25+ Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Produk Menarik

Apakah kamu sudah tahu kunci sukses meningkatkan penjualan bisnismu? Ada beberapa orang yang sudah menyadari hal ini, yaitu melalui sebuah kreativitas. Terkadang, kreativitas muncul dari hal-hal yang tidak terduga. sehingga, sebenarnya ada banyak ide kreatif untuk meningkatkan penjualan produk, semua tergantung pada target masing-masing.

Memang benar, paling familiar dengan mengoptimalkan kecanggihan teknologi dibarengi kualitas produk yang bagus serta sumber daya manusia yang kreatif. Di samping ide kreatif untuk meningkatkan penjualan, kamu harus memperhatikan kriteria produk yang dapat bertahan lama di pasaran sehingga akan mempengaruhi peningkatan penjualan.

Nah, ini ada beberapa kriteria produk yang dapat kamu jadikan referensi ide kreatif untuk meningkatkan penjualan.

  1. Produk yang dijual minim atau sedikit pesaing
  2. Produk diminati oleh banyak konsumen serta pasar
  3. Ketertarikan pada produk tinggi
  4. Jarang dijumpai di pasaran
  5. Konsumen memiliki minat yang besar terhadap produk
  6. Bahan baku stabil
  7. Harga nilai jual yang tinggi
  8. Tepat guna pada sasaran target
  9. Memiliki merek yang meaningful, memorable, adaptability, transferability serta profitability

Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan
Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Masyarakat Indonesia yang semakin kreatif memunculkan persaingan bisnis yang semakin ketat, sehingga diperlukannya ide-ide yang berbeda untuk setiap produk. Ide yang berbeda akan menimbulkan ciri khas tertentu terhadap sebuah produk, dengan begitu produk akan mudah untuk diingat.

Kamu harus ingat bahwa pelebaran ide kreatif yang kamu lakukan untuk bisnismu, akan membawa persaingan pasar yang jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Sehingga, tepat sekali jika kamu membaca artikel kali ini karena saya akan berbagi beberapa ide kreatif untuk meningkatkan omset  penjualan, dengan harapan akan memunculkan ide-ide kreatif lainnya yang berbeda.

1. Paket Langganan yang Menarik

Semua ide kreatifitas bertujuan untuk peningkatan penjualan dalam jangka waktu panjang, sehingga paket langganan yang menarik ini akan cocok untuk strategi promosi guna memberikan konsistensi terhadap pembeli.

Contohnya, produk kebutuhan sehari-hari. Paket langganan yang diantar setiap seminggu sekali dengan biaya pengiriman gratis.

2. Kolaborasi dengan Brand Lain

Penjualan kreatif yang satu ini cukup familiar di telinga para pebisnis, bukan? Nyatanya memang benar berpengaruh, jika kolaborasi itu dilakukan dengan tujuan, visi dan misi yang sama. Selain, untuk meningkatkan penjualan tentunya ada makna yang tersirat dalam kolaborasi dengan brand lain ini.

Kolaborasi brand ini sering kali disebut Co-branding, artinya kolaborasi antar brand untuk menghasilkan produk dengan kombinasi ciri khas masing-masing brand, sehingga dari kedua brand tersebut dapat memiliki kesempatan untuk mengenalkan produk kepada target konsumen lainnya.

Contohnya, produk makanan oreo dengan supreme. Kolaborasi booming yang melahirkan produk super limited edition dengan harga selangit, namun terjauh ludes di pasaran.

3. Mensponsori dan Membangun Komunitas Lokal

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang satu ini datang dari dunia promosi, yap! Ide promosi menarik melalui penanaman sebuah sponsor untuk komunitas lokal yang memiliki tujuan serumpun, atau bisa juga dengan membangun komunitas sendiri. Hal ini akan memberikan dampak besar untuk jangka waktu yang panjang.

