket nelpon tanpa batas

Tri tidak menawarkan paket nelpon tanpa batas ke semua operator. Hal ini bisa menjadi kendala bagi kalian yang sering melakukan panggilan suara daripada menggunakan layanan pesan singkat atau chatting.

Jadi itulah pembahasan tentang cara registrasi kartu 3. Tanpa registrasi maka kamu tidak akan bisa menggunakan kartu 3 mu, atau dengan kata lain kartu 3 yang tidak di registrasi tidak akan aktif.

Tinggalkan komentar