10 Contoh Iklan Yakult, Tujuan, Analisis & Cara Membuat Iklan

Siapa yang tak kenal dengan produk minuman sehat bernama Yakult ini. Saya rasa, Yakult sudah amat melekat di ingatan masyarakat Indonesia.

Apalagi lirik iklan Yakult, “Cintai ususmu minum Yakult tiap hari”, sudah sangat bersahabat dengan keluarga di tanah air.

Kali ini Wong Cerdas akan mengupas tuntas mulai dari sejarah hingga contoh iklan untuk produk Yakult. So, jangan sampai melewatkan artikel ini ya sobat.

Sejarah Yakult

Tak lengkap rasanya jika kita langsung membahas ke contoh iklan Yakult, tanpa mengulas sejarah perusahaan Yakult terlebih dahulu.

Produk Yakult ini diproduksi oleh PT Yakult Indonesia Persada yang sudah berdiri sejak tahun 1991. Perusaahaan yang ada di Indonesia ini sudah memperoleh lisensi resmi dari Yakult Honsha Co. Ltd., Jepang. Yup, minuman Yakult memang berasal dari negari Sakura.

Bersama perusahaan Yakult yang ada di seluruh dunia, Yakult Indonesia optimis untuk bisa mewujudkan keluarga yang sehat dan bahagia.

Sejarah Yakult
Filosofi Yakult
Sumber: Yakult.co.id

Pendiri Yakult, Dr. Minoru Shirota, percaya bahwa penting bagi kita untuk melakukan pencegahan sebelum sakit dan beliau juga percaya “usus yang sehat membawa pada umur panjang”.

Seperti pada gambar, beliau menuangkan filosofi hadirnya Yakult melalui diagram “Shirotaisme” yang menjadi dasar kegiatan usaha Yakult.

Melalui diagram Shirotaisme, beliau menganjurkan untuk melakukan upaya pencegahan dengan memberikan kesehatan dengan harga yang terjangkau. Dalam hal ini Yakult bisa menjadi solusi yang sehat dengan harga yang bersahabat. Rutin mengonsumsi Yakult, keluarga bisa menjaga usus menjadi lebih sehat.

Pengertian Iklan Yakult

Yakult berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga di berbagai belahan dunia. Dikenalnya Yakult oleh masyarakat Indonesia salah satunya karena ada peran strategi promosi atau iklan yang mereka jalankan.

Saya melihat penggunaan lagu atau musik dari Yakult begitu khas sehingga langsung bisa kena dengan masyarakat Indonesia. Iklan Yakult adalah bentuk upaya memperkenalkan atau mempromosikan Yakult kepada konsumen dalam berbagai cara.

Ada berbagai strategi yang dijalankan oleh Yakult untuk melakukan promosi di masyarakat seperti iklan di TV, radio, media sosial, billboard, dan lain-lain.

Tujuan Iklan Yakult

Iklan Yakult merupakan jenis iklan kesehatan sekaligus iklan komersial. Dikatakan sebagai iklan kesehatan karena Yakult melalui jinglenya “Cintai ususmu minum Yakult tiap hari” mengajak keluarga untuk menjaga dan mencintai usus. Sedangkan, iklan produk Yakult disebut sebagai iklan komersial karena perusahaan Yakult ingin memperoleh profit atau keuntungan melalui penjualan minuman Yakult.

Tujuan iklan Yakult sendiri adalah untuk memperkenalkan, mempromosikan atau menawarkan produk Yakult agar dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Cara Membuat Iklan Yakult

Jik kamu sedang ada tugas untuk membuat iklan Yakult, tenang saja karena Wong Cerdas akan memberikan caranya. Kamu bisa pelajari beberapa hal di bawah ini untuk membuat iklan produk Yakult:

  1. Siapkan teks iklan yang akan kamu gunakan. Teks iklan usahakan dapat mengajak dan merayu (persuasif) dengan menjelaskan keunggulan dari produk Yakult.
  2. Jangan lupa untuk menuliskan slogan khas atau jingle dari Yakult yaitu cintai ususmu minum Yakult tiap hari.
  3. Siapkan Headline (judul iklan) yang singkat dan menarik.
  4. Jika iklan yang dibuat berbentuk video, pastikan pemilihan tempatnya bagus dan bersih karena Yakult identik dengan minuman yang sehat.
  5. Jika iklan yang kamu buat berbentuk gambar, cara menggambar iklan Yakult yang tepat adalah tetap fokus pada produk Yakult. Jangan sampai malah produknya lupa untuk digambarkan.
  6. Kamu bisa gunakan tokoh terkenal atau orang yang penting untuk mempromosikan produk agar mudah dikenal oleh masyarakat.

Analisis Iklan Yakult

Yakult secara konsisten menggunakan lagu atau jingle “Cintai Ususmu Minum Yakult Tiap Hari”, di setiap video iklan yang mereka buat. Analisis iklan untuk produk Yakult ini adalah sebagai berikut:

Produsen Yakult ingin mengajak kepada konsumen untuk memperhatikan kesehatan pencernaan mereka beserta keluarga dengan cara rutin meminum Yakult. Iklan produk Yakult menggambarkan seluruh anggota keluarga: anak kecil, orang dewasa, ayah, ibu, kakek serta nenek untuk minum Yakult.

Jingle yang sederhana dari Yakult membuat masyarakat lebih mudah memahami dan mengingatnya. Iklan menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan suatu produk untuk bisa diterima. Iklan produk Yakult sukses mendapatkan perhatian bagi banyak orang. Iklan Yakult mengajak kita untuk terus menjaga kesehatan pencernaan dengan rutin minum Yakult.

Kata Kunci Iklan Yakult

Berdasarkan video iklan produk Yakult di paragraf sebelumnya, mungkin kamu penasaran apa kata kunci iklan Yakult tersebut.

Cara mudah untuk mencari kata kunci dari iklan adalah dengan fokus mendengar isi dari iklan yang disampaikan. Kata kunci iklan adalah kata-kata yang beberapa kali diulang di dalam iklan. Nah, sudah tahukah kamu kata kunci untuk iklan Yakult ini?

Jika belum, sini Wong Cerdas kasih tahu!

Kata kunci iklan untuk produk Yakult adalah:
Yakult, Usus, Minum Yakult

Contoh Iklan Yakult

Ada banyak sekali contoh iklan untuk produk Yakult, mulai dari iklan yang menjelaskan pentingnya menjaga usus, keunggulan Yakult untuk usus, dan bentuk pengemasan iklan lainnya.

Jika kamu penasaran bagaimana contoh iklan untuk produk Yakult ini, yuk baca terus artikel ini.

1. Contoh Iklan Yakult yang Menarik

contoh iklan yakult

Yakult memiliki masa kadaluarsa yang singkat hanya 40 hari sejak diproduksi dari pabrik. Hal tersebut karena Yakult tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna. Simpan di dalam lemari berpendingin untuk menjaga kualitas sebelum diminum.

#YakultIndonesia #YakultSetiapHari #JanganLupaMinumYakult

2. Contoh Kalimat Iklan Yakult

Mari jaga pencernaan kita karena pencernaan yang baik adalah bagian dari kunci hidup bahagia. Jangan lupa minum Yakult setiap hari.

3. Contoh Dialog Iklan Yakult

Anak: Pagi mama (menyapa mama yang sedang di dapur).
Mama: Eh adek baru bangun ya. Gih cuci muka terus gosok gigi dulu, baru sarapan.
Anak: Iya mama.

Beberapa menit kemudia

Anak: Mama, itu minuman apa? (Sambil menunjuk minuman botol mini di atas meja).
Mama: Ini namanya Yakult. Minuman sehat buat kita semua.
Anak: Aku boleh minum ma?
Mama: Boleh dong, siapa saja boleh minum. Nih ambil untuk adek satu.
Anak: (Mengambil minuman, lalu meminumnya) Enak maa.
Mama: Enakkan?
Anak: Iya ma, jadi tiap hari kita perlu minum Yakult ya ma?
Mama: Iya dong, biar usus kita selalu sehat.

Presenter: Minum Yakult tiap hari. Usus sehat, keluarga bahagia.

Suara lagu iklan produk Yakult:
Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari.

4. Kata Kata Iklan Yakult

Yakult adalah minuman kesehatan yang dibuat secara higienis tanpa pengawet. Dalam 1 botol Yakult mengandung lebih dari 6,5 miliar bakteri baik yang bermanfaat menciptakan pencernaan selalu baik.

5. Contoh Iklan Minuman Yakult

Pola makan kita harus selalu terjaga dengan diimbangi asupan gizi yang baik. Jangan lupa minum Yakult.

6. Gambar Iklan Minuman Yakult

contoh iklan yakult
Gambar Iklan Yakult Minuman Sehat
Sumber: Instagram @yakult_indonesia

Pada gambar iklan tersebut, Yakult ingin meyakinkan kepada konsumen bahwa dengan minum Yakult setiap hari keluarga menjadi sehat. Yakult adalah minuman keluarga sehat.

7. Contoh Iklan Yakult dan Penjelasannya

Keluarga adalah segalanya buat saya. Oleh karena itu, saya pilih minuman terbaik untuk mereka. Minuman Yakult mengandung lebih dari 6,5 miliar bakteri baik untuk menjaga pencernaan agar selalu sehat. Keluarga Indonesia, ayo minum Yakult setiap hari.

Penjelasan:

Contoh iklan Yakult di atas ingin menjelaskan bahwa Yakult adalah minuman terbaik untuk keluarga. Bakteri baik yang terkandung di Yakult akan sangat membantu pencernaan agar selalu tetap sehat. Yakult juga mengajak kepada keluarga Indonesia untuk mengonsumsi Yakult setiap harinya.

8. Contoh Iklan Produk Yakult

Hallo Yakult Family. yuk terapkan gaya hidup yang baik, salahsatunya adalah dengan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Semangat menjalani aktivitas bersama Yakult.

9. Iklan Yakult dalam Bahasa Inggris

You are tired?
Stomach ache?
Pimply face?
Bad breath?

All you can finish by consuming yakult every day.
Yakult is a healthy family drink.
Yakult is a fermented drink that is packaged in small bottles and is good for the health of your intestines.

Mau baca artikel contoh iklan dalam bahasa Inggris lebih lengkap? Yuk baca di artikel Contoh Iklan Minuman dalam Bahasa Inggris ini.

10. Iklan Yakult beserta Kata Kuncinya

Usus bekerja keras untuk tubuhmu, jangan biarkan usus menderita karena banyak bakteri merugikan di dalamnya. Cintai ususmu dengan minum Yakult setiap hari.
Bakteri baik L.casei Shirota strain membantu menekan bakteri merugikan di usus. Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari.

Kata kunci iklan: Cintai usus, minum Yakult

Penutup

Iklan Yakult adalah jenis iklan kesehatan sekaligus iklan komersial. Dikatakan sebagai iklan kesehatan karena Yakult berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa minuman yang mereka produksi mampu menjaga usus agar lebih sehat.

Dikatakan sebagai iklan komersial karena perusahaan Yakult juga ingin memperoleh profit dari penjualan produk Yakult. Tujuan dari iklan ini yaitu untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Yakult adalah minuman terbaik untuk keluarga sehat.

Demikian artikel mengenai pembahasan iklan Yakult dari sejarah, pengertian, tujuan, analisis hingga berbagai contoh iklan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu sobat Wong Cerdas.

Bagikan:

Tinggalkan komentar