Contohnya, Djarum Foundation dengan program bakti sosialnya dengan berbagai realisasi yang telah terjadi seperti beasiswa pendidik, renovasi bangunan dan lain sebagainya.

4. Tawarkan Program Member

Tahukah kamu jika loyalitas pelanggan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan? Bisnis yang berkembang pesat selalu mengumpulkan para pelanggannya untuk dijadikan sebagai member, member yang memiliki program-program khusus di dalamnya seperti potongan harga ataupun beli satu gratis sesuatu.

Contohnya, usaha-usaha lokal online yang sedang berkembang di pasaran saat ini.

5. Kolaborasi dengan Influencer atau Public Figure

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan selanjutnya datang dari dunia promosi. Ide-ide marketing dengan membawa nama influencer atau public figure yang selaras dan sejalan dengan tujuan produk kamu. Kamu harus memilih influencer ataupun public figure yang sesuai dengan jenis produk serta acara promosi yang sedang kamu galang.

6. Adakan Program Giveaway

Program giveaway yang sedang menjamur di Indonesia cocok buat kamu jadikan pilihan cara untuk meningkatkan penjualan. Dengan memaksimalkan media social seperti Instagram, dan twitter yang sedang digandrungi di Indonesia ini memberikan hasil yang optimal terhadap program ini, sehingga berdampak baik pada produk mu.

Manusia dimanapun tempatnya pasti menyukai sesuatu yang gratis, apalagi jika giveaway tersebut dilakukan dengan cara yang mudah. Pasti diserbu deh!

7. Optimalkan Penggunaan Marketplace

Belanja online merupakan sesuatu yang praktis, mudah dan simple. Dengan begitu, kamu harus mengambil kesempatan ini. Kamu bisa mengoptimalkan keberadaan marketplace, karena ini cara sederhana dari ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dengan mudah.

Ada banyak marketplace yang dapat kamu buka seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lain sebagiannya. Selain itu, kamu harus memperhatikan pembuatan profil toko marketplace yang spesifik dengan membranding setiap toko di marketplace.

8. Berikan Diskon dengan Waktu Terbatas

Siapa sih yang tidak kenal dengan kata diskon? Hampir setiap manusia mengenalnya, karena diskon merupakan ide promosi untuk meningkatkan penjualan yang cukup mudah . Misalnya, kamu akan memberikan diskon 90% selama 6 jam dalam waktu tertentu.

9. Tingkatkan Penggunaan Website

Branding produk atau perusahaan dengan memiliki website karena peranan website di masa yang datang akan memberikan impact yang menakjubkan. Mulailah dari meningkatkan penggunaan website dengan memberikan program-program khusus untuk pelanggan yang melakukan pembelian melalui website.

Misalnya, setelah kamu membuat program giveaway kamu bisa memberikan hadiahnya dengan melakukan checkout di website yang dimiliki.

10. Penggunaan Surat, SMS, ataupun Email Penjualan

Terakhir, ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang tidak kalah keren dan berimbas yaitu melalui penggunaan sms, surat atau email penjualan ke pelanggan mu. Pemberitahuan khusus seperti ini akan memberikan kesan yang istimewa dan spesial terhadap pelanggan.

Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Makanan

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan
Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan yang Menarik

Nah, secara umum ide kreatif untuk meningkatkan penjualan di atas akan membantu kamu untuk lebih mengenalkan produk mu kepada bukan pelanggan. Khususnya buat kamu yang jualan makanan, kamu bisa menggunakan ide-ide kreatif marketing di bawah ini untuk pilihan selanjutnya.

1. Kupon Diskon

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang pertama adalah dengan memberikan kupon diskon. Kupon diskon bisa didapat jika pelanggan membeli berulang kali, jadi setiap pelanggan membeli kamu harus memberikan sebuah kupon dan agar disimpan oleh pelanggan untuk kemudian ditukar jika memenuhi syarat dan ketentuan.

2. Pembelian Berhadiah

Ini bisa kamu terapkan pada pembelian 50 pertama, dengan kategori tersebut maka pelanggan akan datang lebih awal untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut. Buatlah hadiah dengan pilihan pelanggan sendiri, dengan cara buat lingkaran jam yang bisa diputar dengan berbagai pilihan hadiah menu makanan atau minuman yang tersedia.

3. Adakan Acara di Tempat Makan

Menyuguhkan acara di tempat makan mungkin bisa jadi ide kreatif untuk meningkatkan penjualan, dengan acara tersebut maka orang merasa tidak bosan untuk menyantap makanan. Misalnya, acara musik akustik dengan persembahan penyanyi dari pelanggan yang dengan memberikan apresiasi semenu gratis makanan.

4. Kembangkan Olahan Menu Makanan Terbatas

Buatlah beberapa olahan menu terbatas, artinya dalam waktu tertentu kamu bisa menyuguhkan menu spesial yang hanya ada pada waktu tersebut. Dengan begitu, selain menarik pasti ada pelanggan yang ingin mencoba seenak apa menu-menu terbatas tersebut.

5. Manfaatkan Tampilan Properti

Buat kamu pebisnis makanan alias kuliner tentu tempat menjadi salah satu hal yang penting itu dijaga kenyamanan, dengan memperhatikan properti yang terpajang dan tertata rapi membuat daya tarik tersendiri. Sehingga, hal itu akan memberikan aura positif dari calon pelanggan yang melihatnya, kemungkinan dari 100 orang yang melihat akan ada 15 orang yang tertarik untuk membeli.

Promosi merupakan sebuah kewajiban bagi para pebisnis, karena dengan adanya promosi maka produk akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Promosi dengan cara-cara ide kreatif untuk meningkatkan penjualan tentunya akan memberikan dampak baik, entah itu secara langsung maupun jangka panjang.

6. Sediakan Fasilitas Wifi Gratis

Siapa yang tak tertarik dengan fasilitas yang satu ini, ya semua orang suka. Apalagi konsep bisnis yang kamu usung adalah cafe, maka menyediakan fasilitas wifi bisa menjadi pilihan yang bagus. Bahkan di warteg sekalipun kamu bisa menarik pelanggan dengan menyediakan wifi gratis ini.

7. Tukar Hafalan, Makan Gratis di Hari Jum’at

Beberapa tempat makan yang saya ketahui ada yang menerapkan cara ini. Walaupun terlihat mengurangi keuntungan yang diperoleh, siapa sangka dengan cara ini malah membuat tempat makanmu bisa viral. Ingat sama marketing dari mulut ke mulut?

Pembeli akan bercerita ke temannya, seperti bola salju yang menggelinding maka pelan-pelan penjualan akan meningkat. Terlebih lagi jika memang makanan yang kamu jual itu enak dan berkualitas! Sudah dapat pahala, bisnismu pun melesat.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Makanan yang Manjur

Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Produk secara Online

Selain beberapa cara yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi cara yang bisa dilakukan. Mungkin beberapa cara di bawah ini bisa kamu lakukan. Apa saja ide kreatif untuk meningkatkan penjualan secara online? Simak yuk sob.

  1. Game berhadiah kupon gratis
  2. Quiz berhadiah
  3. Give Away
  4. Bikin Channel Youtube
  5. Bekerjasama dengan influencer
  6. Pakai tagar di Twitter untuk trending
  7. Beriklan di media sosial bisa di FB Ads, IG Ads, Tiktok Ads atau Google Ads
  8. Email marketing
  9. Bekerjasama dengan Blogger untuk meningkatkan branding
  10. Pesan Press Release di media online terkenal seperti Kompas, Detik, Viva dan lain-lain
  11. Dan masih banyak lagi

Jadi, cobalah untuk menerapkan atau membuat ide kreatif untuk meningkatkan penjualan pada bisnismu. Semoga sukses, dan bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar